Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Kasus Perusahaan Multinasional - webillian.com
News Update
Loading...

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Kasus Perusahaan Multinasional

Kasus Perusahaan Multinasional



Nestle
Nestle merupakan sebuah perusahaan multinasional yang memiliki cabang di berbagai negara dan berpusat di Vevey, Swiss. Sejak didirikan pada tahun 1867 oleh Henri Nestle, fokus perusahaan tersebut pada produksi makanan dan minuman di bidang gizi, nutrisi, dan kesehatan. Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, Nestlé aktif melakukan berbagai program CSR di berbagai negara dalam bentuk program yang disebut Creating Shared Value (CSV). CSV begins with the understanding that for our business to prosper over the long term, the communities we serve must also prosper. Fokus CSR melalui program CSV tersebut adalah pada tiga aspek, yakni nutrisi, air, serta pembangunan pedesaan dan pemberdayaan masyarakat.
Sebagai contoh, Nestlé telah membantu para peternak sapi di daerah Moga, India. Sebelumnya, para peternak sulit memperoleh akses ke saluran air bersih, tanah-tanah yang subur, dan infrastruktur yang mendukung kehidupan sapi. Ketika Nestlé masuk ke India, program CSR diluncurkan dengan mendirikan pusat-pusat penyimpanan susu, menyediakan dokter hewan, ahli gizi, ahli pertanian, dan ahli kualitas untuk membantu peternak. Bantuan finansial dan teknis juga diberikan untuk membantu para peternak menggali sumur-sumur dan memperbaiki sistem irigasi. Hasilnya, produksi susu meningkat 50 kali lipat dan jaminan pasokan kebutuhan susu untuk Nestlé bisa terpenuhi. Dengan infrastruktur yang dibangun, Nestlé membeli susu dari 650 lokasi pemerahan dan penyimpanan susu di wilayah Moga. Jika upaya tersebut tidak dilakukan, maka operasionalisasi Nestlé bisa jadi terhambat karena kurangnya ketersediaan pasokan susu.
Sementara di Indonesia, Nestlé memberdayakan sekitar 33.000 peternak sapi dan bermitra dengan 51 koperasi di Jawa Timur. Nestlé memberikan pelatihan dan asistensi cara produksi dan penyimpanan susu yang baik kepada peternak dan pengurus koperasi. Selain itu, juga memberikan fasilitas alat pendingin untuk menjaga kualitas susu dan memfasilitasi pengolahan limbah kotoran sapi menjadi biogas. Tujuan dari semua itu adalah agar kebutuhan pasokan susu segar Nestlé bisa terpenuhi. Hal yang sama juga dilakukan di Lampung, dengan memberikan pelatihan dan pemberdayaan kepada sekitar 10.000 petani kopi di Lampung guna menghasilkan biji kopi yang baik dan berkualitas.
Hal itu dipertegas dengan pernyataan Presiden Direktur PT. Nestlé Indonesia Arshad Chaudhry bahwa, Nestlé berkomitmen terhadap pembangunan pertanian yang berkelanjutan, khususnya di bidang persusuan, kopi dan kakao dengan menyediakan bantuan teknis dan keuangan. Pertanyaannya, mengapa Jawa Timur dan Lampung? Sebab, pabrik Nestlé untuk produk susu seperti Dancow, Bear Brand, dan lainnya berada di Pasuruan, Jawa Timur. Adapun Lampung merupakan lokasi pabrik Nestlé untuk produk Nescafe dan berbagai jenis kopi instan.

Selain itu, contoh lain di Hongaria, Nestlé ambil bagian dalam upaya melawan obesitas pada anak-anak. Data tahun 2010 menunjukkan bahwa seperempat dari anak-anak usia 7 hingga 14 tahun di Hongaria mengalami obesitas. Atas dasar itu, program Nestlé adalah mengajak anak-anak untuk makan makanan bergizi dan melakukan aktivitas fisik. Program itu selanjutnya telah memberi manfaat kepada sekitar 400.000 anak-anak Hongaria dan mencapai 85 persen dari anak usia sekolah dasar. Hal yang sama dilakukan Nestlé di China. Persentase anak-anak usia 7 hingga 12 di China yang mengalami obesitas mencapai seperempat untuk laki-laki dan 15 persen untuk perempuan. Untuk itu, Nestlé memberikan edukasi untuk menyeimbangkan pola makan sehat dan bernutrisi kepada anak-anak dan guru khususnya di Beijing, Shanghai, Sichuan, Shandog, Liaoning, Shanxi, Yunnan, Guangdong, dan Guizhou.
Lebih lanjut, program CSR Nestlé di Kenya ditujukan dengan memberikan pelatihan kepada perempuan petani kopi. Adapun di Kongo, melalui Ma Nutrition cest Ma Santé programm, Nestlé memberikan edukasi kepada anak-anak, guru, dan orang tua tentang perlunya nutrisi. Sementara di Sri Lanka, karena langkanya ketersediaan air bersih mendorong Nestlé mengalokasikan anggaran untuk fasilitas air bersih sejak tahun 2006. Nestlé telah membangun sebanyak 14 fasilitas air bersih yang mampu memenuhi kebutuhan sedikitnya 18.000 warga. Nestlé di Vietnam memberikan pendampingan teknis dan pelatihan kepada sekitar 12.000 petani kopi guna meningkatkan produktivitas hasil kopi serta memperkenalkan perlunya sustainable-farmed coffee. Terlebih lagi karena Vietnam merupakan salah satu negara dengan penghasil kopi terbesar dunia dan penyuplai kopi Robusta terbesar untuk Nestlé. Selain itu, contoh lain dapat ditemukan di berbagai negara, baik di negara berkembang maupun negara maju.
\
Secara umum, contoh-contoh yang diuraikan di atas secara nyata memberikan keuntungan bagi masyarakat luas. Namun, sesuai namanya berupa shared value, apa yang dilakukan Nestlé tidak semata-mata hanya didasarkan pada aspek moral dan sosial berbasis kemanusiaan. Melainkan, ada value yang diharapkan sebagai bentuk timbal balik dari apa yang telah dilakukan dan dikorbankan. Program dalam bentuk perhatian pada masalah anak-anak perlu dipandang sebagai upaya Nestlé untuk menempatkan produknya dekat dengan masyarakat mengingat perusahaan itu, salah satunya, bergerak di bidang nutrisi.
\
Program pemberdayaan peternak sapi dan petani kopi juga perlu dipandang sebagai upaya Nestlé menjamin kebutuhan bahan baku produksi mengingat perusahaan itu juga fokus pada produksi olahan susu dan kopi, sekaligus mempertahankan eksistensinya di mata masyarakat. Hal itu juga dinyatakan dengan jelas oleh Nestlé bahwa upaya itu diharapkan memberikan reputasi positif pada perusahaan tersebut. ... demonstrates Nestlés commitment to address health issues globally; and has a positive impact on Nestlés reputation as a leading Nutrition, Health and Wellness company. Uraian di atas mempertegas kembali yang dikemukakan Stiglitz bahwa perusahaan berkiblat pada bisnis yang berorientasi untuk mencari uang, bukan hanya menyediakan amal.

Share with your friends

Give us your opinion

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus

Notification
Selamat menikmati postingan artikel di Webillian.Com semoga bermanfaat.
Done