Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Menghapus dan Dampak Menghapus Cache - webillian.com
News Update
Loading...

Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Menghapus dan Dampak Menghapus Cache

Pembukaan

Pengertian Cache(Tembolok)

Apa itu cache atau sering juga disebul tembolok? Secara umum, arti cache adalah suatu mekanisme penyimpanan data berkecepatan tinggi yang digunakan untuk menyimpan data atau instruksi yang sering diakses oleh pengguna smartphone / komputer.



Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Menghapus, Cache, Dampak Menghapus Cache
Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Menghapus, Cache, Dampak Menghapus Cache


Pendapat lain mengatakan arti cache adalah suatu data yang sifatnya sementara (temporary) yang tersimpan pada sistem penyimpanan internal perangkat komputer atau smartphone. Cache menyimpan berbagai aktivitas pengguna perangkat smartphone / komputer dan ukurannya kecil sehingga membantu mempercepat proses kerja prosesor ketika pengguna membuka aplikasi atau melakukan perintah pada smartphone / komputer.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa cache merupakan sebuah teknologi yang berfungsi sebagai membuka aplikasi atau halaman website dengan lebih cepat. Potensi ini terjadinya bottleneck (bottleneck merupakan sebuah keadaan dimana salah satu komponen dalam sistem Gadget menyebabkan performa sistem secara keseluruhan menjadi terhambat atau lambat) dalam aliran data dan RAM dapat diminimalisir dengan adanya cache tersebut.

Fungsi Cache


Fungsi cache yang paling utama adalah untuk membantu mempercepat akses data pada perangkat komputer/ smartphone sehingga meringankan kerja prosesor. Beberapa fungsi lain dari cache adalah sebagai berikut:

- Cache bisa berfungsi mempercepat akses pada komputer.
- Cache bisa berfungsi menjadi jembatan perbedaan kecepatan antara memori utama dengan dengan CPU.
- Kinerja memory akan menjadi lebih cepat.
- Cache bisa berfungsi meningkatkan kinerja prosesor.

Jenis-Jenis Cache


Cache terbagi menjadi dua kategori yaitu client-side caching dan server-side caching. Pada masing-masing kategori tersebut jenis-jenis cache yang berbeda. Adapun beberapa jenis-jenis dan fungsi cache adalah sebagai berikut ini:

1. Client-Side Caching

Pengertian client-side caching adalah file data yang disimpan di dalam komputer/ smartphone pengguna yang dapat digunakan sewaktu-waktu. Dalam hal ini, client-side yang paling sering digunakan adalah browser cache.

Browser cache

browser cache merupakan jenis cache yang paling umum ditemui oleh pengguna dan dapat ditemukan pada pengaturan browser. Dengan adanya browser cache, komputer dapat membuka sebuah halaman website lebih cepat dimana penyimpanan data dilakukan pada kunjungan pertama saja. Tetapi, dalam jangka waktu tertentu diperlukannya melakukan pembersihan cache agar file cache tidak memakan banyak tempat di dalam disk penyimpanan.

2. Server-Side Caching

Server-side caching merupakan file (dokumen, gambar, video) yang disimpan di dalam server website. Dalam hal seperti ini, data di server website dapat di-cache pada waktu kapan saja sehingga client akan dapat mengaksesnya lebih cepat.

Beberapa yang termasuk dalam server-side caching diantaranya;


Object cache

jenis cache ini berfungsi untuk menyimpan sementara data objek secara lokal di dalam penyimpanan, misalnya gambar atau video di browser pengunjung. Dengan begitu, ketika mengunjungi website yang sama maka tidak perlu mengunduh objek berkali-kali dari server, sehingga objek dan halama website di dalamnya akan ditampilkan lebih cepat.

Database cache

jenis cache ini biasanya digunakan oleh pengembang aplikasi website dengan tujuan untuk mencapai kinerja web yang lebih baik. Beberapa manfaat database cache adalah proses akses data akan lebih cepat, penggunaan cpu lebih kecil, dan mengurangi akses disk atau penyimpanan.

Opcode cache

jenis cache ini berfungsi untuk meningkatkan kinerja PHP. Dengan adanya opcode caching maka kinerja PHP akan jauh lebih baik.

DNS cache

disebut juga dengan database sementara yang dikelola oleh sistem operasi suatu perangkat smartphone / komputer. Jenis cache ini akan mencatat semia histori alamat IP domain yang pernah dibuka atau dikunjungi oleh pengguna perangkat smartphone / komputer.

CDN Cache

bagi pemilik website yang pengunjungnya berasal dari berbagai belahan dunia, maka menggunakan CDN cache adalah suatu solusi yang sangat baik. Dengan adanya CDN cache maka konten website dapat ditampilkan ke pengunjung dari server terdekat.

Cara menghapus cache di Android


Ada 2 cara menghapus cache di Android secara manual tanpa menggunakan bantuan aplikasi.


1). Menghapus cache pada aplikasi tertentu.

Pilih Settings > Application manager > pilih aplikasi > tap Hapus cache.




kemudian Hapus cache.

2). Menghapus cache pada semua aplikasi di android

Pilih Settings > Storage/Penyimpanan > tap Cached data > OK.




Apa Dampak menghapus cache?

1. Cache yang tidak dihapus dalam jangka waktu lama akan membuat cache tersebut menyimpan data yang ukurannya semakin membesar jika dibiarkan. Maka, efek menghapus cache pada aplikasi adalah mengembalikan kapasitas memori pada android yang sempat terpakai oleh cache.

2. Sangat memberi manfaat bagi Anda yang memiliki smartphone android dengan spesifikasi rendah, karena processor dan RAM tidak terlalu dibebankan untuk membaca suatu cache yang terus menumpuk.

3. Menghapus cache bisa membuat loading pada aplikasi seperti browser misalnya menjadi sedikit lebih lama.

4. Ketika cache terhapus dan harus memulai loading dari awal lagi untuk memuat data pada suatu situs web di aplikasi browser misalnya maka akan memakan kuota data intenet yang besarnya relatif.

5. Cache yang semakin membesar datanya jika dibiarkan bisa membuat baterai boros, maka dengan menghapusnya akan menghemat penggunaan baterai.

Penutup

Demikianlah artikel penjelasan ringkas tentang arti cache, fungsi, beberapa jenis cache cara menghapus cache, dampak menghapus cache. Semoga artikel ini akan memberikan manfaaat dan akan menambah wawasan Anda.

Share with your friends

1 komentar

  1. trims penjelasannya bang... aplikasi master clean di hp ampuh gk yh

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus

Notification
Selamat menikmati postingan artikel di Webillian.Com semoga bermanfaat.
Done