Macam-macam contoh DBMS (Database management system) Beserta Kelebihan dan kekurangannya Yang harus Anda Pahami! - webillian.com >
News Update
Loading...

Macam-macam contoh DBMS (Database management system) Beserta Kelebihan dan kekurangannya Yang harus Anda Pahami!

DBMS yang artinya singkatan dari Database Management System yaitu perantara pengguna/ user dengan basis data, sehingga nantinya dengan adanya DBMS, penggguna/ user akan sangat dengan mudah untuk mencari dan menambahkan informasi pada data base (yang sudah dijelaskan di pengertian fungsi contoh tujuan DBMS). Selain itu juga DBMS mempunyai banyak macamnya atau contohnya.

macam-macam DBMS beserta kelebihan dan kekurangannya


Oleh karena itu Anda harus memahami apa itu macam-macam DBMS atau contoh dari DBMS beserta kelebihan dan kekurangan dari masing-masing database management system tersebut.

Berikut ini merupakan macam-macam atau contoh DBMS beserta kelebihan dan kekurangannya:


1. MS ACCESS


Microsoft Access adalah salah satu program DBMS buatan Microsoft yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan usaha skala kecil atau menengah. Microsoft access biasanya dipasang satu paket dengan paket Microsoft Office lainnya seperti Word dan Excel. Penggunaan Microsoft Access bisa dengan mudah untuk mengolah berbagai macam database dari luar Access sepertihalnya Mysql atau Oracle.

Kelebihan:


MS Access mudah dalam penggunaan terutama dalam memanipulasi tabel dan relasinya. Perintah SQL juga dapat dibuat pada Microsoft Access. Selain itu fasilitas data security dan penyimpanan data jumlah besar dapat didukung.

Kekurangan:


Microsoft Access mempunyai kekurangan yaitu tidak dapat dipergunakan dengan gratis atau Microsoft Acces harus berlisensi jikalau mau menggunakannya. Tidak hanya itu saja, untuk Microsoft Access tidak terlalu cocok seandainya diakses dengan jaringan.

2. MySQL


MySQL adalah suatu perangkat lunak system manajemen basis data SQL yang dalam bahasa inggrisnya Data Management System di singkat yaitu DBMS, yangmana MySQL ini merupakan multithread, multi-user, dengan menggunakan sekitar 6 juta instalasi di seluruh penjuru dunia.

Kelebihannya:


- Free/gratis.

- Selalu stabil dan cukup tangguh.

- Keamanan yang cukup baik.

- Sangat mendukung transaksi, dan dukungan dari banyak komunitas.

- Sangat fleksisbel dengan barbagai macam program.

- Perkembangan yang cepat.

Kekurangannya:


Kurang mendukung koneksi bahasa pemerograman misalnya seperti Visual Basic (VB), Foxpro, Delphi sebab koneksi ini dapat menyebabkan field yang dibaca harus sesuai dengan koneksi bari bahasa pemerograman visual tersebut.

Data yang dapat ditangani belum besar dan belum mendukung widowing Function.

3. Oracle


Oracle adalah relational database management system atau di singkat yaitu RDBMS, yang berfungsi untuk mengelola suatu informasi yang secara terbuka, komprehensif dan terintegrasi.


Kelebihannya:


- Di dalam Oracle Terdapat berbagai macam fitur yang bisa memenuhi tuntutan fleksibilitas dari organisasi ataupun perusahaan yang besar.

- Bisa mempergunakan lebih dari satu server dan penyimpanan data dengan mudah.

- Performa pemrosesan transaksi yang sangat tinggi.

Kekurangannya:


Untuk pemakaian dari Oracle ini sangat membutuhkan dana atau biaya yang mahal dan juga diperlukan DBA yang cukup handal sebab DBMS ini cukup rumit.


4. Microsoft SQL server


Microsoft SQL Server merupakan sistem manajemen basis data relasional yang dirancang untuk aplikasi dengan arsitektur client server. Microsoft SQL merupakan salah satu produk unggulan dari Microsoft mengenai management dari basis data alias database, dimana software ini menggunakan Transact SQL sebagai kueri utamanya. Fitur yang terdapat pada Microsoft SQl Server yaitu memiliki kemampuan untuk membuat basis data clustering dan mirroring. Dalam Microsoft SQL Server juga sangat mendukung SQL sebagai bahasa untuk memproses query ke dalam. Microsoft SQL server sudah digunakan dalam kalangan umum.

SQL sendiri merupakan kependekan dari Structures Query Language, yang merupakan suatu jenis bahsa komputer atau kueri yang digunakan untuk mengakses data – data yang terdapat dan juga tersimbpan di dalam sebuah basis data alias database. Untuk sekarang ini , hampir dari semua DBMS (database management system) sudah mempergunakan bahasa SQL untuk membantu mengimplementasikan dan juga mengkorelasikan dari pengolahan dan juga management dari sebuah databae/ basis data.

Kelebihan Microsoft SQL Server


Untuk sekarang ini SQL server sudah banyak dikembangkan dan juga sudah diluncurkan lebih dari 7 generasi, yangmana sangat mudah untuk digunakan, terutama digunakan pada komputer dengan sistem operasi windows, baik yang menggunakan 32bit maupun yang menggunakan 64 bit. Seperti kebanyakan vendor dan juga software dari DBMS, Microsft SQL Server ini memiliki beberapa kelebihan. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dari menggunakan Microsoft SQL Server, antara lain sebagai berikut :

- DBMS ini sangat cocok untuk perusahaan mikro, menengah hingga perusahaan besar karena mampu mengelola data yang besar.

- Mempunyai kelebihan untuk dapat memanager setiap user dan juga pada setiap user/ pengguna dapat diatur hak aksesnya terhadap pengaksesan database oleh DBA.

- Tingkat pengamanan datanya sangat baik.

- Dapat melakukan recovery, backup dan rollback data.

- Kelebihan lainnya mempunyai kemampuan membuat database mirroring dan juga culustering.

- Bekerja dengan sangat baik pada sistem operasi Windows

- Mendukung banyak software database

- Dapat membuat clustering data

- Pengendalian dari sebuah database yang terpusat

- Sangat mdah untuk dipergunakan oleh client maupun user

- Memiliki fitur recovery dan juga restore data

- Management password yang baik dan aman

- Bisa digunakan di berbagai kalangan

- Dapat melakukan backup data

- Kekuatan Microsoft di Bidang Software



Kekurangan SQL Server


Selain mempunyai beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Microsoft SQL server, ternyata Microsoftt SQL server mempunyai beberapa kekurangan yang dimiliki oleh SQL Server. Berikut ini merupakan kekurangan dari Microsoft SQL Server, antara lain sebagai berikut :

- Harga belinya yang lumayan tinggi

- SQL Server hanya bisa dipergunakan untuk OS Microsoft saja atau tidak multi OS

- Tidak cocok untuk skala database besar

- Sulit digunakan pada bahasa pemograman lain

- Hanya bisa berjalan pada platform OS (Operasi system) Microsoft windows.

- Perangkat lunak (software) ini berilisensi dan tentunya pemakaiannya membutuhkan biaya yang tergolong cukup mahal.

5. FIREBIRD


Firebird adalah salah satu dari aplikasi RDBMS atau di singkat yaitu Relational Database Management System, yang bersifat open source. Awal yang mengembangkan FIREBIRD ini adalah perusahaan Borland pada sekitar tahun 2000an dan meluncurkan versi beta dari aplikasi databasenya InterBase 6.0 yang bersifat open source. Akan tetapi, perusahaan ini tidak mengeluarkan versi InterBase secara open source, justru kembali ke pola komersial software.


Kemampuan dan Kelebihan Firebird


Andapun dapat melihat berbagai macam bentuk aktivitas dan kemampuan Firebird pada situs officialnya yaitu yang beralamat di www.firebirdsql.org. Banyak sekali fasilitas yang sangat menarik yang ditawarkan oleh Firebird (Andapun dapat membandingkannya sendiri dengan fasilitas yang ditawarkan oleh MySQL). Firebird mempunyai rata-rata fasilitas yang dimiliki oleh komersial database contohnya seperti trigger, stored procedure, replikasi , sistem backup dan tools sql yang sangatlah lengkap. Tidak hanya itu saja, Firebird juga support dengan ANSI SQL yang berarti akan semakin memudahkan untuk Anda dalam proses perpindahan antar database platform.

Kemampuan dari Firebird, antara lain:


- Firebird support row level locks
- Firebird sangat support dengan transaksi, layaknya pada database yang bersifat komersial lainnya.
- Firebird sangat support stored procedure dan triggers dengan mempunyai bahasa yang standard sehingga nantinya tidak akan membingungkan untuk Anda yang ingin ataupun sedang belajar.
- Adanya Software untuk mengadministrasi dengan mudah didapat, karena banyak sekali software untuk mengadministrasi database Firebird tersebut.
- Firebird mempergunakan sintaks yang standard untuk membuat foreign key.
- Firebird bisa melakukan replikasi, solusi untuk replikasi kebanyakan dibuat oleh pihak ketiga
- Banyaknya fasilitas yang support dan maintenance, karena banyaknya juga komunitas Firebird.
- ada banyak yang tersediaLibrary connection untuk Firebird, ada driver untuk JDBC, ODBC bahkan .NET database provider.


Share with your friends

Give us your opinion

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus

Notification
Selamat menikmati postingan artikel di Webillian.Com semoga bermanfaat.
Done