Dasar Sistem Informasi : Sistem, Karakteristik Sistem, Elemen Sistem, Sistem Digital

Daftar Isi Konten [Tampil]

A. Sistem


Sistem adalah jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu (Andri Kirstanto, 2007).

Sistem pada dasarnya adalah sekelompok unsur yang erat hubungannya satu dengan yang lain, yang berfungsi untuk mencapai tujuan tertentu (Tata Sutabri, 2005).

Sistem, Karakteristik Sistem, Elemen Sistem, Sistem Digital


Pendekatan sistem yang menekankan pada prosedurnya, mendefinisikan sistem sebagai berikut:

Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumoul, bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu”. (Jogiyanto HM, Akt, MBA, Pk.D 1995).

Pendekatan sistem adalah jaringan kerja dari prosedur lebih menekankan urutan operasi di dalam sistem. Prosedur di definisikan oleh Richard F.Neuschel sebagai berikut:

Prosedur adalah urutan-urutan operasi klerikal (tulis menulis), biasanya melibatkan beberapa orang di dalam satu atau lebih departemen, yang diterapkan untuk menjamin penanganan yang seragam dari transaksi – transaksi bisnis yang terjadi”.

Definisi Sistem Secara Umum


Berdasarkan definisi di atas dapat di tarik sebuah kesimpulan bahwa, definisi sistem secara umum adalah sebagai berikut ini:

  1. Kumpulan dari bagian-bagian yang bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan yang sama.
  2. Sekumpulan dari objek dapat dilihat sebagai satu kesatuan yang dirancang untuk mencapai satu tujuan.


Karakteristik Sistem


Sebuah sistem memiliki karakteristik atau sifat-sifat tertentu (Jogiyanto, 1995) yaitu sebagai berikut ini:


  • 1. Komponen Sistem



Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen sistem dapat berupa subsistem atau bagian-bagian dari sistem. Betapa kecilnya sistem pasti mengandung komponen atau subsistem.


  • 2. Batasan Sistem



Batasan sistem adalah daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya. Batasan sistem ini memungkinkansuatu sistem dipandang sebagai satu kesatuan. Batasan ini menunjukan ruang lingkup (scope) dari sistem tersebut.


  • 3. Lingkungan Luar Sistem



Lingkungan luar sistem adalah apapun yang diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem. Lingkungan luar sistem dapat bersifat menguntungkan dan juga dapat bersifat merugikan sistem tersebut.


  • 4. Penghubung Sistem



Penghubung sistem adalah penghubung antara satu subsistem dengan subsistem lainnya. Melalui penghubung ini memungkinkan sumber-sumber mengalir dari satu subsistem ke subsistem lainnya.


  • 5. Masukan Sistem



Masukan sistem adalah energi yang dimasukan ke dalam sistem. Masukan ini dapat berupa perawatan (maintenance input) dan masukkan sinyal (signal input). Maintenance input adalah energi yang dimasukan agar sistem tersebut beroperasi, Signal input adalah energi yang diproses untuk didapatkan keluaran.


  • 6. Pengolah Sistem



Suatu sistem dapat mempiunyai satu bagian pengolah yang akan merubah masukkan menjadi keluaran. Suatu sistem produksi akan mengolah masukkan berupa data-data dan aturan-aturan tertentu menjadi keluaran berupa laporan.


  • 7. Keluarna Sistem



Keluaran sistem adalah hasil dari data yang dioleh dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna. Keluaran tersebut dapat merupakan masukkan untuk subsistem yang lainnya.


  • 8. Sasaran Sistem



Sasaran dari sistem sangat menentukan sekali masukkan yang dibutuhkan dan keluaran yang akan dihasilkan sistem. Suatu sistem dapat dikatakan berhasil apabila mengenai sasaran atau tujuannya.
Sistem yang baik harus mempunyai tujuan dan sasaran yang jelas dan tepat karena hal ini akan sangat menentukan dalam mendefinisikan masukkan yang dibutuhkan.

Elemen Sistem


Elemen-elemen yang terdapat dalam sistem meliputi sebagai berikut ini:


  • 1. Tujuan Sistem



Tujuan sistem adalah tujuan sistem dikembangkan, dapat berutpa tujuan organisasi, kebutuhan organisasi, permasalhan yang ada dalam organisasi dan lainnya.


  • 2. Batasan Sistem



Batasan sistem adalah batasan yang berupa ruang lingkup permasalahan, peraturan-peraturan, biaya yang dikeluarkan, orang-orang yang ada, fasilitas, sarana dan prasarana maupun batasan yang lainnya.


  • 3. Kontrol Sistem



Kontrol sistem adalah pengawasan terhadap pelaksanaan pencapaian tujuan dari sistem. Kontrol sistem dapat berupa control terhadap masukkan data, keluaran data, pengolahan data, umpan balik dan sebagainya.


  • 4. Input



Input adalah elemen dari sistem yang bertugas untuk menerima seluruh masukan data nyag dapat berupa jenis data, frekuensi, pemasukan data dan sebagainya.


  • 5. Proses



Proses adalah eelemn yang bertugas untuk mengolah atau memproses seluruh masukan data menjadi suatu informasi yang lebih bermanfaat.


  • 6. Output



Output adalah hasil dari input yang sudah diproses oleh bagian pengolah dan merupakan tujuan akhir dari sistem. Output ini dapat berupa laporan data, grafik dan sebagainya.


  • 7. Feedback/Umpan balik



Umpan balik adalah elemen sistem yang bertugas mengevaluasi bagian dari output yang dikeluarkan. Elemen ini sangat penting demi kemajuan dari sebuah sistem. Umpan balik ini dapat berupa perbaikan sistem, pemeliharaan dan sebagainya.

Sistem Digital


Sistem digital sudah menjadi sedemikan luas di semua bidanggg kehidupan, mulai dari bidang komputer,piranti otomatis, robot, ilmu dan teknologi kedokteran bahkan sampai kepada transportasi, hiburan, penjelajah ruang angkasa dan masih banyak lagi.

Kelebihan sistem digital


Kelebihan sistem digital antara lain sebagai berikut ini:

  1. Sistem digital secara umum lebih mudah dirancang
  2. Penyimpanan inforamsi lebih mudah
  3. Ketelitian lebih besar
  4. Operasi dapat diprogram
  5. Untai digital lebih kebal terhadap derau (noise)
  6. Lebih banyak untai digital dapat dikemas dalam kepingan /C



Sumber:

Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Edy Susena, M.Kom.

0 Comments

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus