Manfaat Kesehatan Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil - webillian.com
News Update
Loading...

Manfaat Kesehatan Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

kita akan membahas tentang gaya hidup kesehatan yang mana termasuk mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi terutama yang dibutuhkan oleh ibu hamil yaitu kacang hijau. Manfaat kacang hijau baik untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan untuk ibu hamil. Kacang hijau sendiri termasuk kacang-kacangan yang mana kacang hijau itu memiliki jumlah antioksidan yang banyak dan bahkan sangat memberikan manfaat kardiovaskular.

Selain itu, kacang hijau juga kaya akan lemak Omega 3, dan kandungan karotenoid dan flavonoid kacang hijau itu memberikan manfaat anti-inflamasi.


Manfaat Kesehatan Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil


Kacang hijau menurut ahli dokter ahli gizi


Dr.Alvin Hartanto berpendapat bahwa kacang hijau mempunyai kebaikan untuk menjaga kesehatan fisik, kulit.

Dr. Kevin Adrian berpendapat manfaat kacang hijau Mengurangi risiko kehamilan bermasalah, Melancarkan pencernaan dan menurunkan risiko penyakit jantung, Membantu menjaga berat badan, Menurunkan kadar kolesterol, Sumber karbohidrat dan serat yang baik bagi tubuh, Menurunkan risiko osteoporosis.

Dr. Alvin berpendapat bahwa Kandungan vitamin A yang terdapat pada kacang hijau itu tinggi, bagus untuk kulit, ada kandungan protein untuk meregenerasi kulit. Jadi, makin teregenerasi, kulit kita akan lebih awet muda, lebih susah keriput. Selain itu, sari kacang hijau memiliki serat dan vitamin B kompleks yang baik untuk tubuh. Vitamin B kompleks yang terkandung dalam sari kancag hijau itu bagus untuk menjaga metabolisme tubuh, menurut pendapat dia.

Alvin mengatakan jumlah konsumsi kacang hijau serta susu untuk sehari-hari tidak ada patokan pastinya, semua kembali pada kebutuhan gizi masing-masing orang. Dia menyarankan agar mengonsumsi minimal dua gelas susu dan satu mangkuk kacang hijau dalam sehari.
Kacang hijau sendiri bisa di olah menjadi berbagai macam makanan – minuman yang lezat seperti es kacang hijau, puding kacang hijau, bubur kacang hijau, juice kacang hijau, sebagai tooping makanan dll.

Nah dibalik itu semua ternyata kacang hijau juga mempunyai manfaat yang menakjubkan untuk ibu hamil dan ibu yang sedang menyusui loh, karena kacang hijau mempunyai kandungan akan folat, zat besi, dan thiamin.Ketiga mineral dan vitamin ini sangat dibutuhkan oleh ibu yang sedang dalam masa kehamilan.

Mengkonsumsi makanan sehat untuk setiap harinya merupakan sebuah kewajiban bagi ibu hamil, dan ibu yang sedang menyusui anaknya, oleh sebab itu kacang hijaulah yang dapat dijadikan sebagai makanan wajib untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, vitamin, mineral sehari-harinya.Saat ibu hamil itu sudah terpenuhi nutrisinya maka itu akan membantu pertumbuhan dan perkembangan si janin/bayi yang sedang disusui.

Berikut inilah manfaat kesehatan kacang hijau yang menakjubkan untuk ibu hamil:


1.Memelihara Kesehatan Jantung


Jantung memompa darah dengan baik keseluruh tubuh maka asupan gizi ibu hamil itu bisa tersalurkan dengan baik untuk si janin.
Kacang hijau sendiri mempunyai kadar lemak yang rendah dan mempunyai kandungan lemak tak jenuh yang baik untuk memelihara kesehatan jantung.

2.Memelihara Kesehatan Otak Pada Janin


Karena asam folat yang terkandung di kacang hijau itu berperan sebagai produksi sel darah merah dan membantu juga tabung saraf janin berkembang menjadi sumsung tulang belakang dan otak, karena mengkonsumsi asam folat kurang lebih 400mg perhari untuk sebelum dan sesudah masa kehamilan ini akan membantu mencegah janin terlahir dengan kelainan pada sumsum tulang belakang dan otak.

3.Mencegah Ibu hamil untuk anemia


Ternyata anemia dalam masa kehamilan itu sangat berbahaya karena berisiko untuk menyebabkan keguguran atau pendarahan saat persalinan nantinya,penyebab kehamilan saat kehamilan yaitu kekurangan asam folat dan kekurangan vitamin B12, nah itu semua ada di kacang hijau tentunya,untuk itu demi mencegah terjadinya anemia tubuh juga membutuhkan zat besi yang mana untuk membantu dalam proses pembentukan hemoglobin dalam darah.

4.Memudahkan Metabolisme


Karena kacang hijau itu mempunyai kandungan serat yang dipercaya untuk mengatasi kesulitan saat buang air besar, yang biasanya dialami oleh ibu hamil.apabila si ibu hamil itu kekurangan serat, maka itu akan menggangu proses penyerapan bagi ibu dan janin tersebut.

5.Memelihara kesehatan tulang pada janin


Kurang lebih dalam 100g kacang hijau itu terdapat 1,4mg zat besi, selain itu kacang hijau juga mengandung kalsium di mana kediua zat itu merupakan komponen penting bagi perkembangan tulang si janin, untuk ibu hamil zat besi dan kalsium bermanfaat untuk mencegah terjadinya gangguan tulang seperti osteoporosis.

6.Terdapat Vitamin K


Nah vitamin k sendiri dalam kandungan kacang hijau itu, bertujuan untuk pembekuan darah dan penyembuhan luka, nah vitamin k untuk ibu hamil dan janin juga bisa di gunakan untuk memperkuat agar lebih kuat.

7.Dapat menjaga kesehatan Saraf


Kurang lebih di dalam 100g kacang hijau itu terdapat 0.163mg thiamin.
Thiamin atau disebut juga dengan vitamin B1 itu mampu mengubah karbohidrat menjadi energi,selain itu juga thiamin juga berperan melancarkan fungsi sistem saraf,otot, dan jantung agar bekerja secara normal,oleh sebab itu ketika sedang hamil dan sedang menyusui, penuhi kebutuhannya dengan kacang hijau

Nah itulah manfaat yang menakjubkan dari kacang hijau untuk ibu yang sedang hamil, oleh sebab itu ibu hamil sebaiknya mempersiapkan menu “kacang hijau” sebagai menu sehari-hari agar kebutuhan vitamin,protein,serat dll bisa tercukupi dan tersalurkan ke janin.


Share with your friends

Give us your opinion

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus

Notification
Selamat menikmati postingan artikel di Webillian.Com semoga bermanfaat.
Done