Analisis Peluang Pasar Yang Harus Dilakukan Perusahaan

Daftar Isi Konten [Tampil]
Latar Belakang

Analisis peluang pasar adalah suatu keadaan yang real/nyata yang harus dihadapi oleh setiap kalangan organisasi dimana mereka hidup di bawah tekanan perubahan. Perubahan yang disebabkan oleh berkembangnya kemajuan dalam berbagai macam asepek kehidupan sudah berimplikasi pada semakin bermacamnya ragam kebutuhan dan tuntutan hidup setiap perorangan. Setiap organisasi hidup di bawah pengaruh perkembangan budaya yang dicapai oleh masyarakat di sekitarnya serta faktor-faktor eksternal lainnya; seperti kondisi ekonomi, situasi politik, keyakinan dan nilai serta norma yang dianut masyarakat. Dengan adanya situasi dan kondisi yang terjadi di luar organisasi tersebut ada yang bisa dikontrol oleh perusahaan dan yang tidak bisa dikontrol oleh perusahaan.

Peluang Pasar


Mencerna, memahami dan juga meniyikapi bahwa aktivitas pemasaran dikerjakan dalam situasi seperti tersebut di atas, maka tidak ada jaminan bagi perusahaan akan keberhasilan dalam melakukan pemasarannya. Para pelaku marketing harus dapat “memahami” secara seksama situasi kondisi di luar tersebut beserta setiap perubahan yang akan terjadi di dalamnya. Setelah itu, para pelaku marketing harus mampu “menerjemahkan” situasi serta perubahan yang terjadi tersebut ke dalam kerangka peluang pasarnya (marketing opportunities).


Rumusan Masalah

  • Apakah yang dimaksud dengan peluang pasar?
  • Bagaimana cara membaca peluang pasar?
  • Faktor-faktor apa saja dalam menganalisa peluang pasar?


Tujuan Makalah

  • Untuk mengetahui pengertian peluang pasar
  • Untuk mengetahui bagaimana cara membaca peluang pasar
  • Untuk mengetahui Faktor-faktor dalam menganalisa peluang pasar


Manfaat Makalah

  • Manfaat disusunnya makalah ini supaya penulis mengetahui dan memberi pengetahuan kepada pembaca seputar peluang pasar yang terjadi saat ini.



PEMBAHASAN

Pengertian Peluang Pasar

Peluang Pasar Adalah Peluang pasar adalah suatu bidang kebutuhan pembeli dimana perusahaan dapat beroperasi secara menguntungkan. Menurut Kotler (1997:72).

Pengertian Peluang Pasar Menurut Para Ahli


Menurut pendapat Pearce dan Robinson (2000-230) memberikan penjelasan mengenai pengertian peluang pasar: “Marketing opportunity analysis [MOA] is the diagnostic activity of interpreting environmental attributes and change” (Zikmund dan D’Amico 1989, p.57) Yang mempunyai arti yaitu bahwa analisis peluang pasar merupakan upaya diagnostik untuk menginterpretasikan atribut-atribut lingkungan serta perubahannya.

Pengertian Pasar


Pasar adalah situasi penting yang paling menguntungkan dalam lingkungan perusahaan. Sehubungan dengan perkembangan minat dan daya beli konsumen, maka perusahaan perlu menganalisa peluang pasar yang dapat digunakan untuk mencari keuntungan.

Pentingnya Melakukan Analisis Pasar


Melakuakan aktivitas Analisa peluang pasar ini sangat penting, karena perusahaan perlu untuk mengerti dan memahami berapa besarnya peluang yang tersedia dalam memasarkan produknya dan dapat menetapkan apakah pasar cukup besar untuk mendukung produk lain dan masih memberikan keuntungan. Keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuan dan sasaran target pasarnya sangat dipengaruhi oleh kemampuan perusahaan tersebut dalam mempromosikan produknya, untuk itu pertumbuhan pasar di masa yang akan datang sangat dibutuhkan.

Melakuakan Analisa peluang pasar adalah suatu proses riset pasar terhadap faktor-faktor lingkungan luar yang mempengaruhi kegiatan usaha perusahaan tersebut. Lingkungan ekstern merupakan kekuatan yang tidak dapat dikendalikan, sehingga perusahaan harus menyesuaikan diri, dan juga menghasilkan ancaman dan peluang. Perusahaan harus berhati-hati dalam menganalisis lingkungannya sehingga dapat menghindari ancaman dan mengambil manfaat dari peluang.
Melakuakan aktivitas Menganalisa peluang pasar yang ada juga dapat membuat keputusan apakah perusahaan akan terus menjalankan kegiatannya dengan meningkatkan produktifitasnya atau harus keluar dari pasar. Untuk meningkatkan kapasitas volume penjualan dan merebut ruang pasar yang besar, maka perusahaan harus menggunakan kebijaksanaan- kebijaksanaan yang tepat untuk memasuki peluang pasar yang ada. Selanjutnya perusahaan harus melihat potensi dari pasar.

Menurut pendapat Boone dan Kurtz (1987) menegaskan tentang analisis peluang pasar bahwa analisis peluang pasar sangat berguna menyediakan fondasi bagi kepentingan perencanaan dan strategi pemasaran.

Para manajer yang dianggap perlu untuk terus mengevaluasi situasi lingkungan pasar, tempat dimana mereka menyalurkan kegiatan pemasarannya, dan mengestimasi pengaruh-pengaruh yang terjadi di lingkungan yang mungkin terjadi pada masa yang akan datang pada para konsumen.

Mempertimbangkan trend masyarakat pada masa yang mendatang akan mengilhami munculnya ide dan strategi baru, sehingga hal tersebut merupakan tindakan yang lebih baik karena ia dapat bertindak sebagai pioner daripada sekedar bereaksi terhadap perubahan yang sedang berlangsung. Lingkungan yang menjadi target pasar dan juga arus perubahannya haruslah selali dimonitor dan dievaluasi secara hati-hati, secara bersekala (rutin dilakukan), potensi peluang (kesempatan) dan masalah yang akan mungkin muncul harus diidenfikasi, sebelum suatu organisasi mengembangkan rencana pemasaran produknya.

Membaca Peluang Pasar


Suatu perusahaan haruslah menganalisa atau membaca peluang pasar yang ada dan nantinya dapat dimanfaatkan. memahami peluang pasar adalah kegiatan yang sangatlah penting karena dengan itu perusahaan akan dapat mengetahui apakah produk yang diproduksinya mempunyai peluang untuk dipasarkan kepada konsumen dan dengan membaca peluang pasar perusahaan juga dapat mengetahui apa produknya itu sedang dibutuhkan oleh konsumen. Peluang pasar dapat didapatkan dari berbagai segi kehidupan, seperti segi teknologi dan informasi, budaya dan agama. Sebagai contoh dari segi teknologi dan informasi, dengan semakin berkembangannya zaman teknologi dan informasi yang semakin canggih sehingga kebutahan konsumen menjadi meningkat. Ini merupakan termasuk peluang bisnis yang sangat menguntungkan bagi perusahaan untuk menyediakan alat-alat teknologi yang dibutuhkan oleh para konsumen, seperti Handphone, laptop, komputer, televisi, powerbank dan lain sebagainya.

Untuk meningkatkan jumlah kuantitas penjualan dan merebut pangsa pasar yang besar dan luas, maka diperlukannya untuk perusahaan harus menggunakan kebijakan-kebijakan yang tepat dan sesuai untuk memasuki peluang pasar yang ada. Selanjutnya perusahaan harus melihat potensi dari pasar. Kotler (1997:118) menyatakan bahwa: Potensi pasar adalah batas yang di dekati oleh permintaan ketika pengeluaran pemasaran industri mendekati tak terhingga untuk lingkungan yang telah di tentukan. Sedangkan menurut pendapat dari Kartajaya (2002-49) memberikan penjelasan mengenai segmentasi pasar tersebut sebagai berikut: Segmentasi pasar adalah tentang pemetaan (mapping) suatu pasar menjadi beberapa kategori dengan mengumpulkan perilaku yang serupa dari pelanggan ke dalam sebuah segmen.


Dasar-Dasar Membangun Segmentasi Pasar


Dari setiap golongan konsumen yang ada dapat dipilih sebagai suatu pasar sasaran yang akan dicapai dengan menggunakan berbagai macam strategi pemasaran yang tepat. Adapun dasar-dasar untuk membangun segmentasi pasar konsumen, menurut Kotler (2002:300) adalah sebagai berikut:


  • Segmentasi Geografi


Segmentasi yang ada pada geografi ini mewajibkan untuk pembagian pasar menjadi lokasi-lokasi segmentasi geografis yang berbeda seperti negara, negara bagian, wilayah, provinsi, kota atau lingkungan rumah tangga. Perusahaan dapat beroperasi di semua wilayah geografis, tetapi lebih memperhatikan perbedaan kebutuhan dan keinginan yang ada dalam segmen tersebut.

  • Segmentasi Demografis


Pengertian Segmentasi Demografis adalah suatu cara analisis segmentasi dengan cara pasar di bagi menjadi berbagai kelompok berdasarkan variabel dari demografis konsuen seperti usia, ukuran keluarga, jenis kelamin, penghasilan, agama, ras, generasi, kewarganegaraan, dan kelas sosial. Variabel demografis ini merupakan dasar yang paling banyak digunakan dalam membuat kelompok pelanggan, karena variabel ini sangat berhubungan dengan preferensi dan tingkat pemakaian.

  • Segmentasi Psikografis


Segmentasi ini dilakukan dengan mengelompokkan pembeli yang berbeda berdasarkan gaya hidup atau kepribadian akan nilai.


  • Segmentasi Perilaku


Dalam melakukan segmentasi perilaku pembeli dapat dibagi menjadi karakternya berdasarkan pengetahuan, sikap, pemakaian, atau tanggapan mereka terhadap suatu produk.


Evaluasi Peluang Pasar


Di dalam mengenali dan mengevaluasi pada peluang pasar terdapat dua hal pokok yang harus pahami yaitu:

  • Kekuatan dan Kelemahan


Dalam melakuakan kegiatan menganalisis kekuatan dan kelemahan itu akan mampu menyediakan informasi yang berharga tentang para pesaing (competitors) dan para pesaing baru, serta adanya perbandingan kekuatan dan kelemahan mereka secara relatif pada organisasi milik kita.


  • Kesesuaian Peluang dengan Kemampuan Organisasi


kebermacaman yang terjadi di luar organisasi mungkin saja menawarkan begitu banyak peluang pasar yang ada, akan tetapi sudah barang tentu tidak semua peluang yang tersedia itu semua dapat dijadikan sebagai sumber peluang yang realistik karena organisasi dihadapkan pada keterbatasan sumber daya serta visi yang ada.


Cara mengidentifikasi suatu peluang pasar diantaranya :

Berikut ini adalah cara untuk dapat mengidentifikasi suatu peluang pasar, yaitu sebagai berikut:

  • Mengamati kebutuhan yang banyak diperlukan oleh konsumen.
  • Mengetahui kapan konsumen membutuhkan keutuhan tersebut.
  • Tentukan karakter konsumen berdasarkan usia, jenis kelamin ataupun pendidikannya.
  • Memperkirakan daya beli konsumen yang sesuai dengan pendapatannya.
  • Perhatikan apakah pasar banyak pesaing atau tidak.

Yang harus diketahui dalam menganalisa pasar

Hal yang Harus Di Ketahui dalam Menganalisa Pasar yaitu sebagai berikut:

  • Potensi pembeli terhadap barang
  • Motivasi dan public speaking yang baik terhadap konsumen dalam penjualan produk
  • Ukuran pasar
  • Sifat-sifat konsumen
  • Target pasar spesifik
  • Pengaruh pasar eksternal
  • Analisa pesaing ataupun pesaing yang akan datang


Faktor-faktor Dalam Analisis Peluang Pasar


Faktor penting dalam keberhasilan atau kegagalan dari strategi pemasaran adalah apakah elemen strategi pemasaran tersebut konsisten dengan realita dari lingkungan eksternal perusahaan. Langkah awal untuk mengembangkan rencana pemasaran strategis adalah dengan memantau, mengontrol, memahami dan menganalisis peluang pasar serta tantangan kedepan yang ditimbulkan oleh faktor-faktor luar dari perusahaan. Adapun tanggung jawab dari manajer perusahaan antara lain sebagai berikut :

  • Analisis lingkungan dan pesaing


Untuk memahami suatu peluang dan tantangan potensial dalam jangka waktu yang panjang, pemasaran yang dilakukan pertama harus memahami, mengontrol, memahami dan menganalisis trend yang sangatlah luas dalam lingkungan ekonomi dan sosial.

Dinamika industri dan perubahan strategi. Dinamika perubahan persaingan dari industri terutama menekankan bagaimana pola persaingan dari pembelian cenderung lebih berubah ketika industri atau suatu produk bergerak melalui berbagai tahap.

  • Analisis pelanggan


Untuk mendukung dan mendorong transaksi pertukaran dengan pelanggan potensial. Riset pemasaran dan pengukuran pasar. Untuk membuat suatu keputusan tentang unsur dari program pemasaran seperti berapa harga nantinya akan ditetapkan dan media iklan yang akan digunakan.

  • Memahami kondisi makro


Kondisi makro ini merupakan kondisi yang secara menyeluruh, contohnya pada kebijakan pemerintah. Kita harus mengetahui bahwa kebijakan pemerintah terkait dengan industri yang berlaku yang kita masuki. Terkait dengan industri yang kita masuki, pemahaman karakteristik industri sangat diperlukan dalam memahami makro industri. Eksekutif perusahaan harus memperhatikan apa kondisi makro yang akan mendukung pertumbuhan perusahaan dan apa kondisi makro yang akan memperlambat penyerapan pasar terhadap produk dalam industri tersebut.

  • Analisa pelanggan


Tujuan utama kegiatan pemasaran adalah transaksi pertukaran antara perusahaan dan pelanggan. Motivasi pelanggan dalam memberi barang adalah berbeda-beda pada produk yang sama. Pelanggan-pelanggan membeli produk yang sama tetapi mencari manfaat yang berbeda-beda sesuai kebutuhan dan keinginan pelanggan. Pelanggan-pelanggan juga mempunyai tikat sensitifitas yang berbeda dengan kenaikan dan penurunan harga. Oleh karena itu kita perlu melakukan analisa kebutuhan konsumen, keinginan konsumen dan juga berapa besar uang yang akan mereka berikan dan transaksi pada penjualan ini.

  • Riset pemasaran dan forecasting


Eksekutif pemasaran harus memahami tentang karakteristik konsumen yang loyal, calon konsumen yang ppotensial, kekuatan dari jalur distribusi dan juga kekuatan dan kelemahan dari pesaing baik pendatang maupun yang pesaing lama. Bagian pemasaran harus membuat riset mengenai perkiraan volume penjualan dan perkiraan keuntungan yang akan diraih.

  • Segmentasi pasar


Dalam membuat suatu analisis pelanggan kita akan menggolongkan konsumen berdasarkan kebutuhan dan keinginan mereka. Kemudian akan dilanjutkan dengan menggolongkan mengenai seberapa besar mereka akan membayar untuk produk yang mereka cari. Keluaran dari penggolongan ini adalah pasar yang sudah dipisah-pisahkan atau sudah digolongkan dalam segment-segment pasar


Dari strategi yang dibuat perusahaan kita kemudian akan melihat segmen mana yang kita masuki dan segmen yang tidak akan kita masuki. Perusahaan kemudian membuat target mengenai segman pasar mana yang akan dimasuki disertai dengan bagaimana perusahaan memposisikan dirinya dalam area segmen tersebut.

Perusahaan, dalam proses pengambilan keputusan harus didasari atas informasi terbaik yang dikumpulkan. Adanya Informasi pasar berfungsi sebagai: mendatangkan pelanggan baru dalam pasar yang ada sekarang dan memahami produk-produk baru yang mempunyai potensi untuk dikembangkan pada waktu yang akan datang dan juga adanya informasi pasar menyediakan data yang sangat dibutuhkan pada waktunya untuk:

  • Mengurangi resiko usaha.
  • Mengurangi persoalan dan masalah potensi pada usaha saat ini.
  • Mengenal peluang pasar yang baru.
  • Memperoleh informasi dan fakta tentang usaha untuk dimanfaatkan dalam membuat keputusan dan rencana tindak yang lebih realistis.


Peluang tidak akan ada berarti apa-apa tanpa adanya kemauan dan aksi yang nyata dalam menjalaninya. Begitu juga dengan peluang pasar yang tidak diambil dan dimanfaatkan, akan bersifat netral dan bahkan diambil secara cepat oleh seseorang yang ulet dan berkemauan tinggi. Oleh karena itu kita harus memulai langkah untuk memanfaatkan peluang yang ada tersebut dengan kematangan analisis segmentasi pasar dan strategi bisnis yang matang.

Berikut adalah cara memanfaatkan peluang pasar :

Cara Memanfaatkan Peluang Pasar:

  • Melakukan riset pasar.
  • Mempersiapkan dan menyusun rencana.
  • Patuh terhadap aturan.
  • Strategi pemasaran yang tepat sasaran.


Setelah hal itu dianalisa, maka kita harus langsung mempraktekkannya. Ketekunan, kretif dan inovatif harus selalu dikembangkan agar peluang tersebut diberdayakan secara maksimal tanpa terbuang peluang sedikitpun.


PENUTUP

Kesimpulan

Semakin berkembangnya zaman, bisnis dan ekonomi semakin menjamur di berbagai belahan dunia. Perusahaan-perusahaan yang memulai bisnisnya ataupun yang telah lama menjadi peran penting ekonomi suatu negara seperti perusahaan besar, semakin gencar merencanakan dan memikirkan strategi jitu untuk menguasai pasar. Hal ini menjadi begitu sangat penting untuk menjaga dan menggapai kelangsungan perusahaan menjadi lebih baik.
Kemampuan untuk mencapai tujuan dan sasaran yang bertujuan memasarkan produk, dipengaruhi oleh tingkat analisis ketepatan perusahaan itu sendiri. Oleh karena itu peluang pasar menjadi tolak ukur suatu perusahaan dimana produk ditempatkan dan berapa kuantitasnya yang sesuai semestinya.

Saran

Demikian materi yang dapat kami sampaikan dalam makalah ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi pembaca. Kami sadar masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini. Oleh karena itu kami sangat mengharapkan adanya kritik dan saran yang membangun dari pembaca, supaya makalah ini terus berkembang dan terupdate.

8 komentar

  1. nice info bang, karena menganalisa peluang pasar sangat dibutuhkan agar produk yang kita jual bisa berguna bagi yang membutuhkan dan tepat sasaran.

    BalasHapus
  2. Peluang pasar haruslah di analisis karena usaha atau bisnis sukses itu menurut saya harus pintar menganalisis keadaan pasar supaya usaha atau bisnisnya sukses dan berkembang. Terimakasih min artikelnya tentang analisis pasar ini semoga bermanfaat

    BalasHapus
  3. Nice info,, Keberhasilan bisnis mmg sangat ditentukan seberapa mampu mampu menganalisis dan menuntukan pasarnya min.

    BalasHapus
  4. Kalau saya yang saya pahami tentang analisa pasar adalah suatu kegiatan penganalisisan atau penyelenggaraan untuk mempelajari berbagai masalah tentang keadaan pasar. Analisa pasar ini menjadi hal penting yang harus diketahui oleh setiap orang dan juga menjadi dasar dan pondasi yang berkaitan dengan strategi pemasaran selanjutnya. Penentuan target pasar ini sangat penting karena perusahaan tidak dapat melayani seluruh konsumen atau pembeli yang ada di pasar. Terimakasih sudah memberikan penjelasan lengkap ini

    BalasHapus
  5. lengkap sekali pembahasan nya mas terimakasih, saya jadi lebih tahu tentang analisis peluang pasar, dan akan saya coba terapkan ilmu dari mas ini terimakasih. salam panduancode.

    BalasHapus
  6. Sebelum membuat apalagi memasarkan produk/jasa, harus pandai menganalisa peluang pasar. Apa yang sedang laku? Bagaimanan kualitas dan harganya? Yang penting bisa kreatif dan unik agar produk/jasa bisa diterima masyarakat 😁

    BalasHapus
  7. Penjelasan mengenai analisis peluang pasarnya lengkap dan detail banget.
    Dibaca sampai tuntas 30 menitan dah,, mantap kak Admin... tingkatkan terus ya update artikelnya, sangat membantu saya untuk mempelajari dunia bisnis.

    BalasHapus
  8. Infonya sangat bermanfaat sekali terutama kita yang inging berbisnis

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus
EmoticonEmoticon