Cara Merawat PC Komputer Yang Harus Di Praktekkan

Daftar Isi Konten [Tampil]
Cara Merawat PC Komputer Yang Harus Di Praktekkan - Di era yang serba canggih seperti pada kondisi zaman sekarang ini peranan perangkat seperti PC (Personal Computer) dan yang bersifat portebel seperti laptop, notebook, dan netbook seolah memang sudah menjadi kebutuhan yang wajib untuk kita miliki.

Tujuan dari diciptakannya perangkat tersebut tidak lain dan tidak bukan untuk memudahkan pekerjaan supaya lebih praktis dan efisien.

Cara Merawat Komputer


Tapi apa taukah kamu bahwa peralatan elektronik seperti Komputer, laptop, netbook ataupun yang lainnya jika tidak dilakukannya perawatan secara berkala akan mudah rusak? Ya tentu saja, karena peralatan elektronik kalau tidak ada perawatannya tentu akan mudah rusak

Sebagai orang pengguna komputer, laptop, dan peralatan elektronik lainnya, tentu saja sering mengalami masalah pada perangkatnya. Misalnya saja Melakukan kesalahan pengoperasian adalah sesuatu yang biasa.

Tentu saja mencegah lebih baik dari pada mengobati, itulah pepatah yang banyak dikatakan orang. Dengan melakukan perawatan preventive dan bekelanjutan, kita bisa menekan permasalahan yang akan terjadi seminimal mungkin.

Perawatan secara teratur dan berkala akan mengurangi beberapa permasalahan kerusakan seperti crash system, kehilangan data bahkan sampai kerusakan komponen berat sehingga sistem komputer kita tidak dapat berumur panjang lagi.

Nah, membiasakan untuk melakukan perawatan secara preventive dan berkelanjutan menjadi sangat penting bagi Anda yang terbiasa menggunakan dan mengelola PC, Laptop, Netbook, Notebook ataupun yang lainnya. Perawatan pada Komputer hendaknya dilakukan secara berkala dan teratur, dengan cara melihat data-data pada kartu perawatan yang sudah dibuat. Sehingga kita mengetahui seperti apa kondisi, keadaan, dan sesuatu hal yang berkaitan di PC kita.

Peralatan Untuk Melakukan Perawatan PC Komputer


Peralatan dalam melakukan perawatan PC komputer sangatlah diperlukan karena alat tersebut digunakan untuk menunjang kelancaran dalam melakukan perawatan. Lantas apa saja Peralatannya?

1. Obeng


Sebaiknya Anda menyediakan dua obeng kecil, obeng pertama dengan kepala pipih standar, dan obeng yang kedua dengan kepala kembang. Biasanya obeng tersebut berukuran kurang dari enam inci panjangnya dan pastikan obeng tersebut tidak mempunyai daya magnet.

2. Penjepit


Penjepit ini berfungsi untuk memasang dan melepas jumper dan untuk mendapatkan kembali sekrup yang hilang. Penjepit dengan bentuk ujung datar lebih berguna dibanding yang ujung runcing.

3. Senter


Peralatan untuk menerangi ini berfungsi untuk menerangi bagian dalam yang gelap, karena kalau gelap akan susah melepas bagian komponen yang berada di dalamnya.

4. Wadah Komponen


Sediakan juga wadah untuk komponen seperti Skrup dan lain sebagainya, supaya tidak mudah hilang ataupun lupa menaruhnya.

5. Tang Berujung Runcing


Tang yang bentuk dengan ujungnya runcing , tang kecil benbentuk ujung runcing berguna untuk merenggut bagian-bagian dan menekuk kawat dan potongan logam.

6. Botol Semprot


Botol semprot ini berfungsi untuk pembersih CPU komputer supaya bebas debu dan untuk mencegah kelebihan panas.

Cara Merawat PC Komputer


Ada dua Cara perawatan yang bisa kita lakukan untuk merawat PC, yaitu perawatan pasif dan paerawatan aktif. Yang disebt pasif karena memang dalam hal perawatan ini lebih mengarah kepada faktor-faktor lingkungan dan benda-benda non komputer yang dapat membantu kinerja pada PC Komputer Anda. Sedangkan perawatan aktif adalah perawatan yang kita lakukan dalam bagian-bagian PC itu sendiri.

Cara Melakukan Perawatan Pasif 



  1. Memilih lokasi untuk penempatan komputer yang bebas dari polusi udara sepertihalnya asap, debu, kotoran dan polusi yang lain sebagainya.
  2. Memperkecil kemungkinan terjadinya variasi suhu yang terjadi di dalam ruangan. Misalnya, menempaptkan komputer pada ruangan berAC atau tidak menempatkan komputer dekat jendela supaya komputer tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  3. Menyediakan outlet ground dari power yang sudah stabil dan bebas dari gangguan elektris dan interferensi. Hal ini berfungsi untuk menghindari listrik statis.
  4. Bila memungkinkan maka jauhkan komputer Anda dari pemancar atau sumber-sumber frekwensi radio.


Sebaiknya pada langkah persiapan lokasi instlasi komputer, perhatikan juga faktor-faktor dibawah ini:


  1. Sediakan sirkuit (MCB) tersendiri untuk aliran listrik komputer Anda
  2. Sirkuit harus diperiksa dengan baik tentang low resistance ground, tegangan yang memadai, bebas dari interferensi dan bebas dari naik turunnya tegangan.
  3. Sirkuit tiga kabel harus ada. Akan tetapi bila tidak, maka gunakanlah adapter tambahan ground untuk menyesuaikan penempatan ground pada soket dua kabel tersebut.
  4. Untuk mengurangi resistansi, hindari pemakaian panjang kabel yang tidak diperlukan. Sebab permasalahan power low noise akan menambah resistansi sirkuit yang mengikuti ukuran kabel dan panjangnya.
  5. Bila memungkinkan, sediakan power sirkuit terpisah untuk peralatan non komputer seperti: AC, coffee maker, mesin copy, laser printer, pemanas ruangan, vacum cleaner dan peralatan lain.

Cara Melakukan Perawatan Aktif


Intensitas melakukan perawatan aktif sangatlah tergantung dari lingkungan dan kwalitas komponen komputer. Bila lingkungan kita kotor dan berdebu, kita harus membersihkan komputer paling tidak tiga kali dalam sebulan. Namun untuk lingkungan kantor normal, pembersihan komputer dapat dilakukan beberapa bulan sekali dalam setahun. Namun jika kita membuka komputer setelah satu tahun ternyata di dalamnya telah penuh debu, ada baiknya kita memperpendek interval pembersihan.

Tahap-tahap melakukan perawatan aktif :

1. Untuk non Operating System


  • Membersihkan debu CPU dan monitor dengan vacuum cleaner.
  • Membersihkan keyboard dan mouse.
  • Membersihkan konektor dan kontak pada konektor slot, konektor power supply, konektor keyboard, konektor mouse dan konektor speaker.

2. Untuk perawatan Operating System


  • Melakukan Back up data dan file-file penting pada waktu yang terjadwal.
  • Melakukan clean up dengan menghapus semua file temporer, seperti: *.tmp, *.chk, ~*.*, file-file dari recycle bin, web browser history dan temporary internet files.
  • Melakukan scandisk.
  • Melakukan defragmentasi file.
  • Melakukan checking dan updating anti virus.



Demikian artikel dari kami yang membahas mengenai Cara Merawat PC Komputer. Semoga Bermanfaat.

0 Comments

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus