Cara Dasar Untuk Menggunakan Sublime Text

Daftar Isi Konten [Tampil]
Cara Dasar Untuk Menggunakan Sublime Text - Sublime text 3 adalah aplikasi text editor yang berguna untuk menuliskan kode-kode pemrograman. Banyak sekali bahasa pemrograman yang support di software ini. Diantaranya yaitu bahasa PHP, CSS, C, C++, HTML, ASP, Java, dan lain sebagainya. Tentu saja, software ini bisa lebih memudahkan pekerjaan pengguna saat membuat sebuah program.

Sublime Text 3 adalah sebuah software aplikasi yang dikembangkan oleh Jon Skinner. Beliau merupakan seorang programmer yang berasal dari Australia.

Selain itu Sublime Text Sendiri ukurannya juga ringan yaitu untuk versi terbarunya for windows sekitar 10mb saja dan juga Sublime text ini sangat mudah untuk digunakan.

Apakah kamu seorang programmer? Saya rekomendasikan menggunakan aplikasi ini. Sebagai seorang yang belajar pemrograman yang akan menggunakan Sublime Text 3 sebagai teks editornya, maka saya akan menjelaskan tentang Cara Dasar Untuk Menggunakan Sublime Text di Windows.

Anda sebagai seorang programmer pemula yang akan menggunakan software Sublime Text 3 ini sebagai teks editornya, maka dibawah ini saya akan contohkan tutorial membat file PHP di sublime Text

Cara Dasar Untuk Menggunakan Sublime Text di Windows


1. Langkah pertama, Buka aplikasi Sublime Text 3 yang sudah Anda Instal. Maka nanti akan muncul tampilan dibawah ini.

Cara Menggunakan Sublime Text


2. Langkah kedua, kemudian Klik View lalu arahkan pointer mouse ke tulisan Syntax. Setelah itu nantinya akan muncul jendela baru, kemudian Pilih salah satu bahasa program sesuai dengan apa yang akan digunakan disini saya mencontohkan menggunakan bahasa program PHP, maka pilih PHP.

Cara Menggunakan Sublime Text


3. Langkah ketiga, selanjutnya tuliskan tag html pada kotak isian. Di sublime text ada kemudahan jika ingin cepat, cukup dengan menulis html dan tekan TAB pada keyboard. Maka secara otomatis tag html keseluruhan akan muncul.

Cara Menggunakan Sublime Text

4. Langkah keempat, Di Sublime Text 3, kita bisa dengan mudah untuk merubah tampilan Color Scheme untuk area teks editor, Caranya yaitu klik menu Preferences kemudian sorot Color Scheme. Maka nantinya akan mucul jendela baru. Kemudian pilih salah satu tema. Disini saya memilih tema iPlastic.

Cara Menggunakan Sublime Text


5. Langkah kelima, tuliskan tag php dibawah tag body seperti contoh dibawah ini.

<?php 
    echo "<h1>Haloo Webillian</h1>";
    echo "Ini merupakan Langkah dasar menampilkan text dalam bentuk PHP";
 ?>


*Perintah Echo berfungsi untuk menampilkan Output.

6. Langkah keenam, Proses Menyimpan. Untuk menyimpan file, kita klik menu File lalu pilih Save As.

Cara Menggunakan Sublime Text


7. Langkah ketujuh, Beri nama file. Misalnya index dan pilihlah lokasi penyimpanan file php. Berhubung PHP hanya bisa ditampilkan jika sudah terinstal XAMPP, maka kita memilih tempat penyimpanannya di folder XAMPP – htdocs – dan buatlah folder baru contohnya latihan-dasar-php lalu klik foldernya. Jika sudah, klik Save.

8. Langkah kedelapan, Sebelum menampilkan file php di browser kamu, maka terlebih dahulu kita harus mengaktifkan XAMPP. Caranya buka software XAMPP lalu klik Start pada tulisan Apache dan MySQL.

Cara Menggunakan Sublime Text


9. Langkah kesembilan, Buka browser misalnya Google Chrome. Lalu ketikan localhost/latihan-dsara-php pada kolom address bar. Kemudian tekan Enter di keyboard.

10. Langkah kesepuluh, Maka muncul tampilan akhir sebagai berikut.

Cara Menggunakan Sublime Text


Kesimpulan Menggunakan Teks Editor Sublime Teks


1. Sebagai Teks Editor, software Sublime Teks 3 penggunaannya lebih canggih dibandingkan dengan Notepad++, karena engan banyaknya fitur-fitur yang baru menjadikannya software terlengkap dari teks editor lainnya.

2. Saya sarankan akan lebih baik jika seorang programmer pemula menggunakan Sublime Teks sebagai teks editornya. Mengapa? Karena dalam penggunaan Sublime Text 3, tag yang kita tulis akan secara otomatis ditemukan. Dan itu akan memudahkan dalam menuliskan script. Tapi sebelum itu, pengguna programmer pemula harus mengcoding program secara manual di teks editor agar bisa lebih paham tentang penggunaan tag-tag tersebut.

3. Di Sublime Text 3, kita bisa mengganti Color Scheme dan tema dengan menggunakan fitur tmTheme.

4. Sublime Text 3 memiliki banyak sekali packpage dan plugin yang beragam.

5. Fitur unggulan Sublime Text 3 adalah Multiple Selections/Multi Editing yang Artinya bahwa kita bisa meletakan kursor di beberapa tempat menggunakan Ctrl+Click, kemudian teks bisa diedit secara bersamaaan.

6. Sebagai teks editor, desain tampilan Sublime Text 3 sangat simple dan elegan. Jika menggunakan tampilan warna yang gelap, itu akan membuat mata merasa nyaman.


Demikianlah Cara Dasar Untuk Menggunakan Sublime Text, semoga bisa Anda praktekan dengan mudah, Semoga bermanfaat.

0 Comments

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus