Pengertian Backlink dan Cara Mendapatkan Backlink - webillian.com
News Update
Loading...

Pengertian Backlink dan Cara Mendapatkan Backlink

Cara Mendapatkan Backlink agar SEO


Dalam dunia blogging, SEO (search engine optimization) adalah cara dan teknik yang harus dipahami oleh seorang blogger agar bisa mencapai page one dan dikenal oleh banyak orang. Salah satu teknik SEO ini adalah melalui backlink. Apa itu backlink? Bagi orang yang masih baru mendalami dunia blogging tentu masih belum paham pengertian backlink.

Backlink secara singkat adalah sebuah tautan link yang menuju ke blog atau website kita. Semakin banyak backlink, blog kita akan dikenal orang dan mesin pencari google. Hal ini dapat meningkatkan ranking blog kita dipencarian mesin telusur.

Lalu bagaimana teknik untuk mendapatkan backlink tersebut?

Cara mudah mendapatkan backlink

1. Berpartner dengan blog lain

Kok bisa? Biasanya blog yang berpartner akan saling menanamkan link website kita di blog orang yang kita ajak berpartner tersebut, otomatis di blog partner kita tersebut terdapat link yang mengarah ke blog atau website kita. Namun perlu diingat kita juga harus mencari partner yang benar-benar amanah. Artinya dua orang yang berpartner harus saling menanamkan link partnernya tersebut.

cara mendapatkan backlink
backlink 

2. Share Ke media social

Media social merupakan salah satu alat yang cukup efektif untuk mendapatkan backlink. Dengan men-share artikel kita, orang yang tertarik tentu akan membuka link yang kita share tersebut. Walaupun cara ini hanya efektif untuk sementara. Tapi apabila kalian rutin, bukan tidak mungkin blog kita akan dikenal oleh banyak orang apabila konten yang kita share memang memiliki banyak manfaat bagi orang lain.


3. Artikel yang jelas dan bermanfaat

Kalua artikel kita memiliki sumber yang jelas, akurat, dan bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya bisa menjadi referensi orang lain dalam membuat konten dan menanamkan sumber link dari blog kita.

4. Berkomentar di blog

Saat kita berkomentar di blog orang lain berarti kita sama saja meninggalkan jejak di blog orang tersebut. Dan biasanya orang tersebut akan melihat profil kita, apabila tertera suatu situs web kemungkinan besar akan dikunjungi balik. Cara ini sebenarnya bisa dilakukan dengan meninggalkan link yang mengarah ke situs kita, untuk kunjungan pertama cara ini tidak masalah sebagai perkenalan kita. Tapi untuk kedepannya sebaiknya tidak perlu menaruh link lagi jika pemilik blog tersebut telah mengenal kita


Nah itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan backlink, penulis pun menerapkan cara tersebut untuk mendapatkan backlink. Semoga tips mendapatkan backlink tersebut bisa bermanfaat. Mungkin itu saja dari penulis. Apabila ada masukan silahkan berkomentar dan mari saling berdiskusi.

Share with your friends

8 komentar

  1. Sangat membantu mas apalahi saya masih pemula

    BalasHapus
  2. Semoga bermanfaat mas, terima kasih telah berkunjung

    BalasHapus
  3. Nomor tiga kayaknya jarang yang melakukannya secara jujur. Kebanyakan mencuri artikel tanpa mencantumkan link sumber. Juga pernah blog gua diagc beberapa kali dan sempat juga dapat backlink. Makanya kalau ada yang agc blog gua pasti bakal ketahuan..

    BalasHapus
  4. Sekarang emang banyak yg pada nyuri artikel om, mungkin bisa dilaporkan aja itu

    BalasHapus
  5. Untuk yang terakhir, menitipkan link sendiri di komentar blog rasanya agak aneh menurutku walaupun niatnya baik agar dikunjungi baik. Tapi percayalah tuan rumah yang baik pasti akan selalu berkunjung balik ke rumah tamunya tanpa perlu tamu menitipkan barangnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di profil tertera situs, selalu ada feed back pak kalo saya

      Hapus
  6. Terus terang yang share ke media sosial ini baik di grup / akun pribadi belum pernah. Soalnya profil dan isi blog berbanding terbalik. Agak malu juga ngeshare blog "begini" yang nantinya orang-orang dalam lingkar teman fb saya bakal tau. Paling jalan-jalan blog doang atau pindah ke media sosial lain selain fb. wkawkawk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sendiri pun sebenarnya malu kalo share di fb pribadi, kalo di grup komunitas mah enggak soalnya gak ada yg kenal wkwkwkw

      Hapus

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus

Notification
Selamat menikmati postingan artikel di Webillian.Com semoga bermanfaat.
Done