Cara Melakukan Riset Keyword Yang Baik Dan Benar

Daftar Isi Konten [Tampil]
Apakah anda tahu bahwa untuk keberhasilan dari membangun sebuah blog ataupun website itu dengan cara melakukan riset keyword/kata kunci? Nah memang benar, keberhasilan dari suatu blog atau website itu dibangun dengan meriset keyowrd/kata kunci yang akan dibidiknya, apabila pas/benar pasti akan menghasilkan banyak sekali pengunjung ke situs tersebut. Akan tetapi problematikanya banyak sekali para blogger ataupun para pengembang website tidak mengetahuinya, karena mereka bingung bagaimana cara untuk melakukan riset keyword.

Nah pada artikel ini kami berusaha menjelaskan tentang bagaimana cara untuk melakukan riset keyword, khususnya di sini yaitu menggunakan tools online yaitu Ubersuggest. Disini kami coba jelaskan cara riset keyword selengkap mungkin berdasarkan pengalaman kami dalam mengelola suatu blog website.

Cara Melakukan Riset Keyword Yang Baik Dan Benar


Harapan kami setelah membaca tutorial ini anda dengan mudah mempraktekkannya dan mengetahui bagaimana cara untuk meriset keyord/kata kunci yang anda akan bidik, dan nantinya anda akan memanfaatkannya untuk mengelola situs blog ataupun website toko online anda. Sebelumnya kita perkenalan dulu tentang:

1. Pengertian Keyword.
2. Jenis-Jenis Keyword.

  • Shortail Keywrod.
  • Longtail Keyword.
  • Keyword Musiman.

3. Langkah-langkah Meriset Keyword dengan Tools online Ubersuggest.

Pengertian Riset Kata Kunci (keyword research)


Keyword research adalah mencari dan menganalisa bandingan kata yang tepat dan relevan yang sering digunakan pengguna internet ketika mereka melakukan pencarian di mesin pencari, bandingan kata yang sudah kita dapatkan. Jika perlu kemudian dianalisa, dimodifikasi atau direvisi untuk digunakan sebagai judul artikel blog atau menerapkan teknik SEO dalam toko online.

Target bloger adalah menjadikan blognya populer dan banyak pengunjung, seiring dengan banyaknya pengunjung, maka rating blog akan memiliki peluang besar tampil pada 10 besar mesin pencari Google, agar blog banyak pengunjung, kita harus mengarahkan pengguna internet menemukan dan mengunjungi blog kita, para penggguna internet sebagian besar akan berusaha melakukan pencarian di mesin pencari dengan memasukan kata kunci pencari yang relevan dengan apa yang mereka cari.

Jenis-jenis keyword


Beberapa jenis-jenis keyword dalam dunia SEO, keyword memiliki banyak sekali jenis. Beberapa jenis-jenis keyword tersebut adalah:

  1. Short tail keyword
  2. Long tail keyword
  3. Keyword abadi
  4. Keyword musiman


Selain keempat jenis keyword di atas, masih banyak sekali yang lain. Tapi yang paling penting untuk diketahui adalah keempat jenis di atas.

Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya:

1. Short tail keyword


Short tail keyword adalah kata kunci yang pada dasarnya hanya menampilkan terdiri dari satu atau dua kata saja. Misalnya :

  • Laptop
  • Smartphone
  • Laptop Murah
  • Smartphone Terupdate
  • dll.


Jenis keyword short tail seperti ini biasanya mempunyai tingkat persaingan yang amatlah sangat tinggi. Sangat sulit untuk bisa bersaing pada keyword seperti ini kecuali mempunyai teknik ilmu SEO yang sangat tinggi sehingga dapat dengan mudah bersaing dengan website lainnya.

2. Long tail keyword


Long tail keyword adalah versi tulisan panjang dari short tail keyword. Umumnya long tail keyword ini mempunyai 2 kata lebih keyword Contohnya seperti ini:

  • Daftar Laptop Paling Update
  • Smartphone Android Lenovo Terbaik
  • dll.


Jika masih pemula maka long tail keyword jelas lebih direkomendasikan karena tingkat persaingan yang cenderung lebih rendah dan memudahkan untuk menguasai posisi teratas mesin pencarian.

Kekurangan dari long tail keyword adalah trafik yang diperoleh dari keyword ini tidak sebanyak dari menggunakan short tail keyword. Selain itu juga cukup sulit untuk menemukan long tail keyword yang benar-benar tepat sesuai sasaran keyword tersebut.

3. Keyword abadi


Keyword abadi adalah sebuah keyword yang pengunjung selalu menggunakannya untuk mencari informasi pada mesin pencarian dan tidak akan mudah untuk ditelan zaman. Contohnya kata kunci berikut ini:

  • Cara menyembuhkan sakit kepala migran


Menggunakan keyword tersebut termasuk dalam katagori keyword abadi karena semua orang pasti mengalami yang namanya sakit kepala migran.

4. Keyword musiman


Keyword musiman adalah kebalikan dari keyword abadi, yaitu keyword yang bersifat musiman atau hanya populer sesaat itu saja. Contohnya kata kunci berikut ini:


  • Hasil pertandingan Real Madrid vs Juventus tanggal 21 agustus 2019


Langkah-langkah Meriset Keyword dengan Tools online Ubersuggest


Perhatikan penjelasan dibawah ini tentang riset keyword di tools online ubersuggest:

Berikut merupakan grafik dari riset kata kunci “jual sepatu futsal” yang dilakukan di situs Ubersuggest.

Cara Melakukan Riset Keyword Yang Baik Dan Benar

Cara Melakukan Riset Keyword Yang Baik Dan Benar

Penjelasan :

Pertama, search volume yang menunjukkan perkiraan jumlah pencarian dalam beberapa bulan. Dalam contoh yang penulis berikan, ada kurang lebih 2.400 pencarian untuk keyword jual sepatu futsal. Ini angka yang cukup lumayan banyak.

Kedua, SEO difficulty adalah perkiraan tingkat kompetisi untuk kata kunci jual sepatu futsal. Dalam contoh, SEO difficulty bisnis online ternyata senilai 43. Angka ini cukup lumayan tinggi yang berarti tingkat kompetisi untuk kata kunci ini terbilang sengit sehingga halaman website Anda akan kesulitan untuk bisa masuk di halaman pertama Google.

Para pakar biasanya merekomendasikan nilai dibawah 40 supaya suatu kata kunci bisa dikatakan mudah kompetisinya. Selain itu, ubersuggest juga memberikan perkiraan peluang apakah halaman website Anda bisa masuk 20 peringkat teratas atau tidak. Peluangnya dalam bentuk persentase. Semakin tinggi tingkat kompetisi, persentase semakin rendah. Dan sebaliknya.

Ketiga, paid difficulty menunjukkan tingkat kompetisi untuk iklan google adwords. Angka yang tinggi menunjukkan persaingan yang sengit.

Keempat, cost per clik (cpc) adalah biaya yang Anda keluarkan untuk tiap 1x klik iklan Anda. Paid difficulty dan cost per click hanya digunakan jika Anda mau beriklan di Google Adwords.

Kesimpulan Riset Keyword/kata kunci

Jadi jika anda ingin meriset keyoword maka perhatikan SEO difficulty usahakan SEO difficulty dibawah 40 semakin sedikit SEO difficulty semakin anda akan menang persaingannya.

Sekian artikel kami tentang cara Cara Melakukan Riset Keyword Yang Baik Dan Benar semoga cara ini dapat membantu anda membidik keyword yang akan anda targetkan, semoga bermanfaat

Disclaimer:
Riset keyword ini merupakan pengalaman kami dalam meriset suatu kata kunci, apabila ada kesalahan dalam penulisan ataupun yang laiinya kami minta maaf sebesar-besarnya.


0 Comments

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus