12+ Cara Merawat Notebook Dengan Baik dan Benar Supaya Awet Dan Tahan Lama

Daftar Isi Konten [Tampil]
Cara Merawat Notebook Dengan baik dan Benar Supaya Awet Dan Tahan Lama - Notebook adalah suatu perangkat yang saat ini memanglah sudah populer di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Hampir setiap kalangan baik itu orang tua, dewasa bahkan anak-anak sekalipun banyak yang menggunakan perangkat notebook ini.

Perlu Anda ketahui bahwa penjelasan Notebook itu sendiri adalah komputer jinjing/portabel yang sifatnya mobile atau mudah untuk dapat dibawa kemana-mana. Terkadang orang menyebut notebook dengan notebook atau pun netbook. Walaupun sebutan netbook ataupun notebook itu berbeda dari segi bentuk, akan tetapi penamaan orang tersebut mengarah kepada notebook.

Baca : Perbedaan Laptop, Netbook dan Notebook Yang Harus kamu ketahui

Meskipun seperti itu masih banyak para pengguna notebook atau notebook yang kurang memperhatikan kondisi notebooknya. Kurangnya untuk perawatan pengguna terhadap notebooknya maka dapat menyebabkan kinerja notebook menjadi lemot, lag, patah-patah, error dan tak jarang notebook menjadi cepat rusak. Maka untuk itu sangat diperlukannya perawatan yang baik dan benar supaya notebook dapat bekerja dengan optimal, tidak cepat rusak, tahan lama dan bahkan awet.

cara merawat netbook


Begitu sangat pentingnya fungsi notebook dalam segala bentuk aktifitas kita, apalagi yang masih sekolah maupun bekerja yang bergantung pada notebook untuk menyelesaikan pekerjaannya. Maka Anda harus merawat notebook dengan baik dan benar Supaya awet dan tahan lama.

Berikut ini adalah pengalaman saya dalam merawat notebook dengan baik dan benar yang sudah saya praktekkan, dan saya bagikan kepada Anda bagaimana tips cara untuk merawat notebook yang baik dan benar supaya tahan lama dan tidak cepat rusak

1. Jangan Mendownload Software / Aplikasi Sembarangan


Tips yang pertama, yang harus Anda lakukan adalah jangan mendownload software sembarangan dari internet. Kemungkinan jika Anda mendownload sembarangan maka rawan terhadap serangan dari virus atau malware yang dapat merusak kinerja notebook atau notebook Anda. Pasanglah antivirus pada notebook kesayangan Anda agar terhindar dari virus atau malware.

2. Jangan Menaruh Barang Berat Diatas Notebook


Tips yang kedua, jika Anda sering menaruh benda berat diatas notebook segera hindari dari sekarang, karena dengan sering menaruh benda berat diatas notebook dapat mengakibatkan kerusakan pada hardware dan memperpendek umur notebook Anda.

3. Jangan Bongkar Notebook


Tips yang ketiga, jika mengalami masalah pada notebook, Anda jangan mencoba untuk membongkar notebook Anda sendiri. Jika Anda bukanlah seorang teknisi yang benar benar mengerti tentang perangkat notebook lebih baik Anda membawanya ke teknisi atau tempat reparasi notebook yang sudah profesional.

4. Perhatikan Suhu Notebook


Tips yang keempat, jika Anda ingin notebook tetap awet, salah satu hal yang harus Anda perhatikan adalah dengan menjaga suhu notebook agar selalu pada temperature yang stabil. Jika notebook telah mencapai suhu yang tinggi segeralah istirahatkan notebook Anda dengan mematikannya agar suhu pada notebook menjadi dingin kembali.

5. Bersihkan Secara Rutin Notebook Baik Bagian Luar Maupun Dalam


Tips yang kelima, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membersihkan notebook kesayangan Anda secara rutin. Jangan biarkan Notebook Anda dalam keadaan kotor, karena jika dibiarkan maka kinerja notebook Anda akan lambat. Bersihkanlah bagian-bagian yang penting seperti layar dan keyboard dengan berhati-hati. Anda bisa menggunakan lap yang lembut atau menggunakan alat khusus penyedot debu untuk notebook.

Bisa juga sesekali Anda memberishkan bagian dalam notebook, biasanya akan ada banyak debu-debu atau kotoran yang berada disana, karena kalau tidak dibersihkan maka akan menggangun kinerja notebook Anda.

6. Penggunaan Cooling Pad


Tips yang keenam, dimana pun Anda bermain notebook, pastikan Anda selalu menggunakan cooling pad. Cooling berfungsi untuk mendinginkan suhu pada notebook Anda. Udara panas yang dikeluar oleh notebook akan stabil jika menggunakan cooling pad, karena cooling pad atau kipas pendingin akan melancarkan sirkulasi udara pada notebook

7. Pemilihan Tas Notebook Yang Tepat


Tips yang ketujuh, hindari penggunaan tas yang sembarangan untuk membawa notebook yang tidak menggunakan bantalan khusus. Maka gunakanlah tas khusus untuk membawa notebook Anda kemana-mana yangmana tas tersebut sudah di rancang agar notebook Anda tahan benturan saat dibawa kemana-mana.

Biasanya kalau Anda membeli notebook yang baru dari gerai maka juga akan mendapatkan Tas Notebook yang sesuai dengan notebook yang anda guanakan.

8. Jauhkanlah Notebook dari Makanan dan Minuman


Tips yang kedelapan, tanpa disadari kita sering makan dan minum ketika sedang menggunakan notebook. Saya sarankan Anda untuk menjauhkan makanan dan minuman dari notebook Anda. Hal ini dikarenakan jika makanan dan minuman tersebut tumpah ke notebook maka dapat mengakibatkan kerusakan pada notebook Anda. Terlebih jika minuman masuk ke celah keyboard maka akan berakibat fatal.

9. Penggunaan Notebook dengan Hati-hati


Tips yang kesembilan, seperti yang kita sudah ketahui bersama bahwa notebook adalah perangkat eletronik protable yang mudah sekali rentan terhadap kerusakan. Jika kita memperlakukan notebook dengan tidak hati-hati maka notebook akan cepat rusak.

Ada juga bagian-bagian notebook yang sangat terhadap kerusakan jika anda tidak berhati-hati dalam penggunaannya, seperti yang sering terjadi kerusakan pada layar patah/pecah, keyboard yang rusak, engsel penopang layar notebook patah, harddisk dan power supply mengalami kerusakan. Maka dari itu pergunakanlah notebook Anda dengan hati-hati supaya notebook Anda memiliki kinerja yang baik, awet dan tahan lama.

10. Penggunaan Notebook Jangan Terlalu Lama


Tips yang kesepuluh, Anda jangan terlalu lama dalam menggunakan notebook. Notebook sangat jauh berbeda dengan PC (personal Computer) yang bisa digunakan selama berjam-jam bahkan 24 jam nonstop sekalipun.

Hal ini berbeda dengan notebook dikarenakan notebook tidak mempunyai pendingin yang seperti PC. Waktu penggunaan yang baik terhadap notebook maksimal yaitu sekitar 3-4 jam, jika Anda ingin menggunakannya kembali notebook anda maka tunggulah waktu 30 menit untuk menyalakannya kembali. Jika Anda terlalu sering menggunakan notebook dalam waktu yang lama akan mengakibatkan overheat, jika sudah terjadi overheat maka lapotop anda akan cepat rusak.

11. Hindari Menggunakan Notebook Diatas Kasur

Tips yang kesebelas, mungkin sudah menjadi kebiasaan jika Kita bermain notebook diatas kasur dan itu dapat membuat kita lebih nyaman dalam bermain notebook. Akan tetapi jika kita menggunakan notebook diatas kasur hal tersebut dapat mengakibatkan panas dari notebook tidak keluar secara sempurna sehingga notebook pun akan mengalami overheat.

12. Jauhkan Notebook Dari Jangkauan Anak-Anak

Tips yang keduabelas, menjauhkan notebook dari anak-anak, karena anak-anak akan menganggap notebook seperti mainan.

Demikian artikel dari saya yang berdasarkan pengalaman saya untuk merawat notebook dengan baik dan benar supaya awet dan tahan lama. Jika artikel ini bermanfaat untuk Anda silakan Anda bagikan dengan menekan tombol share. Terima kasih.

0 Comments

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus