Kesalahan yang Sering Dilakukan Blogger Pemula - webillian.com >
News Update
Loading...

Kesalahan yang Sering Dilakukan Blogger Pemula



Kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula

Setiap manusia tentu tidak bisa luput dari yang namanya kesalahan karena ini memang kodrat manusia itu sendiri. Disadari atau tidak kesalahan itu merupakan sebuah batu pijakan menuju kesuksesan bagi mereka yang mau memperbaiki diri.

Bagi seorang yang baru mengenal dan terjun di dunia blogging atau biasa disebut blogger pemula sudah pasti sering melakukan kesalahan entah disadari atau tidak karena jelas masih minim pengetahuan tentang dunia blogging.

Berikut penulis akan sedikit mengulas kesalahan apa saja yang perlu dihindari blogger pemula . Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi penulis dan beberapa referensi sumber lain.

1. Terburu-buru

Kita tentu sudah tahu bahwa dari blog kita bisa menghasilkan uang dengan cara salah satunya menjadi publisher Google Adsense. Kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula adalah terburu-buru mendaftarkan blognya ke Google Adsense walaupun umur blog masih baru dan artikel belum banyak. Hal ini tidaklah salah, tapi darimana profitnya?
Solusi : cobalah menaikkan visitor atau pengunjung terlebih dahulu, karena biasanya blog baru masih sepi pengunjung. Earning akan meningkat apabila pengunjung juga banyak.

2. Tidak konsisten

Banyak blogger pemula yang jarang update konten artikelnya atau update artikel tidak teratur. Banyak yang awalnya semangat, kemudian down dalam menulis artikel. Kalian tidak harus membuat dan mengupdate artikel tiap hari yang penting teratur dan konsisten.
Solusi : mungkin bisa dilakukan dengan menyusun jadwal kapan akan update artikel. Misal seminggu sekali. Yang penting tentukan jadwal free kalian

 

 

3. Membuat konten untuk mesin pencari

Terkadang kita lupa bahwa kita menulis untuk dibaca para pencari informasi. Mesin pencari akan memilah artikel untuk menjadi yang teratas. Sehingga kita mungkin berpikir untuk memasang dan menumpuk keyword sebanyak banyaknya di artikel. Hal ini justru akan merusak komposisi tulisan kita karena bisa jadi kita mengulang ulang kata kunci yang sama agar SEO On Page menjadi maksimal
Solusi : buatlah artikel untuk pengunjung. Maksudnya adalah sesuai apa yang dibutuhkan dan dicari pengunjung, intinya tulisan anda mengandung informasi yang berguna. Perhatikan juga tulisan kita apakah enak dibaca atau tidak

4. Tidak mau belajar

Dalam dunia blog banya yang harus dipelajari agar blog kita berkembang dan sukses. Namun faktor ini banyak sekali diabaikan oleh banyak blogger pemula. Hal ini mungkin wajar karena dunia blog itu luas.
Solusi : perbanyaklah membaca artikel artikel tentang dunia blogging, konsultasi dengan para blogger yang telah sukses atau lebih tahu, Belajar mengenai seo, bangun jaringan dengan blogger lain, dll.

5. Fokus pada hal teknis

Hal teknis sebenarnya pun perlu diperhatikan namun jangan terlalu fokus, misalnya kita sering otak atik atau sering sekali mengganti template, mengotak atik menu, dll. Hal ini dapat mengganggu fokus kita dalam membuat konten.

Solusi : ingat, konten adalah raja. Utamakan fokus menulis artikel dan nomer duakan hal hal teknis semacam itu. Bisa juga dengan memantapkan dahulu dalam membangun tampilan blog kemudian fokuslah menulis.

6. Kurang menghargai proses

Banyak sekali yang menginginkan cara instan agar blognya cepat sukses. Padahal biasanya cara ini kurang efektif untuk perkembangan blog jangka panjang, contoh menggunakan trafik exchange, copas artikel, dll. Padahal dengan melalui proses bertahap yang benar kita akan mendapatkan berbagai pengalaman berharga, selain itu dapat membuat kita terus belajar sesuatu yang belum kita mengerti

Solusi : sabar, dan bila kita berhasil kita sendiri akan bangga dengan jerih payah yang pernah kita lakukan selama prose.

 


7. Copas artikel

Memang copas artikel membuat kita tidak perlu repot membuat konten, tapi bisakah dengan copas membuat kita belajar? Entah itu belajar menulis artikel, belajar menemukan ide baru, dll. Kalo hanya copas kita tidak bisa mengembangkan kreativitas kita dalam membuat konten. Yang ada hanyalah konten sampah bertebaran di blog kita.

Solusi : banyak membaca, bolehlah kita menggunakan tulisan orang lain sebagai referensi. Tapi setelah itu kembangkan dan tulislah dengan kalimat kalian sendiri.

8. Terlalu memikirkan trafik

Blog yang sepi memang membuat blogger menjadi stress kalo terlalu dipikirkan

Solusi : belajar seo, perbanyak jaringan dengan blogger lain, share ke media sosial, promosikan postingan, dll.

Nah mungkin itu beberapa kesalahan blogger pemula yang sebaiknya dihindari. Apabila ada masukan silahkan berkomentar dan mari saling berdiskusi.

Share with your friends

4 komentar

  1. Betul sekali ini artikel yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. wah ternyata banyak sekali kesalahan yang sudah saya lakukan ya gan, sebagai blogger pemula, ijinkan ane di blog suhu yang keren ini, makasih banyak gan atas info nya :)

    BalasHapus
  3. Pernah saya lakukan semuanya kecuali traffic dan konten untuk mesin pencari. Syukurlah sekarang gak lagi melakukan hal-hal di atas. Kecuali nggak konsisten masih sering wkwkwkwk.

    Btw, kunjungi blog ku min:

    http://www.animangakun.blogspot.com

    Kalau bisa sih komen juga :v

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus

Notification
Selamat menikmati postingan artikel di Webillian.Com semoga bermanfaat.
Done