Belajar HTML Part 1: Menentukan Text Editor untuk Membuat Dokumen HTML

Daftar Isi Konten [Tampil]
Menentukan Text Editor untuk Membuat Dokumen HTML - Dalam penulisan tag pemrograman diperlukannya text editor, oleh karena itu dalam artikel ini kita akan menentukan text editor yang cocok untuk programmer menuliskan tag HTML.

tutorial belajar html


Untuk dapat menuliskan suatu kode tag HTML maka diperlukannya dengan bantuan Teks Editor. Penggunaan Text Editor sublime text ini tidak hanya dipergunakan untuk HTML saja, akan tetapi juga digunakan untuk bahasa pemrograman yang lain seperti CSS, PHP, Javescript dan bahasa pemrograman yang lainnya. Sebenarnya menggunakan Notepad bawaan windows saja sudah lebih dari cukup. sewaktu penulis duduk dibangku SMK dulu tepatnya pada jurusan rekayasa perangkat lunak atau sering disebut RPL, penulis sering menggunakan Notepad untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan pada guru untuk materi pemograman web, khususnya pada tugas pemrograman website yaitu menggunakan HTML dan CSS.

Dalam tutorial belajar pemrograman HTML kali ini pada part 1, penulis sangat menyarankan kamu untuk menggunakan software Sublime Text, software ini merupakan Text Editor yang sangat mendukung dan direkomendasikan untuk mengerjakan tag bahasa pemrograman tak terkecuali tag HTML. Salah satu manfaat dari sublime text ini adalah Multiple Selection, Command Pallete, Distraction Free Mode

Mulai membuat dokumen HTML


Terlebih dahulu kamau harus mengunduh softwarenya disini, kemudian install seperti halnya mengisntal software pada komputer kamu.

Jika kamu sudah melakukannya silahkan membuat code seperti dibawah sini, copy pastekan pada sublime teks kamu

<!DOCTYPE html>
<html>
 <head>
  <title>
  Dokumen HTML
  </title>
 </head>
 <body>
 Ini merupakan dokumen HTML pertamaku
 </body>
</html>

Hasil Dari Implementasi Kode di Atas


Berikut ini tampilan di sublime text kamu

tutorial belajar html

Setelah kamu selesai mengcopy-paste kode diatas, kemudian simpan dokumennya dengan cara pilih File > Save. (jangan lupa untuk mengecek ekstensinya yaitu .html)


tutorial belajar html


Simpanlah pada lokasi yang kamu inginkan. Sebagai contoh, penulis menyimpannya dokumennya di folder belajar html dengan nama belajar_HTML_1.

Setelah kamu sudah mensavenya silahkan untuk klik dua kali dokumen yang sudah disimpan tadi. Setelah dijalankan pada browser, maka hasilnya akan seperti ini :

tutorial belajar html




Cukup sekian artikel belajar pemrograman html part pertama ini mengenai menentukan text editor untuk membuat dokumen HTML Semoga dengan adanya tutorial ini memudahkan kamu untuk jadi seorang programmer.


1 komentar

  1. user sublime text hadir. Selain penggunaannya lebih mudah, textnya juga berwarna-warni jadi lebih menarik dibandingkan notepad dan jadi menambah semangat untuk melakukan coding.

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus
EmoticonEmoticon