Saluran Pemasaran Global dan Distribusi Fisik - webillian.com >
News Update
Loading...

Saluran Pemasaran Global dan Distribusi Fisik




1. Saluran Distribusi Pemasaran Global


Saluran distribusi adalah serangkaian organisasi yang saling terkait dan terlibat dalam proses penyampaian atau penyaluran barang dan jasa dari ‘point of origin’ ke ‘point of consumption’ guna memenuhi kebutuhan pelanggan secara menguntungkan. Dalam konteks pemasaran global, manajemen saluran distribusi internasional mengacu pada proses menjalin dan mengembangkan relasi dengan berbagai pihak yang memfasilitasi transfer produk dan jasa dari produsen di suatu negara kepada konsumen di negara lainnya.


Distribusi global memiliki karakteristik khusus yang membedakannya dengan distribusi di pasar domestik. Karakteristik tersebut menyangkut kompleksitas variabel-variabel yang berpengaruh terhadap pilihan aktivitas-aktivitas internasional.


2. Tujuan dan Hambatan Saluran Distribusi


Tujuan pokok saluran distribusi adalah menciptakan utilitas bagi para pelanggan. Utilitas tersebut terdiri atas 5 kategori:


3. Utilitas tempat (place utility)


Yaitu ketersediaan produk atau jasa di lokasi yang nyaman dan mudah diakses pelanggan potensial.


4. Utilitas waktu (time utility)


Yakni ketersediaan produk atau jasa pada saat yang diinginkan oleh pelanggan tertentu.


5. Utilitas bentuk (form utility)


Yaitu produk diproses, disiapkan dan siap dimanfaatkan (ready to use), serta dalam kondisi yang tepat.


6. Utilitas informasi (information utility)


Yakni jawaban atas per-tanyaan dan komunikasi umum mengenai fitur dan manfaat produk yang tersedia.


7. Utilitas kepemilikan (ownership utility)


Menyangkut negosiasi dan peralihan hak milik atas produk atau jasa yang dipasafkan dari produsen ke konsumen.


Proses pembentukan saluran internasional untuk disesuaikan dengan tujuan perusahaan secara keseluruhan dihambat oleh empat faktor, yaitu :


8. Karakteristik Pelanggan


Jumlah pelanggan, distribusi geografis, pendapatan, kebiasaan berbelanja, dan reaksi terhadap metode penjualan yang berbeda semuanya bervariasi dari negara yang satu ke negara yang lain. Oleh karena itu memerlukan pendekatan saluran yang berbeda. Ingat, saluran menciptakan kegunaan bagi pelanggan.


9. Karakteristik Produk


Produk tertentu yang mempunyai sifat-sifat seperti standardisasi, mudah rusak, dijual dalam jumlah yang amat besar, memerlukan servis, dan harganya mahal mempunyai pengaruh penting pada ran­cangan dan strategi saluran. Misalnya, komputer adalah produk yang mahal, rumit yang memerlukan penjelasan dan analisis aplikasi yang difokuskan pada kebutuhan pelanggan. Seorang tenaga penjual yang terlatih atau “insinyur penjualan” amat cocok untuk tugas menciptakan kegunaan informasi bagi pembeli komputer.


10. Karakteristik Perantara


Perantara berada dalam bisnis un­tuk memaksimalkan laba mereka sendiri, bukan laba pemilik pabrik. Mereka terkenal oleh karena kegiatan “cherry picking”-nya, artinya, praktik memesan dari pabrik yang produk dan mereknya banyak dicari untuk menghindari usaha penjualan produk sebenarnya yang merupakan kegiatan “push”.


11. Karakteristik Lingkungan


Karakteristik umum dari lingkungan total adalah pertimbangan utama dalam rancangan saluran. Karena keadaan lingkungan ekonomi, sosial, dan politik secara internasional demikian bervariasi, terdapat kebutuhan untuk mendelegasikan kebebasan yang cukup besar kepada manajemen atau agen operasional lokal. Di Amerika Serikat, berbagai faktor membuat supermarket atau toko swalayan ma­kanan yang lengkap menjadi unit pedagang pengecer makanan yang utama. Banyak orang berbelanja ingin membeli persediaan makanan untuk se­minggu dengan sekali perjalanan ke toko tersebut


12. Struktur Saluran Distribusi


13. Produk Konsumen


Pemilik pabrik produk konsumen dapat menjual langsung kepada pelanggan (menggunakan tenaga penjual dari rumah ke rumah), dengan penjualan lewat pos (menggunakan katalog atau materi cetakan yang lain), atau lewat toko milik sendiri. Alternatif struktur saluran yang lain untuk produk konsumen adalah berbagai kombinasi tenaga penjual yang menjadi karyawan perusahaan dan yang menjadi karyawan pedagang besar untuk melayani outlet eceran, yang kemudian menjual kepada pelanggan. Di suatu negara tertentu pada suatu waktu, berbagai kelas produk akan mempunyai karakteristik pola distribusi berkaitan dengan ini. Di Jepang, misalnya, terdapat beberapa lapis pedagang besar berskala kecil yang memainkan peran penting dalam distribusi makanan.


14. Perdagangan Eceran Global


Perdagangan eceran global merupakan kegiatan eceran yang melewati batas-batas negara. Perbedaan besar terjadi dalam pedagang pengecer internasional dewasa ini termasuk hilangnya secara perlahan-lahan struktur eceran kolonial dan digantikan oleh organisasi pengecer internasio­nal yang beroperasi di negara-negara industri.


15. Produk Industri


Tiga unsur dasar terlibat: tenaga penjual pabrik, distributor atau agen, dan pedagang besar. Sebuah pabrik dapat menghubungi pelanggan lewat tenaga penjualnya sendiri, atau tenaga penjual yang mengunjungi pedagang besar yang kemudian menjual kepada pelanggan, atau kombinasi dari dua macam cara tadi. Pabrik dapat menjual langsung kepada pedagang besar tanpa menggunakan tenaga penjual, dan pedagang besar dapat memasok pelanggan. Akhirnya, distributor atau agen dapat mengunjungi pe­dagang besar atau pelanggan mewakili pabrik.


16. Strategi Saluran Distribusi untuk Memasuki Pasar Baru


Perusahaan global yang mencoba untuk masuk ke pasar seperti itu harus menyediakan insentif bagi agen saluran atau membuat sendiri sistem distribusi langsung. Perusahaan mungkin menawarkan penundaan pembayaran di samping bonus untuk pembayaran tunai atau mengadakan kontes penjualan dan memberikan penghargaan kepada peme­nangnya. Dalam pasar kompetitif dengan harga yang cukup tinggi, insentif dapat berupa jaminan laba kotor. Alternatif mendirikan distribusi langsung di pasar baru juga mempunyai kelemahan, karena mahal. Perwakilan penjualan dan manajemen penjualan harus direkrut dan dilatih. Walaupun begitu, sering kali ini merupakan metode paling efektif. Bah­kan dalam beberapa keadaan, distribusi langsung merupakan satu-satunya cara yang layak bagi se­buah perusahaan untuk memasuki sebuah pasar. Dengan menggunakan tenaga penjual, perusahaan dapat memastikan kegiatan penjualan yang agresif dan perhatian pada produknya. Komitmen sum­ber daya yang memadai pada kegiatan penjualan, didukung oleh program komunikasi yang mema­dai (termasuk periklanan) dalam waktu yang cukup dapat membawa perusahaan yang menghasilkan produk kompetitif dengan harga kompetitif merebut pangsa pasar yang masuk akal. Kalau tujuan pangsa pasar telah dicapai, perusahaan mungkin mempertimbangkan untuk beralih dari tenaga pen­jual langsung ke pedagang perantara independen. Pergeseran ini menjadi suatu kemungkinan kalau pangsa pasar dan pengakuan pasar membuat merek perusahaan tadi menarik pedagang perantara in­dependen.


17. Inovasi Saluran Distribusi Internasional


Terdapat empat acuan yang dirumuskan untuk menjelaskan keadaan dan tingkat inovasi dalam saluran eceran, yaitu :


1. Inovasi hanya terjadi dalam sistem yang telah berkembang amat canggih. Pada umumnya, agen saluran dalam sistem yang kurang berkembang akan mengadaptasi perkembangan yang telah dicoba dan diuji dalam sistem yang berkembang lebih canggih.


2. Kemampuan suatu sistem untuk mengadaptasi inovasi dengan sukses berkaitan langsung dengan tingkat perkembangan ekonomi. Tingkat perkembangan ekonomi minimum tertentu diperlukan untuk mendukung apapun yang lebih dari metode penjualan eceran yang paling sederhana.


3. Kalau lingkungan ekonomi menguntungkan perubahan, proses adaptasi mungkin tidak terhambat atau terbantu oleh faktor demografi/geografik lokal, adat istiadat sosial, tindakan pemerintah, dan tekanan pesaing.


4. Proses adaptasi dapat dipercepat dengna tindakan agresif dari perusahaan masing-masing.


18. Efektivitas Saluran Distribusi Global


Dalam memilih anggota saluran distribusi, berhati-hatilah dengan para pedagang perantara yang hanya mencari keuntungan maksimal bagi mereka yang sering kali menerima pesanan-pesanan hanya dari para produsen dengan permintaan yang sudah mapan akan produk dan merek mereka. Salah satu kerangka yang terbukti efektif untuk menganalisis situasi ini adalah kerangka 5C: Coverage, Character, Continuity, Control, dan Cost.


Kerangka 5C dalam analisis saluran distribusi:


Coverage
Kemampuan saluran distribusi untuk rnenjangkau pelanggan sasaran dalam rangka mewujudkan tujuan pangsa pasar dan pertumbuhan.
Character
Kompatibilitas saluran distribusi dengan positioning produk yang diinginkan perusahaan.
Continuity
Loyalitas saluran distribusi kepada perusahaan.
Control
Kemampuan perusahaan untuk mengendalikan program pemasaran total untuk produk atau jasanya.
Cost
Investasi yang dibutuhkan untuk membangun dan mempertahankan saluran distribusi, termasuk di dalamnya biaya tetap yang dibutuhkan untuk mengelola saluran distribusi (seperti sediaan, fasilitas, dan pelatihan wiraniaga).


19. Distribusi Fisik dan Logistik


Rantai nilai dan sistem nilai adalah seperangkat konseptual yang memberi suatu kerangka bagi pengintegrasian berbagai aktivitas perusahaan, termasuk distribusi fisik barang. Distribusi fisik dan logistik artinya produk-produk dibuat tersedia untuk konsumen bila dan dimana mereka menginginkannya. Masalah distribusi termasuk pemrosesan pesanan, gudang, manajemen sediaan, dan transportasi.


1. Pemrosesan pesanan


Kegiatan yang berkaitan dengan pemrosesan pesanan adalah menyediakan masukan informasi yang penting dalam memenuhi pesanan pelanggan. Pemrosesan pesanan termasuk pemasukan pesanan, yaitu ketika pesanan benar-benar telah masuk ke dalam sistem informasi perusahaan, penanganan pesanan, yang melibatkan lokasi, perakitan, dan perpindahan produk ke distribusi, dan penyerahan pesanan, proses dimana produk dibuat tersedia untuk konsumen.


2. Gudang


Gudang digunakan untuk menyimpan barang sampai barang itu terjual, jenis fasilitas lainnya, pusat distribusi, dirancang untuk menerima barang secara efisien dari pemasok dan kemudian memenuhi pesanan untuk masing-masing toko. Perusahaan dapat memiliki sendiri gudang dan pusat distribusinya atau membayar pihak khusus untuk menyediakan fasilitas ini.


3. Manajemen sediaan


Manajemen sediaan yang tepat memastikan bahwa perusahaan baik yang menghasilkan komponen manufaktur maupun barang jadi tidak mengadakan pengeluaran dan risiko kelebihan stok atas barang-barang ini.


4. Transportasi


Terakhir, keputusan transportasi menyangkut lima metode yang harus digunakan perusahaan untuk memindahkan produk-produknya: kereta api, truk, udara, air, atau pipa saluran.


Artikel


Tencent dan Alibaba berlomba di jasa pengiriman uang, memperebutkan pasar Asia Tenggara


Teguh Suyudi


27 September 2018


mobile payment


Mobile payment (e-commerce.com)


Bagi raksasa teknologi Cina, Alibaba dan Tencent, para pekerja rumah tangga Asia Tenggara di Hong Kong menjadi bukti penting ambisi global mereka dalam layanan keuangan.


Kedua perusahaan itu baru-baru ini telah meluncurkan layanan transfer uang yang memungkinkan para pekerja berbasis di Hong Kong dari Indonesia dan Filipina untuk mengirim uang ke rumah dengan biaya murah dan mudah. Langkah tersebut merupakan langkah pertama untuk mengejar bisnis pengiriman uang global yang bergerak dengan nilai lebih dari $ 600 miliar di seluruh dunia setiap tahun.


Tapi inisiatif itu juga merupakan bagian dari upaya yang lebih luas dari kedua perusahaan untuk mengembangkan sistem pembayaran mobile WeChat Pay dan Alipay yang sangat sukses ke luar negeri.


Alipay


Alipay telah meluncurkan usaha patungan di tujuh pasar untuk layanan pembayaran digital lokal, yang beroperasi secara independen di bawah nama merek kemitraan, termasuk di Indonesia dan Malaysia.


Asia Tenggara, dengan pertumbuhan populasi 600 juta orang yang sebagian besar tidak memiliki rekening bank, merupakan medan pertempuran strategis bagi raksasa teknologi Asia dan saingan mereka dari AS.


Afiliasi keuangan Alibaba, Ant Financial, menyebut inisiatif pengiriman uang di Hong Kong sebagai “titik awal dan langkah signifikan dalam mempercepat langkah kami untuk mempromosikan inklusi keuangan secara global.”


WeChat Pay dari Tencent, yang ada di mana-mana di China tapi sedang berjuang untuk mendapatkan daya tarik di luar negeri di luar tujuan wisata China, lebih berhati-hati mengenai tujuan untuk layanan mereka di Hong ong yaitu We Remit, meskipun juru bicaranya mengatakan mereka terbuka untuk “semua kemungkinan.”


Mengirim uang melintasi perbatasan, ternyata, lebih sulit daripada yang terlihat. Itu membantu menjelaskan mengapa kedua perusahaan bekerja dengan start-up teknologi keuangan berbasis di Hong Kong yaitu EMQ, yang memiliki persetujuan pengaturan dan kemitraan dengan bank di seluruh Asia Tenggara dan di tempat lain.


Tencent dan Alibaba berlomba di jasa pengiriman uang untuk memperebutkan pasar Asia Tenggara


Tencent dan Alibaba berlomba di jasa pengiriman uang untuk memperebutkan pasar Asia Tenggara


“Kami adalah saluran dan distribusi untuk Tencent,” kata CEO EMQ, Max Liu. Dia menolak berkomentar tentang hubungan apapun dengan Ant Financial, tapi tiga sumber dengan pengetahuan tentang masalah tersebut mengatakan kepada Reuters bahwa Ant Financial sedang mengembangkan kemitraannya sendiri dengan EMQ sebagai bagian dari rangkaian upaya pembayaran lintas batas baru. Ant Financial menolak berkomentar.


“Saluran” hanyalah bagian dari tantangan. Reuters mewawancarai enam pekerja rumah tangga Filipina dan Indonesia di Hong Kong yang mengatakan butuh waktu untuk membuat keluarga mereka percaya menerima kiriman uang melalui telepon genggam mereka.


Memang, We Remit saat ini tidak terhubung ke dompet ponsel. Sebagai gantinya, penerima mengambil dana di bank atau pegadaian, seperti yang biasa mereka lakukan dengan layanan dari pemimpin pasar Moneygram dan Western Union.


Untuk si pengirim, layanan baru ini bisa menjadi berkah. Selama bertahun-tahun, satu-satunya cara pembantu asal Filipina Rochelle Bumanglag untuk mengirim uang ke rumah adalah dengan menghabiskan hari liburnya pada hari Minggu, dengan menunggu berjam-jam di bank dan toko pengiriman uang di pusat kota Hong Kong.


“Ketika saya pergi ke bank, banyak antrian dan banyak kerumitan. Namun dengan WeChat, mereka selalu memberi kami bunga yang bagus. Sangat mudah, sangat cepat. Saya pergi ke toko 7-11 dan memasukkan uang ke rekening saya,” kata pria berusia 42 tahun itu.


Daya tarik besar lainnya: baik WeChat maupun Alipay tidak memungut biaya, setidaknya untuk saat ini.


“Kurs di WeChat adalah 6,80 peso untuk 1 HKD (dolar Hong Kong), sedangkan kurs bank adalah 6,79 peso ditambah biaya remittance HK $ 25 ($ 3,20). Ini adalah perbedaan yang besar bagi kami, ”kata Bumanglag, yang mengirimkan sekitar 10.000 peso, atau sekitar HK $ 1.470, ke rumahnya setiap bulan.


Akhirnya, pengguna WeChat dan Alipay yang baru akan dibujuk untuk menggunakan layanan lain juga, demikian harapan kedua perusahaan itu.


Biaya Tinggi


Orang Filipina dan Indonesia merupakan mayoritas dari 370.000 pekerja rumah tangga di Hong Kong, menurut data pemerintah. Kedua negara adalah salah satu penerima transfer uang terbesar di dunia: Filipina menerima $ 32,8 miliar dalam pengiriman uang pada tahun 2017, sementara Indonesia menerima $ 9 miliar, menurut Bank Dunia. Lebih dari $ 16,9 miliar dalam pengiriman uang atau remittance melalui Hong Kong pada tahun yang sama.


Pengiriman uang global ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah saja diperkirakan akan mencapai 485 miliar pada 2018.


Ukuran pasar membantu menjelaskan mengapa Alibaba berusaha mengakuisisi Moneygram tahun lalu dalam kesepakatan senilai $ 880 juta yang akhirnya dibatalkan oleh regulator AS.


Bersama dengan Western Union yang berbasis di AS, Moneygram telah lama menjadi pemain dominan dalam bisnis yang secara tradisional bergantung pada jaringan fisik besar agen lokal mulai dari bank hingga toko swalayan dan pegadaian.


Jaringan yang mahal itu, bersama dengan persyaratan kepatuhan yang rumit dan hambatan teknis dan peraturan lainnya, berarti biaya tinggi, bagi mereka yang tidak mampu menggunakannya. Reuters menemukan bahwa biaya pengiriman uang di Hong Kong mulai dari HK $ 15 dan dapat mencapai setinggi HK $ 200, dengan biaya tambahan kadang-kadang disematkan dalam nilai tukar yang tidak menguntungkan.


Untuk saat ini, WeChat dan Alipay masih fokus untuk dapat diterima. WeChat mulai beroperasi di Hong Kong tahun lalu, bekerja sama dengan EMQ dan mitra lainnya termasuk jaringan pegadaian Filipina yang populer, Cebuana dan Palawan.


Ant Financial, diluncurkan melalui afiliasi Alipay HK, berbasis perangkat lunak blockchain, dan mulai memindahkan uang antara Hong Kong dan Filipina pada akhir Juni. Tidak seperti We Remit, layanan Ant Financial ini memungkinkan transfer real-time antara akun Alipay HK dan layanan pembayaran seluler Filipina Gcash, yang sebagian dimiliki Ant Financial dan dioperasikan oleh perusahaan telekomunikasi Globe Telecom.


Sumber-sumber mengatakan bahwa inisiatif di Hong Kong bukan hanya yang dijalankan oleh Alipay dalam pengiriman uang. Iklan lowongan kerja pada bulan September untuk kantor Ant Financial Malaysia mencantumkan pengiriman uang sebagai bagian tanggung jawab pekerjaan.


Alipay telah meluncurkan usaha patungan di tujuh pasar untuk layanan pembayaran digital lokal, yang beroperasi secara independen di bawah nama merek kemitraan, termasuk di Indonesia dan Malaysia.


Analis mengatakan bahwa pengiriman uang Alipay HK dengan Gcash dapat direplikasi di pasar lain.


“Tujuan akhir Ant Financial adalah menciptakan sistem pembayaran global untuk konsumennya,” kata Zennon Kapron, direktur konsultan fintech Kapronasia.


“Fokus pertama adalah mengikuti pelanggan China, yang kedua adalah memperluas penerimaan pedagang di luar tujuan wisata yang khas, dan yang ketiga adalah untuk dompet elektronik di wilayah setempat .”


Ant Financial mengumpulkan $ 14 miliar pada bulan Juni, yang dialokasikan untuk ekspansi internasionalnya.


Jangkauan Global


Jaringan EMQ menunjukkan tempat Tencent dan Ant dapat beroperasi. EMQ telah memiliki izin untuk beroperasi di Vietnam, Kamboja, India, Singapura, Cina dan Jepang, yang akan memungkinkan kliennya dengan cepat meningkatkan operasi mereka.


Startup ini sedang berekspansi ke Timur Tengah dan memiliki kemitraan dengan startup teknologi keuangan Cina QFPay, yang terminal point of sale-nya digunakan oleh Alipay dan WeChat Pay di daratan Cina.


Alibaba dan Tencent menghadapi banyak persaingan dalam pengiriman uang, belum lagi daftar panjang teknologi dan perusahaan jasa keuangan yang bertujuan untuk bersaing lebih luas dalam pembayaran.


Kepala Moneygram untuk Asia Yogesh Sangle mengatakan kepada Reuters bahwa akan sulit bagi perusahaan mana pun untuk menyamai jaringan mitra global Moneygram di 200 negara. Dan Moneygram memiliki inisiatif teknologi sendiri juga: Moneygram memulai kemitraan dengan Gcash pada bulan Februari, sementara WeChat Pay bekerja dengan Western Union pada layanan untuk siswa Cina di luar negeri.


Critical review


EMQ bekerja sama dengan tencent sebagai saluran distribusinya. Hal ini akan memudahkan tencent untuk memenangi persaingan karena emq merupakan perusahaan yang telah mempunyai izin distribusi ke seluruh bank yang ada di asia tenggara

Share with your friends

Give us your opinion

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus

Notification
Selamat menikmati postingan artikel di Webillian.Com semoga bermanfaat.
Done