Manajemen Pemasaran Global : Pasar dan Pembeli Global - webillian.com
News Update
Loading...

Manajemen Pemasaran Global : Pasar dan Pembeli Global



Seluruh dunia sedang berkembang. Perkembangan pasar tercepat terjadi di pasar negara-negara berkembang, yang mana sampai saat ini, tingkat perkembangan hampir sama dengan negara negara industri kaya.


1. Kerjasama ekonomi dan pengaturan istimewa dalam perdagangan


Sejak berakhirnya perang dunia II terdapat minat yang luar biasa dalam kerjasama ekonomi. Antusiasme untuk kerjasama ekonomi telah di pacu dengan suksesnya masyarakat eropa, yang mendapat inspirasi dari ekonomi amerika serikat. Terdapat berbagai tingkat kerjasama ekonomi, berkisar pada perjanjian antara dua negara atau lebih untuk mengurangi hambatan terhadap perdagangan, sampai interogasi ekonomi sepenuhnya dari ekonomi kedua negara atau lebih.






Pengaturn istimewa yang paling terkenal di abad 20 adalah sitem perdagangan istimewa. Sistem ini penting bagi negara negara seperti inggris, kanada, australia, selandia baru, india dan beberapa mantan koloni inggris di afrika asia dan timur tengah.


Free Trade Area


Free Trade Area (FTA = wilayah perdagangan bebas) adalah sekelompok negara yang setuju untuk menghilangkan semua hambatan internal terhadap perdagangan diantara anggotanya. Negara anggota dari wilayah perdagangan bebas dapat mempertahankan kebijakan perdagangan independen dengan negara ketiga. Untuk menghindari penyimpangan perdagangan yang menguntungkan negara dengan bea masuk rendah (mengimpor barang di negara anggota yang bea masuknya paling rendah untuk dikirim ke ke negara negara di wilayah tersebut dengan bea masuk eksternal yang lebih tinggi)


Keseragaman pabean (Costum union)


Keseragaman pabean adalah evolusi logis dari wilayah perdagangan bebas. Sebagai tambahan dari di hapuskannya hambatan internal untuk perdagangan, para anggota keseragaman pabean setuju untuk menegakkan hambatan eksternal umum. Contohnya; american common market, souhern cone common market dan andean group.


Pasar bersama


Sebuah pasar bersama untuk menghapuskan penghalang penghalang internal untuk melakukan perdagangan dan membuka penghalang eksternal bersama bagi tahpan penting selanjutnya dalam menghapuskan penhalang penghalang aliran faktor (tenaga kerja dan modal) di pasar tersebut. Pasar bersama mengakibatkan terjadinya penghapusan penghalang tarif internal dan membuka penhalang eksternal bersama.


Uni ekonomi (economic union)


Evolusi penuh dari uni ekonomi akan termasuk penciptaan satu bank sentral tunggal, penggunaan mata uang tunggal dan kebijakan bersama dalam pertanian, pelayanan dan kesejahteraan, perkembangan regional, transpor, pajak, persaiangan dan merjer konstruksi dan pembangunan, dan seterusnya. Uni okonomi yang sudah berkembang lengkap membutuhkan kesatuan politik yang eksatenti, yang membuat keadaan serupa dengan sebuah negara.






Organisasi perdagangan dunia dan GATT


General agreement on tariffs and trade adalah kontrak yang mengikat antara 125 negara yang mempunyai tujuan untuk mempromosikan perdagangan diantara para anggotanya. GATT bertujuan untuk menjadi suatu inisiatif global da multilateral, dan para negosiator GATT benar benar sukses meliberasisakan perdagangan barang di dunia ini. GATT juga adalah organsasi yang menangani 300 perselisihan perdagangan kebanyakan adalah untuk makanan, selama separuh abad kehadirannya.


2. Kerjasama Ekonomi Regional


Selain inisiatif multilateral dari GATT, berbagai negara disetiap kawasan dunia mengarah pada hambatan yang lebih kecil terhadap perdagangan didalam regional masing-masing. Bagian berikut menguraikan persetujuan kerjasama ekonomi regional utama.


Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC)


Setiap bulan november, perwakilan dari 18 negara yang saling bertetangga di lautan pacific bertemu secara formal itu membahas prospek liberisasi perdagangan secara koleektif, negara-negara yang merupakan anggota forum Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) menguasai sekitar 40 % perdagangan dunia 38% populasi dunia dan 52% output perdagangan dunia. APEC memberikan kesempatan untuk diskusi tahunan dengan orang-orang beragam kegiatan : Akademisi dan Eksekutif bisnis, mentri dan kepala pemerintahan.










North American Free Trade Agrement (NAFTA)


Di tahun 1988 Amerika serikat menandatangani perjanjian perdagangan bebas dengan kanada (U.S Canada Free Trade Agrement CFTA) yang diperluas di tahun 1993. Untuk menyertakan meksiko. NAFTA menciptakan wilayah perdagangan bebas dengan populasi 381 juta jiwa dan Produk Nasional Bruto $7,6 triliun di tahun 1995.


Association of South East Asian Nations (ASEAN)


Association of South East Asian Nations (ASEAN) adalah sebuah organisasi untuk kerjasama ekonomi, politik, sosial dan budaya. Diantara ke 9 negara anggota : Indonesia, Brunei, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. ASEAN didirikan pada tahun 1967 dengan penandatanganan deklarasi bangkok.


Kelompok ASEAN meliputi 356 juta penduduk dan PNB sebesar $675 Milliar. Perkapita diantara negara-negara anggota ASEAN pada tahun 1997 berkisar dari $ 22.700 di singapura sampai $900 untuk indonesia.


Uni Eropa


Uni Eropa didirikan dengan perjanjian roma di bulan januari 1958 enam negara anggota semula adalah Belgia, Prancis, Belanda, Italia, Luksemburg, dan Jerman Barat. Ditahun 1973 inggris, denmark dan irlandia bergabung, diikuti oleh yunani ditahun 1981 serta Spanyol dan portugal ditahun 1986 mulai 1 januari 1995 tiga anggota baru bergabung yaitu finlandia, swedia dan Austria.


3. Karakteristik Pasar Regional


Terdapat berbagai cara untuk membagi negara-negara didunia menjadi pasar regional yang berbeda-beda. Sebenarnya mendefinisikan pasar regional merupakan usaha untuk mengelompokkan negara dimana persamaan dalam kelompok dan perbedaan kelompok akan tampak semaksimal mungkin.pasar nasional dikelompokkan berdasarkan pada kedekatan geografik. Survei ringkas dari setiap regional disajikan. Jepang diamati lebih terinci sebagai contoh dari analisis yang lebih mendalam. Pendekatan pengelompokkan yang sederhana adalah untuk menggunakan suatu penilaian secara sederhana menyangkut kriteria yang penting atau Relevan.


4. Pemasaran Negara Berkembang


Kekurangan akan barang dan jasa merupakan masalah sentral di negara-negara berkembang dan kebutuhan paling menekan adalah memperluas produksi. Pemasaran adalah disiplin yang menjadi pedoman dalam proses mengidentifikasi dan menuai kebutuhan dan keingian masyarakat. Jelas, pemasaran diperlukan di negara berkembang.


Peluang jangka panjang dapat dipertahankan dinegara-negara berkembang. Sekarang ini Nike Inc, hanya memproduksi dan menjual sebagian kecil dari Outpunya dicina; tetapi kalau perusahaan itu mengacu cina sebagai “pasar dua milliar kaki" jelas negara itu mempunyai masa depan tekanan persaiangan yang lebih besar akan memaksa perusahaan untuk mengefaluasi ulang strategi mereka dan mencari pasar baru dinegara-negara berkembang. Bahkan beberapa negara-negara berkembang yang tumbuh dengan cepat mengawali bisnis dinegara yang tertinggal didalamnya pasar yang makin berkembang dapat hilang akibat sikap acuh tak acuh dan pesaing Asin akan masuk terlebih dahulu.


5. Pembeli global


Setiap pembeli adalah unik, dan semua pembeli menjalani proses yang sama dalam melakukan keputusan pembelian. Jadi meskipun para pembeli dinegara-negara dan kawasan dunia yang berbeda menjalani proses yang sama dalam melakukan keputusan pembelian mereka, mereka akan melakukan pembelian yang berbeda karena mereka akan merespon keunikan ekonomi, sosial dan budaya, politik dan pemerintahan, lingkungan, persainagan, dan faktor-faktor pribadi yang mempengaruhi keputusan-keputusan pembeli.


Bagi setiap organisasi yang beroprasi dimana saja didunia ini intisari pemasaran adalah untuk mengungguli persaingan dalam tugasnya menciptakan nilai yang bisa dirasakan bagi para pelanggan


6. Rencana Pemasaran Global


Setiap negara didunia ini adalah berdaulat dan unik, dan terdapat kemiripan diantara negara-negara yang berada dalam kawasan yang sama atau tingkat Perkembangannya sama yang membuat kedua pemdekatan tingkat kawasan dan pasar tersebut menjadi dasar perencenaan pemasaran dalam bab ini, material organisasi tersebut meliputi seluruh kawasan geografi. Hal itu diorganisasikan diseluruh tingkat perkembangan ekonomi. Penting bagi pemasar memiliki pandangan yang luas mengenai keadaan alamiah kawasan-kawasan yang ada didunia ini sehingga mereka tidak akan membuat kesalahan serius dalam mengembangkan pemasaran mereka. Dalam kebanyakan kasus, perusahaan disarankan untuk menyiapkan dengan baik rencana-rencana mereka yang berkaitan dengan kawasan, perkembangan, dan negara.


Share with your friends

Give us your opinion

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus

Notification
Selamat menikmati postingan artikel di Webillian.Com semoga bermanfaat.
Done