Fatwa Haram Pubg - webillian.com >
News Update
Loading...

Fatwa Haram Pubg


PUBG Tidak Haram

Player Unknown Battle Ground atau biasa disingkat PUBG, siapa sih yang tidak kenal? Apalagi para gamer tentu sangat familiar dengan game tersebut. PUBG merupakan sebuah game multiplayer bergenre battle royale dimana para player dalam game akan diadu untuk bisa bertahan sampai akhir.

Baca Juga : Rekomendasi Game Battle Royale


Beberapa hari belakangan kita dikejutkan dengan aksi penembakan teroris terhadap jamaah masjid di Selandia Baru. Dimana menurut pelaku aksi penembakan tersebut terinspirasi oleh game PUBG. Akibat dari aksi tersebut, game yang merupakan pelopor genre battle royale tersebut menjadi sorotan publik. Dampaknya adalah seolah game PUBG akan kehilangan reputasinya, lihat saja di India bagi orang yang kedapatan bermain PUBG akan dikenai hukuman, sedangkan di Malaysia berencana akan memblokir game tersebut, pun dengan di Indonesia yang beberapa hari belakangan kita mendengar bahwa MUI (Majelis Ulama Indonesia) mengeluarkan Fatwa Haram terhadap Game PUBG dan ada kemungkinan akan diblokir di Indonesia.

Yang jadi pertanyaan penulis adalah, kenapa hanya PUBG yang diharamkan? Lalu game yang lain bagaimana? Bukankah banyak game yang mirip PUBG? Ok kita bahas lebih lanjut, jadi game PUBG itu diharamkan karena dianggap mengajarkan kekerasan dan sadis. Hmm menurut penulis sih masih banyak sekali game diluar sana yang bahkan lebih sadis dan lebih keras lagi. Lihat saja contohnya, Smackdown, GTA, dll.

Ok sebelum penulis memberikan opini, kita bahas terlebih dahulu kenapa suatu barang itu diharamkan menurut Islam (bagi temen-temen non muslim pembahasan ini hanya untuk pengetahuan semata, tidak bermaksud mengganggu keyakinan temen-temen).
fatwa haram game pubg
game pubg diharamkan dan akan diblokir dari indonesia


Apa yang menyebabkan suatu hal diharamkan?


Dalam Al-Qur’an ada sebuah ayat yang artinya : “dihalalkan bagi mereka yang baik-baik dan diharamkan yang buruk-buruk” (Q.S. 7:157)

Dari ayat diatas kita sudah mengetahui bagaimana sesuatu itu diharamkan, yang intinya adalah suatu hal akan diharamkan jika lebih banyak Madharat (bahaya) daripada manfaatnya.

PUBG Haram?

Kalau penulis mengacu ayat diatas game PUBG bisa haram, bisa tidak karena penulis belum melakukan penelitian lebih banyak madharatnya atau manfaatnya. Sedangkan kalau menurut opini penulis pribadi game PUBG tidaklah haram. Jelas, karena menurut penulis sendiri game tersebut sangatlah bermanfaat. Dalam hal pribadi banyak survey yang mengatakan bahwa bermain game akan meningkatkan fungsi kognitif seseorang, peningkatan kemampuan motorik, memori, dan perencanaan strategi. Dalam hal ekonomi, game telah membuat bisnis digital berkembang pesat. Lihat saja banyak sekali turnamen-turnamen game online yang terselenggara dengan banyak sponsor dan hadiah sampai ratusan juta. Banyak para gamer mengais rejeki melalui game ini, mulai dari proplayer, youtuber, dll.

Kalau diharamkan karena peristiwa penembakan teroris di selandia baru, mungkin terlalu berlebihan. Kalau mau diharamkan kenapa tidak semua sekalian game yang mirip PUBG?

Mungkin itu adalah sedikit alasan yang bisa penulis sampaikan, dan sebenarnya masih banyak alasan yang mendukung bahwa game PUBG tidak haram.

Kesimpulannya?


Jadi sebenarnya semua bergantung dari individu tersebut dan pengawasan. Memang bermain game berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan terutama mata, jadi menyadari kesehatan lebih penting dan melakukan pengawasan terhadap para player yang bermain game PUBG sudah seharusnya dilakukan agar tidak terjerumus ke dalam aksi kekerasannya. Game PUBG itu ibarat seperti sebuah pisau, bisa bersifat positif dan bisa pula bersifat negative tergantung individu tersebut mau digunakan seperti apa. Bagi teroris PUBG digunakan sebagai inspirasi aksinya, tapi bagi para proplayer dan youtuber serta event organizer, PUBG digunakan sebagai wadah menyalurkan bakat dan mencari penghasilan.

Jadi Intinya semua kembali kepada kita, mau digunakan seperti apa game itu.

Demikian kalimat diatas mengkhiri ulasan kita kali ini, apabila ada pendapat, kritikan, saran, maupun tanggapan silahkan berkomentar dan mari saling berdiskusi.

Share with your friends

8 komentar

  1. Ya bener. Kita main game itu tergantung pada sikap setiap individu yang menanggapinya. Dan menurut saya tidak haram sih, dan csgo lebih berbehaya menurut gua karena kita bisa jadi teroris nah di pubg kan tidak.

    BTW ini blog tadinya gua kira wordpres dan setelah melihat urlnya ternyata blogspot 😁. Soalnya template yang dipakai blog ini mirip template blog yang ada di wordpress..

    BalasHapus
  2. betul gan....memang tergantung individu nya...tinggal aturan dan pengawasannya yang dijaga. ..

    BalasHapus
  3. biasa gan semakin tinggi popularitas semakin tinggi juga cobaanya asyeek wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul pak, kalo saya sih tetep main wkwkwk

      Hapus

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus

Notification
Selamat menikmati postingan artikel di Webillian.Com semoga bermanfaat.
Done