Pemain dibalik Layar Suksesnya Pemilu dan Carut Marutnya - webillian.com
News Update
Loading...

Pemain dibalik Layar Suksesnya Pemilu dan Carut Marutnya


Tanggal 17 April 2019 kemarin bangsa Indonesia baru saja menyelenggarakan hajatan yang sering disebut sebagai pesta rakyat atau pesta demokrasi. Tapi tahukah kalian bahwa suksesnya pemilu serentak 2019 tidak lepas dari kerja keras siang dan malam para pemain dibalik layar, ya walaupun sampai tulisan ini diterbitkan masih ada carut marut dan keluh kesah yang masih menghinggapi. Dari yang kita ketahui hingar bingar gemerlap pesta demokrasi terasa sampai keseluruh negeri. Lalu siapakah para pemain dibalik layar yang ikut menyukseskan pemilu? Siapa lagi kalau bukan KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara).

Dari kacamata orang lain mungkin terlihat bahwa tugas sebagai KPPS itu hanya sepele, seperti di TPS mendata pemilih, mengawasi pemilih, dll. Ya memang terlihat mudah, tapi butuh ketelitian, pemahaman, dan perjuangan yang luar biasa. Pada kenyataannya, masih banyak sekali kesalahan yang ada seperti salah hitungan, ketidakcocokan kartu suara, dll. Hal ini wajar, anggota KPPS bekerja siang dan malam tanpa henti, dampak dari kelelahan tersebut yang bisa memicu kesalahan.

Disini penulis sedikit menceritakan pengalaman menjadi KPPS, ya ini merupakan pengalaman pertama kali, ada rasa grogi, canggung, dan takut salah pastinya. Tapi syukurlah, didukung teman-teman anggota kelompok semua berjalan dengan lancer walaupun sebenarnya ada kendala juga ditengah pelaksanaan, wajar masih pemula. Awalnya penulis piker proses penghitungan suara akan berjalan cepat. Tapi siapa sangka butuh waktu berjam-jam untuk menyelesaikan penghitungan suara, itu pun belum sambal merekap hasil dikarenakan belum paham pembagian tugasnya. Alhasil penghitungan suara yang dimulai pukul 13.30 itu baru selesai pukul 00.00 malam harinya. Wow luar biasa.. haha..

Diantara rasa kantuk yang mengganggu, penulis dan anggota KPPS yang lain tetap semangat bekerja membuat rekapan yang banyak sekali, lampiran-lampiran yang harus ada untuk dikirim, Salinan-salinan form, banyak sekali tentunya. Butuh perjuangan memang ketika rekapan baru selesai pukul 04.00 pagi lalu baru bisa dikirimkan, lega rasanya mengetahui sudah selesai.

Ulasan diatas mungkin singkat cerita dari penulis, dan dari opini penulis pemilu kali ini berasa sangat memprihatinkan. Penulis merasa sangat prihatin dengan berbagai kejadian seperti banyaknya yang meninggal dunia, pemungutan suara yang diulang, pembayaran honor yang terlambat, dll. Berbagai polemik tersebut tentunya bisa dijadikan pertimbangan KPU sebagai otoritas tertinggi pelaksana jalannya pemilu, bahwa pemilu serentak ini menurut penulis sendiri tidaklah efektif. Lihat saja dampak yang ditimbulkan kelelahan yang berakibat meninggal dunia karena bekerja siang malam tanpa henti. Bukan hanya anggota KPPS, tapi juga anggota PPS, apparat keamanan, dll, yang telah menjadi korban.

Yah mungkin itu sedikit unek-unek yang ingin penulis sampaikan. Apabila kalian ada masukan dan pengalaman yang sama silahkan berkomentar dan mari saling berdiskusi.

Share with your friends

5 comments

  1. luar biasa ya gan para petugas pemilu bekerja keras demi terlaksananya pesta demokrasi, semoga saja mereka yang gugur diterima disisiNya amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang, semoga bis jadi evaluasi pemerintah

      Amin..

      Delete
    2. bener gan, harus di evaluasi, apakah mau digabung lagi pemilu nya sama pilpres, dan yang paling penting perlu ada asuransi bagi petugas, agar bisa lebih nyaman dan aman dalam bekerja di kpps :)

      Delete
  2. Semoga saja Negeri Ini mendapatkan Pemimpin yang Benar2 peduli sama rakyatnya.. dan penegakkan hukum antara Pejabat dan Rakyat sama,, tidak ada perbedaan. "Sebuah Harapan Untuk NKRI"

    ReplyDelete

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus

Notification
Selamat menikmati postingan artikel di Webillian.Com semoga bermanfaat.
Done