Manfaat Dan Kerugian Penggunaan Handphone Bagi Anak

Daftar Isi Konten [Tampil]
Handphone sudah menjadi barang penting ketika Anda ingin memotret maupun berkomunikasi dengan rekan kerja. Produk teknologi ini sangat mempengaruhi perkembangan hidup seseorang terutama pada anak-anak. Pengaruh terhadap tumbuh kembang anak sangat besar baik dari segi positif maupun negatif. Hal ini sangat penting diketahui mengingat si anak perlu pengawalan ketika menggunakan handphone.

Manfaat Dan Kerugian Penggunaan Handphone Bagi Anak


Media telekomunikasi menyediakan beragam konten baik dari sisi positif hingga negatif. Tentu saja selaku orang yang lebih tua maupun orang tua, selalu peka dan perhatian ketika si anak memegang handphone. Tidak selamanya handphone dianggap buruk. Banyak manfaat bagi perkembangan kemampuan otaknya maupun skill dalam berkreativitas.

Berikut ini adalah ulasan mengenai manfaat dan kerugian handphone terhadap Anak:

Manfaat Handphone Terhadap Anak


1. Meningkatkan perkembangan motorik


Kemampuan motorik berkaitan dengan kemampuan gerak-gerik anak ketika memainkan beragam tools yang ada di handphone. hal itu dapat diketahui dari gerakan otot mata dan kemampuan tangan anak ketika memainkan game edukasi yang sudah terinstal di handphone.

2. Melatih cara berpikir


Kemampuan berpikir anak dapat berkembang dengan pesat karena adanya unsur pemecahan masalah cukup ringan yang tersaji pada game edukasi. Selain itu, sang anak dapat menentukan solusi terbaik ketika dihadapkan dengan beragam tantangan yang harus dipecahkan ketika memainkan permainan.

3. Menumbuhkan kreativitas


Kreativitas anak akan tumbuh sejalan dengan perkembangan usianya. Hal ini tentu saja mendapat perhatian bagi orang tua untuk lebih jeli dan perhatian. Kreativitas anak dapat tumbuh ketika dihadapkan pada gambar maupun pensil warna. Namun, hal itu dapat dikembangkan dengan adanya game edukasi yang terinstal pada handphone.

Kerugian handphone Terhadap Anak


1. Penglihatan terganggu


Banyak manfaat yang dapat diambil jika mengambil sisi positif dari handphone. Selain itu, terdapat kekurangan penggunaan handphone terutama pada kesehatan. Salah satunya adalah terganggunya penglihatan. Hal ini diakibatkan karena mata secara terus-menerus menatap layar handphone tanpa istirahat. Namun, hal ini dapat dikurangi dengan menggunakan Bluelight Filter untuk mengurangi pengaruh buruknya.

2. Sakit kepala


Apakah Anda sering mengalami sakit kepala ketika menggunakan handphone secara terus-menerus? Hal ini disebabkan adanya pola tidur yang tidak teratur akibat berkurangnya jam biologis. Hal ini disebabkan penggunaan handphone secara terus-menerus hingga berjam-jam lamanya.

Penggunaan handphone tentu perlu jangka waktu tertentu sesuai kebutuhan. Produk inovasi ini memiliki dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan. Perlu kehati-hatian dan perhatian bagi orang tua ketika si anak memanfaatkan handphone untuk hiburan semata yang edukatif.

Demikian artikel dari kami mengenai Manfaat Dan Kerugian Penggunaan Handphone Bagi Anak Semoga Bermanfaat.

0 Comments

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus