Bisnis Inspiratif Mahasiswi Membiayai Kuliahnya Sendiri - webillian.com
News Update
Loading...

Bisnis Inspiratif Mahasiswi Membiayai Kuliahnya Sendiri


Seorang mahasiswa yang berasal dari keluarga sederhana tinggal di lingkungan rumah kost dengan banyak rumah di gang itu, namun tidak ada jasa layanan cuci (laundry) yang tersedia di gang itu. Dia hitung tidak kurang dari 35 rumah kost di gang itu yang kalau masing-masing rumah dihuni 10 orang saja berarti tersedia 350 mahasiswa di gang tersebut. Untuk mencuci pakaian kotornya ia harus berjalan ke gang sebelahnya dengan jarak +- 100 meter dari tempat kost untuk menuju rumah yang menyediakan layanan cuci, setrika pakaian.

Rutinitas mengantar pakaian kotor dan mengambil kembali yang sudah bersih, rapi membuat ia berpikir alangkah enaknya jika tidak perlu melakukan itu setiap hari. Hal tersebut menjadi inspirasi baginya, ia yakin semua penghuni kost-nya pun merasakan hal yang sama.

Maka ia berinisiatif menggunakan keadaan tersebut sebagai peluangnya berbisnis. Ia mendatangi penyedia layanan laundry di gang sebelah, dan mengatakan bahwa ia akan berlaku sebagai ‘marketing’ mencarikan pelanggan bagi laundry tersebut, dan ia meminta potongan harga sebanyak 20%. Sang pemilik laundry setelah beberapa kali diskusi akhirnya setuju dan dengan modal hanya flyer (selebaran) sederhana berisikan informasi dan promosi mengenai layanan laundry serta membuat sticker sablon bertulisan ‘LAUNDRY KIKI’ maka jadilah mahasiswa tersebut membuka usaha layanan “laundry” yang sebetulnya ia hanyalah bertindak sebagai layanan antar jemput pakaian ke gang sebelah. Sementara para pemilik pakaian mengambil sendiri pakaiannya yang sudah bersih ke tempat kost mahasiswa bernama Kiki itu.

Modal tanpa uang (cukup dengan modal keuletan dan kreatifitas) Kiki Laundry, dengan keuntungan yang diperoleh sebesar 1-2 juta per bulan, akhirnya ia pun dapat mencukupi kebutuhannya sendiri tanpa harus membebani orang tuanya yang tinggal di kampung sebagai petani.

Kiki mempunyai motivasi dalam dirinya bahwa, bahan terpenting dalam kesuksesan adalah dengan melakaukan sesuatu ‘do something’. Banyak sekali oran mempunyai ide, tetapi hanya sedikit orang yang mau memutuskan untuk melakukan sesautu itu terhadap ide-ide tersebut. Ada kesempatan lakukanlah sekarang, bukan besok, tidak lusa, tidak minggu depan tapi sekarang ‘do it’. Ingin sukses maka segeralah melakukan, bukan melamunkan.

Nah, itulah kata-kata motivasi kiki agar dia bisa menjalankan aktivitasnya sebagai mahasiswi dan juga sebagai pelaku laundrynya.

Share with your friends

2 komentar

  1. Wow, kakaknya saya semangat sskalai apalagi aku nih sbgai lelaki harus lebih swmangat lagiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang agan Yusuf M N kita sebagai laki2 haruslah lebih dari perempuan karena laki2 itu merupakan pelindungnya perempuan karena laki2 di beri keutamaan yang lebhi dari pada perempuan. Terimakasih sudah berkunjung di webillian

      Hapus

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus

Notification
Selamat menikmati postingan artikel di Webillian.Com semoga bermanfaat.
Done