8+ Cara Mengatasi Kecanduan Menggunakan Smartphone Yang Perlu kamu Praktekkan

Daftar Isi Konten [Tampil]
Cara Mengatasi Kecanduan Menggunakan Smartphone Yang Perlu kamu Praktekkan - Siapa yang tidak mengenal smartphone sebagai barang kouminkasi yang digandrungi dewasa ini? tentu saja semua orang tahu tentang piranti pintar ini. setiap saat kita menghabiskan waktu menggunakan smartphone tanpa batasan waktu seolah-olah membuat kita kecanduan. Setiap aktivitas ada saja yang ingin dilakukan bersama gadget baik di waktu luang maupun masalah pekerjaan sekalipun.

Penggunaan smartphone yang terlalu berlebihan dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan maupun aktivitas sosial. Hal ini tentu saja sangat mengganggu peran kita sebagai makhluk sosial. Nah, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi kebiasaan menggunakan smartphone yang dianggap berlebihan.

Memang segala sesuatu yang sifatnya berlebihan tidak baik dilakukan. Khususnya dalam hal penggunaan perangkat teknologi. Para ahli telah menemukan fakta bahwa terlalu lama menggunakan smatphone berakibat buruk bagi mental dan kesehatan seserorang.

cara mengatasi kecanduan smartphone


Berlebihan menggunakan smartphone dapat mengakibatkan ganguan safar dan mental. Jika dibiarkan terus menerus hal ini juga berakibat buruk pada kesehatan fisik, seperti kebutaan, nyeri sendi, sakit kepala, dan yang lainnya.

Oleh karena itu sangat penting untuk membiasakan diri mengurangi penggunaan smartphone. Beberapa cara berikut yang ini bisa kamu terapkan.

Berikut Cara dan Tips Mengurangi Kecanduan Smartphone Paling Ampuh. Banyak orang mencari tahu tentang cara mengurangi kecanduan smartphone karena telah merasakan sendiri dampak buruk akibat terlalu sering bermain smartphone.

1. Menonaktifkan notifikasi dari Smartphone


Pemberitahuan dari grup-grup jejaring sosial media yang Anda ikuti terkadang sangat mengganggu aktivitas keseharian Anda. banyak beberapa chat masuk yang tidak terlalu penting membuat Anda harus membacanya karena mode notifikasi tidak diaktifkan. Hal ini sangat penting apabila Anda berkomitmen untuk tidak berlaku berlebihan menggunakan smartphone.

2. Gunakan waktu yang tepat untuk smartphone


Waktu yang tepat saat Anda ingin melihat beragam notifikasi yang masuk. Tentu saja sangat perlu dilakukan mengingat aktivitas Anda yang padat, membuat Anda harus berpikir bagaimana memanfaatkan waktu seoptimal mungkin. Hal ini sangat penting agar waktu Anda tidak hanya berfokus pada smartphone sehingga membuat waktu yang telah Anda atur tidak menjadi berantakan.

3. Prioritaskan notifikasi penting


Anda perlu melakukan klasifikasi terhadap notifikasi yang masuk di gadget agar tidak mengganggu aktivitas yang sedang berlangsung. Memprioritaskan notifikasi berkaitan dengan keluarga dan pekerjaan mungkin bisa Anda manajemen agar tidak membuat Anda kecanduan menggunakan smartphone untuk hal-hal lain.

4. Jangan menggunakan smartphone sebagai alarm


Penggunaan smartphone sebagai alarm memang sudah menjadi kebiasaan kita ketika susah bangun tidur. Namun, apabila Anda berkomitmen untuk mengurangi kecanduan smartphone, tidak menggunakan smartphone sebagai alarm dapat dianjurkan. Anda dapat menggunakan jam weker sebagai pengganti alarm dari smartphone.

5. Hapus Aplikasi yang Menyebabkan Ketagihan


Salah satu cara paling efektif yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi ketergantungan kamu terhadap smartphone adalah menghapus aplikasi yang sering membuat kamu ketagihan.

Misalnya seperti aplikasi game, aplikasi media sosial dan aplikasi lainnya. Jika aplkasi tersebut sudah tidak ada maka kamu tidak akan lagi betah berlama lama menggunakan smartphone. Selain itu kamu jangan mudah tergoda untuk menginstal aplikasi tersebut di esok hari.

Karena jika kamu instal lagi, maka kamu akan semakin sulit lepas dari smartphone. Usahakan untuk tidak mengakses aplikasi yang kamu sukai selama 3 bulan. Dengan demikian kemungkinan kamu tidak akan lagi kecanduan.

6. Aktifkan Fitur Pengingat Pada Smartphone


Pada umumnya setiap smartphone telah dilengkapi fitur yang bisa menjadi pengingat untuk kamu. Lakukan pengaturan pada fitur tersebut agar kamu bisa mengatasi kecanduan kamu terhadap smartphone.

Misalnya kamu mengatur pengingat untuk memberikan pemberitahuan jika penggunaan smartphone telah terlalu lama. Hal ini bisa membantu kamu untuk mengurangi kecanduan terhadap smartphone.

Jika smartphone kamu tidak dilengkapi fitur tersebut, kamu bisa mendownload aplikasi serupa di play store. Satu hal yang perlu kamu ingat bahwa fitur tersebut hanya efektif jika kamu menurutinya. Jika kamu mengabaikannya maka tetap saja kamu akan kecanduan dengan smartphone.

7. Perbanyak Aktivitas Luar Ruangan


Jika kamu merasa sulit mengendalikan diri saat menggenggam smartphone maka cara mengatasinya adalah memperbanyak aktivitas sehingga kamu tidak punya waktu lagi bermain smartphone.

Sebisa mungkin perbanyak aktivitas di luar ruangan, misalnya seperti berolahraga, berinteraksi dengan teman teman, bercocok tanam, atau kegiatan apa pun yang bisa menjauhkan kamu dari smartphone.

Melakukan berbagai aktivitas juga akan membuat pikiran dan tubuh kamu lebih sehat. Biasanya kebanyakan orang bermain smartphone untuk membunuh rasa bosan. Jadi di saat kamu dilanda rasa bosan jangan gunakan waktu untuk bermain smartphone, melainkan lakukan aktivitas yang lebih bermanfaat.

8. Jauhkan Smartphone saat Bangun atau Menjelang Tidur


Biasanya saat paling nikmat bermain smartphone adalah saat baru bangun tidur atau juga menjelang tidur. Smartphone dengan rebahan merupakan perpaduan yang sangat komplit. Hal ini lah yang menyebabkan banyak orang kencanduan.

Jika kamu memang berniat melepaskan diri dari cengkeraman smartphone maka kamu harus menjauhkan smartphone sesaat hendak tidur ataupun saat baru bangun tidur. Matikan smartphone menjelang tidur, dan jangan pernah tergoda untuk menggunakannya.

Cara ini akan membuat pikiran kamu lebih tenang dan kualitas tidur kamu juga lebih baik. Menghilangkan candu terhadap smartphone memang sulit dilakukan. Tetapi jika memiliki tekad kuat dan memegang teguh disiplin dalam menjalankannya, maka hal ini bukanlah mustahil.


Itulah beberapa tips yang bisa Anda jadikan acuan untuk mengurangi kebiasaan kecanduan smartphone yang Anda lakukan. Kecanduan smartphone dapat mempengaruhi kehidupan Anda secara psikis. So, tetap gunakan smartphone seperlunya dan tidak perlu berlaku berlebihan. Apabila tidak terlalu urgent.

0 Comments

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus