Pengantar Ekonomi Mikro

Daftar Isi Konten [Tampil]

Selamat datang kembali di blog kami, pada kesempatan kali ini kita akan mecoba mengulik sedikit Pengantar Ekonomi Mikro. Para Mastah ekonom biasa menyebut Ekonomi mikro dengan mikroekonomi, cabang ilmu ini lebih mempelajari bagaimanasih hubungan nyata antara perilaku kunsumen dengan produsen, yang disitu nanti akan terlihat faktor-faktor apa yang akan mempengaruhi penetuan harga pasar.

Tentunya untuk para calon-calon Mastah ekonom indonesia (seperti agan-agan sekalian), ilmu ini akan sangat menarik. Kita coba ulas dengan bahasa yang sederhana sekali.


Tinjauan umum ada di proses terjadinya Permintaan dan penawaran. Masih ingat dengan Hukum Permintaan Gossen I ? (Bukan Gosend gan ya) "Semakin rendah harga suatu barang maka semakin banyak permintaan terhadap barang tersebut. Sebaliknya, semakin tinggi harga suatu barang maka semakin sedikit permintaan terhadap barang tersebut".

Sederhana bukan? jadi perilaku selera konsumen, akan membentuk suatu keseimbangan dengan harga dan juga ketersediaan barang. Nah pertanyaannya pasti timbul nih di benak agan-agan, trus buat apa ilmu Ekonomi Mikro kalau ternyata se-sederhana tulisan diatas.

Ekonomi mikro sangatlah penting gan, dan secara nyata di pakai untuk menganalisis pasar. Betul sekali gan, ekonomi mikro akan digunakan untuk menganalisa kegagalan pasar.

Pusing gan? di sruput kopinya dulu gan..

Masuk ke Asumsi, teori terjadinya permintaan dan penawaran mengasumsikan bahwa suatu pasar itu akan selalu terjadi persaingan yang sempurna. Ups, jangan salah gan, dalam beberapa transaksi di kehidupan yang nyata, sering individu maupun kelompok memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga. karena itu dibutuhkan analisis yang lebih mendalam untuk memahami persamaan penawaran-permintaan terhadap suatu barang.

Lanjut ke Model Operasinya gan, ini penting khususnya untuk produsen. disini ada empat kategorinya gan:

1. Perusahaan dapat Keuntungan Ekonomi, keuntungan yang setara kuantitas keluaran dikali dengan perbedaan antara average total cost dan harga.

2. Perusahaan dapat Keuntungan Normal, Keadaan ini terjadi ketika average total cost setara dengan harga, atau keuntungan ekonominya Nol.

3. Perusahaan menderita kerugian Minimal, jika harga adalah di antara average total cost dan average variable cost

4. Perusahaan menderita kerugian Maximal, wah kalau ini perusahaan harus stop nih gan, harapannya kerugian perusahaan hanya pada biaya tetap saja. kondisi ini terjadi bila harga di bawah average variable cost pada maksimalisasi keuntungan.

Lanjut ke Kegagalan Pasar gan.., kalau bahasa sederhananya adalah terjadinya ketimpangan antara produsen dan konsumen.Empat  penyebab utama nya:

1. Monopoli, agan sekalian pasti paham artinya nih

2. Eksternalitas, lebih nyaman diartikan pengaruh aktivitas ekonomi.

Ada yang Positif, contohnya iklan kesehatan akan berpengaruh meningkatnya kesehatan masyarakat

Ada yang Negatif, contohnya pulusi dari hasil produksi, bisa polusi udara, air dll

3. Barang Publik, ini ada keharusan untuk kepentingan kepentingan bersama, biasanya dilakukan oleh negara biasanya menggunakan pajak-pajak yang mengharuskan semua penduduk untuk membayar pada barang publik tersebut.

4. Terjadinya informasi asimetris, satu pihak penjual atau pembeli memiliki informasi yang lebih banyak dan baik dari pihak yang lain. 

Sekarang kita coba geser fokus ke Biaya peluang. Begini gaess, langsung pada contohnya saja. Pemilik mobil memilih nge-grab sendiri dari pada menyewakan kepada orang lain untuk di gunakan taxi online. Biaya peluang yang sebenarnya, merupakan keuntungan yang akan hilang dalam jumlah terbesar di antara alternatif terbaik lainnya.

Sekarang sampai di Penerapan Ekonomi Mikro, Berikut contoh penerapan ekonomi mikro gaess:

  • Sebagai cara untuk mempelajari Permintaan dan Penawaran
  • Untuk mempelajari Perilaku Konsumen dan Produsen
  • Sebagai penentu titik harga
  • Mengatur Biaya
  • yang terakhir untuk mempelajari Pasar

Demikian sekilas sedikit bahasa sederhana untuk Pengantar Ekonomi Mikro kali ini



0 Comments

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus