cara menanam atau memasang backlink - webillian.com
News Update
Loading...

cara menanam atau memasang backlink

Cara Memasang Backlink

Yo sobat webillian.com, jumpa lagi dengan tulisan ala kadarnya ini. Kali ini penulis ingin membahas bagaimana cara memasang backlink sehingga kita bisa mendapatkan backlink untuk blog atau website kita. Tulisan ini penulis buat berdasarkan saran dan masukan salah seorang teman blogger penulis untuk memberikan bagaimana cara menanamkan backlink. Sebelum lanjut kita bahas, mungkin perlu untuk diketahui dulu apa pengertian backlink itu dan manfaat backlink itu sehingga menjadi penting untuk blog maupun website kita. Kalian bisa baca artikel penulis terkait hal itu disini dan disini

cara menanam backlink
gambar dari pixabay

Oke lanjut ke topik, jadi yang ingin penulis sampaikan disini adalah tips dan trik mendapatkan backlink. Perlu untuk diketahui bahwa mendapatkan backlink yang berkualitas atau secara natural itu sangatlah sulit. Karena memang perlu tulisan berkualitas yang benar-benar bisa menjadi referensi dan inspirasi penulis di sebuah blog atau website yang besar. Untuk itu disini penulis akan menyampaikan sedikit teknik untuk mendapatkan backlink

Penulis menyebut cara yang akan dilakukan ini sebagai backlink semi berkualitas dan backlink tidak berkualitas. Berikut ulasannya: 

a. Backlink semi berkualitas

Teknik ini penulis masukan semi berkualitas karena sebenarnya walaupun secara nilainya termasuk berkualitas tapi cara mendapatkannya sedikit mengakali mesin pencari. Caranya yaitu: 


1. Menjadi guest post (penulis tamu) 


Dengan menjadi guest post untuk blog orang lain, tulisan artikel kita tentu akan diberi url atau alamat website kita sehingga pembaca mengetahui sumber dari tulisan tersebut untuk kemudian ditelusuri. 


2. Blog partner 


Cara ini banyak penulis jumpai saat blogwalking ataupun ketika membuka grup forum komunitas blogger untuk mengajak blog partner yang biasanya mereka memasang logo blog partner yang mengandung link ke homepage-nya. 

3. Saling bertukar link 

Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan backlink, caranya cukup mudah. Pertama kalian harus mencari blog dengan niche yang sama, gado-gado pun boleh malah lebih mudah untuk blog gado-gado, soalnya lebih bebas untuk menulis. Kemudian kalian saling bekerja sama dengan cara membuat artikel dengan sumber referensi dari blog partner yang kalian ajak kerja sama. Namun perlu diingat jangan copas tulisannya, tapi gunakan teknik copywriting dengan sumber link blog teman kalian secara bergantian. Ini secara langsung sudah mendapatkan backlink yang sebenarnya berkualitas tapi seperti yang penulis jelaskan bahwa cara mendapatkannya sedikit mengakali mesin pencari. 

catatan : cara ini berbeda dari blog partner biasa karena bertukar link disini sama dengan menyertakan url blog partner yang menjadi sumber referensi bukan sekedar alamat homepage blog partner. bedanya dengan blog partner adalah, blog partner itu untuk mengenalkan blog kita agar terkenal, sedangkan bertukar link url bisa meningkatkan posisi di halaman pencarian mesin telusur. 

b. Backlink tidak berkualitas

Cara ini dinamakan tidak berkualitas karena bisa dianggap spam. Cara ini adalah yang paling mudah untuk dilakukan. Caranya yaitu: 

Carilah blog yang sekiranya sudah tidak update lagi tapi masih hidup dalam artian blog tersebut memiliki domain aktif. Yang masih update pun sebenarnya juga boleh. Hanya saja kita harus hati-hati. Berkomentarlah sambil memasang link aktif yang mengarah ke blog kita untuk blog yang sudah tidak update, sedangkan untuk blog yang masih update jangan gunakan link aktif karena biasanya oleh pemilik blog akan dianggap spam, gunakan link aktif jika pemilik blog bersedia atau tulis saja alamat blog kita tanpa link aktif. Walaupun tanpa link aktif pun kita harus hati-hati untuk blog yang masih update, tidak semua pemilik blog mengijinkan walaupun bukan link aktif. 

Untuk cara diatas sudah penulis coba praktekan, tapi untuk backlink tidak berkualitas. Walaupun tidak berkualitas tapi berdasarkan pengalaman penulis sendiri itu bisa meningkatkan page authority blog penulis yang sebelum berganti domain. Berhubung blog ini dengan domain baru akan coba penulis praktekkan lagi cara tersebut. Sedangkan backlink semi berkualitas penulis belum pernah mencoba berhubung belum ada relasi yang kuat diantara temen temen blog penulis.
catatan: page authority dan backlink merupakan salah satu penilaian algoritma google

Nah mungkin itu adalah beberapa cara memasang backlink untuk mendapatkan backlink. Apabila artikel ini bermanfaat silahkan share. Jika ada masukan silahkan berkomentar dan mari saling berdiskusi.

Share with your friends

18 comments

  1. domain yang gak aktif itu kayak gimana ya kak?

    ReplyDelete
  2. Maksudnya itu blog itu masih ada (belum dihapus) terus ada isinya juga, kan ada yuh blog di pencarian google tapi ketika dibuka tulisannya blog sudah dihapus

    ReplyDelete
  3. berkomentar pakai link aktif ya bang banyak sekali blog yang hiatus tapi umumnya pakai moderasi jadi susah komentar

    ReplyDelete
  4. mas, mungkin kalo tertarik bisa tukar link di blog dengan jadi blog partner gitu mas?
    bisa cek di sini Blog partner

    ReplyDelete
  5. kalau saya sendiri kebanyakan cuma meminggalkan link melalui komentar, seperti yang saat ini saya lakukan, langkung ke link aktif sebagai identitas

    ReplyDelete
  6. Kalau menurut saya, tukar link merupakan cara kurang apik mas, lebih baik gunakan artikel review saja

    ReplyDelete
  7. kalau saya palingan cuma blogwalking aja.. tapi boleh juga sih dicoba cara-cara nyaa..

    ReplyDelete
  8. wah ini toh cara terbaiknya, mana yang berkualitas dan mana yang tidak. sangat bermanfaat ini ulasan untuk SEO blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo hanya untuk meningkatkan da pa blog bisa dicoba

      Delete
  9. kalau bgitu, hayuk kita bertukar link gan haha. biar dapt link berkualitas.

    ReplyDelete
  10. Siap menjadi relasi dan bertukar link hehehe

    ReplyDelete
  11. bw blog saya juga gan... ( www.tutorgitar.site )

    ReplyDelete

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus

Notification
Selamat menikmati postingan artikel di Webillian.Com semoga bermanfaat.
Done