Perkembangan Smartphone : Kebutuhan atau Trend Hedonisme Semata - webillian.com
News Update
Loading...

Perkembangan Smartphone : Kebutuhan atau Trend Hedonisme Semata


Tidak dapat kita pungkiri bahwa era telah membawa kemajuan dan inovasi yang cepat. Dalam era sekarang salah satu bentuk kemajuan dan inovasi yang cepat terutama dalam bidang teknologi, salah satu contohnya adalah smartphone.







Ya, sekarang siapa sih yang nggak punya smartphone? Dengan adanya smartphone hampir seluruh aktivitas kita dapat terbantu sehingga memudahkan kita sebagai user yang selalu ingin cepat dan instan. Contohnya sejak adanya smartphone, orang bisa dengan mudah memesan makanan, hotel, melakukan transaksi online baik itu pembayaran maupun melakukan penjualan. Padahal semua hal itu dulu dilakukan secara manual dan konvensional.



Dalam beberapa tahun terakhir pasar smartphone di Indonesia dikuasai oleh vendor-vendor terkenal. Sebut saja samsung, sony, asus, vivo, oppo, huawei, dll. Hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia yang konsumtif sehingga dijadikan target pasar oleh vendor-vendor tersebut. dalam beberapa waktu setiap vendor selalu mengeluarkan gadget terbarunya guna menarik minat konsumen. Hal ini dilakukan karena saking ketatnya persaingan pasar smartphone di Indonesia.


Lalu kembali lagi ke pertanyaan :
Perkembangan Smartphone : Kebutuhan atau Trend Hedonisme Semata






Seperti yang kita tahu banyak sekali konsumen yang selalu membeli smartphone keluaran terbaru padahal smartphone lama mereka masih bagus ataupun baru beli belum lama.



Dalam opini penulis hal itu sah-sah saja karena itu hak konsumen untuk menentukan pilihannya asalkan punya budget untuk membelinya. Namun, alangkah baiknya apabila disesuaikan dengan kebutuhan. Contoh Youtuber yang mereview Smartphone karena butuh konten baru mereka harus membeli smartphone, nah kalo seperti menurut penulis tidak masalah melakukan pemborosan karena memang membutuhkan dan nantinya juga akan dijual lagi.


Penulis sendiri hanya menggunakan sebuah smartphone keluaran 2013 yang waktu itu merupakan flagship dan masih digunakan sampai sekarang. Kalo hanya mengikuti trend bukankah lebih baik digunakan untuk kepentingan yang lain? bagaimana pendapat pembaca?


Share with your friends

Give us your opinion

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus

Notification
Selamat menikmati postingan artikel di Webillian.Com semoga bermanfaat.
Done