Lebih Baik Mana Blogspot atau Wordpress? - webillian.com
News Update
Loading...

Lebih Baik Mana Blogspot atau Wordpress?

Blogspot VS Wordpress, Lebih Baik Mana?

Pada artikel yang lalu penulis pernah menulis sebuah artikel berjudul 5 situs membuat website gratis. Dari daftar tersebut setidaknya ada 2 platform yang menguasai mesin pencari, yaitu blogspot dan wordpress. Bagi orang yang ingin terjun dalam dunia blogging atau website apalagi masih pemula dan belum tahu tentang seluk beluk dunia persitusan tentu akan bingung memilih platform pembuat website yang ingin digunakan, mana yang paling baik di antara situs-situs tersebut. Nah jadi kali ini penulis ingin membahas mengenai lebih baik mana blogspot atau wordpress? Namun sebelum masuk ke pembahasan kita ketahui dulu apa itu blogspot? Dan apa itu wordpress?


Apa Itu Blogger?

Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL.

(sumber : Wikipedia, keyword: pengertian blogger)
Nah itu adalah gambaran singkat mengenai blogger, lalu selanjutnta kita beralih ke wordpress


Apa Itu Wordpress?


WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman Matt Mullenweg. WordPress saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan lainnya.

(sumber : Wikipedia, keyword : apa itu wordpress)


Baik mungkin diatas adalah gambaran singkat mengenai blogspot dan wordpress, sekarang kita masuk ke pembahasan.
perbandingan kelebihan dan kekurangan blogspot dan wordpress
Perbandingan blogspot dan wordpress, lebih baik mana?


Lebih Baik Mana Blogspot atau Wordpress?


Kalo jawaban dari penulis sendiri sih sebenarnya relative ya, karena semua ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Supaya kalian bisa menilai dan ingin menggunakan platform apa dalam membuat situs web kalian. Dibawah ini akan penulis jabarkan mengenai kelebihan dan kekurangan masing masing dari blogspot maupun wordpress.

1. Kepemilikan

a. Blogger (Blogspot)
Jika Anda menggunakan Blogspot, Anda tidak perlu membayar biaya hosting atau tempat penyimpanan, jika penggunaan akun Google Anda belum melebihi 15GB. Anda hanya perlu membuat akun Google, langkahnya sama seperti daftar Gmail, bedanya Anda perlu mengakses Blogger.com.

Blogger atau Blogspot merupakan layanan yang dimiliki oleh Google dan Anda tidak memiliki kontrol penuh. Sehingga sewaktu-waktu jika Anda dianggap melanggar syarat dan ketentuan mereka maka website Anda bisa dihapus kapan pun. Untuk berjaga-jaga, maka Anda perlu melakukan backup konten blog Anda.


b. WordPress

Beda dengan Blogspot, jika Anda menggunakan WordPress sebagai platform untuk website Anda, maka Anda perlu membeli layanan hosting unlimited untuk menyimpan data website. Anda bebas menentukan seberapa lama website akan diaktifkan dan Anda adalah pemilik utama data website yang disimpan pada server hosting, sehingga Anda memiliki kontrol penuh untuk mengelolanya. Walaupun sebenarnya wordpress sendiri memiliki layanan gratis dengan sub domain wordpress.com

2. Tampilan

a. Blogspot

Untuk tampilan default yang disediakan oleh Blogger (blogspot) cukup terbatas. Jika Anda ingin mengubah tampilan seperti warna dan tampilan dapat Anda ubah melalui tools yang tersedia.

Jika Anda menginginkan tampilan yang lebih menarik untuk Blogpsot, Anda perlu membeli template dari pihak ke tiga yang banyak tersedia. Di indonesia sendiri sudah banyak penyedia template Blogspot premium dengan kualitas yang cukup baik.

b. WordPress

Salah satu keuntungan menggunakan WordPress adalah tersedianya ribuan template gratis dengan tampilan menarik, sehingga website Anda akan terlihat profesional.

Anda dapat menemukan template gratis dengan mudah sesuai dengan kategori dari website Anda, misalnya template untuk website berita atau lainnya, Anda hanya perlu mengakses repository template WordPress.


3. Kontrol

a. Blogspot

Anda tidak memiliki kontrol penuh pada website dengan tool cukup terbatas yang dapat Anda gunakan untuk mengelola website. Sebagai contoh, untuk permalink akan mengikuti permalink default, sehingga Anda tidak bisa membuat struktur permalink sesuai dengan yang diinginkan.

b. WordPress

Karena WordPress merupakan software open source, sehingga dengan mudah Anda dapat menambahkan fitur baru. Untuk menambahkan fitur baru, Anda tidak perlu menguasai pemrograman, cukup menginstal plugin sesuai dengan jenis fitur yang diinginkan.

Sebagai contoh, ketika Anda ingin membuat toko online yang dilengkapi shopping cart, cukup menginstal plugin WooCommerce dan melakukan beberapa pengaturan sesuai petunjuk.

4. Keamanan

a. Blogspot

Salah satu keuntungan menggunakan Blogspot, website Anda cukup aman karena dikelola oleh Google, dengan syarat Anda menggunakan template default. Anda tidak perlu repot mengelola penggunaan sumber daya server atau mengamankan blog Anda. Meskipun website Anda dapat dihapus sewaktu-waktu oleh pihak Blogspot. Namun selama konten Anda tidak menyalahi aturan, blog Anda akan aman.

b. WordPress

WordPress dikenal sebagai platform yang terbilang memiliki tingkat keamanan yang baik karena script selalu diperbaharui secara berkala. Untuk kontrol sepenuhnya ada pada Anda, sehingga harus melakukan backup sendiri. Ada banyak plugin yang tersedia untuk memudahkan hal tersebut, silakan baca artikel mengenai plugin wajib WordPress.

5. Fitur, Kostumisasi, dan Iklan

a. Blogspot

untuk kostumisasi dan fitur jelas blogspot kalah jauh dengan wordpress karena memang layanan tersebut terbatas walaupun sebenarnya masih bisa melalui pihak ketiga untuk mendapatkan akses. Dalam menampilkan halaman saja blogspot tidak boleh lebih dari 1MB hal ini membuat suatu tampilan blog website menjadi sangat sederhana. Tapi dalam periklanan karena blogspot telah diakuisisi Google maka blogspot telah support adsense walaupun hanya domain gratis.

b. wordpress

Dalam hal kustomisasi, WordPress berada jauh di depan Blogspot. Hal-hal simpel seperti misalnya menampilkan halaman dan bukan isi blog Anda di homepage website Anda sangat mudah dilakukan di WordPress dibanding dengan di Blogspot. WordPress juga memberikan pilihan untuk menggunakan plugins di website Anda, yang dapat membantu Anda meletakkan berbagai fitur di website Anda atau mengkostumisasi fungsi website Anda dengan cara yang mudah. Apalagi jika situs wordpress anda di upgrade dengan domain TLD maka akses fitur yang didapat semakin lengkap. Namun untuk dapat menampilkan iklan anda harus upgrade domain ke TLD yang artinya harus membayar.

Jadi Mana yang Lebih Baik?


Nah itu dia kelebihan dan kekurangan masing masing platform. Setelah tahu akan kelemahan dan kelebihan masing masing tentunya anda sekarang bisa memilih blogspot atau wordpress. Ingat saat pilih blogspot atau wordpress memiliki pro dan kontra, dan terserah pada Anda untuk memutuskan mana yang terbaik untuk kebutuhan Anda. Sebelum mengambil keputusan, penting untuk bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan untuk memahami kebutuhan Anda.

Intinya semua kembali pada selera dan tujuan masing masing.

Jika Anda hanya menginginkan blog yang fungsional dan mendasar dan tidak khawatir dengan desain bergaya atau modern, Blogspot mungkin adalah pilihan terbaik. Ada juga kekurangan Blogspot yang harus Anda pertimbangkan.

Namun, jika Anda memiliki rencana dan tujuan yang lebih besars untuk blog Anda, maka WordPress adalah pilihan yang lebih baik. Dengan plugin yang tak terhitung jumlahnya, Anda dapat menambahkan fitur penting yang dibutuhkan situs Anda untuk tumbuh dan menonjol di antara kompetisi. Selain itu, pilihan tema WordPress yang berkualitas tinggi akan memberi Anda cara mudah untuk memastikan situs web Anda memiliki tampilan dan nuansa yang tepat. Poin ini juga berlaku jika blog atau website Anda digunakan untuk keperluan bisnis.

Share with your friends

8 komentar

  1. dulu sy sempat mencoba blogspot dan wordpress sekaligus... saya rasa wordpress sangat terbatas dalam beraktivitas, sehingga saya memilih betah di blogspot dan blm berani kembali untuk mencoba wordpress.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo wordpress yg gratis sebenarnya kayak blogspot alias terbatas, tapi kalo pake versi berbayar fitur lebih lengkap

      Hapus
    2. Bang ichal coba self host....

      Hapus
  2. Semua baik.dan tak pernah ada yang lebih baik, relatif sesuai dengan kubutuhan, jadi intinya suka2 aja, dan sebaiknya coba saja keduanya, biar tahu pasti mana yamg cocok.

    Nice...
    Maei mampir gan ke Blog Newbie ane.
    ;)

    BalasHapus
  3. karena memakai Blogger maka lebih nyaman Blogger untuk saat ini, saya berharap akan mencoba WordPress juga, jadi bisa membedakan lebih jelas. ..
    terima kasih

    BalasHapus
  4. blogger atau wordpress sama sama bagus, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, tinggal kita mau pilih yang mana untuk ngeblog ya gan yang sesuai dengan kenyamanan aja sih ;)

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus

Notification
Selamat menikmati postingan artikel di Webillian.Com semoga bermanfaat.
Done