Manajemen Pemasaran Global : KEPUTUSAN PRODUK - webillian.com >
News Update
Loading...

Manajemen Pemasaran Global : KEPUTUSAN PRODUK



A. Defenisi produk dan Klasifikasi



Produk adalah segala sesuatu yang dibuat/disediakan oleh produsen untuk memenuhi kebutuhan pasar. Produk yang dibutuhkan oleh kelompok/segmen pasar tertentu mungkin tidak dibutuhkan oleh kelompok/segmen pasar yang lain.


Suatu produk didefinisikan dengan sifat-sifat fisik – berat, ukuran dan material. Jadi sebuah mobil dapat didefinisikan sebagai logam, plastik, atau serat kaca seberat 6000 kilogram, berukuran panjang 4,8 m dll. Definisi ini dapat diperluas dengan memasukkan beberapa hal seperti warna, tekstur, gaya, bentuk dan permukaan. Akan tetapi, pemasar mengetahui bahwa uraian apa pun yang hanya terbatas pada sifat-sifat fisik dengan lengkap, karena tidak sedikit pun disinggung mengenai kebutuhan yang diisi oleh produk tersebut. Mobil, misalnya, adalah suatu produk yang memenuhi berbagai kebutuhan. Kebutuhan yang paling jelas adalah sarana transportasi, tetapi pemasar tidak dapat mengabaikan kebutuhan rekreasi, status dan kekuasaan yang penting dan keinginan yang terpuaskan oleh produk ini.


Klasifikasi produk



Produk dapat diklasifikasikan menurut berbagai macam kriteria. Kriteria yang paling tua adalah :


1. Didasarkan pada pengguna


2. Dibedakan antara barang konsumen dan industri


3. kemudian diklasifikasikan lebih lanjut, atas dasar bagaimana barang itu dibeli (barang untuk kenyamanan, kesenangan, yang dibeli di toko, atau spesial)


4. Menurut rentang waktu umurnya (awet, habis dipakai, atau sekali pakai)


PRODUK LOKAL – INTERNASIONAL – GLOBAL



Amat penting untuk mengevaluasi produk baru yang diusulkan dalam arti potensi lokal-internasional-globalnya. Kalau semua hal yang lain sama, produk dengan kemampuan menghasilkan laba internasional-global lebih menarik ketimbang produk yang potensinya dengan alasan apa pun pada dasarnya lokal. Secara umum, sebuah perusahaan seharusnya tidak menambah lini produk yang sepenuhnya lokal kalau tersedia peluang produk internasional atau global.


Terdapat 3 kategori produk , dari lokal sampai global :


1. Produk Lokal


Adalah produk yang, dalam konteks perusahaan ttn, dianggap hanya mempunyai poternsi di 1 pasar nasional. Misalnya : Aiwa membuat berbagai produk yang tidak dijual di luar jepang. Alasannya ? karena konsumen Jepang tampaknya mempunyai selera yang tidak pernah puas akan peralatan elektronik.


Ada 3 alasan, mengapa keputusan untuk memasarkan produk lokal dapat merupakan peluang yang amat mahal, walaupun mungkin dapat menghasilkan laba :


a. Pertama, adanya bisnis tunggal tidak menyediakan peluang untuk mengembangkan dengan memanfaatkan ungkitan global dari kantor pusat dalam pemasaran, litbang, produksi dan bidang fungsional yang lain


b. Produk lokal tidak memberikan transfer dan aplikasi untuk pengalaman yang diperoleh dalam 1 pasar ke pasar lain


c. Produk satu negara adalah kemahiran manejerial yang diperoleh dalam bidang produk tunggal tadi kurang dapat dialihkan. Manajer hanya dapat memanfaatkan pengalamannya dalam produs tsb di pasar satu-satunya tempat produk itu dijual.


2. Produk Internasional


Adalah produk yang dianggap mempunyai poternsi untuk diperluas ke sejumlah pasar nasional. Kaena produk industri cenderung kurang menunjukkan kepekaan lingkungakan ketimbang produk konsumen, manufaktur industri terutama harus waspada terhadap kemungkinan perluasan. Misalnya, Loctile Corporation adalah pabrik bernilai $500 juta penghasil lem industri dan bahan perekat yang dijual di lebih dari 80 negara. Di tahun 1991, 60 % penjualan perusahaan dan 80 % laba berasal dari luar negeri.










3. Produk Global


Produk ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan pasar global. Misalnya Sonny memasarkan Walkman, menyediakan peralatan musik pribadi yang dapat dibawa-bawa di seluruh dunia.


Ketika suatu industri menjadi global, perusahaan berada di bawah tekanan untuk mengembangkan produk global. Salah satu pendorong utama dari globalisasi adalah biaya litbang produk. Ketiaka persaingan semakin ketat, perusahaan menyadari dapat mengurangi biaya litbang untuk suatu produk dengan mengembangkan rancangan produk global. Bahkan produk seperti mobil, yang harus memenuhi persyaratan keselamatan dan standaar polusi nasional, berada di bawah tekanan untuk menjadi global.


B. Pemosisian Produk



Pemosisian produk adalah strategi komunikasi yang didasarkan pada pemikiran akan “ruang” mental . Pemosisian mengacu pada tindakan untuk menempatkan merek dalam pikiran pelanggan atas dan terhadap produk-produk lain dalam bentuk atribut dan keuntungan yang ditawarkan dan tidak ditawarkan oleh produk tersebut. Beberapa strategi umum disarankan untuk pemosisian produk, diantaranya :


1. Atribut dan manfaat


2. Mutu dan harga


3. Penggunaan dan pengguna


4. Pemosisian teknolog canggih


5. Pemosisian sentuhan canggih


C. Pertimbangan Rancangan Produk



Rancangan produk merupakan faktor kunci yang menentukan sukses dalam pemasaran global. Apakah sebuah perusahaan harus mengadaptasikan rancangan produknya untuk berbagai pasar nasional atau menawarkan rancangan yang sama kepada pasar global ? Pemasar global harus mempertimbangkan 4 faktor kalau akan membuat keputusan mengenai rancangan produk :


1. Preferensi


Terdapat perbedaan tegas dan penting dalam preferensi di seluruh dunia atas faktor-faktor seperti warna dan rasa. Pemasar yang mengabaikan preferensi melakukannya dengan tanggungan sendiri.


Di tahun 19960-an, misalnya, Olivetti Corp. Dari Italia cukp terkenal di Eropa karena memenangkan penghargaan atas rancangan mesin tik konsumen yang modern. Mesin tik Olivetti dipamerkan di museum of Modern Art di NYC. Walaupun disambut meriah secara kritis, rancangan Olivetti tidak sukses secara komersial di AS. Konsumen AS menginginkan mesin tik besar dan berat yang dianggap ”jelek” oleh standar rancangan Eropa. Besar dan berat dianggap bukti nyata dari mutu baik oleh konsumen Amerika.


2. Biaya


Dalam mendekati isu rancangan produk, manajer perusahaan harus memperhatikan faktor biaya dalam arti secara luas. Selain biaya untuk menghasilkan produk, juga biaya lain yang berkaitan dengan rancangan yang timbul dari pabrik atau dari pengguna akhir.


3. Hukum dan Peraturan


Mematuhi hukum dan peraturan di negara yang berbeda mempunyai dampak yang langsung pada keputusan rancangan produk, seringkali menaikkan biaya


Contoh Lainnya :


Hambatan Non Tarif, Hambatan ini semacam persyaratan dan peraturan, namun ini sebenarnya berfungsi untuk menghambat dan menghilangkan persaingan dari luar negeri.


Ada beberapa yang menetapkan rancangan standar untuk negaranya.


4. Kesesuaian


Harus ada kesesuaian produk dengan lingkungan tempatnya dipergunakan. Hal sederhana, seperti tidak menterjemahkan manual ke pemakai ke berbagai bahasa dapat merugikan penjualan alat RT.


D. Perluasan geografi – alternatif-alternatif strategi



Perusahaan dapat tumbuh dengan tiga cara yang berbeda, metode tradisional dari perluasan pasar termasuk penetras lebih lanjut dari pasar yang sudah ada, perluasan lini prudk ke dalam pasar produk baru di pasar yang telah tersedia. Kalau sebuah perusahaan mempunyai dasar produk/ pasar satu negara atau banyak negara, perusahaan itu dapat memilih 1 dari 5 alternatif strategis untuk memperluas dasar ini ke dalam pasar geografis yang lain.


a. Strategi 1 : Perluasan Produk – Komunikasi (Perluasan Ganda)


Banyak perusahaan memakai perluasan produk – komunikasi sebagai suatu strategi untuk mengejar peluang di luar pasar negeri sendiri. Contohnya : Gillette menggunakan iklan bertema “the best a man can get “ untuk seluruh dunia.


b. Strategi 2 : Perluasan Produk – Adaptasi Komunikasi


Kalau suatu prouk mengisi kebutuhan yang berbeda, menarik segmen yang berbeda atau dipakai dengan fungsi yang berbeda di bawah kondisi pemakaian yang sama atau seruapa dengan yang ada di pasar domestic, satu-satunya penyesuaian yang mungkin diperlukan adalah komunikasi pemasaran.


Misalnya : motor skuter di AS untuk memenuhi kebutuhan rekreasi tapi untuk di beberapa Negara digunakan sebagai transpotasi dasar.


c. Strategi 3 : Adaptasi Produk – Perluasan Komunikasi


Pendekatan ketiga pada perencanaan produk global adalah memperluas, tanpa mengubah, strategi komunikasi pasar di Negara sendiri, sedangkan produk diadaptasikan dengan penggunaan local atau kondisi yang dikehendaki.


Contohnya : Exxon mengubah formula minyak tanah agar sesuai dengan iklim yang ada di berbagai pasar sementara memperluas daya tarik komunikasi dasar.


d. Strategi 4 : Adaptasi Ganda


Ketika membandingkan pasar geografis yang baru denganpasar dalam negeri, pemasar kadang menemukan bahwa kondisi lingkungan dari penggunaan atau kegemaran konsumen berbeda; sama seperti fungsi dari suatu produk atau penerimaan konsumen atas imbauan iklim.


e. Strategi 5 : Penemuan Produk


Strategi adaptasi dan penyesuaian merupakan pendekatan efektif untuk pemasaran internasional dan multinasional. Contoh : pasar baterai yang dapat diisi lagi, merupakan produk inovatif yang dipasarkan di seluruh dunia.


E. Produk baru dalam Pemasaran Global



Suatu produk dikatakan produk baru apabila :


1. Hasil penemuan baru atau inovasi


2. Perluasan lini produk , misalnya Diet Coke


3. Perusahaan yang baru terjun ke produk tersebut, namun pasarnya sudah ada


4. Produk sudah ada, namun baru bagi pasar tertentu.


Mengidentifikasikan Ide Produk Baru


Titik awal untuk produk baru di seluruh dunia yang efektif adalah sistem informasi yang mencari ide produk baru dari semua sumber yang berpotensi memberikan manfaat dan meyalurkan ide ini ke pusat penyariangan dan pengambilan keputusan relevan dalam organisasi.


Departemen Produk Baru


Fungsi dari departemen seperti ini adalah, yaitu:


1. Memastikan bahwa semua sumber informasi yangrelevan secara berkesinambungan disadap untuk ide produk baru.


2. Menyaring ide-ide ini untuk mngenali calon untuk diselidiki.


3. Menyelidiki dan menganalisis ide produk baru terpilih.


4. Memastikan bahwa organisasi memberikan komitmen sumber dayanya untuk calon produk baru yang paling menjanjikan


Memperkenalkan Produk Baru di Pasar Nasional



Pelajaran baru dari memperkenalkan produk baru dipasar luar negeri adalah ketika suatu produk berinteraksi denga manusia, mekanikal atau unsur kimia. Disitu terdapat potensi ketidakccokan yang mengejutkan dan tidak diharapkan. Karena praktis setiap produk cocok dengan urian ini, maka pengujian produk dengan kondisi pasar yang sebenarnya amat penting.

Share with your friends

Give us your opinion

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus

Notification
Selamat menikmati postingan artikel di Webillian.Com semoga bermanfaat.
Done