Surat: Pegertian, Bagian, Bentuk, Macam-Macam, Jenis, Fungsi dan Tujuan dari Surat

    Surat, Pengertian, Fungsinya, Ciri-Ciri, Tujuan, Jenis dan Contohnya – Apakah yang kalian ketahui dari surat? Apakah surat itu? Surat merupakan media untuk berkomunikasi dengan mempunyau tujuan supaya dapat menyampaikan pesan atau informasi secara tertulis dari satu pihak kepada pihak yang lain. Terdapat beberapa macam-macam surat jika dilihat berdasarkan format dan tujuannya, misalnya surat perseorangan atau surat resmi.

    Secara umum bagian-bagian surat terdiri dari kop surat, tempat dan tanggal penulisan surat, nomor surat, lampiran, tentang, alamat tujuan, salam pembuka, isi surat, salam penutup, nama pengirim dan tanda tangan, serta tembusan. Pada Bagian-bagian surat tersebut teletak pada surat resmi, sementara kalau pada jenis surat yang lainnya tidak semuanya ada.



    Surat : Pengertian, Fungsinya, Ciri-Ciri, Tujuan, Jenis dan Contohnya



    Selain surat perseorangan dan surat resmi juga terdapat jenis-jenis surat yang lainnya. Tiap-tiap jenis surat juga mempunyai banyak contoh surat sesuai keperluannya. Misal pada contoh yaitu surat resmi yang dapat berupa surat perintah, surat permintaan, surat undangan, dan surat edaran.

    Jika kalian ketahui ternyata surat mempunyai beberapa fungsi, antara lain yaitu berfungsi untuk memberitahukan informasi, mengirimkan permintaan/pesan, sebagai media bukti yang tertulis, sebagai media pengingat, dan sebagai media pedoman kerja. Pada saat ini surat pun menjadi bagian yang paling penting dalam komunikasi di instansi atau institusi tertentu.

    Pengertian Surat


    Menurut Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Surat adalah sarana komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain baik yang berkaitan dengan kegiatan bisnis ataupun nonbisnis.

    Bagian Surat dan Bentuk Surat


    Secara umum, bagian surat baik untuk surat dinas maupun surat bisnis mencakup beberapa komponen penting, antara lain:

    (1) kepala surat/kop surat (letterhead),
    (2) tanggal surat (date),
    (3) nomor, lampiran, dan perihal/hal (number, enclosed, subject),
    (4) alamat tujuan (inside address),
    (5) salam pembuka (salutation),
    (6) paragraf pembuka (firsh paragraph),
    (7) paragraf isi (body paragfaph),
    (8) paragraf penutup (close paragraph),
    (9) salam penutup (complimentary close),
    (10) tanda tangan (signature),
    (11) nama jelas penanda tangan (name and titlle),
    (12) tembusan (notation), (13) inisial (initial).

    Macam-Macam Surat


    Secara umum, surat dapat dikelompokkan dalam beberapa kelompok, yaitu pengelompokan surat menurut wujudnya, pemakaiannya, banyaknya sasaran yang dituju, isi dan maksudnya, sifatnya, dan menurut urgensi pemakaiannya.

    Macam-macam Surat Menurut Wujudnya


    Menurut wujudnya, surat surat dapat dikelompokkan dalam beberapa kelompok, yaitu antara lain:

    1. Surat Bersampul


    Surat Bersampul (surat tertutup) adalah surat yang dikirimkan oleh seseorang kepada orang yang terdiri atas kertas dan sampul (amplop) dengan berbagai ukuran.

    2. Kartu Pos


    Kartu pos adalah bentuk surat terbuka yang digunakan untuk mnyampaikan pesan-pesan singkat/pendek dan praktis, yang berbentuk kartu kecil dengan ukuran10cm x 15 cm yang dikeluarkan oleh PT pos Indonesia.

    3. Warkat Pos


    Warkat pos adalah surat yang wujudnya berupa gabungan kertas surat dan amplop. Kertas warkat pos dibuat sedemikian rupa, sehingga apabila kertas tersebut dilipat akan membuat amplop.

    4. Telegram dan Teleks


    Telegram disebut juga sebagai surat kawat. Istilah telegram berasal dari kata tele yang berarti jauh, sedangkan gram (graf) berarti tanda tang tercetak.

    5. Memorandum (Memo) dan Nota


    Memo adalah surat yang digunakan oleh pimpinan untuk menyampaikan suatu pesan-pesan singkat yag berupa pemberitahuaan, permintaan atau hal-hal lain dalam suatu organisasi (internal Organisasi.

    6. Surat Tanda Bukti


    Surat tanda bukti adalah surat yang memiliki fungsi sebagai tanda bukti pengkuan sah atas suatu pembayaran tertentu antara satu pihak kepada pihak lain.

    Macam-Macam Surat Menurut Pemakaiannya


    Menurut pemakaiannya, surat dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu:

    1. Surat Pribadi


    Surat pribadi (personal letter) adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang isinya menyangkut kepentingan atau hal-hal yang sifatnya personal atau pribadi.

    2. Surat Dinas


    Surat dinas atau surat resmi (formal letter) adalah surat yang isinya berkaitan dengan kepentingan tugas dan kegiatan dinas instansi pemerintah.

    3. Surat Bisnis


    Surat bisnis (business letters) adalah surat yang digunakan orang atau badan yang menyelenggarakan kegiatan usaha bisnis.

    4. Surat Sosial


    Surat sosial (social letters) adalah surat yang digunakan oleh organisasi atau lembaga-lembaga sosial kemasyarakatan untuk berbagai kepentingan sosial bagi masyarakat pada umumnya.

    Macam-Macam Surat menurut Banyaknya (Jumlah) Sasaran yang Dituju


    Menurut Banyaknya (Jumlah) Sasaran yang Dituju, surat dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:

    1. Surat Biasa


    Surat biasa adalah surat yang dibuat oleh seseorang atau organisasi yang ditujukan kepada seseorang atau organisasi lain yang berisi suatu informasi yang bersifat umum dan bukan bersifat pribadi atau privasi.

    2. Surat Edaran


    Surat edaran adalah surat pemberitahuan secara tertulis yang ditujukan kepada seorang atau suatu lembaga yang ditujukan kepada orang atau lembaga lain dalam jumlah yang banyak.

    3. Surat Pengumuman


    Surat pengumuman adalah surat yang berisi pemberitahuan tentang suatu hal yang perlu diketahui oleh pegawai atau karyawan suatu organisasi atupun masyarakat luas.

    Macam-Macam Surat Menurut Sifatnya


    1. Surat Biasa


    Surat biasa adalah surat yang isinya bersifat biasa (bukan rahasia), dapat beramplop dan tanpa amplop.

    2. Surat Konfidensial (terbatas)


    Surat konfidensial adalah surat yang termasuk rahasia, terbatas untuk kalangan tertentu.

    3. Surat Rahasia


    Surat rahasia adalah surat yang isinya hanya boleh dibuka dan dibaca oleh orang/pejabat tertentu.

    Macam-Macam Surat Menurut Urgensi Penyelesaian


    1. Surat Baisa


    Surat biasa adalah surat yang penanganannya diperlukan biasa saja atau tidak ada suatu perlakuan khusus atas surat tersebut.

    2. Surat Segera


    Surat segera adalah surat yang memang memerlukan penanganan secepat mungkin atau dilakukan dengan segera, meskipun tingkat penanganannya tidak secepat surat kilat.

    3. Surat Kilat


    Surat kilat adalah surat yang memerlukan penanganan dengan sangat segera, harus didahulukan, dan memperoleh perlakuan khusus daripada surat-surat yang lainnya.

    Macam-Macam Surat Menurut Isi dan Maksudnya


    Pengelompokkan surat menurut isi dan maksudnya sangat tergantung dari maksud dan tujuan pengirim surat. Oleh karena itu, maksud dan tujuan pengiriman surat antara yang satu dengan yang lain berbeda, jenis suratnyapun sangat bervariasi.

    Jenis-Jenis Surat


    Berikut ini merupakan macam-macma surat dan jenis-jenisnya antara lain terdiri dari surat perseorangan, surat resmi, surat niaga, surat dinas, dan surat lamaran kerja.

    1. Surat Perseorangan


    Jenis surat yang pertama adalah surat perseorangan. Surat perseorangan merupakan jenis surat yang digunakan untuk kepentingan perseorangan atau individu tertentu, bisa berupa interaksi dan korespondensi antar keluarga atau teman saja.

    Ciri-ciri pada surat perseorangan antara lain yaitu tidak menggunakan bagian kop surat, tidak mempunyai nomor surat, jenis salam pembuka dan penutup menggunakan variasi tertentu, penggunaan bahasa bebas tapi sopan dan cenderung tidak resmi, serta format yang digunakan surat yang bebas, tidak terikat pada aturan tertentu.

    2. Surat Resmi


    Surat resmi adalah jenis surat yang digunakan untuk kepentingan resmi, bisa dari perseorangan, institusi, atau organisasi tertentu. Hal-hal yang bersifat resmi tersebut mencakup surat undangan, surat pemberitahuan, surat edaran, dan lain sebagainya, yang biasanya bersifat formal.

    Ciri-ciri pada surat resmi antara lain adalah adanya bagian kop surat, mempunyai nomor surat, mempunyai lampiran, menggunakan salam pembuka dan penutup yang umum digunakan, menggunakan bahasa resmi dan baku, dan tak kalah penting menyertakan stempel instansi resmi jika ada, serta menggunakan format penulisan yang baku.

    3. Surat Niaga


    Surat niaga adalah salah satu contoh dari jenis surat yang dipergunakan oleh badan usaha atau instansi untuk mengadakan aktivitas kegiatan usaha niaga seperti industri atau jasa. Pada surat niaga ini sangatlah penting untuk membangun koneksi bisnis dan jaringan dengan pihak luar yang terkait.

    Surat niaga sendiri ada berbagai macam, mulai dari surat jual beli, perdagangan, dan kwitansi. Pada dasarnya untuk klasifikasi surat niaga juga bisa anda bedakan menjadi surat niaga internal dan surat niaga eksternal, itu semua tergantung dari pihak yang terlibat dan berkepentingan pada isi surat tersebut niaga tersebut.

    4. Surat Dinas


    Macam-macam surat berikutnya adalah surata dinas. Surat dinas digunakan untuk kepentingan pekerjaan formal seperti institusi dinas dan tugas kantor. Fungsi surat dinas penting dalam pengelolaan administrasi dalam suatu institusi tertentu.

    Pada penggunaan Surat dinas mempunyau fungsi yaitu sebagai dokumen bukti tertulis, media pengingat berkaitan fungsinya dengan arsip penting, bukti sejarah atas perkembangan institusi atau lembaga, dan pedoman kerja yang dalam bentuk surat keputusan dan surat instruksi.

    Penggunaan surat dinas mempunyai beberapa ciri-ciri, antara lain adalah mempergunakan kop surat dan institusi/lembaga atau instansi, menggunakan nomor surat, mempergunakan salam pembuka dan penutup yang baku dan sopan, mempergunakan lampiran, mengandung bahasa resmi dan bagu, menggunakan stempel dari institusi, serta menggunakan format penulisan surat.

    5. Surat Lamaran Kerja


    Jenis-jenis surat yang terakhir adalah surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja merupakan jenis surat yang dibuat dan dikirimkan oleh seseorang yang ingin bekerja di kantor, perusahaan, atau institusi tertentu yang dituju.

    Bedasarkan dari format surat lamaran pekerjaan, surat lamaran perkerjaan termasuk dalam jenis surat resmi atau juga bisa disebut surat dinas, akan tetapi sering dikategorikan sebagai jenis surat pribadi. Hal ini dikarenakan jenis surat ini banyak disusun, dibuat dan sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

    Bagian-bagian pada surat lamaran pekerjaan antara lain adalah tempat dan tanggal pembuatan surat, nomor surat, lampiran, tentang, alamat tujuan, salam pembuka, isi dan maksud, salam penutup, serta tanda tangan dan nmaa terang pengirim.

    Fungsi dan Tujuan Surat


    Dari kesimpulan di atas tentang pengertian, jenis-jenis dan macam-macam surat, maka dapat di simpulkan bahwa surat mempunyai banyak sekali fungsi, fungsi surat secara umum adalah sebagai media untuk berkomunikasi terhadap yang bersangkutan dalam bentuk tulisan. Maka berikut ini merupakan beberapa fungsi dari surat yaitu, atara lain sebagai berikut:

    - Sebagai media sarana untuk dapat melakukan komunikasi dengan tujuan untuk bisa menyampaikan permohonan/ permintaan, pemberitahuan, perintah, pernyataan bahkan bisa juga laporan, dan lain-lain sebagainya.

    - Sebagai alat untuk menunjukan bukti tertulis yang mempunyai kekuatan badan hukum.

    - Sebagai alat untuk dapat mempermudah membantu dalam mengingat suatu aktivitas/kegiatan.

    - Sebagai media catatan atau histori dari suatu kegaitan yang bertujuan untuk dapat mengevaluasi keperluan kegiatan yang lain.

    - Sebagai alat yang dapat untuk mewakili pribadi atau instansi, organisasi, lembaga pembuat surat yang menyampaikan apa yang ingin di maksudkan, memberi informasi, ataupun misi yang akan di tujukan kepada penerima.



    Begitulah demikian referensi dari kami yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber mengenai Jenis-Jenis Surat, Pengertian, Fungsinya, Ciri-Ciri, Tujuan, dan Contohnya, yang sudah kami jelaskan secara lengkap. Ternyata ada banyak sekali jenis surat nya ada, akan tetepi secara keseluruhan fungsi dari surat adalah untuk memberikan suatu informasi dari pihak si pengirim kepada pihak si penerima. Apabila ada kesalahan kata, penulisan atau revisi kami persilahkan. Terimakasih semoga bermanfaat.

    0 Comments

    Posting Komentar

    1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
    2. komentar selalu dimoderasi
    3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
    dengan topik yang dibahas
    4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus