Dasar Informasi : Informasi, Siklus Informasi, Kualitas Informasi, Informasi Digital

Daftar Isi Konten [Tampil]

A. Informasi

Informasi ibarat darah yang mengalir di dalam tubuh suatu organisasi, sehingga informasi ini sangat penting di dalam suatu organisasi. Suatu sistem yang kurang mendapatkan inforamsi akan menjadi luruh dan ahirnya sistem akan berhenti dan berakhir.


Informasi, Siklus Informasi, Kualitas Informasi, Informasi Digital


Pengertian Informasi

Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya. (Jogiyanto HM, Akt, MBA, PK.D).

Sumber dari informasi adalah data. Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadia ndan kesatuan nyata. Kejadian (event) adalah sesuatu yang terjadi pada saat yang tertentu. Sedangkan kejadian nyata (fact dan entitiy) adalah berupa suatu obyek nyata seperti tempat, benda dan orang yang betul-betul ada dan terjadi.

Informasi adalah data-data masukan yang dapat dijadikan dasar untuk membuat keputusan. Sehingga dapat didefinisikan sebagai komponen-komponen sebuah kelompok yang berpengaruh pada pembuatan pernyataan keputusan.

B. Siklus informasi

Data adalah bentuk yang masih mentah yang belum dapat bercerita banyak, sehingga perlu dileh lebih lanjut. Di dalam kegiatan suatu perusahana, misalnya dari hasil transaksi penjualan oleh sejumlah salesman, dihasilkan sejumlah faktur-faktur yang merupakan data dari penjualan pada suatu periode tertentu. Untuk keperluan pengambilan keputusan, maka faktur-faktur tersebut perlu diolah lebih lanjut untuk menjadi informasi. Setelah data transaksi penjualan dioleh, beraneka ragam informasi dapat dihasilkan, misalnya:

  1. Informasi berupa laporan setiap salesman, berguna bagi manajemen untk menetapkan besarnya komisi dan bonus
  2. Inforamasi berupa laporan penjualan tiap-tiap daerah, berguna bagi manajemen untuk promoisi dan periklanan
  3. Inforamsi berupa laporan penjualan tiap-tiap jenis barang berguna bagi manajemen untuk mengevaluasi baran yang tidak atau kurang laku terjual

Data nyag diolah untuk mengghasilkan informasi menggunakan suatu model proses yang tertentu sehingga menjadi inforamasi. Informasi diterima oleh penerima, kemudian penerima membuat suatu keputusan dan melakukan tindakan, yang berarti menghasilkan suatu tindakan lain yang akan membuat sejumlah data kembali. Siklus ini oleh john Burch disebut dengan siklus informasi (infomation cycle). Dalam siklus ini diseubt juga dengan siklus pengolahan data (data processing cycle).

C. Kualitas Informasi

Inforamasi harus memiliki beberapa karakterisitk sebagai beirkut:


  • 1. Akurat/Ketelitian



Informasi harus bebas dari kelsahan dan tidak menyesatkan bagi orang-orang yang menerimanya.


  • 2. Tepat pada waktunya



Informasi yang diterima tidak boleh terlambat, jika pengambilan keputusan terlambat, maka dapat berakibat faral bagi suatu organisasi atau instansi tersebut.


  • 3. Penyajian



Informasi yang sudah diproses dan yang akan disajikan harus mudah dimengerti dan dipahami oleh setiap pengguna dan cara penyajiannya pun tidak terlalu sulit untuk di pahami dan dimengerti.


  • 4. Kelengkapan



Informasi yang diberikan kepada pengguna nantinya harus tersaji secara lengkap sesuai dengan kebutuhan, misalkan tanggal berapa, oleh siapa, untuk siapa, dll.


  • 5. Sesuai dengan kebutuhan



Informasi yang diberikan kepada pengguna harus sesuai dengan kebutuhan penerima.


  • 6. Relevan



Informasi harus mempunyai manfaat bagi penerima, sehingga informasi dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.


  • 7. Ekonomis



Informasi yang dihasilkan mempunyai manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan.


  • 8. Efisien



Informasi yang dihasilkan tidak perlu banyak akan tetapi yang paling penting sedikit tapi bermanfaat.


  • 9. Dapat dipercaya



Informasi harus dapat dipercaya kebenarannya dan tidak mengada-ada.

Nilai informasi (value of Information) ditentukan dari dua hal, yaitu manfaat dan biaya mendapatkannya. Suatu inforamasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebihefektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya. Pengukuran nilai informasi biasanya dihubungkan dengan analisis cost effectiveness atau cost benefit.

D. Informasi Digital


Digitalisasi informasi adalah proses mengubah berbagai informasi, kabar, atau berita dari fomat analog menjadi fotmat digital sehingga lebih mudah untuk diproduksi, disimpan, dikelola dan didistribusikan. Informasi yang digitalisasi dapat disajikan dalam bentuk teks, angka, audia, visual, yang berisi tentang ideologi, sosial, kesehatan dan bisnis.

Dengan adanya digitalisasi informasi, berbagai informasi digital mulai tersedia di berbagai sumber sehingga masyarakat lebih mudah untuk menjangkaunya. Berikut ini adalah bentuk-bentuk informasi digital.

Macam-Macam Digitalisasi Informasi 



  • 1. OPAC (Online Public Access Catalog)



OPAC adalah bentuk katalog yang diakses dalam jaringan internet di mana masyarkat bisa menemukan inforamasi bilografis mengenai koleksi katalog dalam bentuk analog maiupun koleksi katalog dalam bentuk digital yang menjadi koleksi dari perpustakaan.


  • 2. E-Journal (Elektronic Journal)



E-Journal adalah jurnal yang diterbitkan di dalam jaringan ionternet dalam format digital, baik versi digital dari jurnal yang sudah pernah diterbikan dalam bentuk analog maupun jurnal dalam bentuk digital yang dikhususkan untuk diterbitkan secara online.


  • 3. E-Book (Elektronic Book)



E-Book adalah buku yang diterbiktkan i dalam jaringan internet dalam format digital, yang berasal dari buku dengan fotmat analog yang dipindahkan menjadi format digital, maupun buku yang dikhususkan untuk diterbitkan dalam fotmat digital.


  • 4. E-Publications



E-Publications adalah sarana publikasi yang diproduksi dalam fomt digital seperti e-cliping (electronic cliping), e-bulletin (electronik bulletin), e-newsletter (electronic newsletter), e-proceeding (electronik proceeding).


  • 5. Online Database



Online database adalah data nyag berisi informasi dalam format digital berupa buku elektronik, artikel elektronik, majalah elektronik, laporan tahunan elektronik.


Sumber :

Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Edy Susena, M.Kom

0 Comments

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus