Masihkah Ingin Mejadi Seorang Youtuber? - webillian.com
News Update
Loading...

Masihkah Ingin Mejadi Seorang Youtuber?





Youtube merupakan salah satu platform berbagi video yang belakangan ini sangat populer dan banyak diakses oleh jutaan pengguna didunia. Kita juga tahu, bahwa dari youtube kita bisa menghasilkan uang dengan cara memonetize (istilah lainnya adalah meng-uangkan, kira kira seperti itulah, hehe..) channel kita salah satunya melalui iklan, yaitu dimana setiap iklan yang tayang publisher akan memperoleh komisi, mungkin kira-kira seperti itu. Bahkan menjadi youtuber belakangan dijadikan cita-cita kaum millenial. Iming-iming popularitas dan pemasukan uang dari iklan menjadi dasar cita-cita tersebut.

Kemudian dari situ banyak orang membuat channel youtube kemudian membuat konten video mereka untuk dimonetize agar menghasilkan uang. Dulu konten video apapun bisa masuk youtube tanpa difilter dan dimonetize langsung. Sehingga saat itu banyak sekali video-video yang mungkin kurang pantas untuk dipublikasikan tersebar luas dijagad maya, banyak juga video tanpa kualitas menjadi marak yang hanya membuat video alakadarnya maupun yang sekedar reupload konten milik creator lain.

Sejak munculnya video terorisme dimana youtube dijadikan sebagai media kampanye teroris, lalu ada video predator anak hingga kasus logan paul yang kontroversi karena menampilkan jenazah korban bunuh diri di jepang, youtube akhirnya berbenah dengan menutup video yang melanggar peraturan dan menutup kolom komentar video yang diincar para pedofil. Kemudian untuk bisa memonetize channel, youtube mengubah syarat minimal 10.000 views yang kemudian berubah lagi menjadi minimal 1000 subscribe dan 4000 jam tayang, hal itu pun masih akan ditinjau lagi oleh youtube.

Hmmm.. tentu ini merupakan syarat yang berat bagi youtuber pemula bukan? Walaupun banyak yang bilang bahwa syarat tersebut hanya akan mematikan content creator kecil, namun sebenarnya hal ini dilakukan oleh youtube guna menyaring konten berkualitas dan pantas untuk di tonton para pengguna platform berbagi video tersebut.

Oke mungkin cukup sampai sini pengantar pembuka inti dari ulasan ini, sakarang kita kembali ke pertanyaan awal,

masihkah ingin menjadi seorang youtuber?



Disini penulis tidak bermaksud untuk menghalangi pembaca menjadi youtuber, tetapi lebih ingin memberi saran, masukan, dan mungkin sekedar peringatan kecil bagi kalian yang ingin menjadi youtuber tetapi masih pemula berhubung syarat memonetize semakin berat, dimana mungkin kalian hanya akan menyerah apabila fokus utama kalian yang pertama adalah “uang”. Namun bagi kalian yang suka tantangan tidak masalah, tapi penulis ingin memberika saran bahwa jadikan “uang” tersebut sebagai motivasi kalian. Walaupun kalian termotivasi sebaiknya jangan membuat video seadanya. Youtube dan penonton menginginkan video yang baik, bagus, dan berkualitas. Jadi poin kedua adalah buatlah video yang berkualitas dan orisinal tentunya, jangan hanya reupload karya orang lain karena bisa kena copyright yang mengakibatkan di bannednya akun kalian. Dengan video yang berkualitas dan teknik SEO (search engine optimization) yang tepat bukan tidak mungkin video kalian akan berada di posisi atas yang memungkinkan untuk ditonton banyak orang dan disukai banyak penonton juga.

Yang ketiga adalah, bagi kalian yang menjadi youtuber untuk sekedar berekspresi maupun menyalurkan hobi kalian tidak masalah, karena kalian tidak punya beban dalam memenuhi target. Disini kalian enjoy aja karena tidak memikirkan soal adsense.


Menurut opini penulis, bagi youtuber yang tidak mempunyai sesuatu yang unik dan kreatif untuk membuat konten video yang berkualitas ataupun beberapa point yang penulis sampaikan diatas seperti hanya terfokus untuk uang (bagi youtuber pemula), lebih baik berhentilah menjadi youtuber daripada hanya melahirkan (mohon maaf) “konten sampah” yang tidak jelas. Tapi sekali lagi penulis tidak bermaksud menghalangi niat kalian (youtuber pemula) untuk menjadi youtuber. Apabila kalian memang suka tantangan karena syarat yang berat tersebut silakan lanjutkan, karena bagi yang suka tantangan akan menjadikannya sebagai motivasi untuk bisa lebih baik lagi.

Ok mungkin sampai disini saja ya pembaca.. selamat berjuang bagi kalian yang masih ingn melanjutkan menjadi youtuber semoga sukses untuk kedepannya. Apabila kalian ada kritikan ataupun masukan silakan berdiskusi di kolom komentar.

Share with your friends

4 comments

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus

Notification
Selamat menikmati postingan artikel di Webillian.Com semoga bermanfaat.
Done