Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, Kekurangan dari Perusahaan Jasa Yang Harus Diketahui

Pengertian Perusahaan Jasa


Kita akan membahas artikel tentang pengertian, karakteristik, kelebihan, kekurangan dari perusahaan jasa. Sebelumnya kita harus tau Apakah itu Perusahaan jasa? Pengertian dari perusahaan jasa adalah suatu perusahaan yang menjual dan menawarkan berbagai macam bentuknya dalam pelayanan jasa. Sama halnya ketika seseorang mendirikan badan usaha yang menghasilkan produk tertentu dan kemudian dijual kepada konsumen untuk mendapatkan keuntungan, hal tersebut juga berlaku pada badan usaha jasa.




Perusahaan yang bergerak di bidang jasa atau juga sering disebut sebagai perusahaan penyedia layanan jasa yang menawarkan beberapa keahlian tertentu yang mempunyai manfaat untuk konsumen. Contohnya pada bisnis jasa biro perjalanan, jasa penjualan pembuatan website, jasa pembuatan skripsi, jasa audit, jasa rental komputer, maupun produk jasa lainnya yang saat ini sudah berkembang berbagai wilayah di Indonesia.

Pengertian Perusahaan Jasa Menurut Berbagai Para Ahli


Untuk dapat memudahkan kita memahami apa itu perusahaan jasa, maka kita harus merujuk kepada pendapat beberapa ahli berikut ini merupakan pengertian perusahaan menurut para ahli:

1. Philip Kotler


Menurut pendapat dari Philip Kotler, pengertian perusahaan jasa adalah perusahaan yang menawarkan suatu tindakan bersifat abstrak atau tidak berwujud dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan pada orang lain.

2. Christian Gronross


Menurut pendapat dari Christian Gronross, pengertian dari perusahaan yang menyediakan layanan jasa adalah perusahaan yang dalam aktivitasnya terdiri dari serangkaian kegiatan intangible yang terjadi antara pegawai jasa untuk mengatasi masalah dengan pelanggan dengan pelanggan.

3. Djaslim Saladin


Menurut pendapat dari Djaslim Saladin, perusahaan yang menyediakan layanan jasa adalah badan usaha yang melakukan aktivitas kegiatan yang tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan yang ditawarkan kepada suatu pihak ke pihak lainnya.

4. Norman


Menurut pendapat dari Norman, pengertian usaha jasa adalah perusahaan yang mengerjakan tindakan atau interaksi berupa kontak sosial antara konsumen dan produsen yang lebih dari sekedar hasil dari suatu yang tidak terhalang.

5. Adrian Payne


Menurut pendapat dari Adrian Payne, perusahaan di bidang jasa adalah perusahaan yang melakukan aktivitas ekonomi yang memiliki nilai atau manfaat intangible, dimana terdapat interaksi dengan konsumen atau dengan barang miliki tapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan.


Karakteristik Perusahaan Jasa


Mengacu pada pengertian dari badan usaha jasa yang sudah diterangkan diatas, maka berikut ini merupakan beberapa karakteristik dari badan usaha jasa:

1. Kegiatan Utamanya Adalah Menjual Jasa


Sesuai dengan pengertian badan usaha jasa dimana perusahaan ini menjual produk berupa jasa yang bermanfaat dan dibutuhkan konsumen. Sehingga aktivitas kegiatan utama dalam operasional perusahaan adalah menjual dan menawarkan jasa dari perusahaan tersebut.

2. Tidak Menyediakan Produk dalam Bentuk Fisik


Pada dasarnya perusahaan penyedia layanan jasa tidak menyiapkan produk dalam bentuk fisik atau barang. Badan usaha jasa menjual produk-produk yang tidak dapat disimpan dan tidak kasat mata (abstrak) namun manfaatnya dapat dirasakan.

3. Bisa Membutuhkan atau Tidak Membutuhkan Barang Berwujud


Tergantung dari bentuk usaha jasa yang dibangun, dapat memerlukan atau tidak memerlukan barang berwujud. Contohnya dalam bisnis jasa biro perjalanan, tentu membutuhkan armada untuk pelanggan yang memesan jasa biro perjalanan. Beda halnya jika mendirikan jasa keuangan maka tidak memerlukan produk nyatanya.

4. Harga Jasa Tidak Dapat Dipatok General


Umumnya, konsumen yang membutuhkan produk jasa mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda. Sehingga harga dari jasa tidak dipatok harga secara general ataupun umum dan itu semua tergantung dari kebutuhan pelanggan.

5. Tidak Ada Harga Pokok Produksi dan Penjualan


Karena pada perusahaan di bidang layanan jasa biasanya tidak memerlukan bahan baku produksi yang berbentuk, maka dalam pelaporan keuangan tidak bisa dilihat dengan menggunakan harga pokok produksi dan penjualan karena tidak ada parokan harga yang dikeluarkan untuk bahan-bahan produksinya. Sehingga dalam membuat laporan keuangan hanya terdapat unsur pendapatan dan biaya lain-lain untuk perhitungan laba-rugi dari layanan tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Perusahaan Jasa


Serupa seperti jenis usaha lainnya, perusahaan dalam hal penyedia jasa juga mempunyai banyak kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan jenis usaha perusahaan jasa:

1. Kelebihan Usaha Jasa


- Dengan melakukan bisnis jasa tidak memerlukan tempat untuk display produk, sehingga dalam hal menyewa tempat usaha akan lebih hemat.
- Tidak membutuhkan tempat untuk penyimpanan barang produksi atau gudang.
- Pada badan usaha jasa tertentu tidak membutuhkan banyak karyawan sehingga menghemat pengeluaran gaji karyawan.

2. Kekurangan Usaha Jasa


- Strategi promosi membutuhkan testimoni pelanggan sebanyak-banyaknya karena tidak ada produk yang bisa digunakan untuk demo.
- Meskipun terdapat komplain, akan tetapi dalam badan usaha jasa tidak bisa mengembalikan apa yang sudah dipesan (diretur).


Cukup sekian penjelasan ringkas mengenai pengertian perusahaan jasa, karakteristiknya, serta kelebihan dan kekurangannya. Semoga dapat menjadi salah satu sumber informasi yang bermanfaat bagi Anda yang ingin membuka bisnis usaha jasa sendiri.

0 Comments

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus