BASIS DATA : Pengertian, Komponen, Fungsi, Tujuan dan Manfaat dari Basis Data (Database) - webillian.com
News Update
Loading...

BASIS DATA : Pengertian, Komponen, Fungsi, Tujuan dan Manfaat dari Basis Data (Database)

Pengertian, Komponen, Fungsi, Tujuan dan Manfaat dari Basis Data (Database) - Basis Data terdiri dari kata basis dan data. Basis bisa diartikan sebagai gudang atau markas atau pusat, sedangkan data merupakan beberapa catatan atas kumpulan fakta dunia nyata yang mewakili objek seperti manusia, barang, hewan, konsep, peristiwa dan lain sebagainya yang diwujudkan dalam bentuk huruf, angka, simbol, gambar, teks, bunyi atau kombinasinya.


Pengertian, Komponen, Fungsi, Tujuan dan Manfaat dari Basis Data (Database)



Pengertian Basis Data atau Database


Pengertian basis data atau database merupakan himpunan kelompok data yang saling terhubung dan diorganisasi sedemikian rupa supaya nantinya dapat dimanfaatkan kembali secara cepat dan mudah.
Kumpulan data dalam bentuk file/tabel/arsip yang saling berhubungan dan tersimpan dalam media penyimpanan elektronis, untuk kemudahan dalam pengaturan, pemilahan, pengelompokan dan pengorganisasian data sesuai tujuan.

Dengan menggunakan basis data akan dengan mudah untuk bisa menyimpan sebuah informasi, contohnya seperti data kepegawaian, kemahasiswaan, pembayaran, pendaftaran ataupun bisa juga produk ke dalam media penyimpanan elektronik seperti cakram magnetis (disk) melalui perangkat komputer, untuk kemudian nantinya data tersebut dapat kita gunakan sesuai keperluan.

Dalam pengoperasiaanya database mempunyai 8 operasi dasar didalamnya, yaitu diantaranya adalah Create database, Drop table, Drop database, Insert, Read, Create table, Delete dan Update.
Basis data merupakan objek yang tidak mampu untuk bergerak sendiri, basis data membutuhkan program/aplikasi yang bertujuan sebagai penggeraknya atau pengelolanya. Sehingga gabungan antara basis data tersebut dan apilikasi mampu untuk menghasilkan sebuah sistem informasi.

Komponen Sistem Basis Data


1. Perangkat Keras


Perangkat keras atau hardware yang umumnya terdapat dalam sistem basis data adalah komputer, hard disk, memori sekunder offline (removable disk, fd), perangkat komunikasi jaringan.

2. Sistem Operasi


Sistem operasi merupakan program yang dirancang sebagai mengaktifkan sistem komputer dan mengendalikan seluruh sumber daya yang berada di dalamnya, termasuk operasi- operasi dasar komputer. seperti Windows, Linux, Unix dan lain sebagainya.

3. Basis Data


Komponen merupakan suatu sekumpulan data yang terorganisir dengan baik sehingga data tersebut mudah disimpan, diakses, dan juga dapat dimanipulasi. Suatu sistem basis data bisa terdiri dari beberapa basis data yang mempunyai data masing- masing.

4. Database Management System atau DBMS


Database Management System atau sering disebut dengan DMS merupakan program aplikasi khusus yang dirancang sebagai untuk membuat dan juga sebagai mengelola database yang tersedia. Sistem ini berisikan koleksi data dan program yang dipergunakan untuk mengakses database tersebut.

DBMS merupakan software yang berperan dalam untuk mengelola, mengambil dan menyimpan data kembali. Adapun mekanisme yang digunakan DBMS sebagai pelengkap adalah pengguna data bersama , pengaman data dan konsistensi data dan.

Contoh dari program aplikasi DBMS adalah Microsoft Access, MySql, Oracle databse, Borland-Interbasi, Sybase , PostgreSQL dll.

5. Pemakai atau User


User merupakan salah satu komponen dari database yang mempunyai fungsi untuk berinteraksi secara langsung dengan database. Ada beberapa tipe user/ penggunya diantaranya adalah programmer aplikasi, User yang handal (casual user), user umum (end user) dan user khusus (specialized user)


6. Aplikasi atau Perangkat Lain


Aplikasi ini tergantung dari kebutuhan, pengguna basis data bisa dibuatkan program yang khusus untuk melakukan pengubahan, pengisian atau pengambilan data yang mudah dalam pemakaianya. Program tersebut sudah tersedia langsung dalam DBMS tersebut atau bisa dibuat menggunakan aplikasi lain seperti misalnya Visual Basic.

Bahasa database merupakan bahasa data yang dapat ditempelkan kedalam bahasa pemrograman yang lain, sebut saja Java, Pascal, Fortran dst. Bahasa dimana instruksi data base menempel disebut inang.

Terdapat dua jenis bahasa komputer yang bisa dipergunakan dalam berinteraksi dengan DBMS, yaitu sebagai berikut:


1. Data Definition Language (DDL)

Data Definition Language dipergunakan untuk menggambarkan desain dari basis data secara menyeluruh, mulai dari membuat tabel baru, mengubah tabel maupun memuat indeks,

2. Data Manipulation Language (DML)

Data Manipulation Language dipergunakan untuk memanipulasi dan mengambil data dari database, mengubah data pada suatu database dan menghapus data dari database.


Fungsi Basis Data/ Database



Setelah kita memahami pengertian database, tentunya kita juga harus mengerti dan mengetahui apa fungsi dari penggunaan database, berikut ini adalah beberapa fungsi dari penggunaan database, perhatikan sebagai berikut ini:


- Untuk bisa Mencegah terjadinya duplikat data maupun inkonsistensi data.
- Untuk bisa Menjaga kualitas data dan informasi yang akan diakses sesuai dengan yang di-inputkan.
- Untuk bisa Membantu proses penyimpanan data yang besar.
- Untuk bisa Mempermudah proses penyimpanan, pembaharuan, akses, dan menghapus data.
- Untuk bisa Membantu meningkatkan kinerja dari aplikasi yang membutuhkan penyimpanan data.
- Untuk bisa mengelompokkan data dan informasi sehingga lebih dapat mudah dimengerti.



Tujuan basis data/ Data Base



Setelah kita memahami pengertian database, fungsi database tentunya kita juga harus mengerti dan mengetahui apa tujuan dari database, berikut ini adalah beberapa tujuan dari penggunaan database, perhatikan sebagai berikut ini:

- Pengaturan dalam pemilahan data sesuai dengan fungsi dan jenisnya.
- Tidak adanya redundansi dan menjaga konsistensi data.
- Sebagai pengatur data sehingga diperoleh kemudahan, ketepatan dan kecepatan dalam pengambilan data kembali.


Manfaat Basis Data/ Data base



Setelah kita memahami pengertian database, fungsi database, tujuan database tentunya kita juga harus mengerti dan mengetahui apa manfaat dari penggunaan database, berikut ini adalah beberapa manfaat dari penggunaan database, perhatikan sebagai berikut ini:

- Kecepatan dan Kemudahan (Speed)
- Efisiensi Ruang Penyimpanan (Space)
- Pemusatan Kontrol Data
- User View
- Ketersediaan (Availability)
- Kemudahan dalam Pembuatan Program Aplikasi Baru
- Kelengkapan (Completeness)
- Kebersamaan Pemakaian (Sharability)
- Keamanan (Security)
- Keakuratan (Accuracy)


Share with your friends

Give us your opinion

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus

Notification
Selamat menikmati postingan artikel di Webillian.Com semoga bermanfaat.
Done