Jenis-Jenis jaringan Komputer Beserta Contohnya Dan Luas Cakupan Areanya

Daftar Isi Konten [Tampil]
Didalam dunia jaringan komputer pastinya harus mengetahui tentang jaringan komputer itu sendiri. Dalam postingan kali ini kami akan memberikan materi mengenai jenis-jenis jaringan komputer beserta contoh penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari dan luas cakupan area dari jaringan komputer tesebut. Secara umum jaringan komputer terbagi menjadi 5 jenis jaringan yaitu :

  1. Local Area Network (LAN),
  2. Metropolitan Area Network (MAN),
  3. Wide Area Network (WAN),
  4. Interne,
  5. Jaringan Tanpa Kabel.

Jenis jenis jaringan komputer

Jenis-Jenis Komputer

1. Local Area Network (LAN)


Jaringan LAN adalah suatu jaringan komputer yang dibatasi oleh area cakupannya yang relatif kecil, pada umumnya dibatasi oleh area lingkungan, seperti ruangan kantor pada sebuah gedung, ataupun tiap-tiap ruangan pada suatu sekolahan. Pada umumnya jarak antar node untuk jaringan komputer LAN ini tidak lebih jauh dari sekitar 200 m.

Contoh Penggunaan Jaringan LAN


Ruang Kantor, Lap Komputer, Ruang Sekolah dan lain sebagainya.




Gambar Bulding Jaringan LAN

2. Metropolitan Area Network (MAN)


Jaringan MAN adalah suatu jaringan komputer yang biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar gedung dalam suatu daerah (wilayah seperti propinsi atau negara bagian). Dalam hal ini jaringan mengkoneksikan beberapa buah jaringan yang kecil ke dalam lingkungan cakupan area yang lebih luas

Contoh Penggunaan Jaringan MAN


Jaringan untik beberapa kantor cabang sebuah instansi perusahaan didalam sebuah kota besar yang dihubungkan antara satu dengan yang lainnya.

Jaringan MAN 



3. Wide Area Network (WAN)


Jaringan WAN atau singkatan dari Wide Area Netwrok adalah suatu jaringan yang biasanya penggunaannya sudah menggunakan media wireless, sarana satelit ataupun kabel serat optic, karena jangkauannya yang lebih luas, bukan hanya meliputi satu kota atau antar kota dalam suatu wilayah, tetapi mulai menjangkau area/wilayah otoritas negara lain.


Biasanya WAN lebih rumit dan sangat kompleks bila dibandingkan Jaringan LAN maupun MAN. Karena penggunaan WAN Menggunakan bayak sekali sarana untuk dapat mengkoneksikan antara LAN dan WAN kedalam suatu komunikasi global seluruh dunia seperti internet, walaupun demikian antara LAN, MAN dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa karakteristiknya, hanyasaja cakupan lingkup areanya saja yang berbeda satu diantara yang lainnya.

Contoh Penggunaan Jaringan WAN


Sebagai contoh jaringan komputer yaitu tentang kantor City Bank yang lokasinya berada di Indonesia ataupun terletak di negara lain, yangmana jaringan tersebut saling berhubungan, jaringan ATM Master Card, Visa Card atau Cirrus yang sudah tersebar di seluruh indonesia bahkan seluruh dunia.

Jaringan WAN



4. Internet


Kalau kamu ketahui bahwa sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbagai macam. Setiap Orang yang dapat terhubung ke jaringan sering mengharapkan untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya.

Keinginan seperti ini membutuhkan hubungan antar koneksi jaringan yang seringkali tidak kampatible dan berbeda-beda. Biasanya untuk melakukan hal ini dibutuhkan sebuah mesin yang disebut gateway guna untuk melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan.


5. Jaringan Tanpa Kabel


Jaringan tanpa menggunakan kabel adalah suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak dapat diimpelemtasikan dengan jaringan yang menggunakan kabel sebagai pirantinya. Misalnya saja orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Pada Saat ini jaringan tanpa kabel sudah banyak sekali digunakan dengan memanfaatkan penggunaan satelit dan mampu memberikan kecepatan akses internet yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang tentusaja menggunakan kabel.



Interkoneksi berdasarkan jarak antarnode dan Klasifikasi Jaringan komputer berdasarkan Luas Cakupan Area Layanannya




Jarak antarkomputer

Lokasi/Area

Jenis Jaringan

1 – 10 m

Ruangan

Local Area Network

100 m - <1 km

Gedung perkantoran

1 – 10 km

Kota

Metropolitan Area Network

> 10 - < 100 km

Kabupaten, Propinsi

> = 100 km

Negara

Wide Area Network

> = 1.000 km

Benua

> = 10.000 km

Planet

Internet


Demikian artikel postingan dari kami seputar macam-macam jaringan komputer beserta contohnya dan luas cakupan areanya. semoga bermanfaat


0 Comments

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus