Analisis Sistem Informasi Digital Library (DIGILIB)

Daftar Isi Konten [Tampil]
Sebenarnya ini adalah tugas yang mempunyai teman penulis dalam mengerjakan tugas mata kuliah analisis sistem informasi, sehingga teman penulispun dapat mengerjakannya. Dalam penyusunan analisis ini teman penulis melakukan analisis sistem informasi instansi pendidikan penulis yaitu Politeknik Indonusa surakarta.

Analisis Sistem Informasi Digital Library (DIGILIB)


Disini teman penulis ingin menganalisis sistem Informasi Digital Library (DIGILIB) atau perpustakaan digital milik Polinus. Berikut ini adalah contoh dari Analisis Sistem Informasi Digital Library (DIGILIB) Politeknik Indonusa surakarta dengan menggunakan Analisis PIECES.

ANALISIS SISTEM INFORMASI DIGITAL LIBRARY (DIGILIB) POLITEKNIK INDONUSA SURAKARTA

Disusun Oleh :
 Nama : Ikhwan Rozikin
           Prodi : Manajemen Informatika
                                  Email : ikhwan.rozikin@poltekindonusa.ac.id


POLITEKNIK INDONUSA SURAKARTA
SURAKARTA
2019

I. Pendahuluan


A. Latar Belakang


Teknologi informasi saat ini berkembang dengan cukup pesat. Hampir semua aspek kehidupan sudah menggunakan kecanggihan teknologi informasi. Tidak terkecuali pada bidang pendidikan. Sistem informasi bukanlah hal yang asing dalam dunia pendidikan. Implementasi dari kemajuan teknologi informasi dapat terlihat dengan penggunaan sistem informasi maupun proses pengolahan data di lembaga-lembaga pemerintah maupun swasta pada bidang pendidikan.

Perpustakaan digital (DIGILIB) merupakan salah satu implementasi dari perkembangan teknologi informasi. Keberadaan perpustakaan digital sebagai salah satu lembaga pelayanan publik, diharapkan menjadi sarana pemenuhan kebutuhan dalam mencari sumber referansi berupa literatur seperti buku, majalah, ensiklopedia dan media bacaan lainnya yang mendukung proses belajar mengajar. Perpustakaan juga diharapkan dapat memberikan pelayanan prima terhadap pemenuhan kebutuhan anggota/pengguna perpustakaan. (Siti Nurajizah, 2019)

Politeknik Indonusa mulai menggunakan Perpustakaan Digital yang sedang dalam proses pengembangan. Sehingga masih banyak fitur yang perlu di perbaiki. Belum banyak fitur yang bisa di gunakan dan belum terlalu compatible apabila di akses melalui perangkat mobile. Untuk itu di harapkan nantinya sistem perpustakaan digital dapat membantu memudahkan mahasiwa dalam hal membaca.

B. Permasalahan


  1. Apakah sistem ini mudah diakses?
  2. Apakah sistem ini mudah digunakan?
  3. Apakah sistem ini aman digunakan?
  4. Apakah sistem ini dapat meningkatkan minat baca mahasiswa?


C. Tujuan


Adapun tujuan dari analisis ini adalah :


  1. Mengetahui seberapa jauh perkembangan perpustakaan digital.
  2. Mengetahui keunggulan serta kelemahan dari sistem perpustakaan digital untuk tujuan pengembangan.
  3. Mengukur seberapa besar manfaat DIGILIB bagi mahasiswa.
  4. Sebagai hasil Analisis Sistem PIECES.

D. Alasan


Alasan melakukan Analisis ini adalah :


  1. Untuk mengetahui tentang Sistem Informasi Perpustakaan Digital (DIGILIB)
  2. Untuk menyelesaikan tugas Analisis PIECES


II. Tinjauan Pustaka


A. Perpustakaan Digital


perpustakaan digital adalah sebuah perpustakaan di mana koleksi-koleksinya disimpan dalam format digital (sebagai kebalikan untuk mencetak, microform, atau media lainnya) dan dapat diakses oleh komputer. Menurut Towolawi dan Oluwakemi, perpustakaan digital menetapkan kegiatan perpustakaan dan layanannya dengan fasilitas elektronik dalam pengolahan, transmisi dan menampilkan informasi.

Dari beberapa pendapat tersebut, secara umum dapat diambil suatu kesimpulan bahwa perpustakaan digital (digital library) adalah suatu perpustakaan yang menyimpan koleksi buku, majalah, jurnal ilmiah dan dokumen-dokumen pustaka lainnya dalam bentuk digital dengan jumlah yang sangat besar dan dapat disebarkan/diintegrasikan melalui sebuah jaringan komputer atau internet yang bersifat global dan dilengkapi dengan fiturfitur layanan seperti: fitur keanggotaan, fitur pencarian, fitur link atau pranala, fitur dwi bahasa, fitur artikel, serta fitur folder dan arsip. (Dewa Gede Hendra Divayana, 2017)

B. Sistem Informasi


Sistem informasi merupakan kombinasi teratur dari orang-orang, perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), jaringan komunikasi, dan sumber daya data yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi. (Astria Firman, 2016)

C. XAMPP


Menurut Wahana(2009:30) “XAMPP adalah salah satu paket instalasi apache, PHP, dan MySQL secara instant yang dapat digunakan untuk membantu proses instalasi ketiga produk tersebut”. (Agus Prayitno, 2015)

D. PHP


PHP atau kependekan dari Hypertext Preprocessor adalah salah satu bahasa pemrograman open source yang sangat cocok atau dikhususkan untuk pengembangan web dan dapat ditanamkan pada sebuah skripsi HTML. Bahasa PHP dapat dikatakan menggambarkan beberapa bahasa pemrograman seperti C, Java, dan Perl serta mudah untuk dipelajari.

PHP merupakan bahasa scripting server – side, dimana pemrosesan datanya dilakukan pada sisi server. Sederhananya, serverlah yang akan menerjemahkan skrip program, baru kemudian hasilnya akan dikirim kepada client yang melakukan permintaan.
Adapun pengertian lain PHP adalah akronim dari Hypertext Preprocessor, yaitu suatu bahasa pemrograman berbasiskan kode – kode (script) yang digunakan untuk mengolah suatu data dan mengirimkannya kembali ke web browser menjadi kode HTML”. (Astria Firman, 2016)

E. Database MySQL


Menurut Wahana Komputer (2010:21), MySQL adalah database server open source yang cukup popular keberadaannya. Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, membuat software database ini banyak digunakan oleh praktisi untuk membangun suatu project.Adanya fasilitas API (Application Programming Interface yang dimiliki oleh MySQL, memungkinkan bermacam – macam aplikasi komputer yang ditulis dengan berbagai bahasa pemrograman dapat mengakses basis data MySQL. (Astria Firman, 2016)

III. Hasil dan Pembahasan


A. Analisis PIECES


Analisis PIECES merupakan metode analisis yang digunakan untuk mengetahui kualitas sistem Informasi yang sudah di Implementasikan. Dimana meliputi:

1. Analisis Kinerja (Performance)


Kinerja dari Sistem Informasi Perpustakaan Digital sudah cukup baik.

2. Analisis Informasi (Information)


Informasi tentang konten dan fitur yang di sampaikan cukup jelas dan mudah dipahami.

3. Analisis Ekonomi (Economic)


Sistem ini tidak memakan banyak biaya dalam pembuatan. Serta User tidak memakan banyak biaya pula dalam mengakses Sistem ini.

4. Analisis Keamanan (Control)


Keamanan akun pada Sistem ini cukup aman untuk digunakan.

5. Analisis Efisiensi (Efficiency)


Sistem ini memudahkan mahasiswa untuk mencai buku ataupun jurnal yang di sediakan oleh kampus maupun dari Pustakawan lain.

6. Layanan (Services)


Layanan yang di sdiakan oleh sistem ini cukup membantu pengguna.

B. Metode Kuisioner


Metode pengumpulan data yang digunakan untuk menentukan Analisis PIECES dari sistem ini adalah Metode Kuisioner. Pertanyaan di buat melalui Google Form lalu di dengan link yang disebarkan melalui media sosial untuk mengumpulkan data dari beberapa responden.
Lalu hasil dari pengumpulan data diolah berdasarkan presentase jawaban responen pada setiap pertanyaan dan didata menggunakan MS. Excel. Hasil dari analisis tersebut nantinya yang akan digunakan untuk bahan evaluasi dan pengembangan sistem informasi tersebut.

IV. Kesimpulan


Kesimpulaanya aplikasi ini bisa memudahkan pengguna dalam membaca namun masih memerlukan banyak pengembangan dari segi isi dan fitur yang di sediakan.

V. Daftar Pustaka


Siti Nurajizah, 2019. Implementasi E-CRM berbasis Web pada Perpustakaan Digital Sekolah Gema Nurani, Jakarta Barat.

Dewa Gede Hendra Divayana, Agus Adiarta, Ida Bagus Gede Surya Abadi, (2017). Uji Coba Rancangan Model CSE-UCLA Yang Dimodifikasi Dengan Metode Weighted Product dan Validasi Instrumen Evaluasi Layanan Perpustakaan Digital Pada Perguruan Tinggi Komputer di Bali. ISSN 2087-2658

Astria Firman, Hans F. Wowor, Xaverius Najoan. Sistem Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web. E-journal Teknik Elektro dan Komputer vol.5 no.2 Januari-Maret 2016, ISSN 2301-8402

Agus Prayitno, Yulia Safitri. (2015) AMIKBSI JakartaTimur. Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis.

VI. Lampiran



  1. Jurnal
  2. Hasil pengumpulan data metode Kuisioner (Excel)

Jika anda menginginkan lampiran jurnalnya dan hasil pengumpulan data dengan menggunakan metode kuisioner (Excel) anda bisa mendownloadnya di sini. 





0 Comments

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus