Belajar HTML Part 3: Penggunaan Tag Title Dan Deklarasi Dari DOCTYPE

Daftar Isi Konten [Tampil]
Materi Belajar HTML ini kita akan belajar mengenai penggunaan tag title dan deklarasi dari doctype. Dalam artikel sebelumnya, kita sudah membahas tetang istilah tag, attribute dan element.

Nah, pada kesempatan kali ini kita berlanjut untuk pengenalan tetnang tag title dan deklarasi dari penggunaan doctype.


Penggunaan Tag Title Dan Deklarasi Dari DOCTYPE


kita akan membahas salah satu tag yang cukup penting penggunaannya dalam html yaitu tag title. Tag ini berfungsi untuk memberi judul pada sebuah halaman HTML yang biasanya diletakkan diantara <head> dan </head>.

Penggunaan Tag Title


Element head (yang diawali dengan <head> dan diakhiri dengan </head> itu merupakan isi informasi dari sebuah halaman dan terletak di sebelum element body. Selain tag title, ada beberapa tag lain yang juga terpenting dalam penyusunan html yang juga berada di element head seperti tag meta, tag link, tag style, tag base dan lain sebagainya.

Berikut contoh kode penggunaan tag title pada suatu dokumen HTML :

<!DOCTYPE html>
<html>
 <head>
  <title>
          INI MERUPAKAN JUDUL
  </title>
 </head>
 <body>
 Belajar menggunakan tag title bersama Belajar Pemrograman Webillian
 </body>
</html>

Penggunaan Tag Title Dan Deklarasi Dari DOCTYPE

Kamu bisa melihat Seperti pada gambar diatas, bisa dilihat judul halamannya di tab browser yang terletak diatas yang dilingkari itulah yang namnaya judul website.


Deklarasi <!DOCTYPE>


<!DOCTYPE> merupakan instruksi yang sangat berperan untuk mengidentifikasi dari versi HTML sebuah halaman yang biasanya terletak sebelum tag pembuka <html>. <!DOCTYPE> itu bukan merupakan sebuah tag, tetapi mempunyai peran yang sangat penting dalam pembuatan dokumen HTML.

Ada banyak sekali jenis dari deklarasi <!DOCTYPE>, tapi yang paling banyak dipergunakan sekarang adalah deklarasi untuk HTML5 yaitu <!DOCTYPE html>. Pada HTML5 hanya menggunakan <!DOCTYPE html> akan tetapi untuk penggunaan HTML 4.01 bisanayamenggunakan 3 deklarasi <!DOCTYPE>.

Contoh penggunaan deklarasi <!DOCTYPE> :

<!DOCTYPE html>
<html>
 <head>
  <title>
  Penggunaan DOCTYPE
  </title>
</head> 
<body>
 Isi konten
 </body>
</html>

Semua tutorial HTML untuk belajar pada part-part selanjutnya itu akan kita akan bahas kedepan akan selalu menggunakan <!DOCTYPE html> dan tag title (judul) di dalam dokumen HTML. Jika kamu sudah memahami mengenai penggunaan tag title dan doctype, mari kita lanjut pada tutorial berikutnya yaitu mengenai bagaimana cara membuat judul (heading) di HTML.

0 Comments

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus