Sejarah dan Pengertian Algoritma Pemrograman - webillian.com >
News Update
Loading...

Sejarah dan Pengertian Algoritma Pemrograman

Sejarah dan Pengertian Algoritma Pemrograman - Pengertian algoritma merupakan suatu langkah-langkah yang logis untuk suatu penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis yang bertujuan menghasilkan solusi yang tepat. Awalnya suatu algoritma dipergunakan hanya untuk penghitungan dalam ilmu matematika saja, akan tetapi dalam perkembangannya, kata algoritma justru semakin banyak dipakai pada bidang pemrograman komputer.

Sejarah dan Pengertian Algoritma Pemrograman



Sejarah Algoritma


Istilah algoritma dalam bahasa Indonesia diambil dari Bahasa lnggris yaitu “algorithm” yang secara etimologi berasal dari bahasa Arab “algorism” yang mempunyai arti proses menghitung dengan angka Arab. Seorang yang disebut algorist merupakan seorang yang menghitung menggunakan angka-angka Arab.

Dalam hal bidang pemrograman, algoritma bisa didefinisikan sebagai suatu urutan langkah-langkah penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis dan mempunyai tujuan untuk menghasilkan solusi yang tepat.

Sejarah awal Algoritma yaitu para ahli sejarah matematika mempunyai keyakinan bahwa kata algorism itu berasal dari seorang nama penulis buku dan dia juga ahli dalam bidang matematika dan dia berkebangsaan Arab yang terkenal yaitu Abu Ja’far Muhammad lbnu Musa Al-Khuwarizmi, dia lahir pada tahun 780 di Khwārizm dan wafat pada tahun 840 di Baghdad.

Orang barat melafalkan Al-Khuwarizmi dengan algorism. Mungkin karena Al-Khuwarizmi seorang algorist yang sangatlah pintar dan ahli dalam bidang matematika, kemudian untuk selanjutnya dikenal dengan sebutan algorism yaitu sebagai definisi untuk langkah penyelesaian suatu masalah yang menghasilkan solusi.

Profil Singkat Al-Khuwarizmi lahir di Khwarizm (kheva)


Al-Khuwarizmi lahir di Khwarizm (kheva), kota yang terletak di selatan Sungai Oxus (sekarang Uzbekistan). Ketika masih kecil, ia pindah bersama orangtuanya ke selatan kota Baghdad (Irak).
Salah satu buku Al-Khuwarizmi yang terkenal adalah Kitab Al Jabar Wal-Muqabala yang berarti “Buku pemugaran dan pengurangan” (The book of restoration and reduction).

Dari judul buku itu jugalah didapat kata “Aljabar” yang sekarang menjadi salah satu cabang ilmu matematika.
Sebuah sumber lain menuliskan algoritma adalah suatu metode khusus yang tepat dan terdiri dari serangkaian langkah yang terstruktur dan ditulis secara matematis, yang akan dikerjakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan bantuan komputer.

Seperti halnya sebuah bangunan yang kuat memiliki struktur rangka yang baik. Demikian juga pada program atau aplikasi yang baik juga harus disusun oleh struktur pemrograman yang baik. Teknik penyusunan struktur program disebut dengan algoritma.


Pengertian Algoritma



Menurut dari Rinaldi Munir pengertian algoritma merupakan suatu urutan langkah-langkah yang logis untuk menyelesaikan masalah yang disusun secara sistematis. Menurut KBBI Algoritma merupakan suatu urutan yang logis pengambilan keputusan untuk pemecahan suatu masalah yang terjadi. Jadi, Bisa Kita simpulkan bahwa berdasarkan pengertian - pengertian algoritma di atas, dapat disimpulkan bahwa algoritma merupakan suatu istilah yang sangat luas, dan masih banyak lagi pengertian – pengertian dari algoritma. Algoritma tidak hanya berkaitan dengan dunia komputer atau pemrograman, akan tetapi algoritma juga bisa berlaku dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh – contoh yang sederhana mengenai algoritma yang terdapat pada kehidupan sehari-hari, misalnya:


1. Membuat mie instant.


Prosesnya adalah sebagai berikut ini :
a. Memanaskan air, sampai air mendidih.
b. Membuka pembungkus mie instant.
c. Memasukkan mie ke dalam air mendidih.
d. Taruh bumbu di piring.
e. Angkat mie jika sudah masak.
f. Campurkan mie dengan bumbu yang sudah ada di piring.
g. Mie siap disajikan.

2. Cara Menelepon dengan Ponsel.


Prosesnya adalah sebagai berikut ini:
a. Angkat telepon.
b. Tekan nomor teleponnya yang dituju.
• Jika diangkat maka segeralah mulai berbicara, jika sudah selesai tutup teleponnya.
• Jika tidak dijawab, maka tutup teleponnya.

Selain dari kedua contoh diatas tadi tentang algoritma dalam kehidupan sehari – hari, yang masih banyak lagi contoh – contoh sederhana mengenai algoritma yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari – hari. Setiap diri dari manusia selalu mempunyai pola pikir yang berbeda antara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya, oleh sebab itu dalam memecahkan suatu masalah ataupun juga algoritma dengan hasil yang berbeda. Algortma itu dapat dikatakan benar atau baik apabila dapat menyelesaikan suatu masalah.


Algoritma Pemrograman


Kata pemograman merupakan kata yang berasal dari kata program yang memiliki arti suatu rangkaian instruksi yang ditulis yang bertujuan untuk melakukan suatu fungsi spesifik pada suatu komputer, sedangkan untuk pemograman merupakan segala suatu kegiatan untuk pembuatan program yang menggunakan komputer. Komputer sangatlah membutuhkan keberadaan program supaya bisa menjalankan fungsinya sebagai komputer. Selain itu terdapat istilah untuk bahasa Pemrograman, yang berarti bahasa yang dipergunakan dalam pembuatan suatu program komputer. Oleh karena itu berdasarkan pengertian algoritma dan pemograman, maka bisa disimpulkan bahwa program yaitu merupakan hasil dari penerapan-penerapan dari suatu algoritma.

Bahasa Pemrograman merupakan notasi yang dipergunakan dalam mendeskripsikan proses komputasi dalam format yang bisa dibaca oleh komputer dan juga manusia. Proses komputasi yang pada umumnya didefinisikan secara formal yaitu menggunakan konsep matematika dari Mesin Turing (suatu model komputasi teoritis yang sudah ditemukan oleh Alan Turing). Sebenarnya untuk bahasa pemrograman, dirancang sebagai media untuk memfasilitasi hubungan komunikasi antara manusia dengan komputer/ perangkat.

Suatu bahasa pemrograman dapat disebut sebagai Turing Complete, jika seandainya bisa dipergunakan untuk mendeskripsikan dari semua komputasi yang bisa dikerjakan oleh Mesin Turing, yaitu memiliki beberapa variable integer dan operator aritmatik, pernyataan sekuensial, pernyataan penugasan dan pernyataan iterasi pernyataan seleksi yang didefinisikan secara formal menggunakan konsep matematika dari Mesin Turing.

Ciri yang Harus dimiliki Algoritma:


Algoritma harus mempunyai lima ciri penting, yaitu sebagai berikut:


A. Setiap langkah harus didefenisikan dengan tepat dan tidak berarti-dua (ambigu).

B. Algoritma haruslah dapat berhenti sesudah mengerjakan sejumlah langkah-langkah yang diprogramkan. Suatu program yang tidak pernah melakukan proses berhenti merupakan program yang berisi algoritma yang salah.

C. Algoritma memiliki nol atau lebih masukan (input). inputan merupakan besaran yang diberikan kepada algoritma, sebelum algoritma mulai dijalankan.

D. Algoritma haruslah efektif. Setiap langkah dalam program haruslah sederhana, sehingga bisa dikerjakan dalam sejumlah waktu yang tepat. Algoritma merupakan jantung dari ilmu komputer atau informatika. Banyak cabang dari ilmu komputer yang direferensikan dalam terminologi algoritma. Tetapi, jangan beranggapan bahwa algoritma selalu identik dengan ilmu komputer saja, dalam kegiatan kehidupan sehari-haripun sudah banyak proses yang digambarkan dalam suatu algoritma.

E. Algoritma mempunyai nol atau lebih keluaran (output). Keluaran ialah besaran yang memiliki hubungan dengan masukan.


Syarat-Syarat Algoritma yang Baik


Menurut Donald E. Kruth syarat algoritma yang baik ada 5 yaitu, sebagai berikut :


1. Defineteness (Pasti , Jelas)


Setiap langkah algoritma harus didefinisikan dengan tepat dan jelas, Sehingga tidak menimbulkan makna ganda (ambiguos).

Contoh pernyataan tidak tepat : Lakukan langkah di bawah ini beberapa kali.

Pernyataan tersebut membingungkan karena tidak ada yang membatasi berapa banyak perintah itu harus dilakukan.

Contoh pernyataan yang Lebih tepat : Lakukan langkah di bawah ini sebanyak 10 kali.

2. Finiteness (terbatas)


Algoritma yang baik itu harus ada akhir atau berhenti setelah selesai menjalankan instruksi.
Misalnya saat kita sedang berkendara motor dan telah sampai tujuan maka kita harus berhenti jangan jalan terus.

3. Output (keluaran)


Algoritma yang baik adalah algoritma yang menghasilkan keluaran yang merupakan hasil dari pengolahan data masukan. Misalnya setelah kita memasukan nilai alas dan tinggi maka kita bisa mendapat output berupa luas segitiga.

4. Effectiveness (Efektif, efisien, hemat waktu)


Algoritma yang baik adalah algoritma yang mempunyai langkah - langkah yang efektif yaitu algoritma yang paling sederhana , sehingga dapat di kerjakan dalam waktu yang cukup wajar.
Misalkan kita ingin pergi mengantar anak ke sekolah dan ingin pergi ke pasar. Maka kita bisa mengantar anak dulu lalu langsung pergi ke pasar.

5. Input (Masukan)


Algoritma yang baik harus memiliki masukan data untuk diolah/diproses.
Masukan data adalah besaran atau nilai yang diberikan kepada algoritma. Masukan biasanya di awal penulisan.
Sebagai contoh Untuk menghitung luas segitiga kita membutuhkan masukan berupa nilai alas, nilai tinggi, sehingga luas dapat dihitung.

Pentingnya Algoritma Dalam Pemrograman


Dalam pembuatan sebuah program ada beberapa factor yang harus di pertimbangkan dan kebenaran logika. Sintaksis dapat di artikan sebagai tata bahasa yang di pergunakan dalam program. Semantic merupakan maksud yang terkandung pada setiap pernyataan di dalam sebuah program. Sementara kebenaran logika berhubungan dengan benar tidaknya urutan pernyataan serta prosedur yang ada di dalam program, atau yang biasa di sebut dengan algoritma.

Dalam matematika dan komputasi, algoritma merupakan kumoulan perintah, yang saling berkaitan untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat di terjemahkan secara bertahap pada setiap tahap dari awal hingga akhir. Dalam penyusunannya d perlukan suatu logika agar algoritma yang di hasilkan sesuai dengan yang di harapkan. Algoritma yaitu merupakan bagian yang terpenting dan bagian yang tidak bisa di pisahkan dari sebuah pemrograman. Walaupun semantic dan sintaks yang sudah di buat itu sudah benar adanya, tetapi dengan terjadinya algoritma yang salah, permasalahan yang akan di pecahkan dengan teknik pemrograman tidak bisa behasil. Oleh karena itu untuk membuat program aplikasi hal pertama yang harus Anda pahami adalah algoritma atau pemecahannya. Hal ini bertujuan supaya program yang talah Anda buat dapat sesuai dengan yang di harapkan

Berarti, bisa disumpulkan bahwa dalam pembuatan sebuah program pentingnya untuk membuat Algoritma.

Tahapan Dalam Pembuatan Algoritma


1. Definisi masalah


a. Tentukan apa yang menjadi permasalahan
b. Tentukan data input yang dipergunakan dan diperlukan
c. Tentukan output yang akan diinginkan

2. Buatlah bagan dan struktur cara untuk penyelesaiannya


a. Buatlah bagan secara global
b. Deskripsikan tugas dari masing-masing subprogram

3. Pilih Metode Untuk Penyelesaian


a. Pilih struktur data dan Algoritma yang terbaik

4. Pengkodean


a. Pilih bahasa pemrograman yang sesuai untuk program
b. Menterjemahkan algoritma ke dalam bahasa pemrograman

5. Mencari Kesalahan Program


a. Kesalahan sintaks (Kesalahan penulisan dari program)
b. Kesalahan Pelaksaaan : Logika, Semantik dan Ketelitian

6. Uji dan Verifikasi Program tersebut

7. Dokumentasikan Program tersebut

8. Pemiliharaan Program


a. Memperbaiki kekurangan yang nantinya ditemukan (Bug)
b. Memodifikasi program, karena perubahan spesifikasi

5 kriteria penulisan algoritma


1. Tepat, benar, sederhana, standard an efektif
2. Logis, terstruktur dan sistematis
3. Semua operasi terdefinisi
4. Semua proses harus berakhir setelah sejumlah langkah di lakukan
5. Di tulis dengan bahasa yang standar dengan format peprograman agar mudah di implementasikan dan tidak menimbulkan arti ganda

3 Kriteria dalam Pembuatan Program yang Baik


Tujuan dari program tersebut
sasaran atau pasar dari program tersebut
apapun yang terlibat dalam proses penyelesaian dari program tersebut

Apakah Penulisan Algoritma Harus Urut?


Iya,karena kata logis merupakan kata kunci dalam algoritma,serta jika ada satu yang dilewat , maka proses tidak akan berjalan dengan baik

Share with your friends

7 komentar

  1. sangat bermanfaat hu pembahasannya mengenai algoritma dalam pemrograman buat saya sebagai pemula di dunia pemrograman

    BalasHapus
  2. Ini adalah penjelasan algoritma yang lengkap, baik secara pengertian maupun contoh penerapannya dalam kehidupan. Siapapun yang baca akan paham maksudnya. Namun, pertanyaan saya bagaimana memahami algoritma google yang saat ini masih menjadi misteri bagi para blogger di Indonesia?

    BalasHapus
  3. Ada satu pertanyaan nih hu, Tujuan google meng update algoritmanya terus itu berguna untuk apa?. Tolong penjelasanya hu yang detail

    BalasHapus
  4. Algoritma itu seperti script ya,, Cuma algorutma menggunakan hitungan matematika untuk mengambil dan menentukan sesuatu... Kalo Hitungan matematika yang ada hurufnya (3bx4c) aja susah, bagaiman dengan algorithm pemrogaraman ya. susah banget pasti..

    BalasHapus
  5. memanglah algoritma itu sangat diperlukan dalam pembuatan suatu program karena nantinya akan membuat program itu berjalan dengan baik atau tidak, untuk programmer cocok sekali webillian ini menjadi referensi untuk mengetahui pengertian algoritma dan sejarahnya, terimakasih min salam dari ekoae17

    BalasHapus
  6. dan sekarang Algortima telah berkembang jauh menjadi AI yah

    BalasHapus
  7. Ternyata bgni sejarahnya algoritma,, kapan2 bahas juga perkembangannya sampai ke AI min

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus

Notification
Selamat menikmati postingan artikel di Webillian.Com semoga bermanfaat.
Done