Apa itu Jingling? Manfaat dan Bahaya Jingling - webillian.com >
News Update
Loading...

Apa itu Jingling? Manfaat dan Bahaya Jingling

Seorang penulis yang bergelut didunia blogging, mendapatkan visitor merupakan hal yang sangat diinginkan. mendatangkan banyak sekali visitor bisa mendapatkan kepuasan tersendiri bagi blogger. Sehingga banyak cara dilakukan entah dengan cara legal maupun ilegal. Salah satu cara ilegal yang sering digunakan adalah menggunakan jingling. Bagi yang belum tahu apa itu jingling? Apa manfaat dan bahaya menggunakan jingling?
pengertian jingling
Bot jingling

Pengertian jingling

Secara singkat Jingling adalah sebuah situs web berasal dari Cina yang menyediakan tool visitor secara gratis untuk mengunjungi situs website atau blog tujuan. Tool visitor ini bermaksud memberikan pengunjung kepada alamat blog yang dituju. Bisa blog sendiri maupun blog orang lain. lalu apa dampak postif maupun dampak negatif menggunakan jingling?

Manfaat jingling

1. Mendapatkan banyak visitor

Hal ini jelas karena jingling memang menyediakan jasa pengunjung blog secara gratis. Akan tetapi visitor tersebut bukanlah seorang manusia atau pengunjung organik melainkan sebuah kumpulan robot atau bot.

2. Merampingkan Alexa Rank

Beberapa blogger yang masih menganggap bahwa Alexa rank penting, akan menurunkannya dengan cara ini. kenapa bisa? Karena penilaian Alexa rank hanya berdasarkan visitor, entah itu visitor bot maupun manusia semua dihitung.

Akan tetapi disamping memiliki manfaat tentu saja tool ini juga mempunyai kerugian jika digunakan. Apa saja kerugiannya?

Bahaya menggunakan jingling

1. Dianggap blog sampah

Teknologi dari google dari waktu ke waktu semakin canggih dan semakin pintar dalam memilah dan menelusuri para blogger yang berbuat curang. Dengan terus memperbaiki diri, Google mampu mendeteksi mana blog yang menggunakan visitor bot dan mana yang memang visitor organik. Jangan sampai hanya karena ingin cara instan, malah memperburuk alamat blog kita akibat di cap sebagai blog atau website sampah.

2. Posisi SERP menurun

Ingat, teknik ini hanya akan meningkatkan Alexa Rank saja tapi tidak dengan SERP (Search Engine Result Page) atau biasa disebut hasil penelusuran. Justru hal ini bisa menurunkan posisi SERP jika sudah dianggap website sampah oleh Google.

3. Visitor normal berkurang

Visitor normal maksudnya adalah pengunjung organik bukan bot. Kalo melihat dari pengalaman yang sudah sudah, website atau blog yang kena jingling maupun yang menggunakan jingling mengalami penurunan visitor. Penulis tidak tahu apakah itu efek dari point nomer 2 atau bukan.

4. Dibanned

Dan yang paling parah akibat penggunaan tool ini adalah dibanned. Apalagi jika situs web atau blog kita sudah di adsense bisa dengan mudah di banned oleh Google. Tidak hanya situs nya tapi juga akun adsense kita bisa ikut kena banned. Sudah jelas menggunakan jingling memang melanggar aturan kebijakan google, jadi wajar apabila ada blog yang dibanned akibat jingling.

Memang jingling sangat berbahaya digunakan entah itu untuk blog sendiri apalagi orang lain bisa sangat merugikan tentunya. seperti belakangan ini marak sekali blogger yang berusaha menjatuhkan blog orang lain dengan menggunakan jingling. Sunguh cara yang licik untuk berkompetisi secara sehat.

Nah mungkin itu dulu dari penulis, nantikan artikel berikutnya. Apabila ada masukan silahkan berkomentar dan mari saling berdiskusi.

Share with your friends

11 komentar

  1. huhu situsnya juga ikut kena banned ya

    BalasHapus
  2. Menurut beberapa sumber bisa om, terutama yg udah ada adsensenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. okey. nice info... coz mengkhawatirkan juga jika web ikut dibanned

      Hapus
  3. Wah,,,ini gawat om kalau gini,,,ada cara blog url jingling ini....susah payah bangun blog kena banned....www.nyampling .com

    BalasHapus
  4. Ngeri juga kalau sampe dibanned. Tapi menurutku visitor yang baik adalah yang organik. Prinsip ngeblogku sih, mau visitor banyak atau sedikit yang penting isi postingannya bisa bermanfaat. Karena saya percaya tiap tulisan punya pembacanya masing-masing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yapp setuju sama pendapat njenengan, yg penting adalah konten

      Hapus
  5. Makasih pencerahannya mas. Baru ngeh ada yang beginian

    BalasHapus
  6. yang ngeri kalo sampe dibanned itu gan,,
    nice artikel

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus

Notification
Selamat menikmati postingan artikel di Webillian.Com semoga bermanfaat.
Done