Antara Jingling dan Fairplay - webillian.com >
News Update
Loading...

Antara Jingling dan Fairplay



Dalam kehidupan sehari hari manusia selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik. Entah itu dalam hal sosial, olahraga, maupun bisnis. Bicara mengenai bisnis, di era sekarang yang sedang menatap revolusi industri 4.0, persaingan semakin ketat. Kita disuguhkan dengan berbagai kemajuan dan peralihan. Bisnis telah berkembang pesat, tumbuh subur, dan beralih ke bidang bisnis digital. Ditandai dengan semua kemudahan, semakin instan, dan tanpa batas. Dan bisnis digital pun sekarang ini menjadi semakin ketat.

Menjadi seorang blogger juga merupakan salah satu bentuk bisnis digital yang sekarang banyak dilakukan orang, walaupun tidak semua nya untuk keperluan bisnis. Kembali pada pengantar diatas, blogger pun berusaha untuk menjadi yang terbaik dan teratas, bisa dikatakan kita semua sedang bersaing sekarang ini.

Dan jelas semua itu adalah faktor kesengajaan. Lalu apa yang medasari perbuatan curang tersebut? jawabannya banyak dan bisa bermacam macam. Biasanya mereka tidak mampu untuk bersaing secara sehat, tidak mampu berkompetisi secara adil, tidak mau berlomba secara jujur, tidak mampu bertarung secara bersih, dan masih banyak lagi faktor yang lain.

Sama hal nya para pelaku jingling yang belakangan ini sangat marak terjadi. Banyak teman-teman blogger yang menjadi korban, dampak yang diakibatkannya pun beragam. Banyak yang trafiknya menjadi turun padahal baru mau berkembang. Ada yang disuspend adsense karena dikira trafik tidak valid, dan masih banyak tentunya dampak dampak negatif bagi para pelaku jingling.

Tindakan semacam itu juga termasuk pelanggaran etika dan moral. Bagaimana tidak? Mereka berusaha menjatuhkan blog yang mungkin dianggap menjadi pesaing dengan cara kotor. Kalau memang belum mampu bersaing ya belajar dan berusaha. Kalau memang tidak mampu ya ganti opsi lain. bukan dengan jingling dan menjatuhkan pakai cara kotor. Buanglah pemikiran sempit, dangkal, dan primitif kalian kaum jingling. Bukankah akan lebih puas bila kita bisa sukses dengan cara fairplay dan kemampuan sendiri walaupun harus menunggu lama daripada dengan cara kotor dan menjatuhkan kawan seperjuangan. 

Mungkin itu saja sedikit opini singkat dari penulis, apabila ada masukan silahkan berkomentar dan mari saling berdiskusi.

Share with your friends

6 komentar

  1. Yang jingling sumpah gak ada kerjaan dah. W udah dijingling 2 kali dan masih berusaha sabar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya iri atau iseng itu, sabar ya om

      Hapus
  2. Jangan lupa dengan copaser. Yang suka jingling memang gak ada kerjaan. Kasihan kan yang udah punya saldo di adsesnse banyak ehh kena jingling dan akunnya tersuspend.

    Dan kebanyakan mereka yang melakukan jingling ke blog orang lain adalah orang yang tidak mampu bersaing dengan blogger lainnya. Bahkan dalam artikel yang gua buat beberapa hari lalu, sempat menyinggung para pelaku jingling serta tukang copas/agc dan alhasil blog gua kena jingling walaupun tidak terlalu banyak sih tapi cukup mengganggu. Dan untungnya selama ini gua pasang iklan di blog cuma dua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih untuk masukannya om, tetap semangat menulis walaupun udah kena jingling

      Hapus
  3. bener banget gan, sekarang katanya indonesia sudah masuk revolusi industri 4.0, jadi harus siap dengan segala perubahannya ya terutama di dunia industri ;)

    BalasHapus
  4. AJOQQ agen jud! poker online terpecaya dan teraman di indonesia :)
    gampang menangnya dan banyak bonusnya :)
    ayo segera bergabung bersama kami hanya di AJOQQ :)

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus

Notification
Selamat menikmati postingan artikel di Webillian.Com semoga bermanfaat.
Done