10 Penjelasan Fungsi dan Manfaat Pasar Bagi Peningkatan Perekonomian Masyarakat

    Penjelasan Fungsi dan Manfaat Pasar Bagi Peningkatan Perekonomian Masyarakat – Pasar adalah tempat terjadinya jual beli antara pedagang dan konsumen/pelanggan. Pada umumnya definisi dari pasar juga didefinisikan dalam lingkup yang lebih luas, yaitu dapat berupa permintaan, pembelian dan penawaran produk, penetapan terhadap harga barang bahkan hingga mencakup perekonomian nasional dan internasional. Perlu anda ketahui Ada banyak sekali manfaat dan fungsi pasar, yang bermanfaat baik bagi masyarakat maupun negara dan juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat secara luas.

    Penjelasan Fungsi dan Manfaat Pasar


    Pasar pengertian Secara umum dapat diartikan sebagai salah satu dari banyak dari sistem, hubungan antara masyarakat luas (sosial), prosedur dan berbaga sarana dan prasarana, tempat usaha, menjual barang, jasa dan juga tenaga kerja untuk Kalangan masyarakat dengan diberikan imbalan uang atau alat tukar lainnya yang berlaku. Namun secara singkat, pasar sering didefinisikan sebagai tempat berbagai Kalangan masyarakat melakukan aktivitas jual beli.

    Ciri-ciri pasar antara lain adanya pedagang dan konsumen/pelanggan, ada barang atau jasa yang diperjualbelikan, adanya transaksi dan tawar menawara antara pedagang dan konsumen/pelanggan serta adanya kesepakatan ketika transaksi selesai dilakukan. Karakteristik tersebut sering dijumpai pada pasar-pasar nyata seperti pasar tradisional dan pasar modern

    Faktanya memang ada beberapa jenis-jenis pasar, baik pasar nyata maupun pasar abstrak, serta pasar tradisional atau pasar modern, tergantung pada beberapa faktor tertentu. Pasar juga memiliki fungsi lain, selain sebagai tempat jual beli, di antaranya sebagai peranti promosi, sebagai peranti menetapkan harga, sebagai peranti matapencaharian, dan sebagainya.

    Fungsi Pasar Bagi Masyarakat


    Perlu anda ketahui Ada banyak sekali dari fungsi pasar bagi masyarakat dan juga bagi negara bahkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Berikut ini merupakan pembahasan tentang manfaat dan fungsi dari pasar beserta penjelasannya.

    1. Membentuk Harga Produk


    Fungsi utama dari pasar lainnya adalah untuk dapat menentukan harga produk barang atau jasa yang akan ditawarkan kepada konsumen /pelanggan. Hal ini terjadi ketika terjadi kesepakatan harga antara pedagang dan konsumen/pelanggan setelah melalui tawar menawar harga. Pembentukan harga juga terjadi karena keseimbangan antara permintaan dan penawaran dalam mekanisme pasar dalam lingkup yang lebih luas.

    2. Tempat Terjadinya Jual Beli


    Fungsi pasar yang paling pokok, paling dasar, dan paling utama tentunya sebagai tempat terjadinya jual beli antara pedagang dan konsumen/pelanggan. Hal ini sesuai dengan definisi pasar secara umum, yakni tempat bertemunya pedagang dan konsumen/pelanggan untuk melakukan transaksi jual beli pada suatu produk yang ingin dibeli konsumen/pelanggan.

    3. Meningkatkan Ekonomi Daerah atau Negara


    Fungsi adanya pasar juga sangat penting untuk meningkatkan kondisi perekonomian masyarakat di suatu daerah atau bahkan dapat meningkatkan penghasilan negara. Pasar tentu akan menjadi wujud kondisi keadaan nyata dari perekonomi masyarakat setempat. Pasar menjadi representasi dari kegiatan ekonomi di suatu daerah, dan jika dihitung secara kumulatif, bisa juga merepresentasikan kondisi ekonomi di suatu negara.

    4. Tempat Bersosialisasi


    Tidak hanya itusaja, Pasar ternyata juga mempunyai banyak sekali fungsi sebagai tempat untuk mensosialisasikan sesuatu hal. Di pasar, berbagai Kalangan masyarakat melakukan interaksi sosial, misalnya antara pedagang dan konsumen/pelanggan yang melakukan tawar menawar harga. Selain itu, para konsumen/pelanggan juga bisa berbincang satu sama lain, terkadang ibu-ibu yang sering belanja di pasar sudah saling mengenal satu sama lain.

    5. Sebagai Peranti Matapencaharian


    Pasar bisa menjadi peranti matapencaharian. Banyak Kalangan masyarakat yang bekerja di pasar sebagai konsumen/pelanggan atau pedagang. Mereka bekerja untuk menjual barang di pasar sehari-harinya. Penyerapan dari para tenaga kerja juga dapat dilakukan pada profesi pekerjaan yang lain,contohnya seperti agan, distributor, tukang parkir, kuli angkut barang dan lain sebagainya.

    6. Peranti Promosi dan Pemasaran


    Pasar juga bisa digunakan sebagai peranti promosi dan pemasaran produk. Pasar menjadi salah satu tempat paling sering dikunjungi konsumen/pelanggan yang ingin membeli barang, sehingga pasar jadi peranti paling tepat untuk ajang promosi. Caranya bisa dilakukan dengan memasang spanduk, membagikan brosur, mengadakan diskon atau melakukan peragaan produk.

    7. Menjaga Stabilitas Ekonomi


    Fungsi pasar juga penting untuk menjaga stabilitas ekonomi. Hal ini berkaitan dengan mekanisme harga, penawaran dan permintaan suatu produk serta roda perekonomian masyarakat. Lebih penting lagi stabilitas ekonomi yang dijaga berkaitan dengan harga-harga bahan pokok seperti beras, gula, garam, cabai, sayur, dan sebagainya.

    8. Fungsi Distribusi Barang dan Jasa


    Selain itu juga fungsi Pasar juga sangat berperan dalam distribusi produk, baik berupa barang ataupun jasa. Dalam kegiatan distribusi, pasar berfungsi untuk mendekatkan jarak antara konsumen/pelanggan dengan produsen dalam melaksanakan transaksi. Pasar memiliki peran untuk memperlancar penyaluran barang dan jasa dari produsen menuju konsumen/pelanggan

    9. Menyelenggarakan Penjatahan


    Pasar memiliki fungsi untuk menyelenggarakan penjatahan. Hal ini bertujuan untuk memberikan batas konsumsi dari produksi yang sudah tersedia. Tiap konsumen/pelanggan akan mendapat jatah sesuai daya belinya masing-masing, sehingga konsumen/pelanggan dengan daya beli tinggi akan menerima jatah barang lebih banyak dari yang berpendapatan lebih rendah.

    10. Mengorganisasi produksi


    Peran pasar juga dapat digunakan untuk mengorganisasi produksi. Peran ini dilaksanakan untuk memperoleh metode dari produksi yang paling efisien dan efektif. Yaitu dengan cara memaksimalkan rasio antara output produk dan input sumber daya yang dipergunakan, sehingga akan tercipta efisiensi produksi yang dinilai dari uang atau harga produknya.


    Demikan pemaparan dari kami, yang mungkin dapat dijadikan sebagai referensi tentang fungsi pasar bagi perekonomian masyarakat, meningkatkan perekonomian masyarakat dan bagi negara secara umum dan juga penjelasannya. Ada banyak sekali fungsi dari pasar yang bermanfaat, tidak hanya sebagai tempat jual beli antara pedagang dan konsumen/pelanggan saja.



    1 komentar

    1. Memanglah pasar merupakan pusat perdagangan, kalau tidak ada pasar maka perekonomian masyarakat pun akan melemah. Semoga terus berkembang pasar pasar tradisional di indonesia

      BalasHapus

    1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
    2. komentar selalu dimoderasi
    3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
    dengan topik yang dibahas
    4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus
    EmoticonEmoticon