Bolehkah Blogger Pemula Membuat Tutorial Ngeblog? - webillian.com
News Update
Loading...

Bolehkah Blogger Pemula Membuat Tutorial Ngeblog?


Beberapa hari yang lalu penulis sempat membuka sebuah grup komunitas blogger. Penulis sempat menemukan sebuah postingan yang menyarankan atau lebih tepatnya menyatakan bahwa blogger pemula sebaiknya tidak usah membuat tutorial ngeblog, yang katanya tutorial ngeblog telah dikuasai oleh blogger yang lebih dulu eksis dan bisa dibilang mastah atau senior atau suhu (guru).

Penulis sebenarnya kurang setuju dengan pernyataan itu. Perlu untuk diingat bahwa blogger yang baru mendalami dunia blogging pun belajar untuk mengembangkan blognya. Toh mereka juga telah melewati beberapa fase dalam mempelajari seputar blog.

Contohnya, blogger pemula membuat tutorial cara membuat blog. Seorang blogger tentu sudah mempunyai blog, nah jika dia memposting artikel tentang tutorial membuat blog menurut penulis itu bukanlah masalah karena dia telah melewati fase itu dan tentu dia telah paham apa yang ditulisnya.

Selama yang memosting artikel tersebut telah mendalami, mempelajari, mengetahui, dan memahami tentang apa yang ditulisnya seputar tutorial ngeblog, bukankah sah-sah saja dia menulis hal tersebut. Contoh lain semisal dia memposting artikel tentang cara setting robot txt, jika dia memang sudah mempelajarinya tidaklah salah memposting artikel tentang itu dengan tulisannya dan bahasanya sendiri.

Yang salah adalah memposting suatu artikel tanpa tahu tentang apa yang ditulisnya. Sudah tidak tahu, hasil copy paste lagi ini yang sangat parah dan sangat disayangkan. Ngeblog adalah tentang berbagi ilmu dan belajar, bukan soal jiplak menjiplak.



Oke mungkin itu alasan pertama, alasan kedua adalah ngeblog merupakan salah satu kebebasan berekspresi dimana berekspresi merupakan hak setiap manusia yang hidup. Jadi mereka bebas menulis apa saja yang dikehendakinya dengan catatan tetap memperhatikan etika, kaidah, norma, dan hukum yang berlaku.

Kemudian alasan ketiga mungkin ini adalah alasan utama. Apakah itu? Kalo kita bisa menang dan merebut posisi dari para mastah terdahulu kenapa tidak. Bukankah akan keren jika kita bisa menggeser para senior kita. Para suhu terdahulu pun semuanya juga belajar sebelum menjadi blogger sukses. Akan ada suatu kebangganan apabila artikel seputar tutorial ngeblog yang kita buat bisa mengalahkan artikel para mastah yang menguasai halaman pertama pencarian. Bukankah kita telah belajar dari yang sudah-sudah, bukan tidak mungkin kita bisa menembus halaman pertama hasil pencarian. Namun semua itu tentu harus didapat dengan konten berkualitas.

Jadi inti dari artikel diatas adalah blogger pemula sah-sah saja membuat konten seputar tutorial ngeblog

Share with your friends

12 comments

  1. Gk ada masalah mau siapa pun orangnya, kalau pun pemula tapi sudah pernah mengalami beberapa hal yang bisa dibilang dapat dijadikan tutorial, kenapa enggak?

    Justru malah yang pemula ini biasanya bakal nemu banyak pengalaman baru, misal coba pasang ini dan itu diblognya ternyata bisa meningkatkan kualitas suatu artikel, kan bisa di share juga terus jadi tutorial untuk dibagikan ke sesama blogger atas pengalaman baru sendiri.

    Ya intinya benar, sah-sah saja asal tidak kopas sesuai pengalaman sendiri.

    ReplyDelete
  2. Nah itu bener om, akan selalu ada perkembangan

    ReplyDelete
  3. Betul tuh. Banyak blog-blog milik pemula yang posting tentang tutorial ini itu. Giliran saya tanya tentang tutorial itu mereka diam aja yang menandakkan mereka nggak tahu apa-apa :v dengan kata lain mereka copas :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu yg bahaya om soalnya gak bisa dipertanggungjawabkab

      Delete
  4. saya dulunya sebagai pemula, membuat blog full tutorial and widget blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ane juga bakalan buat kalo udah pernah ngelakuin tutor tersebut

      Delete
  5. Justru menurut gua, bagi para bloger pemula menulis tutorial itu bisa mengasah bakat menulis pada tahap awal. Tapi ada syaratnya, jangan sampai yang buat tutorial itu ngawur dan menyesatkan 😂. Yang penting penulisnya sudah pernah mempraktekkannya dan mengalaminya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener gan, yg penting kita tahu isi apa yg kita tulis

      Delete
  6. wah ane termasuk pemula nih gan jadi belum begitu paham tutorial :)

    ReplyDelete
  7. Saya juga tidak setuju jika pemula tidak boleh membuat tutorial. Justru dari hasil belajarnya, dituangkan dalam postingan blognya, itulah tutorial yang original. Asal benar-benar berdasar dari materi yang dikuasai.

    ReplyDelete
  8. setuju banget gan,,
    asal itu karya sendiri dan bermanfaat bagi orang lain, kenapa tidak boleh?

    ReplyDelete

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus

Notification
Selamat menikmati postingan artikel di Webillian.Com semoga bermanfaat.
Done