Sejarah Komputer dan Perkembangannya yang Harus Anda Ketahui! - webillian.com >
News Update
Loading...

Sejarah Komputer dan Perkembangannya yang Harus Anda Ketahui!

Sejarah Komputer dan Perkembangannya yang Harus Anda Ketahui! – seperti yang kita semua ketahui bahwa adanya teknologi sangat membantu kehidupan manusia dalam mengerjakan berbagai macam kegiatan sehari-hari mereka. Teknologi membuat manusia tidak merasa kesulitan, sehingga mereka akan dimudahkan dalam pekerjaan mereka masing-masing. Seperti saat ini misalnya sudah hadir komputer yang sudah tercipta sejak beberapa tahun lalu sehingga menciptakan sebuah sejarah komputer yang perlu diketahui.

Gambarannya Seperti pisau bermata dua, teknologi bisa menjadi berguna jika digunakan dengan benar. Sebaliknya jika digunakan untuk hal yang tidak benar maka teknologi menjadi tidak berguna. Orang-orang yang mempunyai kepintar yang sangat tinggi pada masanya menciptakan sesuatu hal, yang mana penemuannya tersebut terus mengalami pengembangan terus menerus sehingga memunculkan teknologi baru dan sangatlah memudahkan pekerjaan manusia.


Contohnya saja seperti penemuan sepeda yang pada zaman dahulu itu untuk rodanya memiliki roda yang besar dan sekarang bisa Anda lihat perbedaannya pada zaman sekarang ini. Perubahan tersebut dilakukan agar seseorang bisa merasakan manfaat dan kenyamanan dalam menggunakan teknologi tersebut. Begitupun juga dengan perkembangan komputer yang saat ini mempunyai bentuk yang amatlah sangat beragam. Untuk itu sebagai manusia, kita harus mengetahui sejarah komputer dan perkembangannya yang tentu dapat membuka wawasan Anda mengenai komputer. Tetapi sebelumnya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu definisi komputer dan fungsinya sehingga Anda tidak salah dalam menggunakan komputer. Berikut ini adalah definisi komputer dan fungsinya.

Apakah itu Komputer?


Komputer merupakan alat yang biasanya dipergunakan untuk mengolah data berdasarkan aturan baku yang sudah ditentukan. Sebuah komputer juga memiliki definisi perangkat elektronik yang memiliki beberapa komponen yang bekerja sama dan membentuk satu sistem. Sehingga sebuah sistem komputer dapat menjalankan pelbagai program.

Secara penggunaan bahasa, kata ‘komputer’ berasal dari bahasa Yunani, yaitu ‘computare’. Kata computare tersebut ialah merupakan gabungan dari kata ‘com’ yang mempunyai arti ‘menggabungkan’ dan kata ‘putare’ yang mempunyai artinya ‘memikirkan perhitungan’. Sedangkan dalam bahasa inggris, ‘computare’ biasanya disebut dengan istilah ‘to compute atau menghitung’.

Jika dijabarkan menurut pendapat ahli, komputer bisa diartikan sebagai alat yang dapat melakukan tugas untuk menerima input, memproses input, menyimpan, dan membuat output. Pendapat dari Robert H. Blissmer (1985) ini juga bisa menjadi memuat pengertian dari suatu sistem komputer yang saat ini memang sudah banyak dipergunakan untuk berbagai macam alat elektronik. Menurut Elias M. Awad, komputer merupakan alat penghitung yang dapat memproses data yang kemudian disajikan dalam bentuk data. Baik itu data digital maupun data analog. Sedangkan menurut William M. Fuori, komputer merupakan suatu alat untuk memproses data dan bisa juga untuk melakukan perhitungan secara cepat.

Apakah Fungsi Dari Komputer?


JIka suatu saat Anda diberi pertanyaan mengenai apa itu fungsi dari komputer, tentu sebagian dari Anda pastinya akan menjawab dengan berbagai jawaban yang berbeda-beda nan itu tidaklah salah akan tetapi kurang tepat seperti halnya ada yang menjawab untuk bekerja, bermain game, menonton film, dan lain-lain. Sebenarnya, komputer mempunyai 4 fungsi utama yang sudah ada pada poin pengertian di atas, yaitu menerima suatu input, memproses suatu input, menyimpan suatu input, serta menyajikan suatu output. Input merupakan salah satu fungsi komputer yang berguna untuk menerima data maupun informasi dari luar. Processing merupakan fungsi yang berguna untuk memproses data-data yang masuk dan akan tersimpan ke memori internal. Sedangkan fungsi output adalah menampilkan data yang sudah dimasukkan dan bisa Anda lihat hasilnya.

Penemu Komputer Pertama Kali


Yang menemukan komputer pertama kali adalah Charles Babbage. Ia dikenal dunia sebagai salah satu penemu sejarah komputer pertama kali. Dengan karyanya tersebut ia sudah banyak memberkan karya pada kehidupan manusia sampai sekarang ini, dari penemuannya tersebut. Mesin penghitungan atau dalam bahasa inggrisnya biasa di kenal dengan sebutan Difference Engine no.1 yang ditemukan oleh penemu yang bernama Chareles Babbage. Merupakan salah satu icon, yang sangatlah paling populer dan terkenal dalam sejarah perkembangan komputer. Seorang Babbage juga dikenal dengan julukan sebagai ‘bapak komputer’, The Charles Babbage Foundation, dia memakai nama tersebut untuk menghargai jasa atas penemuanya tersebut terhadap dunia komputer.

Sejarah Perkembangan Komputer


Sejarah Perkembangan Komputer selalu mengalami perkembangan dari generasi ke generasi berikutnnya dan pastinya akan selalu mengalami perubahan. Lalu bagaimanamakah sejarah komputer tersebut bisa terjadi? Tentu saja dibalik proses sejarah komputer yang panjang, dari jaman dahulu hingga zaman sekarang ini, ada yang mengawali. Kita sering menyebutnya sebagai penemu komputer, karena komputer itu sudah ada sejak zaman dahulu sampai zaman sekarang ini. Sejarah awal mulanya untuk perkembangan komputer dari generasi ke generasi yaitu dimulai dari komputer generasi pertama, berkembang lagi menjadi komputer generasi ke kedua, berkembang lagi menjadi komputer generasi ke ketiga, berkembang lagi menjadi komputer generasi ke keempat dan sampai sekarang saat ini menjadi komputer generasi ke lima.

Sejarah Komputer Generasi Pertama (1946-1959)


teknologi komputer generasi pertama
img: flickr

Sejarah komputer generasi pertama yaitu digital elektronik atau bisa di sebut dengan ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator). Merupakan salah satu yang digunakan sebagai kebutuhan umum. Program pada ENIAC, sudah di rancang sejak lama sekali yaitu pada tahun 1942, dan baru bisa dimulai untuk dikerjakan pada tahun 1943 oleh seseorang yang bermana John Presper Eckert dan Dr. John W. Mauchly di Moore School of Electrical Engineering (University of Pennsylvania) dan selesai ENIAC itu selesai pada tahun 1946. Bentuk dari program ENIAC itu mempunyai ukuran yang sangatlah besar, dalam penempatan program tersebut bisa membutuhkan ruang sebesar 500m2. ENIAC menggunakan 18.000 tabung hampa udara, dan juga 75.000 relay dan mempunyai saklar, memiliki 10.000 kapasitor dan memakai 70.000 resistor.

Ketika mulai dioperasikan, program ENIAC mempergunakan daya listrik yang sangatlah cukup besar yaitu 140 kilowatt. Dengan berat mesin lebih dari 31 ton, dan ENIAC sangatlah memakan banyak ruangan yaitu 167 m2. Pertama kali dikembangkan dari perangkat lunak komputer yaitu, komputer merupakan sebagai desain pesawat dan peluru kendali. Salah satu ilmuwan yang mengerjakan konsep pengembangan komputer tersebut ialah Konrad Zuse, ia adalah seorang Insinyur berasal dari Jerman. Pada pertengahan tahun 1940-an seorang yang bernama John Von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim dari University Of Pennysylvania dia bergabung disana dalam proses untuk membangun konsep desain dari komputer untuk 40 tahun yang akan datang. Von Neumann seseorang yang mendesain EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Comnputer) pada sekitar tahun 1945.

Ada sebuah memori untuk menampung baik program atau pun data. Teknik semacam ini merupakan pembuatan komputer supaya komputer berhenti pada suatu saat dan nantinya akan melanjutkan pekerjaannya kembali. Peran utama dari arsitektur Von Neumann ialah suatu unit pemrosesan sentral CPU (Central processor unit), yang mana mampu untuk memfungsikan komputer yang dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Ciri-ciri dari komputer generasi pertama umumnya adalah CPU. Sejarah komputer untuk generasi pertama mempunyai ciri khusus, yaitu komputer generasi pertama mempunyai instruksi dalam mengoperasikannya dibuat secara spesifik untuk satu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki suatu program seperti kode-biner.

Sejarah Komputer Generasi Kedua sekitar tahun 1959 – 1964


teknologi komputer generasi kedua
img: flickr

Perubahan dalam Penemuan penting yang telah terjadi di komputer generasi kedua, yaitu transistor, alat canggih yang berfungsi untuk maksimalkan kinerja komputer, transistor itu memiliki bentu yang sangat kecil. Penemuan transistor ini, mampu mempengaruhi perubahan perkembangan komputer pada generasi kedua dengan cepat. Pada tahun sekitar 1959 sampai 1960an, para ilmuwan memulai mengerjakan proyek komputer generasi kedua. Beberapa diantara intansi, perusahaan, universitas, dan pemerintah telah memanfaatkan kecanggihan dari komputer generasi kedua. Maksud tujuan dari pengerjaan komputer generasi ke dua ini adalah transistornya, yang mana transistor ini mampu membuat sejarah komputer generasi kedua memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan ukuran komputer generasi pertama.

Komputer generasi kedua sudah menggantikan posisi bahasa mesin menjadi bahasa assembly. Dan Bahasa assembly merupakan bahasa yang mempergunakan singakatan sebagai pengganti dari kode biner. Pada awal 1960an, mulailah saat itu bermunculan sejarah komputer generasi yang kedua yang sudah sukses meluncur utamanya di bidang bisnis, pada suatu universitas dan di pemerintahan. Pada komputer generasi kedua ini sepenuhnya menggunakan teknologi Transistor. Mereka juga mempunyai komponen yang dapat digabungkan dengan komputer pada saat ini seperti printer, penyimpanan dalam disket, memory, system operasi, dan program. Salah satu contoh yang paling penting komputer pada generasi kedua ini ialah jenis dari IBM 1401 yang sudah diterima secara luas di kalangan perindustrian. Pada tahun 1965, hampir semua seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk dapat memproses informasi keuangan bisnis mereka. Program yang sudah untuk dijalankan yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang sudah ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer yang lainnya.

Teknologi komputer digital yang pertama kalinya mempunyai ukuran bentuk yang sangat besar, serta biaya yang sangat tinggi untuk membuatnya tersebut. fungsi dari komputer generasi ke dua tersebut kebanyakan hanya untuk digunakan umumnya sebagai perhitungan ilmiah. Pada sejarah Komputer generasi kedua inilah juga sudah mempunyai tempat untuk sistem penyimpanan itu sendiri, yaitu kapasitas memori utama yang di dapat dari Magnetic Core Storage dan menggunakan bentuk dari simpanan luarnya yangmana berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk.

Teknologi transistor dibanding dengan teknologi tabung, teknologi transistor jauh lebih mudah dan sangat efisien sebagai switch dan bisa juga untuk lebih diperkecil ke skala mikroskopik. Pada era zaman komputer generasi kedua, juga memberikan tanda permulaan munculnya penemuan minikomputer yang merupakan komponen terbesar kedua dalam keluarga komputer. Kelebihan dari komputer generasi kedua ini yaitu bentuknya yang efisien yang tidak sebesar komputer generasi pertama, komputer dalam generasi kedua ini juga lebih luas untuk dalam penerapannya pada kehidupan sehari-hari semisal seperti untuk aspek kesehatan, pendidikan, industri dan lain sebagainya. Sedangkan kelemahan komputer pada generasi kedua ini yaitu dalam segi transistor yang memerlukan banyak, sehingga menghasilkan panas yang cukup besar, yangmana nantinya akan berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer yaitu quartz rock (batu kuarsa).

Dalam penggunaan bahasa assembly digunakan kode-kode semacam singkatan yang bertujuan untuk menggantikan kode biner. Komputer ini juga bisa mampu menghitung daftar gaji, mendesain produk, mencetak data sehingga komputer generasi kedua ini sukses di pasaran industri.

Sejarah Komputer Generasi Ketiga pada tahun 1964 sampai 1970


teknologi komputer generasi ketiga
img: flickr

Komputer generasi ketiga merupakan perkembangan yang melalui tahap yang sangat pesat dari perkembangan komputer generasi kedua. Untuk Komputer generasi ketiga ini muncul sejak tahun 1964 sampai 1970. Dalam penggunaan komputer generasi kedua terlalu banyak menggunakan transistor maka menjadikan kinerja komputer akan lebih cepat panas. Ahirnya itu semua membuat komputer generasi kedua mulai ditinggalkan di kalangan perindustrian. Kemudian, salah satu seorang ilmuwan dan pengembang teknologi yang bernama Jack Billy, mencoba kembali melakukan riset penelitian. Kemudian pada tahun 1958, dia sudah bisa menciptakan komponen yang sangat lebih canggih dibandingkan dengan transistor yang membuat komputer cepat panas. Penemuannya tersebut yaitu bernama IC atau Integrated Circuit, meruoajab chip kecil yang dapat mampu mengumpulkan dan menampung banyak sekali komponen untuk menjadi satu.

Pada komputer generasi ketiga inilah yang menjadi sejarah komputer teknologi Integrated Circuit atau sering disebut dengan IC merupakan salah satu ciri utamanya, Sebab sudah mulai familiar dan banyak digunakan pada sebuah perangkat komputer hingga generasi sekarang ini. IC dibuat pertama kali oleh seorang bernama, Texas Istruments dan Fairchild Semiconductor pada tahun 1959 yang berisi hanya enam transistor saja. Bisa kita coba bandingkan dengan prosesor saat ini yang kita gunakan telah memiliki jutaan, puluhan, ratusan juta transistor.

Contoh Komputer Generasi Ke tiga Burroughts 5700, UNIVAC 1108, GE 600, IBM S/360, UNIVAC 9000, 6000, NCR, 7700, Century, 6700 , CDC 3000dan 7000, PDP-8, dan PDP-11 (pabrik pembuat yaitu dari Digital Equipment Corporation) Sejarah komputer, diatas merupakan contoh komputer generasi ketiga. Pada komputer generasi ketiga inilah juga lebih cepat dalam sektor sistem operasinya dan mampu menjalankan beberapa program secara bersamaan jika dibanding dengan Komputer generasi yang kedua.

Sejarah Komputer Generasi Keempat (1979 – 2000an)


teknologi komputer generasi keempat
img:flciker

Komputer generasi keempat merupakan pengembangan dari generasi ke 3, perdaanya adalah bahwa IC pada komputer generasi keempat lebih kompleks dan terintegrasi dibandingkan dengan komputer generasi ketiga.

Pada generasi keempat inilah komputer sudah bisa mulai menggunakan suatu chip IC dan kemudian baru mulai dikembangkan lagi, yang mengembangkannya adalah perusahaan Very Large Scale Integration. Dalam masa untuk mencobanya yaitu mengerjakan pengembangan tersebut sejak tahun 1980 dan ternyata pengembangan itu berhasil karena satu chip tunggal mampu menampung ribuan komponen di dalamnya. Sejak pada tahun 1970 muncullah dua perkembangan yang sudah dianggap sebagai komputer generasi keempat. Alasannya adalah; Pertama, penggunaan untuk Large Scale Integration (LSI) yang bisa juga disebut dengan nama Bipolar Large Large Scale Integration.

Apakah itu LSI? LSI merupakan sekumpulan dari pemadatan beribu-ribu IC yang sudah dijadikan satu pada sebuah kepingan IC yang biasa kita sebut dengan sebutan nama ‘chip’. Istilah penyebutan chip ini digunakan dalam menunjukkan suatu lempengan yang sudah berbentuk, berbentuk persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC. LSI selanjutnya bisa dikembangkan lagi menjadi komponen VLSI (Very Large Scale Integration) yang bisa menampung banyak puluhan ribu bahkan hingga ratusan ribu IC.

LSI selanjutnya juga dikembangkan lagi menjadi komputer mikro, yang memakai semikonduktor dan mikroprosesor yang berbentuk ‘chip’. Berfungsi sebagai memori komputer internal sementara, sedangkan untuk generasi komputer ketiga hanya menggunakan magnetic core storage. Perusahaan Intel dari mulai tahun 1971 telah memperkenalkan mikrokomputer 4 bit yang sudah menggunakan chip prosesor dengan sebutan 4004 yang berisi 230 transistor dan berjalan pada 108 KHz (Kilo-Hertz) dan dapat mengeksekusi hingga 60.000 operasi per detik.

Dilanjutkan lagi pada tahun 1972, Intel memperkenalkan mikrokomputer dengan nama 8008 yang mampu memproses 8 bit informasi hanya pada satu waktu. Selanjutnya dilanjut dengan mikroprosesor 8080 dibuat pada tahun 1974, dan yang merupakan prosesor sebagai tujuan umum pertama yang berhasil dikembangkan. Jika sebelumnya itu prosesor 4004 dan 8008 didesain dan dirancang hanya untuk sebagai kebutuhan aplikasi tertentu dan untuk prosesor 8080 memiliki kinerja yang mempunyai kemampuan lebih cepat dan memilki set instruksi yang lebih banyak dan juga mempunyai kemampuan lebih dalam pengalamatan yang lebih besar. Untuk komputer pada generasi keempat ini mempunyai tampilan monitor yang masih menggunakan satu warna yaitu green color. Pada komputer- komputer generasi keempat diantaranya merupakan PDP-11, Apple II, VisiCalc, dan Apple I, IBM 370 dan Altair yang sudah memakai prosesor Intel 8080 dengan memiliki sistem operasi CP/M (Control Program for Microprocessor) dan juga menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Basic (Beginners Allpurpose Symbolic Instruction Code).

Sejarah Komputer Generasi Kelima pada tahun 2000 sampai sekarang


teknologi komputer generasi kelima

Komputer generasi kelima merupakan komputer generasi sekarang ini pada saat sekarang ini, pada saat ini sudah banyak sekali dilakukan pengembangan perangkat komputer oleh berbagai vendor elektronik. Untuk Komputer generasi kelima ini juga sering disebut sebagai komputer generasi masa depan.

Pada perkembangan selanjutnya akan ada bayak perubahan besar terjadi, bahwa sejak IBM-PC diperkenalkan dan bukan satu-satunya manufaktur PC-compatible. Maka dari itu untuk standar baru dalam dunia industri PC, akan lebih banyak di terapkan dan lebih dikembangkan oleh perusahaan pengembang yang lain, contohnyas seperti Microsoft dan Intel yang dipelopori oleh seseorang yang bernama W.Bill Gates yang saat ini sudah menjadi pionir standar hardware dan software di tingkat internasional.

Beberapa bukti perkembangannya diantaranya adalah munculnya berbagai smartphone, phablet, tablet, ultrabook, netbook dan masih banyak lagi penemuan-penemuan dari berbagai pengembang hardware pada saat ini yang bisa kita temui. Pada Generasi kelima inilah ditandai munculnya LSI (Large Scale Integration) yang merupakan bentuk pemadatan dari ribuan microprocessor di dalam sebuah microprocesor.

Selain itu, juga ditandai dengan munculnya semi conductor dan microprocessor. Perusahaan yang telah membuat micro-processor di antaranya merupakan perusahaan milik , Zilog, Motorola, Intel Corporation dan lain sebagainya yang masih banyak lagi. Di pasaran kita dapat menemui dengan mudah karena dengan adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80386, 80486, 80286 dan Pentium. Pentium empat merupakan keluaran produksi terbaru dari perusahaan Intel Corporation yang diharapkan kedepanya dapat menutupi kekurangan dan segala kelemahan yang ada. Pada produk sebelumnya. selain itu, kemampuan serta kecepatan yang telah dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Pada tahun sekitar 2001 Intel sudah berhasil merilis meluncurkan prosesor yang bernama Itanium, merupakan prosesor dengan basis arsitektur 64 bit (IA-64) pertamakali di terbitkan dari produk intel.

Itanium merupakan prosesor pertama yang dipunyai oleh Intel dengan instruksi 64 bit dan akan mengelurkan satu generasi terbaru lagi mulai dari sistem operasinya dan aplikasinya, sementara itu produk intel juga masih mempertahankan produk backward compatibility dengan menggunakan software 32 bit. Perlu kita fahami terlebih dahulu bahwa sejak diterbitkannya prosesor 386, komputer mampu beroperasi pada 32 bit per satuan waktunya dalam jangka mengeksekusi informasi hingga pentium 4. Pada saat sekarang ini komputer yang sudah banyak digunakan kebanyakan masih sering menggunakan yang berbasis 32 bit.

Pada generasi pentium, selain ciri khusus yang dimilki dari peningkatan kinerja kecepatan dalam akses datanya dan juga untuk tampilan gambarnyapun sudah mempunyai resolusi/ kualitas gambar yang sudah bagus dan berwarna, serta multimedia juga sangat sudah mendukung dan yang lebih penting lagi ialah fungsi dari komponen komputer menjadi lebih cerdas dari pada sebelumnya.

Pada komputer generasi kelima saat ini mempunyai ukuran fisik menjadi lebih kecil dan sederhana dan juga memiliki kemampuan yang semakin pintar dan canggih dalam pengoprasiaya. Pada generasi kelima saat ini, sudah banyak sekali dilakukannya upaya untuk pengembangan yang dinamakan Josephson Junction yaitu merupakan teknologi yang dapat menggantikan ‘chip’.

Yang mempunyai fungsi dapat mempunyai kinerja kemampuan memproses trilyunan pengoperasi perdetik, sementara untuk teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi dalam perdetiknya saja. Untuk komputer pada generasi kelima ini akan bisa menerjemahkan bahasa manusia dengan mudah, manusia bisa berbicara secara langsung dengan komputer dan juga adanya kemampuan untuk penghematan energi komputer. Sifat dari komputer ini merupakan sifat yang luar biasa yang dapat disebut dengan “Artificial Intelligence”, selain itu juga berbasis GUI (Graphic User Interface), multikomunikasi dan multimedia. Rangkuman Sejarah Lengkap Komputer berdasarkan perkembangannya Setelah Anda sudah mengetahui definisi komputer dan fungsi, tentunya Anda haruslah mengetahui tentang sejarah komputer berdasarkan perkembangannya. Sehingga nantinya ketika Anda diberi pertanyaan mengenai sejarah lengkap tentang komputer dan perkembangannya, Andapun bisa menjelaskan dan menjawab dengan tepat. Untuk itu salanjutnya kita akan membahas tentang Sejarah lengkap komputer berdasarkan perkembangannya, perhatikan sebagai berikut ini.

Rangkuman Sejarah komputer berdasarkan komponen perkembangannya


1. Generasi komputer pertama menggunakan Tabung Vakum


Penciptaan komputer untuk yang pertama kalinya diciptakan pada tahun 1946 dan juga menggunakan tabung vakum untuk komponen baku pada komputer pada generasi pertama ini. Dalam penggunaan tabung vakum sangatlah tidak efisien karena bisa menghasilkan panas berlebih serta membutuhkan daya listrik yang sangatlah besar. Komputer ini dibuat dan di rancang oleh Mauchly dengan mempergunakan 18.000 tabung vakum berukuran 1800 ft2 dan berat 30 ton. Dalam penggunaan bahasa untuk Komputer generasi pertama ini masih menggunakan bahasa mesin sebagai bahasa pemrogramannya.

Bahasa mesin sendiri juga termasuk menjadi bahasa pemrograman yang paling dasar dan hanya bisa dipahami dan dimengerti oleh komputer itu sendiri. Dalam satu waktu tertentu, komputer generasi pertama bisa dapat memecahkan masalah dengan kemampuan yang sangatlah terbatas. Inputan yang digunakan pada komputer generasi pertama ini ialah menggunakan sebuah kartu berlubang atau sering disebut punched card serta pita kertas. Sedangkan untuk output yang digunakan dalam komputer generasi pertama ini ialah menggunakan output berupa print-out. Hampir sekitar 1 juta dollar dihabiskan untuk pembuatan komputer yang sangat menakjubkan pada masa waktu itu.

2. Generasi komputer kedua menggunakan Transistor


Sejarah komputer generasi pertama berlanjut pada penggunaan generasi komputer kedua dengan menggunakan transistor. Adanya komputer generasi kedua ini menggunakan transistor bisa juga dapat menjadi tanda bahwa akan munculnya generasi kedua dari komputer. Sehingga tabung vakum tergantikan dengan komponen transistor ini yang mana dapat meningkatkan teknologi pada masa komputer generasi kedua tersebut. Teknologi komputer generasi kedua menggunakan transistor ini dipakai sekitar tahun 1959 sampai 1965. Jika dilihat lagi dalam hal ukuran, ukuran transistor jauh lebih kecil dibandingkan dengan tabung vakum.

Selain dari segi ukuran, panas yang dikeluarkan akibat kinerja komputer terseubt juga lebih sedikit. Tidak hanya itu saja, tingkat kegagalan cenderung lebih kecil. Sehingga, transistor dapat menjadi komponen yang lebih baik dari komponen tabung vakum. Untuk bahasa pemrograman yang digunakan pada komputer generasi kedua ini, tentunya menggunakan bahasa pemrograman yang jauh berbeda. Jika sebelumnya dalam komputer generasi pertama menggunakan bahasa mesin, maka pada komputer generasi kedua ini sudah menggunakan bahasa assembly. Pada masa saat ini juga untuk bahasa pemrograman CBOL dan FORTRAN juga sedang dalam tahap perkembangan.


3. Generasi Komputer ketiga menggunakan komponen IC


Dalam komputer generasi ketiga ini, komputer pada masa tersebut menggunakan sirkuit terintegrasi atau IC dan itu sebagai pengganti transistor. Prakteknya adalah transistor pada generasi sebelumnya diperkecil kemudian diletakkan pada komponen IC yang mana pada IC terdiri dari berbagai resistor, transistor serta kapasitor. Teknologi IC ini pertama kali dikembangkan oleh eorang insinyur listrik yang mempunyai nama Jack Kilby. Ahirnya, Jack Kilby kemudian diberi penghargaan nobel atas penemuan IC untuk pengembangan komputer generasi ketiga terseut. Hal ini dikarenakan bahwa penemuannya tersebut dapat membuat komputer menjadi lebih cepat kinerjanya dan efisien serta membuat komputer dengan IC lebih cepat dari generasi komputer kedua.

Selain itu, komputer dengan menggunakan IC merupakan komputer pertama yang menggunakan keyboard dan monitor yang mana sebelumnya hanya masih menggunakan kertas. Karena komputer generasi ketiga tersebut ukurannya lebih kecil, kinerjanya lebih cepat dan harganya juga murah, orang-orang pada masa tersebut bisa dengan mudah membeli komputer ini.


4. Generasi komputer keempat menggunakan komponen Microprosessor


Sejarah komputer dan perkembangannya terus berlanjut hingga pada komponen microprocessor yang sampai saat ini masih sering digunakan oleh masyarakat, termasuk masyarakat Indonesia. Awal dari komputer dengan menggunakan microprocessor ini dibuat oleh IBM pada tahun 1971 yang kemudian pada 1984 Apple merilis Macintosh. Penemu dan pengembang dari Microprosessor ialah Marcian Hoff, stanley mazor, federico faggin, masatoshi shima pada tahun 1971 Lahirnya generasi komputer keempat dengan komponen microprocessor ini juga menjadi penanda kelahiran internet.

Perkembangan dari komputer ini bisa dilihat dengan adanya teknologi GUI sebagai tampilan, mouse, serta komputer jinjing ataupun laptop.

5. Generasi komputer kelima menggunakan teknologi AI


Sejarah komputer dan perkembangannya terus berlanjut sampai hingga saat ini bahkan tercipta juga sebuah teknologi bernama AI. Generasi komputer dengan teknologi AI yang berarti kecerdasan buatan ini bisa melakukan inputan yang jauh lebih baik.

Bahkan dengan teknologi AI ini, kita bisa menginput bahasa yang kita ucapkan sehari-hari serta dapat mempelajari lingkungan dan juga bisa menyesuaikan keadaan. Sehingga teknologi AI ini dinilai menjadi terobosan terbaru dari suatu pengembangan komputer, tidak jarang juga banyak developer yang mengembangkan suatu sistem dengan menggunakan sistem AI.

Ciri-Ciri Perkembangan Komputer


Ciri-ciri Komputer Generasi Pertama Adalah:


1. Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu.
2. Ukuran fisik hardware komputer lebih besar, memerlukan ruang yang luas.
3. Programnya hanya bisa dibuat menggunakan bahasa mesin.
4. Menggunakan Simpanan Luar yang bernama Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
5. Komputer mempunyai silinder magnetik untuk menyimpan data.
6. Suhunya cepat panas, sehingga diperlukan pendingin.
7. Membutuhkan daya listrik yang besar.
8. Prosesnya kurang cepat.
9. Daya simpannya kecil.
10. Dalam penggunaan sirkuitnya menggunakan tabung hampa, sehingga ukuran dari perangkat tersebut menjadi besar.
11. Menggunakan suatu konsep yang dinamakan stored program dengan memori utamanya merupakan magnetic core storage

Ciri-ciri Komputer Generasi Kedua Adalah:


1. Kapasitas memori utama telah dikembangkan dari Magnetic Core Storage.
2. Memakai simpanan dari luar yang berupa magnetic tape dan magnetic disk.
3. Sudah menggunakan operasi dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi COBOL dan FORTRAN.
4. Ukuran fisiknya sudah lebih kecil jika dibandingkan dengan komputer generasi pertama.
5. Kemapuan dalam melakukan proses real-time dan real-sharing.
6. Proses operasi sudah lebih cepat, yaitu bisa melakukan jutaan operasi per detik.
7. Orientasinya penggunaan program tidak lagi tertuju pada aplikasi bisnis, tapi juga sudah pada aplikasi teknik.
8. Kebutuhan terhadap daya listrik lebih kecil.

Ciri-ciri Komputer Generasi Ketiga Adalah:


1. Peningkatan dari sisi software.
2. Harganya semakin murah.
3. Penggunaan listrik lebih hemat.
4. Karena telah menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih tepat dan cepat.
5. Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu).
6. Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
7. Sudah menggunakan terminal visual display dan juga bisa mengeluarkan suara.
8. Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.
9. Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer lain.
10. Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).

Ciri-ciri Komputer Generasi Keempat Adalah:


1. Menggunakan LSI (Large Scale Integration).
2. Komputer generasi keempat diantaranya adalah : AT, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM 370, Apple II, IBM PC/XT, IBM PC/IBM PC/486.) IBM Pentium II.
3. Dikembangkan komputer mikro yang sudah menggunakan semiconductor dan micro processor yang berbentuk chip untuk memori komputer.

Ciri-ciri Komputer Generasi Kelima Adalah:


1. Fitur-fitur yang semakin banyak.
2. Masih menggunakan teknologi LSI, yang tentu saja memiliki banyak pengembangan.
3. Pemrosesan informasi yang jauh lebih cepat.





Share with your friends

3 komentar

  1. bagus gan pembahasannya mengenai komputer. lumayan untuk menambah referensi tugas kuliah.

    BalasHapus
  2. Wah akhirnya nemu juga referensi tentang sejarah komputer yang lebih lengkap dan banyak tulisan. Mantap nih buat referensi bagi saya.

    BalasHapus
  3. pengertian komputer fungsi dari komputer dan sejarah perkembangan komputer ini merupakan artikel yang sangat cocok sekali untuk di jadikan makalah tentang sejarah dan perkembangan komputer, mungkin bisa sekalian di share PPT tentang sejarah perkambangan komputer min, terimakasih

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus

Notification
Selamat menikmati postingan artikel di Webillian.Com semoga bermanfaat.
Done