Blogger atau Youtuber - webillian.com
News Update
Loading...

Blogger atau Youtuber

Di era revolusi industri 4.0 sekarang ini segala sesuatu telah berubah dan berkembang kearah digital, tak terkecuali dalam hal bisnis. Dalam hal bisnis direvolusi industri 4.0 setidaknya ada 2 aktivitas dunia bisnis digital yang cukup menarik dan digandrungi akhir-akhir ini apalagi kalau bukan blogger dan youtuber. Bahkan dari beberapa kali pengamatan di grup komunitas facebook pernah ada yang bertanya kira-kira seperti ini “lebih enak jadi blogger atau youtuber?”. Sontak pertanyaan itu memunculkan ide untuk menulis artikel ini. 

Dari pertanyaan tersebut muncul beberapa tanggapan yang berbeda-beda, ada yang bilang enak jadi blogger tapi ada juga yang bilang lebih baik jadi youtuber. Hal ini berdasarkan persepsi masing-masing, blogger tentu menjawab lebih enak ngeblog dan youtuber tentu akan menjawab lebih baik jadi youtuber. Dan ada satu lagi pernyataan yang membuat penulis tertarik mengulas tulisan ini, seorang anggota grup pernah ada yang bilang gaji menjadi youtuber lebih besar dari blogger. 

Ok mungkin cukup itu saja pengantar dan basa-basinya. Dan menurut kacamata penulis konteks pertanyaan dan pernyataan diatas sebenarnya memiliki jawaban relative. Ingat bahwa setiap orang mempunyai selera yang berbeda-beda, jadi jangan samakan persepsi antara orang lain dengan anda. Setiap orang berhak memilih dan menentukan pilihannya masing-masing. kalau kalian mencari kesuksesan seperti mencari uang melalui dua platform tersebut sebenarnya semuanya tidaklah enak dan tidak ada yang lebih baik. Semua itu sebenarnya sama, butuh usaha, niat, fokus, konsisten, tekun, ulet, dan mungkin masih banyak lagi faktor penentu suksesnya. 

Coba simak dibeberapa grup blogger maupun youtuber, tanpa usaha diatas semua juga sia-sia, gak ada yang gampang dan gak ada lebih bagus. Jika diperhatikan berapa banyak blogger dan youtuber yang bertumbangan dalam membangun channel maupun blog. Ini menandakan semua butuh usaha dan kerja keras serta proses yang tidak instan dan sebentar bahkan proses bisa sampai bertahun tahun. Tapi kunci semua itu adalah belajar dan konsisten. Cari tau apa yang kurang dari channel atau blog kita, kemudian perbaiki dan terus maju. Buat konten yang menarik dan original, dengan jangan melupakan trik marketing yang baik. 

Kemudian soal pernyataan youtuber memiliki gaji yang lebih besar dari blogger itu tidak sepenuhnya benar. Kembali lagi keawal, cara sukses orang juga berbeda-beda. Blog dengan visitor banyak dan sudah dimonetisasi juga bakalan memiliki penghasilan yang besar sama halnya dengan youtube. Kedua platform tersebut bahkan bisa untuk saling mempromosikan produk, jika mempunyai trik marketing yang benar dan tepat hasilnya pun sebenarnya sama saja semua menguntungkan. 

Jadi sebenarnya semua tergantung kita sendiri untuk memilih yang mana, jika masih bingung mungkin tulisan berikutnya akan penulis paparkan mengenai gambaran mengapa harus memilih blog atau youtube. Oke sekian dulu tulisan kali ini, apabila ada masukan silahkan berkomentar dan mari saling berdiskusi.

Share with your friends

10 komentar

  1. Blogger bagus, youtuber juga bagus, tergantung kita lebih suka yang mana, dan passion kita kemana, jadi tergantung individu masing masing mungkin ya gan

    BalasHapus
  2. ane lebih suka ngeblog kayaknya gan, kalau youtuber nggak bakat bikin video :D

    BalasHapus
  3. Tergantung setiap pribadi. Kalau gua sih dua duanya, blogger dan youtube. Biasanya ada artikel tutorial yang rumit, dengan demikian gua buatin videonya di youtube dan embed di postingan itu :v

    Sebagian besar orang nongkrong di youtube karena hanya untuk hiburan saja. Kalau masalah tutorial, blog masih merajai...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yapp semua memang tergantung pribadi masing" juga bang, sesuaikan juga dengan skill yg dimiliki

      Hapus
  4. Sepertinya lebih enak jadi blogger tak perlu buat video kalau mau posting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kalo emang punya skill editing gak masalah om

      Hapus
  5. Semua sudah ada jalannya...youtuber butuh kreatifitas yang lebih tapi kontennya lebih banyak hiburan atau selingan, kalau blog butuh pengetahuan lebih karena kontennya lebih ke wawasan jadi lebih everlasting...kurang lebih begitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang konten video untuk pendidikan masih sepi

      Hapus
  6. Bikin konten blog aja udah ketetera nih, gmn jadi yutuber yah. Kalo cmn asal2 aja yah percuma juga. perlu totalitas

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus

Notification
Selamat menikmati postingan artikel di Webillian.Com semoga bermanfaat.
Done