Pengertian, Manfaat, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan VPN - webillian.com
News Update
Loading...

Pengertian, Manfaat, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan VPN

Pembukaan

Pengertian VPN


Apakah itu VPN (Virtual Private Network)? Pengertian VPN merupakan suatu koneksi internet antara satu jaringan dengan jaringan yang lainnya secara pribadi(private) melalui jaringan publik (internet).

Pengertian VPN, Manfaat VPN, Kelebihan VPN, Kekurangan VPN
Pengertian VPN, Manfaat VPN, Kelebihan VPN, Kekurangan VPN

Berikut ini adalah penjelasan makna dari masing-masing kata pada sebuah Virtual Private Network:

Virtual merupakan suatu hal yang tidak nyata atau semu di dunia maya atau internet.

Private merupakan suatu hal yang sifatnya pribadi (private), tidak akan bisa diakses oleh sembarang orang (hanya orang tertentu saja). Untuk menjaga sebuah kerahasiannya dari jaringan publik maka semua data akan di-enkripsi oleh VPN.

Network merupakan jaringan koneksi internet yang saling terhubung.

Jadi, bisa disimpulkan dari penjelasan di atas dapat diartikan bahwa pengertian VPN merupakan sebuah hubungan atau sebuah koneksi yang terjadi secara virtual pada sebuah jaringan tertentu tanpa adanya koneksi yang riil yang dapat terenkripsi.


Secara umum manfaat penggunaan VPN adalah sebagai berikut:


Privasi: privasi yang lebih terjamin dengan adanya fitur menyembunyikan kegiatan dari ISP saat berselancar di internet. Pengguna VPN bisa menyembunyikan alamat IP-nya sehingga ketika melakukan browsing pada internet maka pihak lain tidak akan mengetahui lokasi geografis pengguna VPN tersebut.

Remote Acces: dengan adanya VPN maka kita dapat mengakses jaringan komputer di kantor atau di mana saja melalui jaringan internet.

Keamanan: VPN membantu mengamankan suatu jaringan internet dari serangan hacker, apalagi bila memakai WiFi umum atau public.

Hemat Biaya: VPN membantu penghematan biaya pengaturan jaringan. Penggunaan VPN pada jaringan lokal yang luas dapat dilakukan dengan biaya murah karena menggunakann jaringan internet yang telah ada tanpa harus membanguna jaringan sendiri


Fungsi VPN Secara Umum


Penggunaan sebuah VPN merupakan cara yang aman untuk daoat mengakses Local Area Network (LAN) yang berada pada suatu jangkauan tertentu, melalui sebuah koneksi internet atau jaringan lainnya untuk melakukan transmisi sebuah data secara pribadi. Dengan menggunakan VPN maka Anda bisa menghindari adanya penyusup atau mencuri data Anda saat melakukan transmisi data yang sewaktu-waktu bisa masuk ke lalu lintas jaringan.

Mengacu pada pengertian VPN yang telah diterangkan di atas, adapun beberapa fungsi VPN adalah sebagai berikut:


1. Kerahasiaan Data (Confidentially)

Penggunaan VPN bisa untuk menjaga kerahasiaan data dan informasi milik pengguna agar tidak digunakan orang lain secara sembarangan. Saat ini menggunakan jaringan yang sifatnya publik bisa dibilang cukup berbahaya, apalagi seperti halnya untuk bisnis-bisnis besar misalnya saja pada perusahaan jasa konsultan atau asuransi yang rentan dengan informasi-informasi penting di dalamnya. Sehingga dengan menggunakan VPN maka Anda bisa mengamankan keluar masuknya data melalui sebuah metode yang bernama enkripsi.

2. Keutuhan Data (Data Integrity)

VPN juga bermanfaat untuk menyelamatkan data dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab atas tindakan mereka. Sebuah program VPN akan memastikan proses transmisi data selesai dan diterima oleh penerima yangmana sesuai dengan permintaan pengguna tanpa adanya perubahan sedikitpun atau manipulasi dari data yang telah dikirimkan.

3. Otentikasi Sumber (Origin Authentication)

Program pada sebuah VPN bisa mengautentikasi sumber pengirim data yang akan diterima. VPN mengecek dan memastikan bahwa suatu data yang akan masuk dari sumbernya. Jika suatu proses autentikasi berhasil, maka informasi atau data dapat disetujui. Dalam hal ini VPN berfungsi untuk menganalisis sumber-sumber data yang tidak kredibel atau tidak dikenal sehingga bisa mencegah kiriman file malware atau virus yang akan menyerang atau meretas data kita.

Setelah memahami pengertian VPN dan fungsinya, tentunya kita juga perlu mengetahui apa manfaanya. Dengan adanya sebuah VPN, maka semua transmisi data yang terjadi antara gadget atau komputer pribadi akan terenkripsikan sehingga aman dari pihak lain yang tidak diinginkan yang dapat mencuri ataupun merusak sebuah sistem.

Cara Kerja VPN

Cara Kerja VPN kepada Pengguna
Cara Kerja VPN

Cara kerja sebuah VPN sendiri yaitu VPN membuat jaringan di dalam jaringan (biasanya sering disebut juga dengan tunneling). Tunneling bertujuan sebagai pembua jalur koneksi secara private dengan memanfaatkan infrakstruktu jaringan yang lainnya.
Umumnya, ketika kita mengakses sebuah website di internet, maka kita akan terhubung dengan ISP (Internet Service Provider). Semua trafik data permintaan untuk website yang kita akses akan melewati server ISP dan bisa dilihat oleh pihak ISP.

Berbeda halnya dengan perangkat komputer atau gadget yang menggunakan VPN saat mengakses di internet. VPN akan mengenkripsi data sehingga hanya pengguna server VPN yang bisa mengetahui trafik data pengguna dan situs yang dibuka oleh pengguna.

Melihat cara kerja VPN ini, maka:

- ISP tidak akan mengetahui aktivitas pengguna VPN di internet
- Alamat IP yang terlihat adalah IP server VPN itu sendiri,
- Penggunaan hotspot WiFi publik akan menjadi lebih aman karena semua datanya terenkripsi,
- Provider VPN bisa melihat aktivitas pengguna VPN di internet.

Kelebihan dan Kekurangan VPN


Menggunakan suatu server VPN pada sebuah jaringan komputer perusahaan untuk transmisi data yang sifatnya rahasia atau privat membantu untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pada kasus-kasus pencurian data yang marak terjadi saat ini.

Dengan menggunakan VPN maka tidak ada yang bisa menyusup pada jaringan pribadi Anda sehingga tingkat keamanan transmisi sangat tinggi. Merujuk pada pengertian VPN diatas, adapun beberapa kelebihan dan kekurangan memakai VPN adalah sebagai berikut:
Manfaat Menggunakan VPN
Manfaat/ Kelebihan Menggunakan VPN

1. Kelebihan VPN

Bagi suatu perusahaan yang membutuhkan jaringan khusus yang aman dari pencurian data, maka VPN adalah solusi dengan biaya yang lebih murah.

Dengan adanya VPN maka mobilitas perusahaan akan lebih baik dimana para pekerja dapat terhubung dengan jaringan kantor melalui perangkat pribadi di rumah. Fitur kemanan VPN dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Manfaat untuk menggunakan VPN ( Virtual Private Network ) sebagai berikut:

1.Dapat Mengakses sumber daya tertentu dengan mudah dan cepat

Saat ini banyak perusaaan yang telah memanfaatkan dampak baik VPN untuk menjaga File, aplikasi, printer serda sumber daya lainnya yang menggunakan jaringan kantor perusahaan tersebut secara aman.Tetapi, manfaatnya ini juga bisa dirasakan oleh para user biasa, kalian dapat menyiapkan VPN kalian sendiri dan juga dapat mengakses jaringan sendiri. Kalian juga dapat menggunakannya tanpa kesulitan-kesulitan karena teknologi VPN ini mudah dan cepat

2.Melindungi dari privasi online / Penjelajahan Internet

Kata “Privasi” merupakan kata kunci utam dalam dunia perInternetan.Dengan adanya VPN merupakan manfaat dalam menangani kebutuhan Privasi online tersebut.
Misalnya saja kita telah terhubung dengan Internet ketika akan menggunakan hotspot umum. Namun kebanyakan dari hostspot umum ini tidaklah aman dan dapat dipakai oleh pihak tertentu untuk berbuat kejahatan untuk mengetahui sandi / password / kata kunci yang anda miliki.
Maka dengan memakai VPN lah disini bisa dimanfaatkan, karena VPN mengekripsi data lalu lintas di penjelajahan internet kita, sehingga kalaian dapat melindungi privasi online kalian.


3.Bisa Mengatasi geoblock

Manfaat selanjutnya menggunakan VPN adalah dalam mengatasi Geoblok.untuk dapat mengerti hal ini, kita perlu membahas apa sih tujuan dari geoblocking?.beberapa kelompok atau sebuah situs tertentu yang mempraktikkan geoblocking, yaitu sebuah strategi untuk mencegah para pengaksesnya mengakses kontennya hanya berdasarkan lokasi geografis mereka sendiri.
Nah wartawan dan juga pembangkan politik memanfaatkan VPN untuk dapat memperoleh penyensoran.Dalam berbagai kasus misalnya iPlayer BBC VPN Inggrislah yang dibutuhkan apabila tidak bisa menemukan sebuah acara yang diinginkan di Netflix ataupun Hulu Plus.

4.Dapat mengakses situs yang telah diblokir oleh pemerintah

Sebagian dari kita mungkin ada yang sudah pernah mencoba untuk mengakses sebuah situs tertentu bahkan situs itu telah terblokir oleh pemerintah.
bagi sebagian orang yang malas mencari solusi situs yang di blokir pemerintah pastilah menyerah dan berhenti untuk mengaksesnya.Tetapi, bagi orang yang cerdas dan dia penasaran pasti dia akan berupaya untuk bisa mengakses situs tersebut.Nah saat itulah VPN lah dapat di gunakan untuk mengaksesnya, karena bisa untuk mengatasi masalah tersebut.


2. Kekurangan VPN

Dampak Negative Penggunaan VPN
Kekurangan/ Dampak Negative Penggunaan VPN


Ketika menyediakan akses ke karyawan secara global, maka faktor kemanan menjadi resiko tersendiri karena informasi sensitif perusahaan dapat diakses. Diperlukan perhatian ekstra dalam penetapan sistem keamanan VPN.

1.Terjadinya pencurian Data

Banyak masalah yang akan kita dapati dalam dunia perInternetan, salah satunya yaitu adanya pencurian data pribadi.Ini bukanlah sebuah yang baru di dunia perInternetan.
VPN yang mempunyai kedok untuk memberikan pelayanan yang aman justru mereka akan dapat mencuri data dari para pemakai aplikasi tersebut. Kok bisa? mengapa perbuatan ini bisa terjadi? ini bisa terjadi karena setiap kalian terhubung melalui penyedia server VPN itu maka secara tidak langsung mereka dapat melihat situs-situs yang kalian kunjungi bahkan meraka tau bisa mencurinya, bahkan data pribadi kalian pun bisa di curi

2.VPN Terkandung Malware

Perlu anda ketahui bahwa Aplikasi VPN geratis / free itu bisa saja menyimpan Malware di dalamnya, yang tentunya bisa menginfeksi Android milik kalian ? jika terjadi Malware pada android apakah dampaknya ? Hal ini akan berakibat fatal bisa merusak sistem dan memperlambat kinerja pada android smartphone kalian, bahkan ada aplikasi yang tanpa kalian sadari bisa terinstal sendiri di android smartphone kalian padahal kalian tidak menginstalnya.

3.Dapat Mengakses data Pribadi

Pernahkah kalian membaca sebuah ketentuan apa saja yang mewajibkan apabila kalian ingin mengunduh sebuah aplikasi tersebut? pada setiap situs tentunya terdapat berbagai syarat, nah salah satunya yaitu menyangkut dimana mereka akan meminta akses untuk membaca semua riwayat termasuk data anda dan sebagainya.memang tidak semua perusahaan menggunakan seperti itu tapi sebagian besar perusahaan menggunakan seperti itu, termasuk VPN apalagi yang geratis

4.Timbulnya Penjualan Data pribadi

Penjualan data pribadi sangatlah merugikan bagi pihak yang di curi data pribadinya, hal ini sendiri telah menjadi sebuah rahasia umum, contohnya saja dimana umumnya setiap perusahaan yang memberikan layanan internet seperti ISP, Google, Facebook dan lain sebagainya secara tidak langsung telah mengakui bahwa mereka telah menjual data para pelanggannya kepada pihak ketiga, karena hal inipun tidak dipungkiri bisa terjadi pada layanan VPN yang kalian gunakan.
Salah satu yang pernah diketahui menjual data pribadi milik para pengunanya yaitu HOTSPOT SHIELD yang telah menjual data kepada pihak yang ketika.

Penutup

Penjelasan diatas tadi yaitu informasi yang selengkapnya seputar pengertian vpn, manfaat dan damapak negative penggunaan VPN pada android, cara kerja VPN. Dengan mengetahui dampak baik buruknya sebuah hal-hal tertentu termasuk VPN semoga dapat membatu kalian untuk memutuskan apakah akan menggunakan VPN di berbagai alat elektronik seperti Handphone, laptop, komputer dan berbagai alat elektronik kalian?

Saran 
Apabila Kita ingin menggunakan sebuah VPN, sebaiknya janganlah mendownload aplikasi VPN dari pihak ke3 selain yang berada di Play Store, sebab akan ada dampaknya sangat berbahaya yaitu seperti uraian di atas tadi.Maka dari berbagai manfaat yang ditawarkan, kita juga haruslah pinar untuk melihat dari segi negativenya.

Semoga informasi penjelasan ini bermanfaat untuk kita semua dan Berhati-hatilah dalam menggunakan Internet.


Share with your friends

Give us your opinion

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus

Notification
Selamat menikmati postingan artikel di Webillian.Com semoga bermanfaat.
Done