Mengenal Apa Itu Blog? Pengertian, Sejarah, Jenis, dan Manfaat Blog - webillian.com
News Update
Loading...

Mengenal Apa Itu Blog? Pengertian, Sejarah, Jenis, dan Manfaat Blog

Mengenal Apa Itu Blog? Pengertian, Sejarah, Jenis, dan Manfaat Blog

Dalam dunia Internet kini berbagai macam media internet telah berkembang sangat banyak begitu sangat pesat untuk saling menghubungkan satu sama lain dan memberikan berbagai macam informasi dan kebutuhan masyarakat. salah satu media informasi yang ikut berkembang pesat seiring berjalannya waktu adalah blog. Namun akankah pembaca tahu apa sebenarnya blog itu? dari mana asal muasal maupun sejarah blog itu sendiri? nah bagi kalian yang penasaran dan ingin mengetahui dan mengenal blog terkait pengertian blog, sejarah blog, jenis blog, dan manfaat blog, kalian bisa simak ulasan berikut.

pengertian blog, sejarah blog, manfaat blog, jenis blog
Mengenal apa itu blog (gambar dari pixabay)

Pengertian Blog

Blog merupakan singkatan dari ‘web log’ yang mana merupakan suatu bentuk aplikasi atau fitur web yang isinya berbagai macam tulisan (postingan blog) pada suatu laman. Di mana tulisan atau postingan tersebut diletakan terbalik dengan postingan terbaru ditempatkan di urutan paling awal, walaupun tak selamanya demikian, karena hal tersebut tergantung pengaturan dari pemilik blog itu sendiri. Dengan begitu, pengguna internat dapat mengakses atau membaca tulisan di dalam blog tersebut sesuai dengan tema atau topik yang sedang dicari. Umumnya, pengguna internet akan mengetikan keyword (kata kunci) pada mesin pencari (search engine) seperti Google, Yahoo, Bing, dan yang lainnya.

Kesimpulannya, secara sederhana, blog dapat didefinisikan sebagai situs web yang bersifat pribadi dengan me-fokuskan pada penggambaran dari blogger itu sendiri. Dengan kata lain, Blog atau Web Log merupakan kumpulan website pribadi yang mana para blogger atau pemilik blog bisa menampilkan berbagai jenis isi seperti tulisan, musik, video, atau gambar yang isinya menarik untuk dikunjungi.


Sejarah Blog

1994: Personal Home Page Justin Hall

Cikal bakal blog dimulai pada tahun 1994 oleh Justin Hall yang membuat jurnal pribadi online dengan nama links.net. Tampilan blog Justin sangat sederhana, hanya laman dengan background warna putih polos yang diisi tulisan. Sampai sekarang pun Anda masih bisa mengakses blog Justin.

Berkat inisiatifnya membuat jurnal online berisi konten personal, pada tahun 2004 The New York Times Magazine menobatkan Justin Hall sebagai The Founding Father of Personal Blogger.

Walaupun begitu, inisiatif Justin Hall pada awalnya tidak disebut sebagai blog, tetapi sebagai “personal home page”. Justin memanfaatkan personal home page tersebut untuk menuliskan kehidupan pribadinya, dari kuliah, hubungan dengan ayahnya, hingga kehidupan asmaranya.

1997: Muncul Istilah Weblog

Baru pada tahun 1997, Jorn Barger memperkenalkan istilah weblog yang merupakan gabungan dari kata web dan log. Jorn Barger memutuskan untuk menggunakan istilah tersebut untuk menggambarkan aktivitas internetnya, yaitu “logging to the web” yang berarti mencatat di web dalam Bahasa Indonesia.

Selain memperkenalkan istilah weblog, Jorn Barger juga adalah orang pertama yang memperkenalkan konsep kronologi dalam weblognya sendiri, yaitu Robot Wisdom. Konsep kronologi ini memungkinkannya menempatkan postingan terbarunya di urutan teratas dalam weblog. Dengan begitu pengunjung bisa membaca postingan dari yang terbaru sampai postingan terlama.
1999: Istilah Blog DikenalkanPeter Merholz (Sumber Gambar: Twitter @peterme)

Istilah weblog bertahan selama dua tahun, sampai Peter Merholz, seorang desainer website memperkenalkan istilah “blog” sebagai kependekan dari weblog. Di blog pribadinya, Peter Merholz menyatakan bahwa ia memang menyukai permainan kata dan ia tidak menyangka keputusannya untuk menyebut weblog sebagai blog akan berdampak besar hingga saat ini.

1999: Lahirnya Blogger, LiveJournal, dan Xanga

Tahun 1999 masih menjadi tahun penting bagi sejarah blog. Tahun ini menjadi tahun dirilisnya tiga platform blog personal. LiveJournal menjadi platform blog pertama yang didirikan pada tahun tersebut oleh Brad Fitzpatrick.

Pyra Labs yang digawangi oleh Evan Williams dan Meg Hourihan menyusul LiveJournal pada Agustus 1999 dengan platform blog bernama Blogger. Kemudian dilanjutkan dengan kehadiran platform blog ketiga, yaitu Xanga.

2003: Akuisisi Blogger dan Lahirnya WordPress

Tahun 2003 menjadi tahun penting dalam sejarah blog. Pada Februari 2003, Google resmi mengakuisisi Pyra Labs, pembuat Blogger. Akuisisi tersebut menandakan bisnis blog memiliki masa depan cerah.

Di tahun yang sama, pesaing utama Blogger, yaitu WordPress resmi diluncurkan. Blogger dan WordPress sama-sama menyediakan layanan blog personal gratis. Selain gratis, layanan yang disediakan oleh WordPress dan Blogger termasuk mudah untuk dioperasikan, bahkan bagi orang yang awam teknologi sekalipun.


2018: WordPress Menjadi Platform Paling Populer

Dalam 15 tahun perjalanannya, WordPress berkembang tidak hanya menjadi platform penyedia blog. WordPress juga dapat digunakan untuk membuat berbagai macam website, dari toko online hingga website perusahaan. Bahkan WordPress menguasai market share CMS website dengan angka 51.09 persen, sedangkan Blogger harus puas dengan market share sebesar 2 persen.


Macam-macam Jenis Blog


Blog pribadi

Berisi segala sesuatu yang bersifat individual dari sang pemilik blog, blog pribadi serupa dengan diary, jika biasanya diary berupa sebuah buku dengan goresan tinta namun dijaman digital seperti saat ini blog bisa dikatakan sebagai diary yang berupa data online. Dan meski berupa cerita pribadi sang pemilik blog bisa membaginya kepada siapa saja atau dengan kata lain bisa dinikmati oleh siapapun 

Blog Tutorial

Berisi tutorial tentang pembuatan atau pengoperasian sesuatu, misal tutorial blog, tutorial facebook, tutorial email, tutorial photoshop, tutorial MsOffice, Tutorial Bisnis online dan lain sebagainya. 

Blog Bisnis

Blog yang dibuat untuk keperluan berbisnis, misal jual beli online atau hanya untuk sekedar sarana promosi.

Blog politik

Blog yang membuat tema tentang berita politik, aktivis politik atau politikus, dan semua persoalan politik yang ditujukan untuk umum. 

Blog kesehatan

Blog yang membahas seputar kesehatan. Isinya lebih spesifik dibidang kesehatan, misalnya tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, mengenai penyakit baru, penemuan obat terbaru, cara mengatasi suatu penyakit, cara hidup sehat dan masalah lainya yang berkaitan dengan kesehatan

Blog sastra/litblog (Literary blog)

Blog yang membahas seputar dunia sastra, misalnya berisi tentang prosa, puisi, sajak dan lainnya. 

Blog perjalanan

Berisi tentang kisah petualangan atau traveling. Mungkin bisa berupa cerita tentang perjalanan/traveling dari satu tempat ketempat yang lainya. 


Blog riset

Blog yang memuat persoalan akademis seperti berita riset terbaru, kabar penelitian masalah yang sedang buming/tenar misalnya kasus bakteri pada susu formula yang menghebohkan Indonesia.


Blog hukum/blawgs (Blog Laws)

Blog yang membahas mengenai persoalan tentang hukum atau urusan hukum. 

Blog media

Blog yang berfokus pada pemberitaan semacam media massa seperti Koran atau telesi. Karena berisifat online biasa disebut cybernews. 

Blog agama

Blog yang membahas mengenai suatu agama, mungkin membahas soal agama Islam, bisa juga agama Kristen, Katolik, Hindu atau mungkin Budha. Hal-hal yang dimuat bermaksud untuk mempermudah bagi para pemeluk agama tersebut untuk memperdalam masalah ilmu agama. 

Blog pendidikan

Blog yang membahas seputar dunia pendidikan, biasanya ditulis oleh pelajar atau guru yang biasanya berisi tentang mata pelajaran tertentu, berisi tentang soal dan pemecahanya. 

Blog kebersamaan

Blog yang ditulis oleh kelompok tertentu untuk kepentingan kelompok tersebut. 

Blog petunjuk (directory)

Blog yang berisi ratusan link halaman website. Blog ini bisa membantu orang-orang yang mencari informasi diinternet dengan kata kunci yang merajuk ke blog petunjuk dan kemudian baru menuju ke blog yang membahas tema yang dicari. 

Blog pengganggu (spam)

Blog yang digunakan untuk promosi bisnis affiliate, juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog), kenapa di sebut pengganggu karena keberadaan mereka bisa saja sebagai penipu.


Manfaat dan Fungsi Blog


Memudahkan dalam berbagi informasi

Sekarang ini pengguna internet bukan hanya mencari informasi, namun bisa juga berbagi informasi, dengan blog seseorang akan memiliki tempat nya sendiri untuk menuliskan informasi, informasinya tentu beragam, mulai dari kronologi kejadian yang disaksikannya, hingga informasi menu masakan yang dibuatnya. Informasi seputar kesehatan, teknologi, dan gaya hidup juga bisa dituliskan di blog.

Menambah wawasan

Dengan ngeblog biasanya wawasan seseorang akan bertambah luas, keinginan untuk selalu mengupdate blog membuat para blogger berusaha untuk selalu mendapatkan informasi dan pengetahuan baru untuk dituliskan di blog miliknya. Selain itu biasanya blogger akan berteman dengan blogger lain, walaupun hanya di dunia maya, namun aktivitas tersebut membuat para blogger saling membaca informasi yang ada di blog kawannya tersebut, hal ini tentu akan semakin menambah wawasan

Melatih keterampilan dan kreatifitas menulis

Orang yang hobi menulis kemungkinan besar akan senang ngeblog, untuk yang tidak suka menulis dan memutuskan untuk memiliki blog biasanya juga akan mulai menyukai menulis. Menulis tentu banyak manfaatnya, menulis juga sebuah keterampilan, dan keterampilan menulis itu bisa semakin diasah ketika seseorang menuliskannya di blog.

Menumbuhkan minat membaca

Membaca adalah jendela dunia, dengan ngeblog para blogger bukan hanya akan terlatih untuk menulis namun juga akan terlatih untuk membaca, biasanya mereka akan banyak membaca untuk mencari informasi baru, atau menyempatkan membaca postingan agar bisa memberikan komentar yang relevan di postingan temannya sesama blogger.

Media aktualisasi diri

Dengan blog seseorang akan belajar dengan bebas untuk mengembangkan dan mengeksplor lebih jauh serta berbagi pengetahuan yang dimilikinya melalui sebuah tulisan. Dengan membagikan dan menuliskan di blog maka bukan tidak mungkin seseorang akan termovitasi untuk melakukan hal positif yang dibagikan tersebut. Ikatlah ilmu dengan menuliskannya, begitu kata pepatah.

Media komunikasi dan sosialisasi

Saat ini kita mengenal media sosial sebagai media komunikasi dan bersosialisasi, namun jangan salah, blog juga bisa menjadi tempat bersosialisasi dan juga sebagai sarana komunikasi. Anda bisa berkomunikasi dengan banyak orang melalui tulisan Anda di blog, tulisan Anda akan dikomentari, dan Anda bisa membalas komentar tersebut. Selain itu Anda juga bisa berkomentar di blog milik orang lain.

Selain itu aktivitas saling komentar tersebut terkadang bisa menimbulkan hubungan pertemanan di dunia nyata, bahkan berbagai komunitas blogger juga sering melakukan pertemuan untuk kopi darat dan saling mengenal satu sama lain.

7. Menuangkan ide dan kreasi

Ide yang Anda miliki jangan hanya di pendam, namun sebaiknya dilakukan atau dijalankan. Ide juga ada baiknya untuk dibagikan ke orang lain, dituangkan melalui tulisan di blog. Manfaatnya untuk orang lain tentu tidak ternilai harganya. Selain itu untuk Anda yang suka berkreasi seperti fotografi, edit foto dan lainnya, blog bisa Anda jadikan tempat untuk memajang semua kreasi tersebut.

8. Media promosi

Memiliki sebuah blog bukan hanya bisa Anda manfaatkan untuk berbagi informasi, namun bisa Anda manfaatkan juga untuk tempat promosi. Anda bisa mempromosikan usaha atau produk milik Anda melalui blog tersebut. Seluruh dunia akan bisa membaca dan melihat.

9. Menghasilkan tambahan penghasilan

Sudah bukan rahasia lagi kalau blog bisa menghasilkan uang. Blog yang dikelola dengan baik dan ramai pengunjungnya bisa dipasangkan iklan, bisa untuk tempat jualan, bisa untuk tempat promosi, sarana review dan lainnya. Sudah banyak yang berhasil menghasilkan puluhan juta perbulan bahkan miliaran pertahun dari blognya. Hebatnya, mereka tidak perlu keluar rumah, tidak perlu macet-macetan dijalan, tapi hanya duduk dirumah dan menulis di blog saja.

nah sobat webillian.com, mungkin itu saja sedikit informasi mengenai seluk-beluk blog. apabila ada masukan silahkan berkomentar dan mari saling berdiskusi.

sumber referensi : https://www.niagahoster.co.id/blog/blog-adalah/

Share with your friends

1 comment

  1. Yosh jadi blog itu kependekan dari web log.Admin apa bedanya blog dengan website?

    ReplyDelete

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus

Notification
Selamat menikmati postingan artikel di Webillian.Com semoga bermanfaat.
Done