Manajemen Pemasaran Global : KONSEP DASAR PENETAPAN HARGA - webillian.com
News Update
Loading...

Manajemen Pemasaran Global : KONSEP DASAR PENETAPAN HARGA


Penetapan harga merupakan salah satu keputusan penting dalam pemasaran global. Harga adalah satu-satunya elemen bauran pemasaran yang memberikan pemasukan bagi pemasaran , sedangkan elemen-elemen lainnya (produk, distribusi, dan promosi) justru membutuhkan dana besar


Tiga Faktor yang Menentukan Batas-Batas Harga


• Biaya produk yang menentukan harga dasar atau harga minimum


• Harga produk setara buatan pesaing yang menentukan harga maksimum atau batas atas


• Harga optimum yang merupakan fungsi permintaan akan produk yang ditentukan oleh kemauan dan kemampuan pelanggan untuk membeli


Delapan Faktor yang Perlu Dipertimbangkan dalam Penetapan Harga dalam Konteks Global



• Apakah harga mencerminkan kualitas produk?


• Apakah harga yang ditetapkan competitor?


• Tujuan penetapan harga apa yang harus dipilih perusahaan : penetrasi pasar, market skimming, atau tujuan lainnya?


• Tipe diskon seperti apa (kuantitas, kas, fungsional/dagang) dan jenis allowance apa (periklanan, tukar tambah) yang sebaiknya ditawarkan perusahaan kepada para pelanggan internasional?


• Apakah harga harus dibedakan menurut segmen pasar?


• Alternatif penetapan harga apa saja yang tersedia jika biaya perusahaan naik atau turun. Apakah permintaan di pasar sasaran elastic atau inelastic?


• Bagaimana kemungkinan pandangan pemerintah host-country terhadap harga yang ditetapkan perusahaan : reasonable atau exploitative?


• Apakah undang-undang dumping di Negara tujuan pemasaran mungkin menimbulkan masalah?


STRATEGI PENETAPAN HARGA



• Produk Baru


– Harga Mengapung (Skimming Price)


– Harga Penetrasi


• Produk yang Telah Beredar


– Tahap Pertumbuhan


– Tahap Kematangan


– Tahap Penurunan


TUJUAN PENETAPAN HARGA



• Memaksimalkan laba


• Meraih pangsa pasar


• Return of Investment (ROI) / Pengembalian modal usaha


• Mempertahankan pangsa pasar


• Tujuan stabilisasi harga


• Menjaga kelangsungan hidup perusahaan


DUMPING



Dumping adalah strategi penetapan harga global yang penting. Kode anti dumping dari dari GATT yang diusahakan tahun 1979 mentapkan dumping sebagai penjualan produk impor dengan harga yang lebih rendah dari pada biasanya dikenakan pada produk yang sejenis dipasar domestik atau dinegara asal. Sebagai tambahan banyak negara memiliki kebijakan dan prosedur sendiri unutk melindungi perusahaan nasional dari praktik dumping. UU anti dumping A.S tahun 1921 yang diberlakukan oleh departemen keuangan A.S, tidak mendefisinikan dumping secara eksplisit tetapi merujuk pada persaingan yang tidak adil, akan tetapi kongres telah menetapkan dumping sebagai perdagangan yang tidak adil yang mengakibatkan “kerugian merusak atau menghalngi pendirian industri amerika”dengan kondisi seperti ini dumping terjadi kalau barang impor dijual dipasar A.S dengan harga yang lebih rendah dari pada biaya produksi ditambah margin laba atau dengan harga dibawah harga jual di negara pembuatnya.


Beberapa ahli ekonomi akan menolak dumping dalam jangka panjang, jika ini dilaksanakan ada sebuah peluang bagi negara untuk mengambil sumber yang memiliki biaya rendah bagi barang tertentu dan melakukan spesialisasi dibidang yang lain. Tipe dumping yang dilakukan bagi kebayakan perusahaan bersifat sporadis dan tidak dapat diperkirakan dan tidak dapat dijadikan dasar andalan untuk merencanakan ekonomi sebaliknya keadaan ini akan menghancurkan perusahaan domestik.










PENGARUH LINGKUNGAN PADA KEPUTUSAN PENETAPAN HARGA



• Fluktuasi Mata Uang


Keputusan harga harus konsisten dengan seluruh strategi bisnis dan pemasaran perusahaan: Jika strategi jangan panjang, maka masuk akal mengorbankan pangsa pasar untuk mempertahankan margin ekspor. Bila fluktuasi mata uang menghasilkan apresiasi nilai mata uang negara pengekspor perusahaan yang bijaksana melaksanakan 2 hal : mereka menerima bahwa flukfuasi mata uang itu dapat berdampak tidak menyenangan bagi margin operasi dan mereka mneggandakan usaha-usaha mereka untuk mengurangi biaya.


Dalam jangka pendek margin yang lebih rendah memampukan mereka untuk mempertahankan harga dipasar sasaran dan dalam jangka menengah mendorong penurunan biaya yang memampukan mereka memperbaiki margin operasi


• Perjanjian Kurs Mata Uang


Tujuan : melindugi pihak-pihak yang terlibat dari goncangan besarterhadap mata uang yang tidak terduga. Tinjauan ulang terhadap kurs mata uang dilakukan pe tiga bulanan untuk menentukan kemungkinan penyesuaian terhadap periode berikutnya. Dasar perbandingan adalah rata-rata harian selama 3 bulan dan rata-rata awal.


• Menetapkan Harga dalam Lingkungan yang Sedang Dilanda Inflasi


Inflasi memerlukan penyesuaian harga secara periodik penyesuaian ini dilakukan karena biaya meningkat yang harus dicakup dalam harga jual yang meningkat tadi. Persyaratan yang perlu dari penetapan harga dilingkungan yang menghadapi inflasi adalah mempertahankan margin operasi. Tidak peduli praktik acounting biaya bila sebuah perusahaan mempertahankan marginnya.perusahaan itu secara spesifik melindungi dirinya dari pengaruh inflasi.


• Kendali dan Subsidi Pemerintah


Bila tindakan pemerintah membatasi kebebasan menejemen untuk menyesuaikan harga dengan sendiri usaha untuk mempertahankan margin yang dikorbankan dengan kondisi tertentu, tindakan pemeriuntah merupakan ancaman serius terhadap kemampuan menghasilkan laba dari operasi anak perusahaan sebuah negara yang mengalami kesulitan keuangan dan berada ditengah krisis keuangan (misalnya kekurangan cadangan mata uang asing yang sebagian karena inflasi, sehingga terjadi pelarian modal) berada dalam tekanan untuk melakukan jenis tindakan.


• Tingkah Laku Persaingan


Bila persaingan tidak bisa menyesuaikan harga mereka sebagai respon peningkatannya bahkan bila sudah tepat mengetahui pengaruh naiknya biaya pada laba operasi akan amat menghambat dalam menyesuaikan harga yang diperlukan, sebaliknya bila pesaing memiliki pabrik dengan upah tenaga kerja yang rendah atau mencari pemasok dari negara dengan upah yang rendah sepertinya harga perlu diturunkan agar lebih kompetitif.


• Hubungan Harga dan Mutu


Tidaklah mengejutka bisa perusahaan mengetahui bahwa konsumen melakukan keputusan membeli dengan informasi yang terbatas dan lebih tergnatung pada tampilan dan gaya produk dan kurang pada mutu teknis seperti diukur oleh oerganisasi pengujian.


PENETAPAN HARGA TRANSFER



Penetapan harga transfer (transfer pricing) adalah penetapan harga barang dan jasa yang dibeli dan dijual oleh unit atau divisi operasi sebuah perusahaan. Dengan kata Iain, penetapan harga transfer menyangkut pertukaran intra-perusahaan transaksi antara pernbeli dan penjual yang mempunyai induk perusahaan yang sama.














PENETAPAN HARGA GLOBAL



• Perluasan/Etnosentris


Alternatif pertama dapat disebut sebagai kebijakan penetapan harga perluasan/etnosentris. Kebijakan ini mengharuskan harga suatu barang sama di seluruh dunia dan pengimpor menanggung ongkos kirim dan bea masuk impor.


• Adaptasi/Polisentris


Kebijakan penetapan harga kedua disebut adaptasi/polisentrik. Kebijakan ini mengizinkan manajer anak perusahaan atau afiliasi rnenetapkan berapa pun harga yang mereka rasa paling cocok untuk situasi yang mereka hadapi






• Penemuan Baru/Geosentris


Pendekatan ketiga pada penetapan harga internasional disebut penentuan baru/ geosentris. Dengan menggunakan pendekatan ini, sebuah perusahaan tidak menetapkan satu harga untuk diberlakukan di seluruh dunia dan tidak juga rnenyerahkan keputusan penetapan harga kepada anak perusahaan, tetapi menganlbil posisi di antara keduanya.






Share with your friends

Give us your opinion

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus

Notification
Selamat menikmati postingan artikel di Webillian.Com semoga bermanfaat.
Done