Sistem Informasi: Pengertian, Definisi, Komponen, Peranan, Tingkat, Sistem Informasi Berbasis Komputer

Daftar Isi Konten [Tampil]

Pengertian Sistem Informasi

Sistem informasi adalah kummpulan dari perangkat keras dan perangkat lunak komputer serta perangkat manusia yang akan mengolah data untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam sistem informasi data memegang peranan penting. Tanpa data sistem informasi tidak dapat berjalan dengan baik dan bahkan tidak akan berfungsi.

Menurut John F. Nash (1995) yang diterjemahkan oleh La Midjan dan Azhar Susanto, menyatakan bahwa Sistem Informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jarngan komunikasi yang penting, proses atas transaksi-transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat.

Pengertian, Definisi, Komponen, Peranan, Tingkat, Sistem Informasi Berbasis Komputer


Menurut Henry Lucas (1988) yang diterjemahkan oleh Jugianto H.M. menyatakan bahwa sistem informasi adalah suatu kegiatan dari prosedur-prosedur yang diorganisasikan, bilamana dieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian di dalam organisasi.

Menurut Tata Sutari (2005) Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasional organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertenu dengan laporan-laporan yang diperlukan

Definisi Sistem Informasi

Selain pengertian diatas sistem informasi dapat di Definisikan sebagai berikut:

  1. Suatu sistem yang dibuat oleh manusia yang terdiri dari komponen-komponen dalam organisasi untuk mencapai sautu tujuan yaitu menyajikan informasi.
  2. Sekumpulam prosedur orgaisasi yang dpada saat melaksanakan akan memberikan informasi bagi pengambilan keputusan dan atau untuk mengendalikan organisasi
  3. Suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi, mendukung operasi, bersifat manjerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak liuar teretntu daengan laporan-laporan yang diperlukan.
  4. Sistem informasi dapat didefnisikan sebagai komponen-komponen seuah kelompok yang berpengaruh pada pembuatan pernyataan keputusan.

Komponen sistem informasi

Untuk mendukung lancarnya suatu sistem informasi dibutuhkan beberapa komponen yang fngsinya sangat vital di dalam sistem informasi secara rinci komponen-komponen sistem informasi menurut John Burch dan Gray Grudnitski mengemukakan bahwa sistem informasi terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut ini:


  • 1. Input


Input adalah semua data yang dimasukan ke dalam sistem informasi.


  • 2. Proses


Adalah suatu proses prosedur nyag akan memanipulasi input yang kemudian akan disipan dalam bagioan basis data dan seterusnya akan diolah menjadi suatu output yang akan digunakan oleh penerima. Pada komponen proses ini terdiri dari:


  • a. Manusia


Manusia adalah pemakai dari sistem informasi komputer seingga harus mengerti bagaimana komputer etersebut dapat memenuhi kebutuhan.


  • b. Metode dan Prosedur


Metode adalah teknik pengolahan data yang diterapkan pada sistem informasi, sedangkan prosedur menggambarkan bagaimana masusia sebagai pemakai sistem membuat keputusan.


  • c. Peralatan komputer


Komponen pendukung sistem informasi yang termasuk peralatan komputer adalah : monitor, printer, disket dan program komputer .


  • d. Penyimpanan Data


Penyimpanan data berfungsi untuk pemakaian di masa yang akan datang atau pencarian kembali. Media penyimpanan ini dapat berupa disket, hardisk, dokumen atau bentuk lainnya.


  • 3. Output


Output adalah semua keluaran atau hasil dari model yang sudah diolah menjadi suatu omfor,asi yang berguna dan dapat dipakai penerima. Komponen ini dapat berupa laporan-laporan yang dibutuhkan oleh pemakai sistem untuk memantau keberhasilan suatu organisasi.


  • 4. Teknologi


Tekonologi adalah bagian yang verfungsi untuk memasukan input, mengolah input dan menghasilakan keluaran. Ada 3 bagian teknologi ini yaitu : perangkat keras, perangkat lunak dan perangkat manusia.


  • 5. Basis data


Basis data adalah sekumpulan data-data yang saling berhubungan satu dengan yang lain yang disimpan dalam perangkat keras komputer dan akan diolah menggunakan perangkat lunak.


  • 6. Kendali


Kendali adalah semua tindakan yang diambil untuk menjaga sistem informasi tersebut agar dapat berjalan dengan lancar dan tidak mengalami gangguan.

Peranan Sistem Informasi

Sistem informasi memiliki tiga peran vital dalam suatu bisnis, yaitu:


  • 1. Mendukung Operasi Bisnis



Sistem inforamsi untuk mencatat kegiatan transaksi bisnis, menyediakan informasi bagi pihak manajemen dalam operasi bisnsi yang digunakan sehari-hari.


  • 2. Mendukung dalam pengambilan keputusan manajerial



Sistem informasi dapat mengkombinasikan informasi untuk membantu proses bisnis menjadi lebih baik.


  • 3. Meraih keuntungan strategik



Sistem informasi didesain untuk suatu tujuan yang strategis yang akan membantu perusahaan/organisasi dalam meraih keuntungan pasar (market) yang kompetitif.

Tingkat Sistem informasi


Berikut ini merupakan tingkatan dari sistem informasi, yaitu sebagai berikut:

  1. Database information System.
  2. Transactional Information System.
  3. Management Information System.
  4. Decision Support System.
  5. Executive Information System.


Tiap tingkatan pemrosesan informasi dapatmenggunakan data yang dihasilkan tingkatan dibawahnya atau menambahkan data baru, tetapi tidak dapat menggunakan data diatasnya. Roles of Information Systems dapat di gambarkan sebagai berikut ini:

Sistem Informasi Berbasis Komputer


Sistem informasi berbasis komputer atau Computer Base Information System (CBIS) adalah suatu sistem pengolhan data menjadi informasi yang berualitas dan digunakan sebagai alat bantu dalam mengambil keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analis.

Secara teori, penerapan sistem informasi memang tidak harus menggunakan komputer. Akan tetapi pada prakteknya sistem informasi tersebut tidak akan dapat berjalan dengan baik tanpa adanya komputer. Beberapa istilah yang terkait dengan CBIS antara lain adalah data, informasi, sistem, sistem informasi, dan basis komputer.

Seiring dengan perkembangan zaman, sisstem informasi berbasis komputer terus mengalami evolusi. Usaha penerapan komputer dalam bidang bisnis terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi, informasi dan telekomunikasi.

Adapun tahapan perkembangan tersebut adalah sebagai berikut ini:


  • 1. Fokus awal pada data (EDP)



Didukung dengan munculnya punched card dan keydriven bookkeeping machines dan perusahaan umumnya mengabaikan kebutuhan informasi para manajernya.


  • 2. Fokus baru pada informasi (MIS)



Seiring dengan diperkenalkannya generasi baru alat penghitung yang memungkinkan untuk bisa melakukan pemrosesan lebih banyak, hal tersebut dioreientasikan untuk konsep penggunaan komputer sebagai informasi manajemen (SIM).


  • 3. Fokus revisi pada pengambilan Keputusan (DSS)



DSS adalah sistem penghasil informasi yang ditujukan pada suatu masalah tertentu dan harus dipecahkan serta diambil keputusannya oleh manajer.


  • 4. Fokus sekarang pada komunikasi (OA)



OA memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktivitas diantara manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan alat diantara manajer dan pekerja kantor melalui pengguaan alat-alat elektronik. Oa telah berkembang dalam berbagai bentuk aplikasi seperti konferensi jarak jauh (teleconference), voice mail, email, electronic calendaring, facsimile transmission, dan dekstop publishing.


  • 5. Fokus potensial pada konsultasi (AI/ES)



Ide dasar AI adalah komputer dapat diprogram utuk melaksanakan sebagai penalaran yang logis sama halnya seperti manusia. Sistem pakar adalah suatu sistem yang berfungsi sebagai seorang spesialis dalam suatu bidang. Sedangkan sistem yang menggambarkan segala macam sistem yang menerapkan kecerdasan buatan untuk pemecahan masalah dinamakan dengan sistem berbasis pengetahuan (knowledge bases sistmes)

Dalam beberapa hal, tiap subsistem CBIS layaknya seperti organisme hidup yakni, lahir, tumbuh, matang, berfungsi dan mati. Proses evolusi tersebut dinamakan siklus hidup sistem (SLC).
Tahap-tahap dari siklus hidup sistem meliputi:

  1. Perencaaan,
  2. Analisis,
  3. Rancangan ,
  4. Penerapan, dan
  5. Penggunaan.



Sumber:

Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Edy Susena, M.Kom.

0 Comments

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus