Upaya Yang Dikerjakan Untuk Menghadapi Globalisasi untuk Memperkokoh Kehidupan Bangsa

Daftar Isi Konten [Tampil]

Makalah Upaya Yang Dikerjakan Untuk Menghadapi Globalisasi untuk Memperkokoh Kehidupan Bangsa


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang


Banyak orang menduga bahwa globalisasi merupakan fenomena kekinian. Globalisasi tidak pernah terjadi di masa lampau. Memanglah globalisasi diartikan sebagai bagian dari aspek peradaban modern yang paling banyak berasal dari peradaban Barat. Istilah kata dari globalisasi itu sendiri baru di temukan sekitar tahun 1980-an. Globalisasi adalah suatu fenomena yangmana masyarakat dunia saling terhubung satu dengan yang lainnya. Globalisasi dicirikan dengan kemajuan teknologi komunikasi dan perdagangan.

Globalisasi ini banyak berakibat pada setiap lini kehidupan masyarakat, baik kehidupan ekonomi, sosial, politik dan budaya.

Pada makalah kami pada kesempatan ini akan membahas mengenai “Upaya Yang Dikerjakan Untuk Menghadapi Globalisasi untuk Memperkokoh Kehidupan Bangsa.”

B. Rumusan Masalah


Rumusan masalah dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1. Pengertian Globalisasi.
2. Faktor Penyebab Globalisasi.
3. Upaya dan sikap untuk mengantisipasi Globalisasi.

C. Tujuan Penulisan Makalah


Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut ini:
1. Untuk mengetahui dan mengerti arti dan penyebab terjadinya globalisasi.
2. Untuk mengetahui upaya apa yang dapat dikerjakan untuk menghadapi globalisasi untuk memperkokoh kehidupan bangsa.

BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Globalisasi


Perlu kamu ketahui bahwa Globalisasi berasal dari kata “globe” yang mempunyai arti dunia. Secara simplenya, globalisasi dapat diartikan sebagai suatu wujud proses yang mendunia. Jadi dapat di simbulkan bahwa Definisi dan pengertian globalisasi adalah masuknya secara meluasnya pengaruh dari suatu daerah atau pun negara atau pun budaya ke negara atau daerah lain. Proses globalisasi mengandung arti bahwa hal tersebut merupakan sebuah kegiatan yang sebelumnya tidak mampu atau pun terbatas jangkauannya secara nasional, akan tetapi secara bertahap (gradually) meluas sehingga tidak dibatasi oleh negara ataupun daerah tersebut lagi.

Upaya Menghadapi Globalisasi Untuk Memperkokoh Kehidupan Bangsa

Sehingga dapat disimpulkan dari semua itu bahwa pengertian dan definisi dari globalisasi itu sendiri adalah suatu proses penyebaran penaruh-pengaruh yang ada di negara-negara di dunia.

Globalisasi adalah suatu proses integrasi internasional yangmana terjadi disebabkan karena adanya pertukaran pandangan mengani dunia, produk, pemikiran, dan dari aspek-aspek kebudayaan lainnya. Kemajuan dari bidan pembangunan infrastruktur, alat transportasi dan media telekomunikasi, termasuk juga salah satunya dengan kemunculan dari telegraf dan Internet, yangmana merupakan faktor yang utama dari terjadinya globalisasi, itu semua semakin mendorong untuk saling ketergantungan (interdependensi) kegiatan ekonomi dan budaya antar Negara.

Walaupun beberapa pihak ada yang menyatakan tentang globalisasi bahwa globalisasi itu berawal pada era modern, akan tetapi beberapa pakar ahli lainnya mengemukakan bahwa tentang sejarah dari globalisasi sampai sebelum zaman penemuan benua Eropa dan pelayaran menuju ke Dunia Baru. Ada juga para ahli yang menerangkan bahwa terjadinya globalisasi pada milenium ketiga sebelum Masehi. Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, yangmana keterhubungan ekonomi dan budaya dunia berlangsung sangat cepat.

Istilah globalisasi itu sendiri semakin sering untuk digunakan sejak pada pertengahan tahun 1980-an dan lebih sering digunakan lagi sejak pertengahan tahun 1990-an. Pada tahun 2000, Dana Moneter Internasional (IMF) mengidentifikasi tentang empat aspek dasar globalisasi adalah sebagai berikut:

4 Aspek Globalisasi


  • perdagangan dan transaksi,
  • pergerakan modal dan investasi,
  • migrasi dan perpindahan manusia,
  • dan pembebasan ilmu pengetahuan.


Tidak hanya itu saja, akan tetapi tantangan-tantangan yang berada di lingkungan contohnya dalam perubahan iklim, polusi udara, air, lintas perbatasan, dan pemancingan ikan berlebihan dari lautan juga ada hubungannya dengan aspek globalisasi. Proses dari adanya globalisasi memengaruhi dan dipengaruhi oleh sumber daya , bisnis dan tata kerja, sosial-budaya, ekonomi dan lingkungan alam.

Ada beberapa teori tentang Globalisasi yang diargumenkan oleh para ahli. Salah satunya adalah Globalisasi yang diargumenkan oleh Cochrane dan Pain yang menyatakan tentang 3 pemeren utama penting dalam globalisasi itu sendiri, yaitu:

  • Globalis,
  • Para Tradisionalis
  • Para Transformalis.


Para orang-orang Globalis menerangkan bahwa dengan terjadinya globalisasi ini, maka akan memuat konsekuensi secara langsung pada kehidupan yang ada di seluruh penjuru dunia bahwa nantinya akan adanya serangan kebudaya homogen yang menyebar ke seluruh dunia.

Prilhal tentang ini, para globalis yang positif menerangkan bahwa hal tersebut bisa dengan mudah menjadikan masyarakat dunia yang mempunyai pemikiran yang lebih terbuka dan toleran terhadap budaya dari luar budayanya mereka sendiri. Akan tetapi para globalis negatif menerangkan bahwa hal tersebut bisa dengan mudah untuk melunturkan budaya asli masing-masing masyarakat dan mengartikan itu juga salah satu upaya untuk Negara adidaya untuk menjajah budaya lain.

Para Tradisionalis dalam menanggapi tentang teori ini adalah orang-orang yang tidak mengartikan bahwa Globalisasi itu sudah terjadi, mereka mengaggap bahwa proses yang terjadi saat ini merupakan dampak dari perubahan yang sudah lama terjadi sejak zaman dahulu.

Para Transformalis adalah orang yang posisinya berada diantara para globalis dan para tradisionalis, mereka mengartikan bahwa benar tentang adanya Globalisasi sedang, akan tetapi sangatlah terlalu di lebih-lebihkan.

Teori dari Globalisasi selanjutnya yaitu sudah dipaparkan oleh seorang ahli yang bernama George Ritzer yang mengargumenkan bahwa era Globalisasi ini ditandai dengan adanya perkembangan dalam berbagai macam bidang komunikasi seperti munculnya telephone dan televisi.

B. Faktor Penyebab Globalisasi


Dari pengertian globalisasi diatas, kita bisa mengetahui sudah bisa mengetahui apa penyebab terjadinya globalisasi. Yah, itu adalah kemajuan teknologi.

Kemajuan teknologi adalah sebab utama dari terjadinya globalisasi. Dibutuhkan pengantar supaya terjadinya globalisasi yang sebelumnya kebudayaan, pengaruh dan pemikiran tersebut dibatasi oleh daerah kehidupan sektoral. Kemajuan dari bidang teknologi yang menjadi penyebab utama dari globalisasi adalah teknologi transportasi, kemudian dilanjutkan dengan teknologi komunikasi.

Memanglah bukan hal yang sulit lagi pada era zaman sekarang ini, yaitu untuk membiasakan mengirim kabar dan berita dari suatu tempat yang jaraknya ribuan kilometer dari tempat kita berada dalam waktu yang sama. Kesemuanya itu seakan-akan memanglah mudah untuk kita ketahui tanpa perlu mekerjakan usaha yang berat. Tidak seperti di zaman dahulu, memberi kabar pada sebulan yang lalu maka di terima bisa 2 bulan yang akan datang atau lebih lama lagi.

Dengan adanya Globalisasi ini tentu saja juga didukung dengan adanya teknologi yang semakin lama semakin terus berkambang dan memudahkan kehidulan manusia, mempermudah pekerjaan manusia, mempermudah aktivitas manusia dan lain sebagainya. Di era Globalisasi yang terjadi pada saat ini semua yang kita kerjakan menjadi lebih gampang. Akan tetapi disisi lain globalisasi juga mempunyai dampak, baik itu merupakan dampak yang positif dan juga ada dampak buruk itu merupakan dampak negatif dalam berbagai bidang.

Pada awalnya manusia yang dengan pengaruh dan pemikiran serta budaya dari negara atau daerahnya berpindah ke daerah lain dan menyebarkan pemikiran dan kebudayaannya kepada manusia manusia lain di negara negara lain.

Semakin berkembangnya teknologi, khususnya dalam bidang teknologi komunikasi, maka tidak lagi dibutuhkan manusia yang berpindah-pindah untuk memberi kabar, hiburan dan lain sebagainya, sekarang ini hanya membutuhkan informasi yang datang kepada kita. Sepertihalnya dari kejadian tersebut yaitu adalah dengan adanya youtube, facebook, google, TV, Radio dan banyak lagi.

Faktor-Faktor Penyebab Globalisasi


faktor-faktor Penyebab dari Globalisasi, diantaranya adalah sebagai berikut:


  • Adanya perkembangan kemajuan dari di bidang teknologi informasi dan komunikasi sehingga dapat dengan mudahnya untuk menjamin terlaksananya transaksi ekonomi antar negara.
  • Adanya perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi transportasi sehingga dapat dengan mudahnya untuk melakukan mengirim barang dan jasa antar negara.
  • Adanya perkembangan kemajuan dari kerja sama ekonomi internasional yang semakin erat sehingga mempermudah dalam kesepakatan-kesepakatan antar negara.

Penyebab Terjadinya Globalisasi 



Tentunya ada penyebab dan pendorong yang akhirnya membuat era Globalisasi ini dapat terjadi, merangkum dari beberapa hal, maka beberapa penyebab terjadinya Globalisasi, diantarnya:

1. Perkembangan Teknologi dan Informasi


Dengan adanya perkembangan dalam bidan teknologi informasi dan komunikasi yang kemudian berdampak pada dengna mudahnya melakukan transaksi keuangan yang terjadi di seluruh Negara.

Selama beberapa waktu terakhir terbisa banyak sekali perkembangan dalam bidang teknologi yang berkaitan langsung dengan transaksi keuangan yang dapat memudahkan Anda untuk mekerjakan transaksi tidak hanya di Negara sendiri melainkan di Negara lain.

2. Banyaknya Kerja Sama Internasional


Penyebab kedua terjadinya Globalisasi adalah karena terjadinya banyak kerja sama internasional yang memudahkan terjadinya transaksi keuangan sebelumnya yang dikerjakan oleh berbagai Negara. Sehingga dengan melalui dalam sektor ekonomi inilah yang membuat banyaknya produk dari luar negeri masuk ke dalam negeri dan bahkan sebaliknya.

3. Kemudahan Transportasi


Ketiga, penyebab terjadinya Globalisasi juga masih berkaitan dengan penyebab sebelumnya yaitu dengan adanya sistem pengiriman yang maju menyebabkan masyarakat gampang dalam mengirimkan barang meski terpisah jarak yang sangat jauh.

4. Ekonomi Terbuka


Selanjutnya pada era Globalisasi ini juga terjadi disebabkan Negara-negara yang berada di dunia mulai sangat terbuka dalam bidang ekonomi, sehingga transaksi perdagangan global juga diterima dengan terbuka yang menyebabkan berbagai macam produk saling bertukar dari satu tempat ke tempat yang lain.

Dari produk-produk yang masuk itu tentunya juga mengandung budaya dan unsur dari Negara lain yang mempengaruhi budaya di dalam Negara sendiri. Kemudian yang terakhir era Globalisasi ini juga terdorong karena pasar uang saat ini sudah sangat mendunia yang menjadikan transaksi keuangan dalam satu Negara menjadi lebih besar.

Pada intinya semua penyebab terjadinya era Globalisasi ini adalah karena kegiatan ekonomi antar Negara yang semakin terbuka sehingga memudahkan untuk Negara-negara di dunia untuk saling berinteraksi, transaksi, menjalin kerja sama dalam berbagai aspek bidang yang berdampak masuknya budaya-budaya yang baru, pengetahuan yang baru, dan juga hal-hal baru dari luar negara ke dalam negara itu sendiri.

Tentunya supaya tidak berakibat negatif bagi suatu Negara maka Globalisasi harus didukung dengan kesadaran untuk tetap melestarikan dan mencintai budaya sendiri.

Tentu saja dengan akibat yang disebabkan dari adanya Globalisasi ini mempunyai dampak tersendiri dalam berbagai macam sektor di masyarakat dampak globaslisasi atau pengaruh globalisasi, yangmana itu berdampak positif dan berdampak negatif.

Dampak Positif dan Negatif dari Adanya Globalisasi


Dampak Positif Globalisasi


  • Kemudahan memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan
  • Kehidupan sosial ekonomi yang meningkat
  • Kemajuan dan berkembangnya dalam bidang pembangunan, teknologi informasi, media komunikasi, alat transportasi dan informasi yang memudahkan manusia.

Dampak Negatif Globalisasi


  • Gampangnya budaya barat masuk dan mempengaruhi nilai-nilai budaya lokal.
  • Lunturnya nilai-nilai kebudayaan seperti gotong royong dan lain sebagainya.
  • Rusaknya lingkungan dan meningkatnya polusi udara
  • Maraknya penyelundupan barang-barang ilegal maupun terlarang
  • Kemudian globalisasi juga berakibat pada berbagai bidang, baik itu politik, ekonomi, pembelajaran dan lain sebagainya.

Globalisasi faktanya memuat dampak yang besar bagi kehidupan kelompok masyarakat juga pada setiap individu. Kenapa dapat begitu? Jawabannya karena pada era globalisasi seperti yang terjadi saat ini, seorang remaja seperti kita bisa dengan gampangnya untuk mengakses berita-berita, musik, steraming film, dan meniru dengan mudahnya gaya hidup masyarakat di negara lain melalui internet. Perlu kamu ketahui bahwa percepatan dan keterbukaan dari arus informasi inilah yang kemudian menjadikan gaya hidup dan cara pandang seseorang berubah.

C. Upaya dan sikap untuk mengantisipasi Globalisasi


Globalisasi memuat dampak positif dan negatif pada kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Pada setiap dari berbagai macam aspek yang terpengaruh oleh arus globalisasi itu semua pasti memunculkan kedua dampak tersebut, baik secara positif maupun negatif.

Lalu, bagaimana upaya yang harus dikerjakan oleh negara juga kita sebagai masyarakat bangsa indonesia dalam menghadapi dan menyikapi dampak-dampak dari globalisasi dengan baik dan benar? Globalisasi mengenai masyarakat pada keadaan yangmana keadaan tersebut dinamakan culture shock atau gegar budaya, keadaan seperti ini merupakan keadaan tidak siap atau terkejut dengan kebudayaan baru yang masuk dalam kehidupan sehari-hari mereka. Dampaknya, kebiasaan-kebiasaan, adat istiada, tata krama, dan norma-norma lama yang berlaku mulailah pudar tidak terlihat lagi, dikarenakan masuknya budaya asing.

Ada beberapa hal yang dapat kita kerjakan sebagai remaja dalam menghadapi globalisasi, diantaranya:

1. Memperkokoh Pembelajaran


Maksud dari memperkokoh pembelajaran disini adalah masyarakat harus mempunyai pembelajaran dan pengetahuan yang cukup, sehingga seberapa besar pun gencarnya arus globalisasi menerpa dengan pengetahuan dan pembelajaran yang cukup gelombang negatif dari globalisasi tersebut tidak bisa berakibat negatif juga bagi masyarakat. Seperti: dengan pengetahuan yang baik maka masyarakat indonesia mampu bersaing dengan masyarakat lain di belahan dunia lain pula.

2. Menanamkan rasa cinta tanah air dan bangsa


Dengan menanamkan rasa cinta tanah air dan bangsa maka diharapkan budaya bangsa dapat tetap terjaga di tengah-tengah arus globalisasi yang semakin kuat. Seperti: dengan adanya rasa cinta tanah air dan bangsa maka masyarakat Indonesia akan tetap mempertahankan rasa cinta pada bangsa dan negara.

3. Mengembangkan teknologi yang berbasis budaya bangsa


Ini adalah salah satu hal yang jarang di pikirkan oleh orang banyak, dengan mengembangkan teknologi yang berbasis pada budaya bangsa tentunya diharapkan dapat budaya bangsa ini dapat sejalan dengan globalisasi yang terjadi saat ini dalam kata yang sederhana dapat kita sebut “selaras.”

Seperti adalah : mengembangkan aplikasi yang mendukung perkembangan seni dan budaya bangsa, misalkan mengembangkan sistem game yang berbasis pada pembelajaran dengan nuansa kultur dan budaya bangsa, dapat jadi kita membuat game online yangmana karakter yang berada dalam game tersebut menggunakan bahasa daerah (tetapi ada translatenya) dan juga menggunakan pakaian-pakaian daerah.

4. Memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa


Ini adalah salah satu yang sangat penting, dengan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa maka diharapkan masyarakat kita dapat saling bantu dan saling dukung untuk menghadapi kencangnya arus globalisasi yang masuk ke Indonesia. Seperti contoh : Globalisasi menyebabkan pengusaha-pengusaha asing dengan gampangnya masuk ke dalam Indonesia, dengan kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, maka pengusaha-pengusaha besar dapat memberikan bantuan kepada pengusaha-pengusaha kecil di Indonesia supaya tidak tergeser oleh pengusaha-pengusaha asing.

5. Memperkokoh dasar keagamaan


Dengan memperkokoh dasar keagamaan kita maka kita akan mempunyai kemampuan untuk menolak dan menghindari dampak negatif dari globalisasi. Seperti: Dengan dasar agama yang baik dan kuat maka kita akan lebih kuat dalam menangkal pergaulan bebas yang muncul sebagai dampak negatif dari globalisasi.


BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan


Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang disebabkan karena pertukaran cara pandangan dunia, pemikiran , produk dan juga aspek-aspek dalam kebudayaan lainnya. Kemajuan dari pembangunan infrastruktur , alat transportasi dan juga media telekomunikasi, termasuk juga kemunculan dari adanya telegraf dan Internet, merupakan faktor utama dalam globalisasi yang terus semakin dalam mendorong saling ketergantungan (interdependensi) kegiatan ekonomi dan budaya.

B. Saran


Sebagai generasi penerus bangsa kita tidak seharusnya menolak perkembangan globalisasi selama itu positif, namun kita juga harus bijaksana dalam mengikuti perkembangan globalisasi dan membentengi diri dengan berbagai cara supaya kita tidak menjadi korban dari globalisasi.

2 komentar

  1. globalisasi saat ini sangat diperuntungkan untuk kebutuhan aktivitas manusia. serta tidak bisa di pisahkan tentunya.. apalagi sudah masuk ke ranah pendidikan. teknologi menunjang pendidikan untuk terus bersaing meningkatkan atau berinovasi dalam sistem IPTEK pendidikan.. selain itu juga memang penting sekali di kehidupan sosialisasi masyarakat.

    BalasHapus
  2. Nice info lur, beruntungnya saya yang hidup dipedesaan. Masih belum begitu terkena dampak dari globalisasi. Dimana masyarakatnya masih menjunjung tinggi nilai-nilai budaya lokal.

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus
EmoticonEmoticon