Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan Yang Perlu Anda Coba! - webillian.com
News Update
Loading...

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan Yang Perlu Anda Coba!

Kacang Hijau adalah jenis tanaman kacang-kacangan atau bisa disebut polong-polongan yang mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Kacang Hijau yang diyakini berasal dari India ini sudah banyak dibudidaya di berbagai penjuru negara seperti di Korea, Tiongkok negara-negara Asia bagian Selatan seperti India, Bangladesh, Pakistan, Nepal Srilanka) dan di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Myanmar, Thailand, Filipina, Malaysia.

Kacang Hijau dalam bahasa Inggris mempunyai arti yaitu disebut dengan Mung Bean atau green beans, kacang hijau ini merupakan sumber makanan berprotein nabati tinggi yang bisa dijadikan berbagai hidangan yang mengeyangkan seperti bubur kacang hijau, aneka kue dan toge. Kacang hijau mempunyai nama ilmiah yaitu Vigna radiata.

Ada berbagai macam keunggulan dan manfaat kacang hijau, mulai dari harganya yang relatif murah sehingga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman yang nikmat dan menyehatkan. Selain itu, kacang hijau juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk mempercantik dan meningkatkan kesehatan tubuh, karena manfaat dari kacang hijau itu sendiri.

Kacang hijau mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi dan merupakan sumber mineral penting yang dibutuhkan dalam tubuh, antara lain fosfor dan kalsium dan juga kacang hijau mempunyai kandungan lemak yang merupakan asam lemak tak jenuh.

Kandungan yang terdapat pada kacang hijau yaitu kalsium dan fosfor yang bermanfaat untuk memperkuat tulang. Kacang hijau juga mengandung rendah lemak yang sangat baik bagi mereka yang ingin menghindari konsumsi lemak tinggi. Kacang hijau mempunyai kadar lemak yang rendah sehingga menjadikan kacang hijau cocok sebagai bahan makanan atau minuman yang mempunyai nilai gizi yang tinggi.

Lemak yang terkandung dalam kacang hijau terdiri atas 73% asam lemak tak jenuh dan 27% asam lemak jenuh. Umumnya kacang-kacangan memang mengandung lemak tak jenuh tinggi. Kacang hijau mempunyai asupan lemak tak jenuh tinggi itu sangat penting untuk menjaga kesehatan terutama kesehatan jantung.

Kacang hijau mengandung vitamin B1 yang berguna untuk pertumbuhan dan vitalitas pria. Maka kacang hijau dan turunannya sangat cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang baru menikah.

Kacang hijau juga mempunyai kandungan multi protein yang berfungsi untuk mengganti sel mati dan membantu pertumbuhan pada sel tubuh, oleh karena itu anak-anak dan wanita yang baru saja bersalin ataupun yang sedang hamil dianjurkan untuk mengkonsumsinya.

Kandungan Gizi Kacang Hijau


Berikut ini adalah kandungan nutrisi atau kandungan gizi Kacang Hijau pada setiap 100 gramnya



Jenis Nutrisi / Gizi

Kandungan

AKG%

Kalori

347kcal (1.452 kJ)


Karbohidrat

62,62g


Air

9.05g


Protein

23,86g


Gula

6,6g


Serat

16,3g


Lemak

1,15g


Vitamin A

114IU

4%

Vitamin C

4,8mg

6%

Vitamin D

0µg


Vitamin E

0,51mg

3%

Vitamin K

9µg

9%

Vitamin B1 (Thiamine)

0,621mg

54%

Vitamin B2 (Riboflavin)

0,233mg

19%

Vitamin B3 (Niacin)

2.251mg

15%

Vitamin B5 (Panthothenic acid)

1,91mg

38%

Vitamin B9 (Folat)

625µg

156%

Kalsium

132mg

13%

Zat Besi

6,74mg

52%

Magnesium

189mg

53%

Fosfor

367mg

52%

Potassium (Kalium)

1.246mg



27%

Sodium

15mg

1%

Selenium

8.2µg

15%

Seng (Zinc)

2,68mg

28%






Manfaat Kacang hijau menurut dokter ahli gizi


Dr.Alvin Hartanto berpendapat tentang kacang hijau, bahwa kacang hijau mempunyai kebaikan untuk menjaga kesehatan fisik, kulit.

Dr. Kevin Adrian berpendapat tentang kacang hijau, bahwa manfaat kacang hijau Mengurangi risiko kehamilan bermasalah, Melancarkan pencernaan dan menurunkan risiko penyakit jantung, Membantu menjaga berat badan, Menurunkan kadar kolesterol, Sumber karbohidrat dan serat yang baik bagi tubuh, Menurunkan risiko osteoporosis.

Dr. Alvin berpendapat tentang kacang hijau, bahwa Kandungan vitamin A yang terbisa pada kacang hijau itu tinggi, bagus untuk kulit, ada kandungan protein untuk meregenerasi kulit. Jadi, makin teregenerasi, kulit kita akan lebih awet muda, lebih susah keriput. Selain itu, sari kacang hijau mempunyai serat dan vitamin B kompleks yang baik untuk tubuh. Vitamin B kompleks yang terkandung dalam sari kancag hijau itu bagus untuk menjaga metabolisme tubuh, menurut penbisa dia.


Alvin mengatakan jumlah konsumsi kacang hijau serta susu untuk sehari-hari tidak ada patokan pastinya, semua kembali pada kebutuhan gizi masing-masing orang. Dia menyarankan supaya mengonsumsi minimal dua gelas susu dan satu mangkuk kacang hijau dalam sehari.
Kacang hijau sendiri bisa di olah menjadi berbagai macam makanan – minuman yang lezat seperti es kacang hijau, puding kacang hijau, bubur kacang hijau, juice kacang hijau, sebagai tooping makanan dll.

Berikut Ini Adalah Beragam Manfaat Kacang Hijau Yang Sayang Jika Dilewatkan Yang Sudah Dirangkum Dari Berbagai Macam Sumber

Dari daftar nutrisi yang dikandung oleh kacang hijau bisa dikatakan bahwa kacang hijau merupakan makanan yang tinggi protein dan serat namun rendah lemak dan kalori sehingga menjadikannya sebagai makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat kacang hijau bagi kesehatan tubuh manusia


1. Mengurangi risiko kehamilan bermasalah


Kacang hijau mempunyai kandungan Float yang cukup tinggi. Oleh karena itu, kacang hijau dianggap baik bagi wanita yang sedang merencanakan kehamilan atau sedang dalam masa kehamilan, karena untuk asupan protein dan nutrisi bagi janin bayi.

Pemberian asam folat yang cukup selama masa kehamilan bisa memberikan perlindungan pada janin supaya terhindar dari kejadian kelahiran yang prematur, lahir dengan berat badan rendah, keguguran dan lahir dengan kelainan saraf dan otak (neural tube defect).

2. Mengendalikan Tekanan Darah


Nutrisi atau Gizi yang ditemukan pada Kacang Hijau mempunyai kemampuan untuk melawan penyakit kardiovaskular dan tekanan darah tinggi. Penelitian yang sudah dipublikasikan di Chemistry Central Journal yang di teliti pada tikus yaitu sudah menunjukkan bahwa ekstrak kacang hijau mempunyai banyak manfaat salah satunya yaitu menurunkan tingkat tekanan darah sistolik pada tikus.

Para peneliti melaporkan bahwa efek anti-hipertensi kacang hijau ini bisa menurunkan risiko konstriksi atau penyempitan pembuluh darah. Seperti yang kita ketahui bahwa konstriksi atau penyempitan pembuluh darah merupakan penyebab naiknya tekanan darah atau hipertensi.

3. Melancarkan pencernaan dan menurunkan risiko penyakit jantung


Kacang hijau sendiri mempunyai banyak sekali serat makanan dan pati yang baik untuk memperlancar pencernaan, juga membantu memberi nutrisi bagi bakteri baik di dalam saluran cerna. Bahkan, penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa kacang hijau juga bermanfaat dalam membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, dan diabetes. Hal ini diduga berkaitan dengan kandungan antioksidan dan nutrisi penting di dalamnya yang mempunyai sifat antiradang.

Kacang Hijau sangat mudah dicerna oleh pencernaan dan juga dapat membantu detoksifikasi tubuh. Kacang Hijau yang kaya akan serat juga bisa membantu memperlancar sistem pencernaan dan mencegah gejala IBS (Irritable bowel syndrome atau sindrom iritasi usus) seperti sembelit dan perut kembung.


Suatu penelitian yang dipublikasikan di Journal of Human and Experimental Toxicology menunjukan bahwa kacang hijau mempunyai kemampuan untuk mengurangi kadar kolesterol jahat. Kacang Hijau juga bisa membantu untuk mengendalikan tingkat kolesterol dan berfungsi sebagai antioksidan yang menghilangkan radikal bebas, memperbaiki kerusakan pembuluh darah dan mengurangi peradangan. Perlu diketahui bahwa penyebab terjadinya serangan jantung dan strok adalah dikarenakan tingkat Kolesterol LDL (kolesterol jahat) yang tinggi.

4. Mencegah Penyakit Kanker


Kacang hijau mempunyai jumlah polifenol dan oligosakarida tinggi yang membantu mencegah perkembangan sel kanker. Studi klinis juga menunjukkan bahwa kacang hijau mempunyai sifat anti-tumor yang bisa mencegah kerusakan DNA dan mutasi sel-sel berbahaya yang menyebabkan terjadinya penyakit kanker.

Penelitian yang sudah dilakukan oleh Nutritional Engineering dan College of Food Science di China Agricultural University melaporkan hasil penelitiannya, bahwa antioksidan yang ditemukan dalam kacang hijau mempunyai kemampuan untuk menangkal radikal bebas.

Flavonoid seperti vitexin dan isovitexin yang dikandung oleh kacang hijau bisa mengurangi stres oksidatif yang menyebabkan terbentuknya sel kanker.

5. Membantu menjaga berat badan


Salah satu manfaat kacang hijau adalah bisa membantu mengontrol nafsu makan sehingga bisa membantu menjaga berat badan. Semua hal dapat tercapai karena kacang hijau mempunyai kandungan serat dan protein yang membuat Anda kenyang lebih cepat dan lebih lama, sehingga pola makan menjadi teratur serta menurunkan berat badan berlebih.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Kacang Hijau memiliki kandungan yaitu Fitonutrien atau zat kimia alami yang bertindak sebagai anti-mikrobia dan anti-inflamasi sehingga bisa membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia dan, iritasi, virus, bakteri berbahaya, menangkal pilek, dan lain sebagainya. Kacang hijau juga bisa meningkatkan penyerapan nutrisi atau gizi sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita secara keseluruhan.

7. Membantu menurunkan Berat Badan


Protein dan Serat yang dikandung dalam Kacang Hijau sangat tinggi. Beberapa penelitian menunjukan kacang yang tinggi serat ini bisa meningkatkan cholecystokinin yang merupakan hormon kenyang. Oleh karena itu mengkonsumsi kacang hijau secara teratur bisa membantu mengurangi asupan makanan, sehingga menurunkan berat badan dan membantu dalam memerangi obesitas.

8. Mengurangi Sindrom Pra-Haid (Pre-menstrual Syndrome/PMS)


Kacang hijau mempunyai kandungan Vitamin B6 dan Folat yang dapat membantu mengendalikan fluktuasi hormon yang menyebabkan Sindrom Pra-Haid atau gejala PMS.
Telat dibuktikan bahwa Mengkonsumsi kacang hijau dapat membantu mengurangi rasa sakit yang terkait dengan kram pada saat PMS, sakit kepala, perubahan suasana hati, nyeri otot dan kelelahan.

9. Mencegah Diabetas Tipe-2


Beberapa bukti menunjukan nutrisi yang terkandung dalam kacang hijau mempunyai efek anti-diabetes yang membantu untuk mengobati diabetes tipe-2. Penelitian yang dilakukan oleh The Institute of Crop Sciences menunjukkan bahwa glukosa darah, glukagon, plasma C-peptida, tingkat trigliserida dan kolesterol total akan menurun ketika suplemen kacang hijau diberikan kepada tikus. Pada saat yang sama, toleransi terhadap glokosa juga meningkat dengan peningkatan respon tubuh terhadap insulin.

10. Menurunkan kadar kolesterol


Manfaat kacang hijau lainnya adalah mempunyai kandungan lemak yang rendah. Dalam 100 gram kacang hijau setidaknya terbisa 347 kalori energi dan 1,15 gram lemak. Dengan kandungan lemak yang tergolong rendah, serta serat dan antioksidan fitosterol yang tinggi, konsumsi kacang hijau secara teratur bisa membantu penderita kolesterol tinggi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami.

11. Sumber karbohidrat dan serat yang baik bagi tubuh


Siapa bilang kita tidak butuh karbohidrat? Meski sering kali dihindari oleh mereka yang sedang menurunkan berat badan, ternyata karbohidrat penting bagi fungsi dan kesehatan tubuh. Kacang hijau sendiri termasuk salah satu sumber karbohidrat yang tinggi dan juga sumber kabohidrat yang baik, karena berjenis karbohidrat kompleks yang lebih baik untuk kesehatan.

12. Menurunkan risiko osteoporosis


Kacang hijau termasuk dalam anggota dari keluarga tumbuhan polong (legume) di keluarga besar kacang-kacangan, kacang hijau sendiri mempunyai kandungan magnesium dalam jumlah yang banyak. Di dalam 100 gram kacang hijau setidaknya terbisa 189 miligram magnesium yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah kekurangan magnesium. Dengan mengonsumsi cukup magnesium, Anda bisa menurunkan risiko osteoporosis.



Kesimpulan dan Penutup

Menurut para peniliti yang sudah melakukan penelitian, bahwa mengkonsumsi kacang hijau dapat meningkatkan asupan magnesium bisa menambah kepadatan mineral tulang pascamenopause pada wanita dan lansia. Selain itu, magnesium juga diduga mengurangi risiko diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, hipertensi, dan migren.

Murah, mudah ditemui, dan bisa diolah menjadi beragam makanan dan minuman. Manfaat kacang hijau yang sangatlah banyak karena berasal dari kandungan nutrisi penting di dalamnya. Oleh karena itu, sebaiknya mulailah memasukan kacang hijau ke dalam menu utama makanan Anda sehari-hari. Tetapi perlu di ingat bahwa ada batasan penambahan gula ke dalamnya.

Kacang hijau adalah termasuk ke dalam jenis kacang-kacangan yang memiliki sumber protein yang rendah lemak, sangat baik dikonsumsi, dan mengandung banyak serat serta antioksidan. Kacang hijau juga mengandung kalsium, zat besi, zinc, kalium, fosfor, vitamin A, vitamin B, folat, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Ragam nutrisi lain yang terkandung dalam kacang hijau adalah selenium, magnesium, mangan dan karbohidrat yang tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh





Sumber referensi yang di dapat : Data-data Kandungan Gizi Kacang Hijau yang sudah dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Kacang Hijau dalam artikel ini merupakan rangkuman dari berbagai sumber.

Share with your friends

2 komentar

  1. Yang asam urat tidak boleh makan banyak banyak

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat. Jadi nambah wawasan.. Di tunggu post. Terbaru ya min

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus

Notification
Selamat menikmati postingan artikel di Webillian.Com semoga bermanfaat.
Done