Algoritma : Pengertian, Sejarah, Contoh Dalam Kehidupan Sehari-hari, Algoritma Pemrograman

Daftar Isi Konten [Tampil]
Pengertian Algoirtma, Sejarah Algoritma, Contoh Algoritma dalam Kehidupan Sehari-Hari dan Algoritma Pemrograman - Pengertian algoritma adalah suatu langkah-langkah yang logis untuk suatu penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis yang bertujuan menghasilkan solusi yang tepat. Awalnya suatu algoritma dipergunakan hanya untuk penghitungan dalam ilmu matematika saja, akan tetapi dalam perkembangannya, kata algoritma justru semakin banyak dipakai pada bidang pemrograman komputer.

Sejarah dan Pengertian Algoritma Pemrograman



Sejarah Algoritma


Istilah algoritma dalam bahasa Indonesia diambil dari Bahasa lnggris yaitu “algorithm” yang secara etimologi berasal dari bahasa Arab “algorism” yang mempunyai arti proses menghitung dengan angka Arab. Seorang yang disebut algorist merupakan seorang yang menghitung menggunakan angka-angka Arab.

Dalam hal bidang pemrograman, algoritma bisa didefinisikan sebagai suatu urutan langkah-langkah penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis dan mempunyai tujuan untuk menghasilkan solusi yang tepat.

Sejarah awal Algoritma yaitu para ahli sejarah matematika mempunyai keyakinan bahwa kata algorism itu berasal dari seorang nama penulis buku dan dia juga ahli dalam bidang matematika dan dia berkebangsaan Arab yang terkenal yaitu Abu Ja’far Muhammad lbnu Musa Al-Khuwarizmi, dia lahir pada tahun 780 di Khwārizm dan wafat pada tahun 840 di Baghdad.

Orang barat melafalkan Al-Khuwarizmi dengan algorism. Mungkin karena Al-Khuwarizmi seorang algorist yang sangatlah pintar dan ahli dalam bidang matematika, kemudian untuk selanjutnya dikenal dengan sebutan algorism yaitu sebagai definisi untuk langkah penyelesaian suatu masalah yang menghasilkan solusi.

Profil Singkat Al-Khuwarizmi lahir di Khwarizm (kheva)


Al-Khuwarizmi lahir di Khwarizm (kheva), kota yang terletak di selatan Sungai Oxus (sekarang Uzbekistan). Ketika masih kecil, ia pindah bersama orangtuanya ke selatan kota Baghdad (Irak).
Salah satu buku Al-Khuwarizmi yang terkenal adalah Kitab Al Jabar Wal-Muqabala yang berarti “Buku pemugaran dan pengurangan” (The book of restoration and reduction).

Dari judul buku itu jugalah didapat kata “Aljabar” yang sekarang menjadi salah satu cabang ilmu matematika.
Sebuah sumber lain menuliskan algoritma adalah suatu metode khusus yang tepat dan terdiri dari serangkaian langkah yang terstruktur dan ditulis secara matematis, yang akan dikerjakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan bantuan komputer.

Seperti halnya sebuah bangunan yang kuat memiliki struktur rangka yang baik. Demikian juga pada program atau aplikasi yang baik juga harus disusun oleh struktur pemrograman yang baik. Teknik penyusunan struktur program disebut dengan algoritma.


Pengertian Algoritma



Menurut dari Rinaldi Munir pengertian algoritma merupakan suatu urutan langkah-langkah yang logis untuk menyelesaikan masalah yang disusun secara sistematis. Menurut KBBI Algoritma merupakan suatu urutan yang logis pengambilan keputusan untuk pemecahan suatu masalah yang terjadi. Jadi, Bisa Kita simpulkan bahwa berdasarkan pengertian - pengertian algoritma di atas, dapat disimpulkan bahwa algoritma merupakan suatu istilah yang sangat luas, dan masih banyak lagi pengertian – pengertian dari algoritma. Algoritma tidak hanya berkaitan dengan dunia komputer atau pemrograman, akan tetapi algoritma juga bisa berlaku dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Algoritma Dalam Kehidupan Sehari-Hari


Contoh – contoh yang sederhana mengenai algoritma yang terdapat pada kehidupan sehari-hari, misalnya:

1. Membuat mie instant

Prosesnya adalah sebagai berikut ini :

  • Memanaskan air, sampai air mendidih.
  • Membuka pembungkus mie instant.
  • Memasukkan mie ke dalam air mendidih.
  • Taruh bumbu di piring.
  • Angkat mie jika sudah masak.
  • Campurkan mie dengan bumbu yang sudah ada di piring.
  • Mie siap disajikan.


2. Cara Menelepon dengan Ponsel

Prosesnya adalah sebagai berikut ini:

  • Angkat telepon.
  • Tekan nomor teleponnya yang dituju.
  • Jika diangkat maka segeralah mulai berbicara, jika sudah selesai tutup teleponnya.
  • Jika tidak dijawab, maka tutup teleponnya.


Selain dari kedua contoh diatas tadi tentang algoritma dalam kehidupan sehari – hari, yang masih banyak lagi contoh – contoh sederhana mengenai algoritma yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari – hari. Setiap diri dari manusia selalu mempunyai pola pikir yang berbeda antara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya, oleh sebab itu dalam memecahkan suatu masalah ataupun juga algoritma dengan hasil yang berbeda. Algortma itu dapat dikatakan benar atau baik apabila dapat menyelesaikan suatu masalah.

Algoritma Pemrograman


Kata pemograman merupakan kata yang berasal dari kata program yang memiliki arti suatu rangkaian instruksi yang ditulis yang bertujuan untuk melakukan suatu fungsi spesifik pada suatu komputer, sedangkan untuk pemograman merupakan segala suatu kegiatan untuk pembuatan program yang menggunakan komputer. Komputer sangatlah membutuhkan keberadaan program supaya bisa menjalankan fungsinya sebagai komputer. Selain itu terdapat istilah untuk bahasa Pemrograman, yang berarti bahasa yang dipergunakan dalam pembuatan suatu program komputer. Oleh karena itu berdasarkan pengertian algoritma dan pemograman, maka bisa disimpulkan bahwa program yaitu merupakan hasil dari penerapan-penerapan dari suatu algoritma.

Bahasa Pemrograman merupakan notasi yang dipergunakan dalam mendeskripsikan proses komputasi dalam format yang bisa dibaca oleh komputer dan juga manusia. Proses komputasi yang pada umumnya didefinisikan secara formal yaitu menggunakan konsep matematika dari Mesin Turing (suatu model komputasi teoritis yang sudah ditemukan oleh Alan Turing). Sebenarnya untuk bahasa pemrograman, dirancang sebagai media untuk memfasilitasi hubungan komunikasi antara manusia dengan komputer/ perangkat.

Suatu bahasa pemrograman dapat disebut sebagai Turing Complete, jika seandainya bisa dipergunakan untuk mendeskripsikan dari semua komputasi yang bisa dikerjakan oleh Mesin Turing, yaitu memiliki beberapa variable integer dan operator aritmatik, pernyataan sekuensial, pernyataan penugasan dan pernyataan iterasi pernyataan seleksi yang didefinisikan secara formal menggunakan konsep matematika dari Mesin Turing.

14 komentar

  1. sangat bermanfaat hu pembahasannya mengenai algoritma dalam pemrograman buat saya sebagai pemula di dunia pemrograman

    BalasHapus
  2. Ini adalah penjelasan algoritma yang lengkap, baik secara pengertian maupun contoh penerapannya dalam kehidupan. Siapapun yang baca akan paham maksudnya. Namun, pertanyaan saya bagaimana memahami algoritma google yang saat ini masih menjadi misteri bagi para blogger di Indonesia?

    BalasHapus
  3. Ada satu pertanyaan nih hu, Tujuan google meng update algoritmanya terus itu berguna untuk apa?. Tolong penjelasanya hu yang detail

    BalasHapus
  4. Algoritma itu seperti script ya,, Cuma algorutma menggunakan hitungan matematika untuk mengambil dan menentukan sesuatu... Kalo Hitungan matematika yang ada hurufnya (3bx4c) aja susah, bagaiman dengan algorithm pemrogaraman ya. susah banget pasti..

    BalasHapus
  5. memanglah algoritma itu sangat diperlukan dalam pembuatan suatu program karena nantinya akan membuat program itu berjalan dengan baik atau tidak, untuk programmer cocok sekali webillian ini menjadi referensi untuk mengetahui pengertian algoritma dan sejarahnya, terimakasih min salam dari ekoae17

    BalasHapus
  6. dan sekarang Algortima telah berkembang jauh menjadi AI yah

    BalasHapus
  7. Ternyata bgni sejarahnya algoritma,, kapan2 bahas juga perkembangannya sampai ke AI min

    BalasHapus
  8. Oalah jadi seperti ini sejarah tentang alogirtma yang mana algoritma itu berasal dari bahasa Arab to ternyata jadi lebih tau tentang sejarahnya algoritma, terimakasih sudah memberikan jawavannya

    BalasHapus
  9. Akhirnya ketemu juga jawaban dari tugas kuliah saya, tentang Algoritma Pemrograman
    makasih banyak ya,seneng banget lah Kokon`e . sangat membantu

    BalasHapus
  10. Sangat membantu. Saya ada yang mau ditanyakan kak. Macam-macam Algoritma itu seperti apa ya? Tolong berikan penjelasan singkat dan mudah dipahami. Saya masih terlalu awal terkait pengkodean ini.

    BalasHapus
  11. Memanglah algoritma itu afalah suatu langkah yang harus urut dan juga logis

    BalasHapus
  12. waduh ternyata penjelasan disini lebih jelas tentang , Sejarah dan Pengertian Algoritma Pemrograman , mantap banget min , trus share artikel yg bermanfaat . saya menunggu

    BalasHapus
  13. Owh gitu toh, jadi Algoritma semacam Logika untuk memecahkan suatu permasalahan lalu dibuat struktur code pemrograman.niceeee.

    Tapi min, ane pernah baca di logaritma ada yang namanya diagram alir. Tuh kira kira cara penggunaan dan penerapannya seperti apa ya?

    BalasHapus
  14. Oalah baru tau aku kalo algoritma ada hubungannya dengan para cendikiawan nmusli

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus
EmoticonEmoticon