Management Trainee : Pengertian, Manfaat Dan Tahapan Seleksi Karyawan Management Trainee

Daftar Isi Konten [Tampil]
Pengertian, Manfaat Dan Tahapan Seleksi Karyawan Management Trainee - Dalam dunia perusahaan pastilah tidak asing lagi dengan istilah Management Trainee karena setiap perusahaan tentu saja melakukan Management Trainee.

Pengertian, Manfaat dan Tahapan Management Trainee


Berikut ini kami akan menjelaskan mengenai Definisi, Manfaat Beserta Tahapan Seleksi Karyawan Management Trainee.

Pengertian Management Trainee


Definisi Management Trainee adalah suatu proses melaksanakan pelatihan terhadap pegawai atau karyawan baru yang nantinya akan direkrut oleh perusahaan supaya diberikan pengarahan dan wawasan mengenai profil dan unit bisnis perusahaan tersebut, dan diharapkan mengenai hasil dari pelatihan dan pengembangan karakter ini akan didapatkan dan nantinya calon pegawai baru akan diseleksi terlebih dahulu yang memiliki kualitas untuk dapat dipromosikan ke jenjang yang lebih strategis pada level manajemen di perusahaan.

Salah satu program management trainee atau sering disebut dengan MT pada umumnya memang calon karyawan perusahaan akan di diberikan latihan dengan berbagai macam jenis kegiatan ujian untuk melihat kemampuan dan bakat dari masing-masing peserta pelatihan calon karyawan perusahaan.

Dalam menempuh masa pelatihan ini tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan, ada yang menerapkan pelatihan ini dalam waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan bahkan ada yang sampai 1 tahun.

Peserta pelatihan calon karyawan perusahaan tersebut diberikan pelatihan dan pengetahuan yang berkaitan dengan standar prosedur operasional perusahaan (SOP), risk manajemen, keahlian perencanaan, pengendalian usaha, dan rencana manajerial.

Disamping harus menguasai materi yang diberikan, para peserta juga sekaligus melakukan On Job Training atau biasa juga disebut dengan praktek kerja langsung dengan aktifitas perusahaan sehari-hari (terlibat langsung dalam lapangan).

Manfaat Utama Manajemen Trainee

Manfaat yang diperoleh dengan Manajemen Trainee dan dampak positif yang akan didapatkan perusahaan dengan menerapkan prosedur management traine anatara lain yaitu sebagai berikut ini:


  • Sarana peningkatan kemampuan manajemen.
  • Peningkatan produktifitas perusahaan.
  • Memberikan pelatihan mengenai standar operasional prosedur (SOP) perusahaan yang baku pada perusahaan tersebut.
  • Menjamin ketersediaan sumber daya manusia yang handal dan trampil yang akan dipromosikan ke jenjang executive perusahaan.
  • Memberikan wawasan dan pengembangan karakter calon manajerial.
  • Dapat menilai, Mengevaluasi dan Menyaring calon Sumber Daya Manusia yang berkualitas.
  • Pelatihan dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia di Perusahaan

Dalam proses management trainee sangat diperulan, karena memang fungsinya untuk dapat melakukan pengembangan mengenai visi dan misi perusahaan untuk masa yang akan datang, dan satu hal lagi yang memanglah sangat penting yaitu mereka bisa bersaing di dunia usaha saat ini yang memanglah harus dituntut dalam efisiensi dan profesionalisme dalam melakukan pekerjaan.

Tahapan Seleksi Karyawan Management Trainee


Proses seleksi karyawan Management Trainee (MT) pada dasarnya sama, akan tetapi bisa juga perusahaan menerapkan proses seleksi karyawan ini. Pada umumnya tahapan yang akan Anda jalani selama proses seleksi atau rekruitmen program management trainee ialah:

Tahap 1


Tes Psikotes Atau online test.

Tahap 2 


Wawancara atau tes bahasa inggris TOEFL,

Tahap 3


Tes bakat (Assessment Test),

Tahap 4 


Wawancara dengan bagian SDM atau HRD.

Tahap 5 


Wawancara dengan user/manajemen perusahaan.

Tahap 6


Medical check up atau tes kesehatan

Standarisasi Calon Peserta Management Trainee Program


Pihak manajemen Perusahaan pada dasarnya menetapkan standarisasi penilaian yang cukup tinggi pada calon peserta management trainee.

Penilaian yang dilakukan tersebut antara lain yaitu memberikan syarat Indeks Prestasi Komulatif atau IPK minimal yaitu 3 untuk lulusan Fresh Graduate dari Perguruan Tinggi, mempunyai kemampuan berbahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan, kecakapan dalam berorganisasi dan berkomunikasi, dan mempunyai skill khusus diluar kemapuan akademik.

Management Trainee (MT) memanglah dibuat dan dirancang sedemikian rupa supaya menyiapkan para calon SDM perusahaan di masa yang akan datang.

Untuk dapat menjalankan setiap pelatihan dalam pelatihan Management Trainee biasanya perusahaan mendatangkan konsultan ahli manajemen profesional yang sangatlah berpengalaman, hal ini dikarenakan mereka menganggap bahwa sumber daya manusia merupakan suatu aset yang sangat bernilai tinggi untuk kemajuan perusahaan dimasa yang akan datang.

Demikianlah artikel dari kami mengenai Pengertian, Manfaat Dan Tahapan Seleksi Karyawan Management Trainee, Semoga dapat Bermanfaat.

0 Comments

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus