Tips Melakukan Running/Lari : Mendengarkan Musik atau Tidak - webillian.com
News Update
Loading...

Tips Melakukan Running/Lari : Mendengarkan Musik atau Tidak




Saat ini running atau lari merupakan salah satu olahraga yang cukup digemari dan sering dilakukan oleh banyak masyarakat di banyak negara. Hal ini tidak lain karena running adalah salah satu bentuk olahraga yang mudah dilakukan dan murah biaya namun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, menjaga kondis fisik, melatih otot, dll. Biasanya kita bisa melihat orang running memiliki 2 macam kebiasaan, yaitu..

Tipe 1 adalah orang yang running sambil mendengarkan musik

Tipe 2 adalah orang yang running tanpa mendengarkan musik

Menurut survei Runner’s World 2016, 61% pelari mengatakan mereka mendengarkan sesuatu sambil berlari. Menurut para ahli, berlari sambil mendengarkan musik memberikan manfaat antara lain :

1. Lebih Semangat

Setiap pelari pernah mengalami hari dimana mereka berlari untuk jarak yang jauh atau berlatih lomba marathon. Pada saat itu mereka membutuhkan motivasi lebih, salah satunya dengan mendengarkan lagu yang mereka sukai. Psikolog olahraga Costas Karageorghis, Ph.D mempelajari pengaruh positif musik terhadap para atlet. Ia sepakat bahwa musik bisa membantu para pelari meraih performa optimal ketika berlari. Sebuah penelitian dari journal of Strength and Conditioning Research mendukung asumsi tersebut. penelitian tersebut menemukan bahwa mendengarkan musik sebelum latihan lari atau maraton akan meningkatkan semagat dan membuat tubuh semakin siap menghadapi tantangan.



2. Menjaga Kecepatan

Ketika pelari banyak yang berlari tanpa mendengarkan musik karena mereka bilang agar bisa menjaga fokus, nyatanya menurut sebuah studi yang dilakukan oleh PLOS One, para pelari memiliki performa yang lebih baik ketika berlari sambil mendengarkan musik dengan tempo cepat. Hal lainnya adalah musik yang tepat juga bisa membantu tubuh untuk pulih setelat olahraga berat.



3. Terasa Lebih Ringan

Menurut sebuah studi yang dilakukan di Keele University, Inggris, mendengarkan lagu favorit dapat mereduksi tingkat usaha dan meningkatkan rasa ketika sedang berlari. Stimulasi dari musik bisa menghalangi stimuli internal seperti kelelahan, yang sinyalnya disampaikan ke otak ketika berada pada pertengahan sesi lari. Ketika persepsi mengenai kelelahan berkurang maka pelari dapat berlari dengan durasi yang lebih lama.




Hmm.. walaupun dari beberapa studi mengemukakan bahwa berlari sambil mendengarkan musik berdampak bagus saat beraktivitas tetapi ada juga studi yang mengemukakan bahwa berlari sambil mendengarkan musik juga mempunyai dampak negatif, diantaranya :



1. Menghalangi kepekaan seorang pelari terhadap suasana sekitar

2. Kemampuan dan kecepatan lari bergantung terhadap musik

3. Mengurangi pengalaman melakukan olahraga lari, atau tidak terlalu merasakan langkah-langkah saat berlari.



Kalo penulis sendiri berdasarkan dari pengalaman memang lebih memilih sambil mendengarkan musik ketika melakukan Running sendirian karena sebagai salah satu stimulus seperti yang telah dijelaskan diatas, dan lebih baik tanpa mendengarkan musik ketika berlari bersama dengan teman, atau orang lain yang kita kenal karena bisa mengurangi kepekaan terhadap sekitar kita. Penulis juga tidak memaksa pembaca untuk melakukan hal yang sama ketika berlari karena masing-masing individu tentu punya kecocokan masing-masing. so, itu terserah pembaca lebih cocok mana ketika berlari. Atau kalian punya pendapat lain? silakan berkomentar dan berdiskusi.

Share with your friends

Give us your opinion

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus

Notification
Selamat menikmati postingan artikel di Webillian.Com semoga bermanfaat.
Done