Pengertian Istilah: DA, PA, TB, QB, PQ, MT, SS, MR, OS Yang Harus Kamu Ketahui

    Webillian.com – Apakah anda seorang blogger? Ataupun pengembang sebuah website? Pastinya tidak asing lagi dengan Domain Score, ya benar, karena dengan adanya Domain Score itu sangat mempunyai peranan yang sangat penting dan sangat berpengaruh untuk meningkatkan kemajuan dari website yang anda kelola dan juga sangat berpengaruh terhadap artikel yang akan akan terbitkan di mesin pencarian bagi itu Google, Bing, Yahoo maupun Yandex. Salah satu Tools Online yang biasanya untuk mengecek domain score adalah Website Seo Checker.

    Akan tetapi untuk sebagain kependekan dari masing-masing yang sudah di terangkan di sana banyak orang yang belum mengetahui kepanjangannya. Seperti contoh pada gambar ini.

    Pengertian Istilah: DA, PA, TB, QB, PQ, MT, SS, MR, OS Yang Harus Kamu Ketahui



    Dan hal inilah yang membuat saya tertarik untuk membahas dari pengertian-pengertian tersebut yang sudah saya rangkum dan berdasarkan pengalaman saya dalam mengelola suatu website. Berikut ini penjelasannya.

    DA dan PA


    Apakah itu DA dan PA? DA dan PA adalah dau hal yang sangat berkaitan khusus jika kalian mengelola seuatu website. Pasti kalian mengetahui teknik SEO (Search Engine Optimizer), nah DA dan PA merupakan keterkaitan dari teknik SEO tersebut, karena akan sangat berpengaruh terhadap penelusuran search engine dan menentukan posisi website di search engine.

    Pengertian DA


    DA merupakan singkatan dari Domain Autohirty yang mana adalah kekuatan utama dari sebuah website yang mengarah pada sistem pemeringkatan dan algoritma dari sistem yang sudah ditetapkan oleh Search Engine dan juga digunakan untuk menentukan seberapa posisi website kita dalam mesin pencarian. Lantas apa yang dapat dilakukan untuk dapat meningkatkan DA?

    Cara meningkatkan DA (Domain Authority)


    Berikut ini merupakan cara meningkatkan DA (Domain Authority) yang sudah kami terapkan di beberapa website kami, yaitu dengan cara:

    1. Tingkatkan Usia Domain


    Dalam mengelola suatu website pasti ada domainnya, semakin lama usia domain maka anda mempunyai nilai DA (Domain Authority) yang juga tentunya tinggi.

    2. Meningkatkan Jumlah Backlink


    Meningkatkan jumlah backlink tentunya selain dapat meningkatkan Domain Authority website anda juga dapat menambah jumlah pengunjung di website anda, biasanya para pengembang website atau blogger melakukan penambahan jumlah backlink melalui Guest Post, memasang backlink di situs forum pembelajaran, PBN dan lain sebagainya, tetapi perlu di ingat tidak hanya sekedar memasang backlink saja akan tetapi juga harus memperhatikan kualitas dari backlink tersebut.

    3. Memperbanyak artikel dan Memperbaiki Kualitasnya


    Selain dari faktor lamanya domain dan juga backlink tentunya cara meningkatkan Domain Authority yaitu dengan anda rutin melakukan update artikel paling tidak 1 hari sekali saja (konsisten) tak hanya itu lakukanlah optimasi penulisan artikel yang SEO friendly yaitu biasanya minimal 300 kata/artikel, tetapi lebih banyak lebih baik.

    Pengertian PA (Page Authority)


    Page Authority atau sering disingkat PA adalah Nilai atau Kualitas halaman dari Website anda yang dinilai dan ditunjang dari sebarapa baiknya Domain anda di mesin penelusuran.

    Page Authority sendiri mempunyai pengertian yaitu sebuah Domain Rank yang menentukan dimanakah posisi Artikel dari website anda akan berada, jadi jika dapat disimpulkan tentang PA adalah salah satu yang dapat menaikan SERP artikel yang anda di mesin pencarian. Lantas bagaimnakah cara meningkatkan PA?

    Cara meningkatkan PA (Page Authority)


    Berikut ini merupakan cara meningkatkan PA (Page Authority) yang sudah kami terapkan di beberapa website kami, yaitu dengan cara:

    1. Sering Update Artikel Secara Konsisten


    Dengan melakukan update artikel secara konsisten (Setiap hari 1 artikel/one day one article) maka andapun dapat menaikan PA anda dengan mudah. Semakin anda sering melakukan update konten/artikel maka semakin cepat pula PA anda akan meningkat.

    2. Pasanglah Backlink yang berkualitas


    Kalau anda ingin menaikan PA anda maka anda haruslah memasang backlink yang berkualitas, atau jangan melakukan memasang backlink pada ‘Black Hat’ if you know what i mean. Nah dengan memasang backlink yang berkualitas andapun dapat menaikan PA dari website anda.

    3. Mengoptimasi Kualitas Artikel


    Selain dari update konten rutin (konsisten) dan juga memasang backlink yang berkualitas untuk dapat menaikan Page Authority website anda, yan selanjutnya anda lakukan adalah dengan cara mengoptomasi kualitas aritkel anda, Perhatikan Judul, Heading dari website anda, dan jangan lupa untuk mengoptimasinya dengan melengkapi dengan gambar pada artikel jika anda punya videonya anda pun juga bisa menambahkannya dengan cara mengembed kan video anda yang sudah anda publish di youtube maupun layanan lainnya.

    Kesimpulan dari DA dan PA


    Kesimpulan dari DA dan PA yaitu saling berketerkaitan, jika anda memperhatikan dari cara menaikan DA maupun PA. Teruslah konsisten untuk menulis artikel anda, tulislah artikel yang sesuai kesukaan anda, jangan lupa juga sering riset keyword apa yang menjadi trend pengguna internet.

    Apa itu TB, QB, PQ, dan MT


    Selain DA dan PA yang sudah dijelaskan pada gambar (Tools Online) diatas ada juga TB, QB, PQ, dan MT. Pasti kalian yang pertama kali membuat blog atau sebagai pengembang website pasti belum tau apakah itu TB, QB, PQ dan MT? Ya kali ini kami akan menjelaskannya supaya anda memahami istilah-istilah diatas.

    Pengertian TB (Total Backlink)


    Pada tools diatas arti dari TB (Total Backlink) adalah banyaknya data backlink atau tautan yang mengarah pada situs anda. Tautan yang mengarah pada website anda tersebut bisa dalam Konteks tautan ber Dofollow maupun ber Nofollow yang anda dapatkan dari situs lain (Backlink Anda).

    Pengertian QB (Quality Backlink)


    Pada tools diatas arti dari QB (Quality Bacllink) adalah suatu nilai dari Backlink yang anda peroleh dengan artian semakin tinggi score Qualitas backlink yang anda peroleh, maka akan berdampak baik pada pelinaian Domain anda yang mana itu semua mengarah pada berkembangnya DA dan PA.

    Quality Backlink itu dapat dinilai dari sudut pandang Domain Score situs yang memberikan Backlink tautan ke situs/artikel anda. Tak kalah pentingnya anda harus mengetahui jenis dari backlink yaitu jenis backlink Dofollow dan jenis backlink Nofollow. Apakah anda mengetahui apa jenis backlink yang bagus untuk mesin pecarian? Ya tentu saja backlink Dofollow karena supaya tautan tersebut juga dengan mudah terindex oleh mesin pencarian (search engine) baik google, bing, yahoo, maupun yandex.

    Pengertian PQ (Page Quality)


    Apakah itu PQ? Pada tools di atas Page Quality mempunyai arti yaitu kualitas dari halaman adalah akumulasi dari pada Jumlah Backlink yang anda peroleh dan juga Kualitas Backlink yang ditautkan kedalam situs anda.

    Pegertian MT (MOZ Trust)


    Apakah itu MOZ Trust? Pada tools di atas arti dari Moz Trust atau Tingkat Kepercayaan, Moz Trust adalah tingkat kepercayaan kepada website anda, Moz Trust itu menurut kami hampir mirip dengan Moz Rank yang mana Moz Rank (MR) menilai tingkat kepopuleritasan dari website anda yang mana itu semua di hitung dari banyaknya orang yang sering mengunjungi domain/situs anda. Kenapa saya bilang hampir mirip? Karena Moz Trust lebih condong terhadap tingkat kepopileritasan suatu tautan yang disebut sebagai backlink dari situs yang anda peroleh. Semisal ada contoh anda memasang backlink dari situs pendidikan, universitas, maupun pemerintah oleh karena itu tiga situs tersebut mempunyai tingkat kepopileritasan yang tinggi dan akan baik untuk Moz Trust yang anda peroleh.

    Pengertian SS (Spam Score)


    Apa itu SS? Dalam toosl online di atas penjelasan dari Spam Score adalah Nilai atau Akumulasi Score yang buruk terhadap situs anda, karena spam score dihitung dari hukuman atau pelanggaran yang sudah anda dapatkan dari hukuman Google, DMCA, konten plagiat, ataupun lainnya
    Perlu anda ketahui untuk Spam Score mempunyai 3 tingkatan yang dihitung dalam presentasi sebagai berikut ini:

    1. Ringan atau biasa, presentase dari Ringan (Biasa) adalah 1 - 30%
    2. Sedang, presentase dari Sedang adalah 31 - 60%
    3. Tinggi , Presen tasi dari tinggi adalah 61 - 100%

    Oleh karena itu Semakin tinggi Spam Score yang anda miliki, maka kemungkinan domain dan artikel yang berada di website anda untuk dapat muncul di mesin penulusuran kemungkinan semakin kecil. Lantas bagaimana cara untuk menurunkan spam score? Menurut pengalaman kami untuk dapat menurunkan spam score sampai saat ini kami belum mengetahuinya.

    Pengeritan OS (On, Off Page)?


    Apa itu OS? OS (On dan Off Page) adalah persentase kualitas dari domain, artikel dan kesemuanya yang berada di situs anda, yangmana itu semua di akumulasikan untuk dapat menunjukan semua aktivitas yang anda kerjakan.



    Nah demikianlah penjelasan tentang DA, PA, TB, QB, PQ, MT, SS, MR dan OS yang perlu anda ketahui jika anda sebagai seorang blogger ataupun pengembang website. Dan saya meminta kritik ataupun saran tentang aritkel ini terhadap pembaca sekalian.


    Demikian artikel penjelasan kami pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat untuk anda, dan anda bisa menghasilkan pundi pundi rupiah dari blog ataupun situs yang anda kelola.Aamiin






    1 komentar

    1. sangat bermanfaat banget nih pengetahuan tentang DA PA TB QB PQ MT SS PS MR untuk para blogger ataupun pengembang website, bagi yang ingin menjadi seorang blogger wajib mengetahui istilah tersebut nih

      BalasHapus

    1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
    2. komentar selalu dimoderasi
    3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
    dengan topik yang dibahas
    4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus
    EmoticonEmoticon