Peran Riset Keyword terhadap SEO dan pengaruhnya terhadap peningkatan Penjualan Toko Online - webillian.com >
News Update
Loading...

Peran Riset Keyword terhadap SEO dan pengaruhnya terhadap peningkatan Penjualan Toko Online

Pengaruh SEO ( Search Engine Optimization ) dan Riset Kata Kunci Terhadap Pendapatan Toko Online

teknik SEO untuk toko online

Di Susun Oleh:
Ahmad Sofyan
Endry Ferdianto
Ririn Rahmawati
Rifki Kuntoro Aldi
D3 Manajemen Informatika, Politeknik Indonusa Surakarta

Abstrak
Search Engine Optimization atau SEO adalah suatu teknik yang mana berfungsi untuk memaksimalkan pengunjung dari suatu website agar lebih dikenal atau lebih mudah dibaca oleh search engine.

Teknik SEO dilakukan melalui proses yang systematis, artinya teknik SEO harus mengikuti aturan-aturan yang berlaku pada suatu search engine tertentu yang menjadi rujukannya. Teknik SEO diterapkan pada suatu website dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung website tersebut. Dengan meningkatnya jumlah pengunjung website tersebut, terdapat kemungkinan pula meningkatnya pendapatan dari website tersebut.

Selain itu juga diperlukannya riset kata kunci yang nantinya di targetkan kepada konsumen, supaya penargetan kata kunci itu sesuai dengan sasarannya, dan kita juga bisa tahu pesaing dalam penargetan kata kunci tersebut.

Kata kunci: Search Engine Optimization (SEO), pengaruh, riset kata kunci, pendapatan

Abstract
Search Engine Optimization or SEO is a technique to maximize a website so that it is better known or easier to read by search engines.

SEO techniques are carried out through a systematic process, meaning that SEO techniques must follow the rules that apply to a particular search engine that is being referred to. SEO techniques are applied to a website with the aim of increasing the number of visitors to the website. With the increasing number of visitors to the website, there is also the possibility of increasing income from the website.

In addition, it is also necessary to research keywords that will later be targeted at consumers, so that the targeting of keywords is in accordance with the target, and we can also know competitors in targeting these keywords.

Keywords: Search Engine Optimization (SEO), influence, keyword research, income.

BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang



Search Engine Optimization atau SEO adalah suatu teknik yang mana berfungsi untuk memaksimalkan pengunjung dari suatu website agar lebih dikenal atau lebih mudah dibaca oleh search engine.

Teknik SEO dilakukan melalui proses yang systematis artinya teknik SEO harus mengikuti aturan-aturan yang berlaku pada suatu search engine tertentu yang menjadi rujukannya Teknik SEO diterapkan pada suatu website yang berfungsi untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke website tersebut.

Banyak sekali faktor yang menentukan keberhasilan dalam SEO namun dapat di golongkan menjadi dua yaitu Onpage Optimazation dan Offpage Optimazation.

Dalam bisnis online, konsep Search Engine Optimization atau SEO merupakan konsep yang harus dipahami oleh semua pemilik bisnis. Agar sebuah bisnis online bisa sukses, trafik atau kunjungan orang ke website tersebut harus tinggi.

Konsep SEO diterapkan untuk meningkatkan trafik lewat kunjungan ke website, yang diperoleh lewat posisi atau ranking tinggi di halaman hasil pencarian Google, Yahoo Search dan Bing (semakin tinggi peringkat, semakin tinggi kemungkinan halaman diklik). Hal ini akan membantu pemilik bisnis menghadapi persaingan di dunia bisnis online. Akan tetapi, hal ini tidak mudah. Konsep SEO memang sesuatu yang bisa dipelajari, namun pebisnis online biasanya memiliki banyak saingan sehingga tidak akan mudah untuk langsung mendapat posisi teratas di mesin pencari, apalagi jika produk bisnisnya termasuk laris atau banyak pesaingnya seperti bisnis restoran, menjual software, menjual produk e-book bisnis dan lain sebagainya.

Dengan SEO pebisnis bisa meningkatkan pertumbuhan bisnis ke arah yang lebih baik. Jika sebuah website bisnis berada di halaman utama untuk sebuah kata kunci yang dicari banyak orang, maka pengunjung website itu tentu akan sangat banyak. Pengunjung yang banyak tentu saja peluang untuk mendapatkan keuntungan semakin besar. Maka dari itu, sebuah website bisnis atau toko online harus dioptimasi untuk memaksimalkan posisinya di search engine. Bukan hanya untuk meningkatkan rangking di mesin pencari, tapi dengan SEO juga bisa meningkatkan pengunjung website yang potensial dan tentu akan menjadi pelanggan bisnis kamu dalam jangka panjang.

Tidak sedikit para pebisnis online yang optimis memulai usahanya berjualan di internet tapi bertahan tidak sampai setahun, bahkan ada yang sampai frustasi, hal ini tentunya didasarkan pada opini yang salah karena mungkin yang dipikirkan hal-hal yang enaknya saja dan mungkin juga terobsesi oleh pemikiran “bisnis online kerja dibelakang monitor tidak perlu keluar rumah”.

Seorang pebisnis online harus memiliki pengetahuan tentang SEO sebagai upaya dalam meningkatkan pendapatan/income.

Pebisnis online pada prinsipnya didasarkan pada persaingan website/situs pada SERP, jika toko online (blog/website) yang dikelola bisa masuk pada halaman pertama (page one) maka pendapatan akan bertambah, adapun besar dan kecilnya pendapatan bergantung pada kata kunci/keyword yang dibidik dan jumlah pesaing-pesaing yang ada. Semakin tinggi compatitor maka semakin tinggi peluang untuk memiliki pendapatan yang lebih. Suatu blog/website akan mampu bersaing di SERP (Search Engine Rank Position) jika menerapkan ilmu SEO, disinilah pentingnya peran dan manfaat SEO untuk meningkatkan pendapatan.

1.2  Rumusan Masalah


Berdasarkan Latar Belakang yang dibahas diatas, maka dapat dirumskan masalah sebagai berikut:

a. Bagaimana cara menerapkan teknik Search Engine Optimization (SEO) di Toko Online?
b. Bagaimana meningkatkan pendapatan toko online dengan SEO?
c. Bagaimanakah cara menargetkan keyword dengan riset keyword?


1.3  Solusi Yang Ditawarkan



Agar website ataupun toko online bisa kedatangan banyak pengunjung dari Google, tentu perlu menerapkan teknik Search Engine Optimization (SEO). Lantas, bagaimana cara mengoptimalkan SEO agar website atau toko online bisa mendapatkan banyak pengunjung? Dengan cara memahami apa yang dicari oleh pengguna Internet yaitu dengan melakukan riset kata kunci di Ubersuggest, dimana proses ini untuk mencari tahu kata kunci apa yang digunakan oleh pengguna search engine ketika mereka mencari informasi.

Menghasilkan suatu pendapatan dari SEO adalah dengan cara, yang pertama anda harus memahami bisnis anda terlebih dahulu, lalu target pasar anda, dan pikirkan keyword apa yang mereka cari di Google ketika mereka ingin berbelanja ataupun hanya sekedar mencari informasi. Untuk mencari jumlah keyword apa saja yang biasa diketik oleh orang, anda bisa menggunakan Ubersuggest, di sana kita bisa mencari keyword apa saja yang populer di mesin pencarian google dan mulailah menargetkan keyword itu di Google.

BAB II
LANDASAN TEORI DAN DESAIN SOLUSI



2.1  Landasan Teori



Pada sub bab ini, disajikan sejumlah landasan teori yang mendasari solusi yang diajukan untuk permasalahan yang diangkat pada makalah ini. Setiap teori disajikan pada setiap sub bab berikut. Referensi yang digunakan tercantum pada bagian Daftar Pustaka.

2.1.1  Search Engine Optimization (SEO)


SEO atau Search Engine Optimization adalah suatu teknik untuk memaksimalkan suatu website yang bertujuan supaya website tersebut banyak pengunjungnya dan lebih dikenal atau lebih mudah dibaca oleh search engine.

Teknik SEO diterapkan melalui proses yang systematis, artinya teknik SEO ini harus selalu mengikuti kaidah-kaidah aturan yang berlaku pada suatu search engine tertentu yang menjadi rujukannya. Teknik SEO diterapkan pada suatu website yang berfungsi untuk mengoptimalkan dan meningkatkan jumlah pengunjung website tersebut.

Banyak sekali faktor yang menentukan keberhasilan dalam SEO namun dapat di golongkan menjadi dua yaitu Onpage Optimazation dan Offpage Optimazation.

1. SEO Onpage Optimazation yaitu merupakan teknik melakukan optimasi dari dalam suatu website itu sendiri, dengan jalan memodifikasi faktor-faktor tertentu dari bagian suatu website

Contoh dari SEO Onpage:

a. menentukan tag tittle,
b. menentukan deskripsi konten,
c. menentukan keyword konten
d. konten yang relevan dengan title dan lain sebagainya.

2. SEO Offpage Optimazation yaitu teknik optimasi yang dilakukan dari luar bagian website dengan tetap mengacu pada alogaritma search engine tertentu,

Contoh dari SEO Ofpage:
a. memasang backling berkualitas
b. melakukan guest post di artikel orang lain dan lain sebagainya.


Onpage Optimazation dan Offpage Optimazation merupakan 2 faktor yang menentukan keberhasilan dalam SEO. Jadi adapun beberapa keuntungan melakukan SEO ini adalah:



a. Mendatangkan Traffic yang Banyak

Kita semua sudah pasti mengerti dan mengetahui bahwa pasti jika situs atau blog berada pada halaman pertama dan nomer satu di Search Engine pasti akan mendatangkan pengunjung (Traffic) yang sangat banyak, tergantung pada keyword yang kita target dan besar kecilnya data hasil pencarian dari Ubersuggest.

b. Meningkatkan Penjualan

Jika suatu situs website menjual suatu produk atau barang seperti di lazada.co.id yang menjual aneka barang seperti smartphone, laptop, barang-barang rumah tangga atau lainnya, maka jika ada orang mencari di Google dengan keyword “jual laptop dengan murah berkualitas” kemudian situs tersebut ranking 1, maka sudah 90% lazada akan mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.

c. Meningkatkan Daya Saing

Dalam meningkatkan pengunjung untuk mendapatkan keuntungan SEO yang satu ini, jika posisi suatu situs website lebih tinggi maka secara otomatis daya saingnya pun akan lebih tinggi. Masih banyak lagi dari keuntungan menggunakan teknik SEO ini yang tidak saya sebutkan semuanya, karena saya yakin dengan menjelaskan 3 hal diatas saja pasti Anda sudah mengerti mengenai keuntungan dari menggunakan teknik SEO.


2.1.2 Riset Kata Kunci (keyword research)



Keyword research adalah mencari dan menganalisa bandingan kata yang tepat dan relevan yang sering digunakan pengguna internet ketika mereka melakukan pencarian di mesin pencari, bandingan kata yang sudah kita dapatkan. Jika perlu kemudian dianalisa, dimodifikasi atau direvisi untuk digunakan sebagai judul artikel blog atau menerapkan teknik SEO dalam toko online.

Target bloger adalah menjadikan blognya populer dan banyak pengunjung, seiring dengan banyaknya pengunjung, maka rating blog akan memiliki peluang besar tampil pada 10 besar mesin pencari Google, agar blog banyak pengunjung, kita harus mengarahkan pengguna internet menemukan dan mengunjungi blog kita, para penggguna internet sebagian besar akan berusaha melakukan pencarian di mesin pencari dengan memasukan kata kunci pencari yang relevan dengan apa yang mereka cari.


2.1.3 Jenis-jenis keyword



Beberapa jenis-jenis keyword dalam dunia SEO, keyword memiliki banyak sekali jenis. Beberapa jenis-jenis keyword tersebut adalah:

1. Short tail keyword
2. Long tail keyword
3. Keyword abadi
4. Keyword musiman


Selain keempat jenis keyword di atas, masih banyak sekali yang lain. Tapi yang paling penting untuk diketahui adalah keempat jenis di atas.
Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya:

1. Short tail keyword


Short tail keyword adalah kata kunci yang pada dasarnya hanya menampilkan terdiri dari satu atau dua kata saja. Misalnya :

a)      Laptop
b)      Smartphone
c)      Laptop Murah
d)     Smartphone Terupdate
e)      dll.

Jenis keyword short tail seperti ini biasanya mempunyai tingkat persaingan yang amatlah sangat tinggi. Sangat sulit untuk bisa bersaing pada keyword seperti ini kecuali mempunyai teknik ilmu SEO yang sangat tinggi sehingga dapat dengan mudah bersaing dengan website lainnya.


2. Long tail keyword



Long tail keyword adalah versi tulisan panjang dari short tail keyword. Umumnya long tail keyword ini mempunyai 2 kata lebih keyword Contohnya seperti ini:

a.      Daftar Laptop Paling Update
b.     Smartphone Android Lenovo Terbaik
c.       dll.

Jika masih pemula maka long tail keyword jelas lebih direkomendasikan karena tingkat persaingan yang cenderung lebih rendah dan memudahkan untuk menguasai posisi teratas mesin pencarian.
Kekurangan dari long tail keyword adalah trafik yang diperoleh dari keyword ini tidak sebanyak dari menggunakan short tail keyword. Selain itu juga cukup sulit untuk menemukan long tail keyword yang benar-benar tepat sesuai sasaran keyword tersebut.


3. Keyword abadi



Keyword abadi adalah sebuah keyword yang pengunjung selalu menggunakannya untuk mencari informasi pada mesin pencarian dan tidak akan mudah untuk ditelan zaman. Contohnya kata kunci berikut ini:

“Cara menyembuhkan sakit kepala migran”

Menggunakan keyword tersebut termasuk dalam katagori keyword abadi karena semua orang pasti mengalami yang namanya sakit kepala migran.

4. Keyword musiman


Keyword musiman adalah kebalikan dari keyword abadi, yaitu keyword yang bersifat musiman atau hanya populer sesaat itu saja. Contohnya kata kunci berikut ini:

“Hasil pertandingan Real Madrid vs Juventus tanggal 21 agustus 2019”


2.1.4 Toko Online



Pengertian Toko online adalah pelaksanaan melaksanakan bisnis sebuah toko secara online atau dalam pengertian lain adalah tempat untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Secara bahasa toko online adalah toko yang terdapat dalam internet. Jadi dalam istilah tersebut tidak ada bangunan toko asli seperti di dunia nyata dan tidak ada tatap muka antara penjual dan pembeli. Dalam toko online hanya ada sebuah website yang berisi informasi barang yang di jual berserta keterangannya dan informasi cara membelinya.

Toko online memudahkan pembeli dalam segi efesiensi waktu. Tanpa harus keluar rumah seorang bisa mendapatkan barang yang dicarinya dengan membeli secara online. Yang perlu dilakukan hanyalah koneksi internet. Dengan komputer atau smartphone di tangan Anda, Anda bisa membuka sebuah toko online yang menjual barang yang Anda cari. Dengan membaca keterangan yang tertera dalam toko online tersebut akan dengan mudah Anda bertransaksi. Proses pembayaran biasanya menggunakan transfer antar bank atau kartu kredit. Kemudian setelah melakukan pembayaran selesai selanjutnya barang yang Anda beli akan segera dikirimkan ke tempat Anda. Jika anda ingin membeli parfum original silahkan kunjungi berkahparfumstore.com


2.2  Desain Solusi



Pada sub bab ini akan membahas desain solusi dari permasalahan yang diangkat diatas. Disini akan menampilkan Diagram Alir berupa Flowchart dan Grafik dari permasalahan.

2.2.1 Diagram Alir Proses Riset Kata Kunci


Dalam diagram alir ini akan menjelaskan cara menerapkan teknik SEO di Toko Online dengan cara melakukan riset kata kunci di Ubersuggest dalam bentuk flowchart.

Diagram Alir (Flowchart) Riset Kata Kunci Dengan Ubersuggest
Gambar 1.1 Diagram Alir (Flowchart) Riset Kata Kunci Dengan Ubersuggest

Keterangan:

1. Mulai.
2. Melakukan login ke halaman https://neilpatel.com/ubersuggest/ dengan akun ubersuggest
3. Mulai melakukan pencarian kata kunci.
4. ubersuggest akan melakukan proses kata kunci yang dicari.
5. Jika kata kunci yang dicari tidak ditemukan, maka kembali ke halaman depan, dan jika kata kunci ditemukan maka akan muncul hasil pencarian yang dicari. Setelah kata kunci ditemukan, disini juga bisa menentukan target untuk kata kunci tersebut seperti mencari lokasi negara/lokasi. Dihalaman ini juga bisa melihat grafik tingkat pencarian tiap bulan.
6. Selesai.

2.2.2 Grafik


Berikut merupakan grafik dari riset kata kunci “jual sepatu futsal” yang dilakukan di situs Ubersuggest.


Kata Kunci Overview “Jual Sepatu Futsal” Source Ubersugest
Gambar 1.1 . Kata Kunci Overview “Jual Sepatu Futsal” Source : Ubersuggest




Gambar 1.2 . Grafik Volume Pencarian dari bebarapa bulan Kata Kunci “Jual Sepatu Futsal” Source : Ubersuggest

Penjelasan : 

Pertama, search volume yang menunjukkan perkiraan jumlah pencarian dalam beberapa bulan. Dalam contoh yang penulis berikan, ada kurang lebih 2.400 pencarian untuk keyword jual sepatu futsal. Ini angka yang cukup lumayan banyak.

Kedua, SEO difficulty adalah perkiraan tingkat kompetisi untuk kata kunci jual sepatu futsal. Dalam contoh, SEO difficulty bisnis online ternyata senilai 43. Angka ini cukup lumayan tinggi yang berarti tingkat kompetisi untuk kata kunci ini terbilang sengit sehingga halaman website Anda akan kesulitan untuk bisa masuk di halaman pertama Google.

Para pakar biasanya merekomendasikan nilai dibawah 40 supaya suatu kata kunci bisa dikatakan mudah kompetisinya. Selain itu, ubersuggest juga memberikan perkiraan peluang apakah halaman website Anda bisa masuk 20 peringkat teratas atau tidak. Peluangnya dalam bentuk persentase. Semakin tinggi tingkat kompetisi, persentase semakin rendah. Dan sebaliknya.

Ketiga, paid difficulty menunjukkan tingkat kompetisi untuk iklan google adwords. Angka yang tinggi menunjukkan persaingan yang sengit.

Keempat, cost per clik (cpc) adalah biaya yang Anda keluarkan untuk tiap 1x klik iklan Anda. Paid difficulty dan cost per click hanya digunakan jika Anda mau beriklan di Google Adwords.

BAB III
ANALISA DAN KESIMPULAN


3.1  Analisa


Saya mencoba menggunakan Ubersuggest untuk meriset jumlah penelusuran bulanan untuk kata kunci “jual sepatu futsal”. Hasil perbedaannya setiap bulannya tidak terlampau jauh dengan bulan-bulan sebelumnya, yang paling banyak dilakukan pencarian dengan kata kunci “jual sepatu futsal” yaitu berada di bulan november tahun 2018. Dimana terdapat hasil yang menyatakan jumlah penelusuran rata-rata tiap bulan yaitu 2,400 dengan persaingan yang cukup lumayan tinggi.

Jadi, bagaimana menerapkan teknik SEO itu? Yaitu dengan cara melakukan riset kata kunci menggunakan Ubersuggest, dimana hasil yang diperoleh akan lebih akurat. Serta bagaimana meningkatkat pendapatan Toko Online dengan SEO? Yaitu dengan kata kunci tersebut memiliki persaingan yang medium, maka peluang masuk dalam 10 besar mesin pencari Google akan lebih besar, dan pendapatan juga akan bertambah.

3.2  Kesimpulan


Dalam makalah ini, telah dilakukan pengujian riset kata kunci dengan menggunakan Ubersuggest. Dimana tools yang ditawarkan didalamnya ini lebih akurat, lebih mendetail, dan informasi yang disajikan juga lebih beragam.

Dengan melakukan riset tersebut, maka pengguna akan bisa mengetahui kata kunci apa yang selama ini banyak digunakan di mesin pencari Google. Sehingga blog/web akan banyak dikunjungi pembeli dan pendapatan akan bertambah jika blog/web kita masuk dalam 10 besar mesin pencari di Google.

Ucapan Terimakasih

Kami mengucapkan terimakasih terhadap website-website yang terdapat pada daftar pustaka yang sudah memberikan informasi yang bermanfaat ini untuk kelancaran dalam proses penelitian, penulisan, dan juga pendukiung perjalanan untuk mempresentasikan makalah ini.



Daftar Pustaka


1. http://creatingmyvision.blogspot.com/2014/06/apa-itu-seo-dan-apa-manfaat-seo-untuk.html
2. http://www.blogmajalengka.web.id/2012/11/3-manfaat-SEO-peran-SEO-terhadap-website.html
3. https://www.webillian.com/2019/07/cara-mengoptimalkan-seo-untuk-blog.html
4. https://www.webillian.com/2019/08/cara-optmiasi-meningkatkan-seo-blog.html
5. https://www.negeripesona.com/2016/08/pengertian-toko-online-dan-contohnya.html
6. https://www.hzcrash.my.id/apa-itu-riset-keyword-dan-cara-melakukannya/
7. https://www.maxmanroe.com/cara-riset-keywords-dengan-google-keyword-planner.html
8. https://tehnikbagas.wordpress.com/2017/02/06/mengenal-jenis-jenis-keyword/
9. https://backliinko.com/2017/01/06/peran-seo-dalam-bisnis-online/
10. https://mebiso.com/cara-riset-keyword-dengan-ubersuggest/


Share with your friends

Give us your opinion

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus

Notification
Selamat menikmati postingan artikel di Webillian.Com semoga bermanfaat.
Done